Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Cara Mudah Membuat Website dengan Google Sites [Terlengkap!]

6 min read

Featured image Google Sites

Membuat website adalah hal yang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemula, terutama dari sisi keahlian dan biaya. Namun, tahukah Anda bahwa Google Sites bisa menjadi salah satu solusinya? Memangnya, apa itu Google Sites?

Kalau Anda ingin tahu jawabannya, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Kali ini kami akan mengajak Anda belajar cara membuat Google Sites supaya Anda bisa membangun website dengan mudah.

Yuk, pelajari panduan Google Sites di artikel ini!

Apa Itu Google Sites?

Google Sites adalah platform milik Google yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan mudah. Platform ini juga gratis seperti halnya WordPress.com dan Wix.

Dibandingkan dengan platform-platform pembuatan website lainnya, Google Sites memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Integrasi dengan Google — Karena terhubung dengan akun Google Anda, website yang dibuat dengan Google Sites langsung disimpan di Google Drive. Jadi, Anda tidak perlu susah payah melakukan backup.
  • Tampilan admin area simpel — Google Sites menawarkan tampilan admin area yang mudah dipahami. Anda akan mempelajarinya di artikel ini.
  • Keamanan terjaga — Sama seperti layanan Google lain yaitu Gmail, Google Drive dan GDocs, Google Sites aman dari virus dan serangan hacker.
  • Website cepat — Website yang dibuat menggunakan platform ini dijalankan dengan server Google. Oleh karena itu, kecepatannya tidak perlu dipertanyakan lagi.
  • Fitur sharing — Mengelola website Google Sites sangat mudah, terutama berkat fitur share seperti halnya menggunakan Google Drive dan Docs.

Apakah pertanyaan mengenai apa itu Google Sites sudah terjawab? Kalau sudah, yuk lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu cara membuat Google Sites.

Cara Membuat Website dengan Google Sites

Cara membuat website dengan Google Sites cukup mudah berkat menu dan tampilan yang simpel. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Google Sites:

  1. Akses Google Sites
  2. Buat draft website
  3. Kenali editor Google Sites
  4. Buat Desain Website
  5. Publikasikan Website
  6. Beli Domain
  7. Hubungkan Domain dengan Google Sites
  8. Tambahkan TXT Record

Namun, bagaimana penjelasan detail cara membuat Google Sites? Mari simak panduan Google Sites berikut ini.

1. Akses Google Sites

Siapkan dulu akun Google agar dapat menggunakan Google Sites. Jika sudah punya, segera saja akses Google Sites dan log in dengan akun Anda.

2. Buat Draft Website

Setelah masuk ke Dashboard Google Sites, Anda akan menemukan beberapa pilihan template di bagian atas halaman. Dengan adanya template yang siap pakai, Anda bisa mendapatkan desain secara instan.

Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat desain website yang unik?

Caranya, dengan memilih opsi Blank untuk memulai draft website Anda, seperti ditunjukkan di bawah ini:

Langkah membuat draft website dalam panduan google sites
Membuat draft website di Google Sites

3. Kenali Editor Google Sites

Setelah mengklik opsi Blank tadi, Anda akan dibawa menuju halaman editor Google Sites. Tampilannya seperti di bawah ini:

Langkah mengenali editor Google Sites dalam cara membuat Google Sites
Tampilan halaman editor Google Sites

Seperti yang dapat Anda lihat, editor yang dimiliki Google Sites cukup sederhana. Namun, mari kenali dulu bagian-bagian di halaman ini.

Untuk memudahkan penjelasan dalam panduan Google Sites ini, kami membagi halaman editor Google Sites menjadi tiga:

  • Tengah
  • Atas
  • Kanan

Bagian Tengah

Tampilan preview website di editor Google Sites
Tampilan preview website di editor Google Sites

Bagian tengah di halaman editor Google Sites ini menunjukkan preview website Anda. Hasil semua kustomisasi yang dilakukan akan terlihat di bagian ini.

Bagian Atas

Tampilan baris menu di editor Google Sites
Tampilan baris menu di editor Google Sites

Di bagian atas, Anda dapat menemukan beberapa tombol, yaitu:

  • Undo — Membatalkan perubahan yang dilakukan.
  • Redo — Menggunakan kembali perubahan yang baru saja dilakukan.
  • Preview — Melihat versi live website Anda.
  • Copy website link — Mengkopi link draft website Anda untuk diberikan ke orang lain.
  • Share with other people — Berfungsi untuk menunjukkan draft website atau mengajak orang lain berkolaborasi di draft website yang dikerjakan.
  • Setting — Berisi beberapa pengaturan terkait desain website. Di sini Anda juga dapat menghubungkan website dengan akun Google Analytics.
  • More — Menu untuk menampilkan fungsi tambahan. Contohnya, version history untuk melihat catatan perubahan draft dan duplicate site untuk menggandakan draft website yang sedang dibuat.
  • Publish — Tombol untuk mempublikasikan website setelah draft selesai dibuat.

Bagian Kanan

Terakhir di langkah ketiga dalam panduan Google Sites ini, di bagian kanan terdapat berbagai menu untuk melakukan kustomisasi website tiga kategori utama yang ditampilkan yaitu: Insert, Pages, dan Themes.

Tab Insert berisi jenis-jenis konten yang dapat Anda masukkan ke halaman website. Misalnya, teks, gambar, tombol, divider, dan daftar isi. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan widget kalender, Google Maps, YouTube, dan dokumen-dokumen Google Docs.

Tampilan menu sidebar di editor Google Sites
Tampilan menu sidebar di editor Google Sites

Tidak hanya itu, ada enam pilihan layout section yang dapat Anda pilih di tab ini sesuai kebutuhan website Anda.

Pilihan template layout di editor Google Sites dalam langkah mengenal editor di cara membuat Google Sites
Pilihan template layout

Fungsi tab Pages cukup jelas, yaitu menampilkan berapa banyak halaman website yang Anda miliki beserta strukturnya. Di tab ini juga Anda dapat menambahkan halaman ke website.

Daftar halaman dan sub halaman di editor dalam langkah mengenal editor di panduan Google Sites
Tab halaman

Tab terakhir adalah Themes yang memungkinkan Anda untuk memilih tema dari website yang Anda buat. Sebuah tema meliputi font tulisan, aksen warna website, dan pilihan latar belakang untuk bagian banner.

Pilihan tema di editor Google Sites
Pilihan tema

Google Sites menawarkan enam pilihan tema untuk membuat sebuah website yang menarik dan unik.

Meskipun sudah menentukan satu tema, Anda masih bisa menentukan ukuran font dan latar belakang yang digunakan. Cukup klik saja elemen yang digunakan.

4. Buat Desain Website

Sudah mengenal bagian-bagian editor di langkah ketiga dalam panduan Google Sites tadi, bukan? Sekarang, mari membuat desain website Anda. 

Sebagai contoh, di panduan Google Sites ini akan ditunjukkan langkah-langkah membuat homepage atau halaman utama website.

Pertama, klik teks judul di header dan ganti dengan nama website Anda. Misalnya, “Test Website”.

Langkah membuat desain website dalam panduan Google Sites
Ganti dengan nama website di bagian kiri atas editor Google Sites

Kemudian, klik Text Box di tab Insert untuk memasukkan kolom teks di bawah header. Anda dapat mengisinya dengan deskripsi singkat tentang tujuan website Anda.

Ketika kolom teks diklik, Anda dapat mengubah format teks agar sesuai tampilan yang diinginkan. Opsi formatting yang ditawarkan mirip dengan yang ada di Microsoft Word atau Google Docs, termasuk adanya pilihan bold, italic, numbering, dan bullets.

Langkah menambahkan teks di body website dalam panduan Google Sites
Formatting teks di Google Sites

Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat draft halaman website tersebut. Caranya, klik dan tarik template layout dari tab Insert. Di dalam template ini, Anda juga dapat menyisipkan gambar dan teks.

Menambahkan gambar dan teks di body website di editor Google Sites
Menambahkan gambar di body website

Jika ada elemen yang tidak dibutuhkan atau kurang sesuai, Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Caranya, letakkan kursor di atasnya. Lalu, klik ikon tempat sampah di sebelah kiri elemen tersebut.

Tombol untuk menghapus elemen halaman di editor Google Sites
Tombol untuk menghapus elemen

Jika letak sebuah elemen tidak sesuai keinginan, cukup geser saja sesuai lokasi yang Anda kehendaki. Jadi, tidak perlu buru-buru menghapusnya.

Caranya, letakkan kursor di atas elemen yang ingin Anda pindahkan. Tahan tombol mouse Anda ketika memindahkan elemen tersebut (drag and drop).

5. Publikasikan Website

Apabila Anda sudah langkah panduan Google Sites sebelumnya, tinggal klik tombol Publish.

Lalu, Anda akan diminta untuk menentukan domain website tersebut seperti gambar berikut.

Langkah mempublikasikan website dalam panduan Google Sites

Langkah berikutnya di panduan Google Sites ini, cukup klik tombol Publish.

Sebagai platform pembuatan website yang aman, domain yang Anda dapatkan dari Google Sites sudah menggunakan protokol HTTPS. Hal ini tentu penting untuk membangun kepercayaan dengan pengunjung dan membantu upaya SEO Anda.

Sayangnya, domain yang Anda dapatkan sangat panjang dan tidak terlihat unik. Contohnya, sites.google.com/view/domainku.

Nah, bagaimana jika ingin memiliki domain yang lebih singkat dan mudah diingat seperti domainku.com?

Cukup sederhana, Anda dapat membuat custom domain untuk website tersebut.

Jangan khawatir, langkah-langkahnya mudah dan bisa Anda bisa mengikuti panduan menghubungkan custom domain Google Sites berikut. Jika belum memiliki domain, Anda dapat membelinya terlebih dahulu.

6. Beli Domain

Apakah domain itu mahal? Tidak juga.

Harga sebuah domain tergantung di mana Anda membelinya. Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan domain dengan harga mulai dari Rp 14.000 per bulan.

Selain murah, pilihan ekstensi yang ditawarkan juga beragam. Bukan hanya ekstensi populer seperti .com dan .net saja.  Masih banyak pilihan lainnya.

Daftar harga domain di Niagahoster

Jadi, jika Anda tidak mendapatkan domain dengan ekstensi .com tidak perlu berkecil hati.

Lalu, bagaimana cara membeli domain? Mudah saja. Begini caranya:

Akses halaman cek domain murah dan ketikkan domain yang Anda inginkan pada kolom yang tersedia. Pilih ekstensinya, lalu klik Cek Domain.

Halaman cek domain Niagahoster

Apabila domain yang Anda pilih belum digunakan orang lain, klik tombol Selanjutnya untuk menyelesaikan pembelian.

Halaman pembelian domain di Niagahoster

7. Hubungkan Domain dengan Google Sites

Setelah memiliki domain, Anda dapat menggunakannya untuk Google Sites Anda. 

Untuk menghubungkan domain dengan Google Sites, klik tombol Settings di baris paling atas halaman editor. Tombol ini diwakili oleh ikon roda gerigi, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Langkah menghubungkan domain dengan Google Sites dalam cara membuat Google Sites
Icon settings

Pada menu Settings, klik Custom domains.

Pengaturan custom domains Google Sites
Pengaturan custom domains

Kalau Anda sudah membeli domain, misalnya di Niagahoster, pilih opsi Use a domain from a third party.

menghubungkan domain dari pihak ketiga

Kemudian, Anda dapat mengetikkan domain yang barusan dibeli ke kolom yang tersedia.

Isi kolom dengan domain website

Setelah kolom tersebut diisi dengan domain Anda, di bawahnya akan muncul pesan yang meminta Anda untuk memverifikasi kepemilikannya. Klik verify your ownership.

Bagaimana tahapan melakukan verifikasi kepemilikan?

Silakan log in ke akun Google lagi sebelum masuk ke halaman verifikasi domain. Klik Select your domain registrar or provider di halaman tersebut untuk memilih penyedia domain.

Jika tidak menemukan nama penyedia hosting Anda, seperti Niagahoster, pilihlah Other di menu drop-down. Selanjutnya, Anda akan menemukan pesan seperti di gambar berikut ini:

TXT record Google Sites

Pesan tersebut menginstruksikan Anda untuk meng-copy TXT record yang tertulis di petunjuk dan menambahkannya di pengaturan DNS domain Anda. Nah, caranya akan dijelaskan pada langkah terakhir dalam panduan Google Sites di bawah ini.

8. Tambahkan TXT Record

Pertama, log in ke Member Area Niagahoster. Di halaman beranda, klik Kelola Layanan.

tombol kelola layanan di member area niagahoster
Tombol Kelola Layanan di Member Area Niagahoster

Di halaman berikutnya, scroll ke bawah dan temukan menu Quick Shortcut ke cPanel. Kemudian klik Lihat Semua Fitur cPanel.

masuk ke cPanel lewat member area niagahoster
Tombol Lihat Semua Fitur cPanel di Member Area Niagahoster

Setelah masuk ke cPanel, scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu Domains dan pilih opsi Zone Editor. Lalu, klik Manage.

akses menu Zone Editor
tombol Manage untuk menambahkan TXT record

Di halaman selanjutnya, klik Add Record untuk menambahkan TXT record yang sudah Anda copy dari petunjuk di halaman verifikasi Google Sites tadi.

Add Record untuk menambahkan TXT record dari halaman verifikasi Google Sites
Add Record untuk menambahkan record baru

Anda akan menemukan formulir seperti berikut ini. Kemudian, pilih opsi TXT di kolom Type. Kemudian, masukkan record yang ada di halaman verifikasi domain tadi ke kolom text data. Jika sudah, klik tombol Save Record.

Menambahkan TXT record di pengaturan DNS domain adalah langkah terakhir dalam cara membuat Google Sites
Menyimpan TXT record baru dengan klik tombol Save Record

Tunggulah proses penyambungan terlebih dahulu hingga 24 jam. Jangan lupa untuk klik tombol verify di halaman verifikasi domain setelah domain terhubung dengan website Google Sites Anda.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat melakukan proses penyambungan domain dengan jenis DNS record lain, yaitu CNAME.

Langkah-langkahnya sama persis dengan yang barusan Anda pelajari. Bedanya, Anda perlu mendapatkan informasi CNAME yang digunakan terlebih dahulu. 

Caranya, scroll ke bawah di halaman verifikasi domain dan klik Add a CNAME record.

Opsi verifikasi kepemilikan domain menggunakan CNAME record
Opsi verifikasi dengan CNAME record

Google Sites akan memberikan dua baris kode CNAME record, seperti di bawah ini:

CNAME record Google Sites

Kembali ke halaman Add Record di Zone Editor di cPanel. Kali ini, pilih CNAME di kolom Type. Selanjutnya, masukkan kode dengan label CNAME Label/Host ke kolom Hostname.

pilih tipe CNAME record

Setelah Anda melakukan semua langkah-langkah di atas, tunggu hingga domain tersambung dan klik verify di halaman verifikasi domain.

Setelah berhasil, situs yang Anda buat di Google Sites sudah menggunakan domain sendiri. 

Selanjutnya, Anda cukup masuk kembali ke editor Google Sites dan klik tombol Publish agar website dapat diakses secara online.

masukkan domain di kolom yang tersedia

Terakhir, Anda bisa mengecek apakah domain sudah terhubung atau belum di Settings > Custom domains seperti di gambar berikut ini.

cek domain yang terhubung

Buat Website dengan Google Sites Sekarang!

Bagaimana? Sudah tahu apa itu Google Sites dan cara membuat Google Sites? Ternyata sangat mudah, bukan?

Meskipun platform Google Sites bersifat gratis tapi dapat membantu Anda membuat website yang terlihat profesional. Sebab, platform ini punya fitur yang lengkap dan tampilan layout yang cukup sederhana. 

Semoga panduan Google Sites yang kami berikan bermanfaat, ya!

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cara membuat Google Sites, jangan sungkan untuk memberikan komentar pada kolom yang tersedia di bawah artikel ini. 

Kami juga memiliki panduan lengkap Cara Membuat Website dengan WordPress dalam bentuk ebook. Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS!

download-ebook-membuat-website
Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

2 Replies to “Cara Mudah Membuat Website dengan Google Sites [Terlengkap!]”

  1. bagaimana cara nya memindahkan hasil web yang dibuat di google site pada hosting dan cara setting halaman utamanya

    1. Hai, kak. Untuk memindahkan website dari Google Sites ke layanan hosting sebenarnya tinggal melakukan ekspor konten saja.
      Setelah itu kakak bisa install WordPress di layanan hosting tersebut lalu menggunakan fitur Import untuk memindahkan konten.
      Untuk penjelasan lebih lengkapnya sedang kami pertimbangkan untuk membuat panduannya.
      Mohon ditunggu ya kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *