Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Termudah Membuat Email di HP & Laptop (+ Email Perusahaan!)

3 min read

Kenapa email masuk spam

Ada beberapa cara membuat email baru yang bisa Anda coba. Di artikel ini kami akan membahas tiga cara yang paling sering digunakan, yaitu:

  1. Cara Membuat Email Baru di HP Android
  2. Cara Membuat Email di Laptop
  3. Cara Membuat Email Perusahaan

Anda bisa membuat email di perangkat apa pun, baik itu di desktop maupun smartphone Android. Pilih salah satu cara di bawah ini yang paling cocok untuk Anda!

Cara Membuat Email di HP

Anda bisa membuat email baru lewat hp dan mengelola email perusahaan melalui perangkat Android Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukan pengaturan email dengan domain sendiri menggunakan Gmail perangkat Android.

Sebelum memulai pengaturan email di perangkat Android, pastikan Anda sudah memiliki email dengan domain sendiri dan tentu saja perangkat Android.

Jika belum memiliki email dengan domain sendiri, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Jika sudah punya email dengan domain sendiri, Anda bisa langsung menerapkan panduan di bawah ini:

  1. Buka perangkat android  Settings > Add Account. Pilih Other yang ada pada daftar aplikasi email untuk menambahkan akun email Anda.
    cara setting email di android
    Cara Buat Email Baru Lewat HP
  2. Masukkan alamat email Anda dan klik Next.
    cara setting email kantor di android dengan cara memasukkan alamat email
    Buat email baru lewat hp #2
  3. Pilih jenis dari incoming server yang ingin Anda gunakan, apakah itu POP3 atau IMAP.
    pemilihan pop3 dan imap dalam proses setting email android
    Cara membuat email gmail #3
  4. Masukkan password email Anda
    langkah memasukkan password dalam proses setting email di android
    Cara membuat email gmail #4
  5. Cek kembali incoming server setting seperti tampilan berikut
    langkah incoming server settings dalam proses setting email di android
    Ccara membuat alamat email #5
    • Username – Alamat email Anda.
    • Password – Password akun email Anda.
    • Server – Umumnya menggunakan domainanda.com atau mail.namadomain.com. Untuk memastikan, silakan hubungi layanan hosting Anda.
    • Port – Untuk contoh kami menggunakan port 993, hal ini tergantng dari layanan hosting Anda. Namun, untuk port default POP3 dan IMAP adalah 110 POP3 tanpa SSL, 143 IMAP tanpa SSL, 993 IMAP dengan SSL, atau 995 POP3 dengan SSL.
  6. Setelah semua detail berhasil terisi, klik Next.
  7. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi detail untuk Outcoming server. Detail pada outgoing server sebaiknya diisi seperti detail pada incoming server. Untuk port, isi dengan 587 dan Security type pilih SSL/TLS (Accept all certificates).
    proses memasukkan outgoing server settings
    Cara membuat akun email #6
  8. Klik next dan proses membuat email di perangkat Android selesai!

Saat ini Anda sudah dapat menggunakan alamat email di Android. Langkah detailnya juga bisa Anda cek di artikel cara setting Android.

Cara Membuat Email Gmail di Laptop

Selanjutnya adalah cara membuat email baru di Gmail dengan menggunakan laptop. Simak langkah-langkah berikut.

  1. Buka halaman https://www.google.com/gmail/ di browser Anda.
  2. Klik Buat Akun pada bagian kanan atas.
    cara membuat email di gmail
  3. Isi nama depan, nama belakang Anda, dan nama alamat email yang Anda inginkan. Untuk nama alamat email, Anda hanya bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan titik.
    proses memasukkan form saat membuat email di gmail
    Cara Bikin Email Baru Gmail
  4. Setelah berhasil memilih alamat email, masukkan password yang Anda inginkan dan jangan lupa isikan konfirmasi password kemudian klik Berikutnya.
  5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk verifikasi. Satu nomor telepon hanya bisa digunakan untuk satu alamat email.
    verifikasi nomor telepon saat membuat email di gmail
  6. Setelah melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon Anda akan diminta memilih tanggal, bulan dan tahun lahir Anda.
  7. Pilih jenis kelamin Anda kemudian klik Berikutnya.
  8. Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan, scroll ke bawah kemudian kilik Saya setuju.

Selamat! sekarang email Anda siap untuk digunakan.

Cara Membuat Email Perusahaan

Terdapat dua cara membuat email perusahaan yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Menggunakan Zoho (Gratis)
  2. Menggunakan layanan hosting (Berbayar)

Di bawah, kita akan membahasnya secara lebih detail. Yuk simak lebih lanjut!

Menggunakan Zoho (Gratis)

Zoho menyediakan pilihan paket gratis bagi Anda yang ingin membuat email dengan menggunakan nama domain perusahaan atau bisnis. Berikut adalah caranya:

  1. Buka website Zoho
  2. Pilih Free Plan, lalu klik Get Started
    cara daftar email gratis zoho dengan paket gratis
  3. Masukkan domain website bisnis Anda
    proses memasukkan domain email di zoho
  4. Lengkapi informasi bisnis Anda, lalu klik Proceed
    cara registrasi domain gratis di zoho

Patut dicatat bahwa email gratis dari Zoho hanya dapat digunakan untuk lima username dalam satu domain dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail

Menggunakan Layanan Hosting (Berbayar)

Pada cara yang satu ini, Anda hanya perlu membeli layanan hosting lalu mengatur email perusahaan yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Beli salah satu paket hosting. Di Niagahoster Anda bisa membeli hosting dan mendapatkan domain gratis!
  2. Setelah mengaktifkan hosting dan domain, Anda bisa membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel
  3. Buka cPanel dan pilih menu Email Accounts
    cara membuat email baru dengan layanan hosting melalui cpanel
  4. Masukkan alamat email yang ingin dibuat pada kolom Email, kemudian pilih domain untuk email pada bagian Domain (jika Anda memiliki lebih dari satu domain pada hosting). Masukkan kata sandi pada form Password, tentukan kuota, kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Create Account.
    langkah penambahan detail akun email dalam proses membuat email
  5. Selesai! Anda telah berhasil membuat email perusahaan dengan domain sendiri.
  6. Anda bisa mengakses email yang telah Anda buat melalui namadomainanda.com/webmail, masukkan alamat email dan password yang Anda tentukan untuk email yang Anda buat.
  7. Setelah itu akan tampil tiga pilihan aplikasi webmail yang dapat Anda gunakan. Klik salah satu aplikasi. Pada contoh ini kami memilih roundcube.
  8. Di bawah ini adalah tampilan webmail roundcube, Anda sudah bisa berkirim email melalui menu yang tersedia.
    tampilan webmail rouncube

Oh ya, biasanya layanan email dari hosting punya batasan tertentu. Jadi, jika Anda membutuhkan email perusahaan dengan kapasitas lebih banyak, email hosting dari Niagahoster bisa menjadi pilihan.

daftar paket layanan email hosting niagahoster

Bagaimana? Mudah bukan cara buat email dari hp langsung jadi? Jika Anda ingin mendapatkan panduan seputar cara membuat akun email, silakan tonton video berikut!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Termudah Membuat Email di HP & Laptop (+…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *