Tutorial

Cara Membuat Grafik di WordPress dengan Mudah

Cara membuat grafik di WordPress sangatlah mudah dilakukan. Apalagi dilakukan dengan bantuan sebuah plugin.

Anda hanya perlu menginstal plugin untuk grafik kemudian menyiapkan data yang ingin ditampilkan. Anda dapat menampilkan data atau informasi dalam beberapa pilihan grafik berbeda.

Nah, untuk lebih detailnya, kami akan membahasnya di artikel ini. Penasaran bagaimana? Langsung saja simak penjelasannya berikut!

Cara membuat grafik di WordPress

Di tutorial ini, kami akan membuat grafik di WordPress menggunakan plugin Visualizer: Tables and Charts Manager for WordPress. Berikut pembahasannya!

1. Login ke Dashborad WordPress

Langkah pertama cara membuat grafik di WordPress ialah login ke dashboard admin WordPress menggunakan username dan password Anda.

2. Install dan Aktifkan Plugin

Plih menu Plugin > Add New. Lalu cari plugin Visualizer pada kolom pencarian. Kemudian klik Install, setelah itu Activate.

Baca juga: Cara Instal Plugin dengan Mudah

3. Buat Grafik

Setelah plugin aktif, next buat grafik. Klik menu Media > Visualizer Library > Add New.

4. Pilih Jenis Chart

Tersedia 9 jenis chart gratis yang dapat Anda gunakan, silakan pilih salah satu kemudian klik Next, pada contoh ini kami menggunakan jenis Pie.

5. Masukkan Data yang Ingin Ditampilkan

Terdapat beberapa pilihan untuk memilih data yang ingin ditampilkan, pada tutorial ini dengan mengimport data dari file csv. Silakan klik bagian Import data from file.

Silakan gunakan contoh format pada plugin ini dengan klik URL pie.csv.

Setelah Anda mendownload format file untuk menampilkan data, silakan masukkan data pada file tersebut. Berikut contohnya.

Setelah itu silakan klik tombol Choose File dan tekan tombol Import untuk mengimport data yang ingin ditampilkan ke dalam bentuk grafik.

Jika sudah kemudian klik tombol Create Chart.

6. Tampilkan Grafik di Artikel

Setelah Anda berhasil membuat grafik, langkah selanjutnya adalah menampilkan grafik tersebut pada artikel atau halaman di WordPress Anda.

Cukup meletakkan shortcode pada baris di artikel dimana grafik tersebut ingin muncul. Copy short code pada grafik yang sudah Anda buat sebelumnya.

Letakkannya pada artikel seperti contoh di bawah ini.

Berikut adalah tampilan grafik yang ditambahkan pada postingan.

Buat Grafik di WordPress Lebih Mudah dengan Plugin

Itu tadi cara membuat grafik di WordPress menggunakan plugin yang bisa Anda coba. Caranya juga cukup mudah. Tinggal pilih chart, lalu masukkan data pada file .csv. Lalu copy shortcode untuk menampilkan pada artikel.

Dengan adanya grafik pada artikel, pembaca dapat lebih mudah memahami konten yang Anda buat. Pembaca pun akan lebih betah membaca konten Anda.

Jika Anda memiliki cara lain, jangan ragu untuk berbagi melalui komentar di bawah.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

7 hours ago

15+ Contoh Program Python Sederhana yang Bisa Anda Coba

Salah satu cara paling cepat untuk belajar Python adalah mencoba membuat program Python sendiri. Langkah ini bisa melatih kemampuan logika…

20 hours ago

Cara Membuat Linktree Gratis dengan Mudah [Terbaru]

Pernah melihat URL Linktree tersemat di bio beberapa akun Instagram atau toko online? Lalu, Anda ingin tahu cara membuat LinkTree…

2 days ago

Anda Pengguna WP Fastest Cache? Segera Update Agar Aman!

Gawat nih, tim security research dari Jetpack menemukan dua celah keamanan di plugin WP Fastest Cache. Hal itu bisa membuat…

3 days ago

Mengenal File Default .htaccess di CodeIgniter dan Cara Membuatnya

Pada website CodeIgniter, setiap file punya fungsi manfaatnya masing-masing, termasuk file default .htaccess. Bahkan, file tanpa ekstensi ini sangat vital…

4 days ago

Cara Membuat Website di WordPress (Tutorial Lengkap)

Membuat website sangatlah mudah. Apalagi jika Anda menggunakan platform yang tepat. Nah, di artikel ini kami akan menjelaskan secara lengkap…

5 days ago