Categories: Dev

Cara Membuat Database di MySQL

Cara membuat database di MySQL dapat dilakukan dengan beberapa pilihan berbeda, seperti yang akan kami bahas pada tutorial ini. Pilihan pertama adalah membuat database di MySQL melalui cPanel hosting, yang kedua melalui localhost dengan menggunakan command prompt, pilihan terakhir membuat database MySQL melalui phpMyAdmin.

Penjelasan Singkat MySQL

MySQL merupakan sistem manajemen basis data relasional open source yang dapat berjalan hampir di semua jenis platform seperti Linux, UNIX, dan juga Windows. Meskipun demikian, MySQL lebih dikenal sebagai manajemen basis data untuk aplikasi berbasis web.

MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystems pada tahun 2008 kemudian pada tahun 2010 Oracle membeli Sun Microsystems. Saat ini developer masih dapat menggunakan MySQL di bawah lisensi GNU General Public License, sedangkan untuk perusahaan harus menggunakan lisensi komersial dari Oracle.

Berikut Cara Membuat Database di MySQL

Anda dapat menggunakan beberapa langkah berikut untuk membuat database MySQL:

  • Membuat Database Melalui cPanel
  • Membuat Database Melalui Command Prompt
  • Membuat Database Melalui phpMyAdmin

Pilihan 1: Membuat Database Melalui cPanel

cPanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang disediakan oleh layanan hosting untuk memudahkan pemilik website melakukan pengaturan melalui tampilan web. Tersedia berbagai macam tool untuk mengontrol dan menjalankan website, salah satunya adalah tool untuk membuat database.

Jika Anda menggunakan hosting yang menggunakan cPanel, untuk membuat database dapat dilakukan dengan mudah melalui menu yang tersedia untuk melakukan pengaturan database. cPanel merupakan kontrol panel web hosting yang paling populer.

Tampilan sederhana yang dimiliki cPanel membuatnya cukup mudah untuk digunakan, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Selain untuk membuat database baru, melalui cPanel Anda dapat mengelola email, mengupload file website, dan lainnya.

Untuk membuat database, silakan ikuti langkah berikut ini.

1. Silakan login ke cPanel

2. Kemudian klik menu MySQL Databases yang berada pada kolom Databases

3. Masukkan nama database baru pada kolom New Database kemudian tekan tombol Create Database untuk membuat database baru. (Pastikan untuk database yang Anda buat tidak memiliki nama yang sama dengan database yang sudah ada)

4. Silakan kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Go Back.

5. Tambahkan user baru pada bagian Add New User, isi nama user pada kolom Username, beserta password pada kolom Password, kemudian klik tombol Create User untuk membuat user baru.

6. Setelah itu klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

7. Jika database dan user sudah Anda buat, selanjutnya adalah menambahkan user pada database. Pada bagian Add User To Database silakan pilih user dan database melalui menu drop down yang telah Anda buat, kemudian klik tombol Add untuk menyimpan perubahan.

8. Silakan centang pilihan ALL PRIVILEGES kemudian tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

Pada langkah ini cara membuat database di MySQL melalui cPanel sudah berhasil Anda lakukan.

Baca Juga: Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilihan 2: Membuat Database Melalui Command Prompt

Selain melalui cPanel, database MySQL juga bisa dibuat melalui perintah command prompt di localhost. Hal ini akan sangat membantu ketika Anda ingin melakukan pengembangan website tanpa harus terkoneksi ke internet.

Anda hanya perlu melakukan instalasi MySQL di komputer yang digunakan, kemudian menjalankan perintah melalui command prompt untuk membuat database MySQL.

Terdapat dua contoh membuat database yang akan kami bahas, yang pertama dengan menggunakan WAMPServer dan yang kedua dengan menggunakan XAMPP, berikut langkahnya:

a. WAMPServer

Silakan lakukan instalasi WAMPServer di komputer, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut. Setelah proses instalasi selesai silakan jalankan WAMPServer, kemudian ikuti cara membuat database di MySQL berikut ini.

1. Bukan Command Prompt melalui menu Run dengan menekan logo Windows + R, kemudian ketikkan cmd lalu tekan Enter.

2. Setelah itu ketikkan perintah berikut cd c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin kemudian tekan enter.

[ecko_alert color=”gray”]Perintah ini harus sesuai dengan lokasi Anda menginstal WAMP Server dan versi MySQL yang terinstal, pada contoh ini kami menginstalnya di direktori c:\ dengan versi MySQL 5.7.19, silakan disesuaikan dengan lokasi instalasi dan versi MySQL Anda.[/ecko_alert]

3. Selanjutnya silakan ketikkan perintah mysql -u root kemudian tekan Enter

4. Untuk membuat database baru silakan gunakan perintah berikut create database namadatabaseanda; kemudian tekan Enter, pada contoh ini untuk database menggunakan nama niagahoster.

5. Untuk menampilkan daftar database silakan ketikkan perintah show databases;

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Modal Terjangkau Hasil Menjanjikan

b. XAMPP

Melalui cara ini kami akan memberikan contoh membuat database di MariaDB, dengan perintah yang sama seperti cara membuat database di MySQL. MariaDB sendiri merupakan database yang dikembangkan dari MySQL.

Silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Lakukan instalasi XAMPP di komputer, silakan ikuti tutorial cara instal XAMPP.

2. Setelah XAMPP berhasil diinstal, silakan jalankan XAMPP kemudian klik tombol Start pada baris MySQL.

3. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol berlogo Windows + R, kemudian ketikkan CMD lalu tekan Enter.

4. Pada command prompt ketikkan perintah cd c:\xampp\mysql\bin kemudian tekan Enter (jika Anda menginstal XAMPP langsung di C)

5. Kemudian ketikkan perintah mysql -u root

6. Selanjutnya untuk membuat database silakan masukkan perintah create database niagahoster; lalu tekan Enter (pada contoh ini nama databasenya adalah niagahoster)

7. Untuk melihat database yang sudah Anda buat silakan ketikkan perintah show databases; kemudian tekan Enter.

Pilihan 3: Membuat Database Melalui phpMyAdmin

Jika Anda tidak terbiasa dengan perintah command prompt, cara lain untuk membuat database di localhost dapat Anda lakukan melalui phpMyAdmin.

phpMyAdmin merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan PHP yang berguna untuk mengatur administrasi MySQL melalui sebuah Web. phpMyAdmin mendukung banyak operasi di MySQL dan MariaDB, seperti mengelola database, tabel, relasi, kolom, pengguna dll.

Untuk membuat database melalui phpMyAdmin, silakan ikuti langkah di bawah ini.

Catatan: Pastikan Anda sudah melakukan instalasi XAMPP atau WAMPServer seperti di langkah sebelumnya.

1. Silakan jalankan service Apache dan MySQL di XAMPP dengan menekan tombol Start.

2. Pada browser, silakan akses URL berikut: localhost/phpmyadmin

3. Untuk membuat database, silakan klik New, masukkan nama database yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Create.

4. Akan terlihat database yang sudah Anda buat pada menu sebelah kiri

Pada langkah ini proses pembuatan database sudah berhasil dilakukan, cara ini akan berguna ketika Anda akan melakukan instalasi WordPress di localhost.

Video Tutorial Cara Membuat Database di MySQL

Penutup

Itulah beberapa cara membuat database di MySQL yang dapat Anda coba. Jika Anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan tutorial ini jangan ragu untuk berkomentar. Untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda, silakan Subscribe melalui form yang tersedia. 🙂

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Email bisnis berbeda dengan email personal yang digunakan kebanyakan orang. Anda tidak bisa menggunakan layanan email personal untuk kepentingan bisnis.…

17 hours ago

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Jika berbicara soal layanan email gratis, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah Yahoo Mail dan Gmail. Memang…

2 days ago

Cara Melihat IP Address di Komputer dan Android

Sedang mencari alamat IP address komputer, smartphone, atau perangkat lainnya yang Anda gunakan? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel…

3 days ago

Tutorial PrestaShop: Panduan Membuat Toko Online

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas Shopify. Namun, sayangnya platform tersebut berbayar. Nah, di artikel ini kami akan mengulas cara…

4 days ago

6 Strategi Sukses Jadi Dropshipper 2019

Indonesia diprediksi menjadi pasar ecommerce terbesar di Asia. Pada tahun 2021, pendapatan dari bisnis online akan mencapai $14,47 miliar. Angka…

6 days ago

15+ Bahasa Pemrograman Terpopuler di Kalangan Developer

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan…

7 days ago