Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Email di cPanel secara Cepat dan Mudah!

1 min read

Cara Membuat Email di cPanel

Cara membuat email di cPanel tidaklah sulit jika Anda tahu langkah-langkahnya. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri dengan mudah tanpa memerlukan waktu lama.

Tutorial kami kali ini akan membahas bagaimana cara membuat akun email dengan nama domain Anda sendiri di cPanel.

Berikut adalah Cara Membuat Email di cPanel …

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda Memiliki akses ke cPanel hosting Anda (Anda dapat membeli website hosting di Niagahoster dengan akses cPanel). Jika sudah, mari kita mulai langkah-langkahnya!

1. Akses cPanel Hosting Anda

Pertama, silakan akses cPanel Anda, untuk mengaksesnya dapat melalui http://namadomain.com:2082 atau http://namadomain.com/cpanel/. Kemudian login menggunakan username dan passwod cPanel Anda, jika tidak mengetahui detail loginnya silakan tanyakan ke bagian support hosting Anda.

2. Pilih menu Email

memilih menu email accounts

Setelah berhasil masuk ke cPanel, silakan buka menu Email Accounts pada kolom Email. Anda juga dapat mengetikkan Email Accounts pada kolom pencarian di cPanel.

Baca Juga : Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

3. Buatlah akun email

Langkah ini merupakan proses untuk membuat akun email. Silakan masukkan nama dari akun email yang ingin Anda buat, misalnya namaanda@domainanda.com.

Setelah itu, silakan masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk email Anda. Kami sangat menyarankan penggunaan huruf kapital, huruf kecil, dan angka pada password Anda.

Selanjutnya Anda perlu menetapkan Mailbox Quota. Tujuannya adalah untuk menentukan besar ukuran penyimpanan akun email Anda.

  • Tersedia dua pilihan default, pilihan standar sebesar 1024 MB dan unlimited.
  • Jika Anda memilih 1024 MB, dan email masuk sudah mencapai limit, Anda tidak dapat menerima email lagi.
  • Jika Anda memilih unlimited, Anda tidak perlu menambah limit lagi apabila email sudah penuh. Nah, apabila akun email digunakan oleh Anda sendiri, silakan pilih Unlimited.

Baca juga: Panduan Membuat Email Auto Reply di cPanel

membuat akun email cpanel

4. Klik Tombol Create Account

Setelah mengisi semua detail yang Anda perlukan, silakan klik tombol Create Account. Selanjutnya Anda akan melihat pesan bahwa akun telah berhasil dibuat.

cara membuat akun email

Cara Membuat Email di cPanel Sangat Mudah, Bukan?

Dengan menyelesaikan tutorial cara membuat email di cPanel ini, Anda telah berhasil membuat akun email dengan domain Anda sendiri. Setelahnya, Anda bisa login Webmail untuk mulai berkirim email.

Jika pada proses pembuatan akun email menemukan pesan error, silakan hubungi layanan penyedia email hosting yang Anda gunakan.

Apabila Anda pernah mencoba sendiri sebelumnya, atau mengalami kesulitan, jangan ragu berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini!


Jika Anda membutuhkan VPS, Niagahoster menyediakan layanan cPanel VPS murah yang memudahkan Anda untuk mengelola VPS dengan cepat dan aman:

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Membuat Email di cPanel secara Cepat dan Mudah!”

  1. saya mau buat akun email di cpanel, tp setiap saya create pasti muncul error, anehnya error nya itu tidak ada pesan apa2 ya. kira2 itu kenapa ya?

    1. Mungkin bisa diperiksa terlebih dahulu pak, "max email account" pada hosting yang bapak gunakan saat ini maksimalnya berapa.
      karena beberapa layanan hosting terkadang membatasi maksimal akun email yang dapat dibuat.
      namun jika bapak menggunakan layanan kami, silahkan kirimkan tiket bantuan kepada tim teknis kami agar dapat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

  2. itu emailnya kalau mau baca harus buka cpanel ya ? bisa di sinkronkan ke email asli kita ? misalnya kalau toko online gitu dapat orderan dari email kan bisa langsung tau tanpa buka cpanel.

    1. Tidak, bisa langsung mengakses ke http://webmail.namadomain.com/ atau dapat langsung mengarahkan email ke email pribadi yang ada di gmail, caranya dengan melakukan redirect email yang masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *