Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memblokir Email Spam Melalui cPanel

1 min read

Kenapa email masuk spam

Apakah ada email spam yang masuk ke inbox email Anda? Jangan khawatir, dengan belajar cara memblokir email spam melalui cPanel, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Cukup dengan sedikit konfigurasi, Anda bisa memblokir email tertentu atau semua email dengan domain tertentu. Mantap, kan?

Tanpa perlu berlama-lama, yuk simak selengkapnya!

Cara Block Email Spam dengan Mudah & Cepat

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki alamat email yang sudah dibuat di cPanel. Jika sudah, mari kita mulai dengan langkah pertama!

1. Buka Menu Apache SpamAssassin

Pertama-tama, Anda perlu login ke cPanel. Silakan buka menu Apache SpamAssassin pada kolom Email, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Memblokir Email

Klik tombol Configure Apache SpamAssassin.

Cara Memblokir Email cpanel

Baca juga: Apa Itu Spamhaus Block List dan Mengapa Berbahaya?

2. Blokir Email Spam yang Masuk ke Inbox Anda

Setelah berada di halaman konfigurasi Apache SpamAssassin, akan terlihat beberapa cara blokir email masuk yang berupaspam. Agar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.

cara blacklist email
  1. Anda dapat memblokir  email tertentu, sebagai contoh email@exampleA.com. Dengan cara ini, semua email yang dikirim dari email@exampleA.com akan diblokir sedangkan pesan selain dari email tersebut akan tetap masuk ke inbox.
  2. Anda juga dapat memblokir semua email yang masuk dari nama domain tertentu. Pada contoh ini, semua email dengan akhiran @exampleB.com akan diblokir.

Setelah Anda memasukkan email yang ingin diblokir, silakan klik tombol Save pada bagian bawah halaman.

menyimpan email blokir

Apabila Anda telah memasukkan alamat email dengan format benar, Anda akan melihat pesan konfirmasi berhasil seperti pada gambar di bawah ini.

menyimpan email blokir berhasil

Mulai sekarang, semua email yang masuk dari alamat email yang terdaftar dalam daftar blacklist akan diblokir.

Semisal Anda mendapatkan spam dari akun email maupun nama domain berbeda, Anda juga dapat meningkatkan nilai pada kolom required_score.

Penyaringan email dengan cara ini akan lebih ketat. Penambahan nilai yang lebih besar malah akan meningkatkan peluang ‘salah baca’, email yang sebenarnya valid namun dianggap spam. Karenanya, kami tetap menyarankan Anda untuk mengisi angka default yaitu 5.

Baca Juga : Cara Membuat Email di cPanel

Yuk Blokir Email Spam di Inbox Anda melalui cPanel!

Kini Anda telah belajar cara memblokir email spam melalui cPanel menggunakan fitur Apache SpamAssassin. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat memblokir pesan dari alamat email tertentu, maupun semua email dari domain tertentu.

Jika Anda ingin solusi praktis untuk mengatasi masalah email spam, Anda bisa coba berlangganan mail server murah di Niagahoster. Kami menawarkan berbagai fitur canggih seperti:

  • SpamAssassin – Untuk menghalau spam dari luar.
  • SpamExpert – Untuk mencegah pesan Anda masuk ke kotak spam.

Tertarik? Yuk klik tombol di bawah untuk berlangganan email hosting di Niagahoster!

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Memblokir Email Spam Melalui cPanel”

  1. Dear admin,
    Gimana caranya untuk blok email kirim di c panel, contoh si a nga bisa kirim email ke b

    tutorial di atas hanya untuk blok terima email dari salah satu alamat email.

    tq

  2. Pak gimana cara setting blok kirim email?
    contoh si A@domain.com nga bisa KIRIM ke si B@domain.com, tutorial diatas hanya untuk blok terima.

    tq

  3. Apa dampak yang dapat terjadi jika nilai penyaringan email diatur terlalu tinggi dalam hal ketatnya penyaringan? Mengapa disarankan untuk tetap menggunakan nilai default dalam hal ini, meskipun penambahan nilai yang lebih besar dapat meningkatkan tingkat keamanan?

    1. Hai, kak. Menggunakan nilai terlalu tinggi dalam spam dapat menyebabkan email masuk yang sebenarnya bukan spam malah dianggap sebagai spam ya.
      Jadi gunakan fitur ini dengan bijak, agar kakak tidak terganggu oleh spam tapi juga tidak menghalangi email organik yang masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *