Tutorial

Cara Membuat Email di cPanel secara Cepat dan Mudah!

Cara membuat email di cPanel tidaklah sulit jika Anda tahu langkah-langkahnya. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri dengan mudah tanpa memerlukan waktu lama.

Tutorial kami kali ini akan membahas bagaimana cara membuat akun email dengan nama domain Anda sendiri di cPanel.

Berikut adalah Cara Membuat Email di cPanel …

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda Memiliki akses ke cPanel hosting Anda (Anda dapat membeli website hosting di Niagahoster dengan akses cPanel). Jika sudah, mari kita mulai langkah-langkahnya!

1. Akses cPanel Hosting Anda

Pertama, silakan akses cPanel Anda, untuk mengaksesnya dapat melalui http://namadomain.com:2082 atau http://namadomain.com/cpanel/. Kemudian login menggunakan username dan passwod cPanel Anda, jika tidak mengetahui detail loginnya silakan tanyakan ke bagian support hosting Anda.

2. Pilih menu Email

Setelah berhasil masuk ke cPanel, silakan buka menu Email Accounts pada kolom Email. Anda juga dapat mengetikkan Email Accounts pada kolom pencarian di cPanel.

Baca Juga : Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

3. Buatlah akun email

Langkah ini merupakan proses untuk membuat akun email. Silakan masukkan nama dari akun email yang ingin Anda buat, misalnya namaanda@domainanda.com.

Setelah itu, silakan masukkan password yang ingin Anda gunakan untuk email Anda. Kami sangat menyarankan penggunaan huruf kapital, huruf kecil, dan angka pada password Anda.

Selanjutnya Anda perlu menetapkan Mailbox Quota. Tujuannya adalah untuk menentukan besar ukuran penyimpanan akun email Anda.

  • Tersedia dua pilihan default, pilihan standar sebesar 1024 MB dan unlimited.
  • Jika Anda memilih 1024 MB, dan email masuk sudah mencapai limit, Anda tidak dapat menerima email lagi.
  • Jika Anda memilih unlimited, Anda tidak perlu menambah limit lagi apabila email sudah penuh. Nah, apabila akun email digunakan oleh Anda sendiri, silakan pilih Unlimited.

Baca juga: Panduan Membuat Email Auto Reply di cPanel

4. Klik Tombol Create Account

Setelah mengisi semua detail yang Anda perlukan, silakan klik tombol Create Account. Selanjutnya Anda akan melihat pesan bahwa akun telah berhasil dibuat.

Cara Membuat Email di cPanel Sangat Mudah, Bukan?

Dengan menyelesaikan tutorial cara membuat email di cPanel ini, Anda telah berhasil membuat akun email dengan domain Anda sendiri.

Jika pada proses pembuatan akun email menemukan pesan error, silakan hubungi layanan penyedia email hosting yang Anda gunakan.

Apabila Anda pernah mencoba sendiri sebelumnya, atau mengalami kesulitan, jangan ragu berdiskusi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini!


Jika Anda membutuhkan VPS, Niagahoster menyediakan layanan cPanel VPS murah yang memudahkan Anda untuk mengelola VPS dengan cepat dan aman:

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Cloud Hosting vs Traditional Hosting: Manakah yang Lebih Oke?

Cloud Hosting vs Traditional Hosting kerap diadu sebagai jenis hosting terbaik. Namun sebenarnya, siapa yang lebih oke? Temukan di sini!

3 days ago

Navigasi Website: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Navigasi website adalah bagian penting desain web. Website dengan struktur navigasi yang baik bisa membuat pengunjung betah dan bahkan bisa…

3 days ago

Gutenberg 13.7 Sudah Rilis, Apa Saja Fitur Barunya?

Gutenberg, editor resmi WordPress, merilis versi terbarunya yang dinamai Gutenberg 13.7. Apa saja fitur barunya? Temukan di sini!

4 days ago

YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Video Konten Terbaru

Pertanyaan ini untuk Anda yang berniat ataupun sedang merintis karier sebagai YouTuber: kira-kira, bagaimana cara Anda mengetahui perkembangan channel YouTube?…

4 days ago

Apa Itu Disk Space pada Hosting? Ketahui Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Anda mungkin pernah membaca sepintas tentang disk space saat akan membeli paket hosting. Tapi, tahukah Anda apa itu disk space? …

4 days ago

Cara Memilih Lokasi Server Hosting untuk Website Anda

Lokasi server hosting adalah tempat fisik di mana server ditempatkan. Bagaimana cara memilih lokasi server yang tepat? Temukan di sini!

5 days ago