Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Memberi Password pada Folder cPanel [Termudah]

2 min read

Featured Image Cara-Memberi-Password-pada-Folder-cPanel-[Tercepat]

Apakah Anda sedang mencari cara memberi password pada folder cPanel? Selamat, Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Password folder/direktori di akun hosting Anda cukup berguna ketika ada user yang membutuhkan hak akses pada folder tertentu. Khususnya jika Anda hanya menginginkan user tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Pada tutorial kali ini, kita akan membahas cara memberi password pada folder di cPanel. Yuk simak sampai selesai!

Baca juga: Cara memunculkan file hidden di cPanel

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke cPanel akun hosting Anda.
  • Folder yang akan diproteksi password.

Berikut ini adalah cara memberi password pada folder cPanel …

1. Login ke cPanel

Silakan login ke cPanel akun hosting Anda dan temukan menu Directory Privacy di bagian Files. Sebagai alternatif, Anda dapat mengetikkannya pada kolom pencarian.

cara memberi password pada folder

2. Pilih Direktori Public HTML

Setelah masuk pada menu Directory Privacy silakan klik direktori public_html.

password folder cpanel

3. Pilih Direktori Yang Akan Diberi Password

Setelah Anda menemukan direktori yang akan diproteksi, silakan klik pada nama direktori tersebut untuk membuka Security Manager langsung dari direktori tersebut. Dalam contoh ini kami akan mengatur password pada folder archives2016.

password direktori cpanel

4. Aktifkan Password Protection

Untuk mengaktifkan password untuk direktori, silakan beri tanda centang pada pilihan Password protect this directory dan masukkan nama untuk directory, yanga mana pada contoh ini adalah “Archived documents 2016”. Setelah itu silakan klik Save untuk mengaktifkan password protection.

Untuk mengaktifkan password untuk direktori, silakan beri tanda centang pada pilihan Password protect this directory dan masukkan nama untuk directory, yanga mana pada contoh ini adalah “Archived documents 2016”. Setelah itu silakan klik Save untuk mengaktifkan password protection.

password folder di cpanel

5. Buat User Yang Akan Mengakses Direktori

PENTING – Saat ini direktori sudah dilindungi password. Hanya saja, Anda belum menetapkan user yang dapat mengaksesnya.

Oleh karena itu Anda perlu membuat user yang dapat mengakses direktori tersebut. Pada halaman yang sama, di bagian Create User, silakan masukkan Username dan password kemudian klik Save.

Pastikan Anda memasang password yang sulit ditebak, contohnya dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka.

membuat password direktori cpanel

6. Tes Password Protection

  1. Inilah saat untuk melakukan pengetesan. Silakan akses direktori yang telah terproteksi password tadi. Contoh pada tutorial ini menggunakan URL http://namadomain.com/archive2016. Silakan sesuaikan dengan nama domain serta direktori Anda sendiri.
  2. Selanjutnya akan muncul popup untuk memasukkan username serta password seperti gambar di bawah ini.
    password direktori di cpanel
  3. Setelah memasukkan password, Anda akan melihat isi direktori yang diproteksi seperti gambar di bawah ini:
    password pada folder di cpanel
  4. Apabila Anda dapat mengakses file pada direktori yang diproteksi, itu artinya Anda telah berhasil menambahkan password direktori di cPanel. Sebaliknya, apabila Anda masih tidak dapat masuk, silakan cek kembali username berikut password yang Anda buat.

Tambahan: Untuk mengubah password user, silakan masukkan kembali informasi user pada bagian Create User. Setelahnya, silakan klik Save.

Password protection untuk direktori tersebut dapat dinonaktifkan, dengan menghilangkan tanda centang pada checkbox di bagian Password protect this directory di Security Settings. Lalu klik Save untuk melanjutkan.

Yuk Berikan Password Pada Folder cPanel Anda!

Oke, sekarang Anda sudah paham cara memberi password pada folder cPanel. Akses ini nantinya dapat Anda atur sendiri sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan serta masukan mengenai artikel ini, silakan tinggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bagian akhir halaman ini.

Dan jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam tentang cara menggunakan cPanel secara lengkap, Anda bisa mengunduh ebook gratis di bawah ini:

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

One Reply to “Cara Memberi Password pada Folder cPanel [Termudah]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *