Categories: DomainEmailTutorial

Cara Konfigurasi Email dengan Domain Sendiri

Gmail kini telah menjelma menjadi platform email paling populer di dunia. Banyak orang menggunakan layanan ini setiap hari untuk berkirim maupun sekedar mengecek email. Bagaimanapun juga, tentu akan cukup merepotkan jika Anda memiliki banyak akun email yang dibuat dengan beragam layanan berbeda (misalnya admin@domainA.com, admin@domainB.com, dan sebagainya). Terlebih ketika Anda perlu mengecek setiap email yang masuk, karena harus login ke akun berbeda terlebih dahulu. Tutorial kami kali ini akan membahas cara membuat email dengan domain sendiri di Gmail.

Hal ini tentu menarik bagi Anda yang membutuhkan fitur ekstra dari sekedar akun email biasa, mengingat satu akun Gmail dapat digunakan oleh lebih dari satu akun email.

Apa yang Anda Perlukan untuk Membuat Email dengan Domain Sendiri?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan Anda memiliki:

  • Hosting dan domain, Anda wajib memiliki hosting dan domain terlebih dahulu karena kedua hal tersebut merupakan syarat utama. Hosting berguna untuk akses ke cpanel dan domain adalah nama yang akan Anda gunakan di alamat email Anda nantinya.
  • Akun Gmail aktif, jika belum ada silakan daftar Gmail terlebih dahulu.
  • Akun email di hosting, jika belum ada silakan ikuti tutorial membuat email di cPanel.
  • Detail POP3 dan SMTP dari email di hosting Anda
  • Koneksi yang stabil, tentunya koneksi juga sangat berpengaruh. Jika koneksi Anda stabil, maka Anda akan dengan mudah membuat email dengan domain sendiri tanpa menunggu loading yang terlalu lama.
Email Hosting Terbaik Untuk Bisnis Profesional Mulai Rp 80rb/bulan

Bagaimana Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa membuat email nama domain sendiri ketika hosting sudah aktif, selanjutnya lakukan konfigurasi melalui cPanel

Login cPanel

Jika Anda sudah memiliki hosting dan domain yang statusnya sudah aktif. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah login ke cPanel, caranya ketik namadomain/cPanel (domainA.com/cPanel).

Cek Detail POP3 dan SMTP

Pertama-tama, Anda perlu untuk mendapatkan detail POP3 dan SMTP dari akun email Anda di hosting yang ingin dikonfigurasi ke Gmail. Di bawah ini adalah langkah pengecekan detail POP3 dan SMTP melalui cPanel, tapi jika anda menggunakan layanan email selain di cPanel, silakan untuk menanyakannya ke layanan tersebut mengenai detailnya.

Jika sudah berhasil login ke cPanel dari akun hosting Anda dan ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Klik pada menu Email Account yang berada di kolom Email.

Selanjutnya masukkan nama email yang Anda inginkan dan klik create account. Sampai tahap ini Anda sudah berhasil membuat email dengan nama domain sendiri.

Jika Anda ingin menghubungkannya ke gmail Anda, agar dapat dibuka melalui perangkat mobile, silakan ikuti panduan selanjutnya.

2. Setelah itu silakan klik link Set Up Mail Client. PENTING – pada langkah ini Anda harus sudah membuat akun email di cPanel.

3. Akan tampil halaman berupa detail POP3 dan SMTP. cPanel akan menampilkan dua pilihan, yaitu Secure SSL/TLS Settings dan Non-SSL Settings. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan Secure Settings. Jika tidak berhasil, silakan gunakan Non-SSL Settings.

4. Silakan salin detail tersebut dan paste di Notepad pada komputer Anda. Atau silakan untuk membuka tab browser baru untuk langkah selanjutnya.

Konfigurasi Gmail untuk Menerima Email dari Akun Email di cPanel

Silakan buka Gmail dengan mengikuti langkah di bawah ini:

1. Silakan login ke akun Gmail.

2. Silakan pilih menu Settings pada Gmail di bagian pojok kanan atas, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

3. Setelah sudah berada di halaman Settings, silakan pilih tab Accounts yang terletak di bagian atas seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

4. Silakan lakukan konfigurasi untuk mengirim serta menerima email pada halaman ini. Akan tetapi, lakukan konfigurasi untuk menerima email terlebih dahulu. Klik tautan Add a POP3 mail account you own.

5. Masukkan alamat email yang sudah dibuat di cPanel hosting Anda pada kolom seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tombol Next Step.

6. Setelahnya akan muncul popup seperti gambar di bawah ini.

Sekarang Anda memerlukan detail email yang ada di Langkah 1 sebelumnya. Gunakan Username dan Password yang tersedia pada detail tersebut, dan masukkan ke form popup di Gmail.

Untuk POP Server, pilih hostname Incoming Server.

Pastikan Port sama dengan yang ada di konfigurasi dari email Anda di cPanel.

Terdapat 4 pilihan checkbox. Berikut adalah penjelasannya.

  • Leave a copy of retrieved message on the server – Jika di centang, email yang diterima oleh Gmail akan ada juga di server akun email. Jadi untuk email masuk, selain masuk ke Gmail juga masuk ke akun email di hosting Anda. Jika tidak dicentang maka email di server akan dihapus ketika diambil oleh Gmail.
  • Always use a secure connection (SSL) when retrieving mail – Silakan dicentang jika Anda menggunakan Secure SSL/TLS Settings.
  • Label incoming messages – Jika Anda mencentang pilihan ini, semua email yang masuk akan diberi label warna. Sehingga Anda dapat membedakan email dari alamat email berbeda dalam satu inbox.
  • Archive incoming messages (Skip the Inbox) – Pesan email akan masuk ke folder khusus yang berbeda dengan direktori inbox.

7. Setelah Anda mengisi semua informasi yang diperlukan, silakan klik tombol Add Account.

8. Jika konfigurasi berhasil, Anda akan melihat pesan seperti pada gambar di bawah ini:

Jika muncul pesan error, silakan dicek kembali apakah konfigurasinya sudah sesuai atau belum. Jika masih muncul error, silakan untuk menghubungi pihak hosting yang Anda gunakan.

Konfigurasi Gmail untuk Mengirimkan Email dari Akun Email Hosting

PENTING – Untuk konfigurasi mengirimkan email langsung dari Gmail, Anda perlu menggunakan SMTP. Jika layanan hosting Anda tidak memperbolehkan Anda untuk menggunakan SMTP, Anda tidak dapat mengirimkan email melalui Gmail.

Jika hosting Anda mengijinkan untuk menggunakan SMTP, silakan lanjut ke tahap berikutnya:

1. Pada pesan berhasil sebelumnya, silakan untuk memilih Yes, I want to be able to send mail as … dan klik tombol Next Step.

(Optional) Jika Anda sudah menutup pesan berhasil, tidak perlu khawatir, pada Gmail silakan pilih Settings > Accounts dan klik Add another email address you own.

2. Pada langkah selanjutnya, silakan masukkan detail alamat email Anda.

  • Name – Nama yang akan ditampilkan di email penerima.
  • Email address – Alamat email yang dikonfigurasi untuk mengirimkan email.
  • Untuk pilihan lain, silakan biarkan saja. Anda dapat memilih link Learn more untuk pilihan lain.

Setelah semuanya diisi, silakan klik tombol Next Step.

3. Silakan masukkan detail dari server Anda (yang ada pada Langkah 1)

  • SMTP Server – Diisi dengan hostname Outgoing Server:

  • Pastikan untuk Port sama dengan pada setingan di email Anda (jika Anda mengunakan layanan Niagahoster dan muncul error ketika menekan Add Account, silakan untuk menggunakan port 587):

  • Username dan Password dari akun email Anda:

Pilih antara SSL atau TLS (tergantung dari hosting yang Anda gunakan). Pada umumnya, Anda dapat membiarkannya secara default.

Ketika semuanya sudah diisi, silakan klik tombol Add Account.

4. Jika konfigurasi sudah berhasil, akan tampil halaman untuk melakukan verifikasi email. Silakan masukkan alamat email dengan domain Anda.

5. Setelah itu silakan cek email pada akun email di hosting Anda, dengan mengaksesnya melalui Webmail, untuk melakukan verifikasi, dengan mengklik link konfirmasi yang dikirimkan ke email Anda atau memasukkan kode pada kolom Verify.

Pada langkah ini, Anda telah menyelesaikan tahapan melakukan konfigurasi akun email dengan domain sendiri di Gmail. Dengan mengikuti langkah diatas pastinya cara membuat email domain sendiri di google cukup mudah dilakukan. Jika Anda ingin menambahkan akun email yang berbeda, silakan lakukan dengan langkah yang sama.

Setelah seluruh konfigurasi selesai, Anda dapat memilih email pengirim yang diinginkan ketika Anda akan mengirimkan email. Berikut adalah tampilannya.

Anda dapat memberikan warna yang berbeda setiap akun email yang ditambahkan ke Gmail. Pada contoh ini untuk email info@domain.com diberi tanda merah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Sudah Bisa Membuat Email Domain Sendiri?

Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda telah belajar cara membuat email dengan domain sendiri di Gmail. Seharusnya Anda telah dapat mengirimkan dan menerima email melalui akun Gmail Anda.  Kini Anda sudah mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya dengan panduan di atas. Sebagai informasi, apabila Anda memilih menggunakan hosting Niagahoster maka Anda bisa mendapatkan domain gratis selamanya.

Baca juga: Ganti Password Gmail dengan Langkah Mudah

Anda pernah mencoba sendiri di rumah? Ayo gabung di kolom komentar berikut ini ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

24 hours ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

2 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

2 days ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

3 days ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

4 days ago

Cara Membuat Blog dengan Laravel untuk Pemula (Terlengkap!)

Laravel merupakan salah satu framework terbaik untuk membuat blog. Dengan framework gratis ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan blog dengan…

5 days ago