Tutorial

Panduan Cara Membeli VPS Indonesia Terbaik [Mudah & Cepat]

Ingin mengikuti cara membeli VPS, tapi masih ragu karena takut ribet? Memang, VPS lekat dengan stigma rumit, sulit dikelola, dan hanya untuk yang paham teknis. Hingga tak jarang, ada yang urung membeli VPS padahal belum sempat mencoba.

Sebenarnya, berlangganan VPS tidak seribet yang dibayangkan kok. Bahkan, cara membeli VPS bisa Anda selesaikan dalam waktu kurang dari lima menit. Penasaran kan? Yuk coba dulu!

Cara Membeli VPS Cloud Indonesia Terbaik Niagahoster

Cara membeli VPS Cloud Indonesia bisa Anda praktikkan sendiri hanya dengan enam langkah mudah:

  1. Pilih Paket Cloud VPS Hosting
  2. Masukkan Hostname untuk VPS
  3. Pilih Fitur Tambahan VPS (Opsional)
  4. Pilih Operating System Cloud VPS
  5. Selesaikan Pembayaran Order VPS
  6. Login ke Panel VPS Hosting

Tanpa berlama-lama lagi, mari menuju langkah yang pertama!

Baca juga: 7 Alasan Anda Harus Sewa VPS

1. Pilih Paket Cloud VPS Hosting

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi laman resmi Cloud VPS Indonesia Niagahoster.

Jika sudah, silakan scroll ke bawah sampai menemukan deretan paket Cloud VPS Hosting seperti berikut:

Silakan pilih paket VPS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Sebagai contoh, kami memilih paket Starter. Lalu, klik tombol Pilih Paket.

2. Masukkan Hostname untuk VPS

Setelah mengikuti cara membeli VPS di poin sebelumnya, Anda akan dibawa menuju halaman berikut. Silakan pilih Durasi Paket Anda terlebih dahulu.

Jika sudah, scroll ke bawah dan isi form Hostname Cloud VPS dengan nama domain yang Anda punya. Oh ya, pastikan domain sedang tidak dipakai di paket hosting lain untuk mencegah crash antar server.

Jika sudah, klik Add to Cart lalu klik tombol Lanjutkan di sebelah kanan layar Anda.

Baca juga: 15+ Panduan Menggunakan VPS Tanpa Panel [Terlengkap]

3. Pilih Fitur Tambahan VPS (Opsional)

Langkah ketiga cara membeli VPS ini sebenarnya opsional. Di halaman ini, Anda akan menjumpai beberapa fitur yang bisa ditambahkan ke instalasi VPS Anda.

Misalnya Control Panel untuk memudahkan pengelolaan VPS, atau Daily Backups untuk membackup data-data di server secara otomatis.

Meski begitu, fitur-fitur pendukung ini memerlukan biaya tambahan. Jadi lagi-lagi, sesuaikan kembali dengan budget dan kebutuhan Anda. Jika sudah, klik Lanjutkan.

4. Pilih Operating System Cloud VPS

Di bagian ini, Anda akan diminta memilih Operating System yang hendak diinstall ke VPS. Saat ini, Cloud VPS Hosting Niagahoster menyediakan berbagai OS Linux, seperti CentOS, Debian, Ubuntu, Fedora, dan Suse.

Kali ini, kami akan memasang OS Ubuntu 18.04 64bit seperti gambar berikut:

Oh ya, pilihan instalasi OS ini tidak bersifat mutlak. Kelak setelah VPS aktif, Anda bebas mengganti OS VPS lewat pengaturan yang disediakan. Jadi, tidak perlu takut salah install OS, ya!

Jika sudah menentukan pilihan, langsung saja klik Install. Silakan tunggu, proses instalasinya cuma 5 detik, kok.

Baca juga: 11+ Panduan Menggunakan VPS WHM [Terlengkap]

5. Selesaikan Pembayaran Order VPS

Selesainya, Anda akan dibawa menuju halaman pembayaran. Silakan pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Nah, di sini kami contohkan memakai Konfirmasi Pembayaran Otomatis dengan Mandiri Virtual Account.

Jika sudah memilih, silakan scroll ke bawah. Anda akan diminta login ke akun Member Area Niagahoster. Silakan masukkan detail login milik akun Anda.

Kemudian, pilih tombol Checkout Sekarang yang terletak di sebelah kanan.

Anda akan melihat tampilan seperti ini. Silakan selesaikan pemesanan Cloud VPS Anda sesuai dengan detail tagihan dan langkah-langkah pembayaran.

Setelahnya, klik tombol Konfirmasi Pembayaran di Member Area.

6. Login ke Panel VPS Hosting

Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda bisa login ke panel VPS lewat Member Area Niagahoster.

Di beranda, silakan scroll ke bawah untuk menemukan tabel Layanan Anda. Lalu, klik tab Cloud VPS. Lalu, klik tombol Kelola VPS pada akun Cloud VPS Hosting Anda.

Anda akan melihat tampilan panel Cloud VPS seperti berikut. Ini artinya, Anda telah berhasil mengikuti cara membeli VPS.

Mudah dan cepat sekali bukan? Anda bisa lanjut mengelola dan memahami fitur-fitur di panel ini. Selamat mencoba!

Baca juga: 15+ Panduan Menggunakan VPS Webuzo [Terlengkap]

Apa Kelebihan VPS Dibanding dengan Hosting Biasa?

Anda sudah menyimak tutorial cara membeli VPS di bagian sebelumnya. Namun mungkin, sebagian dari Anda masih ragu jadi membeli VPS atau tidak.

Makanya, kami sajikan beberapa kelebihan VPS jika dibandingkan dengan hosting biasa. Tujuannya agar Anda makin yakin untuk berlangganan Cloud VPS. Nah, ini dia pembahasan lengkapnya:

1. Akses Root Penuh

Dengan VPS, Anda akan mendapat akses ke server secara penuh. Artinya, Anda bisa mengkonfigurasi dan menginstall berbagai software di server, tanpa perlu dibatasi masalah kompatibilitas layaknya di hosting biasa.

2. Modifikasi Keamanan Mudah

Karena mendapat akses root, Anda bisa memodifikasi keamanan server dengan lebih ketat. Bandingkan dengan hosting biasa, di mana Anda harus puas dengan settingan keamanan yang sudah ditetapkan penyedia hosting.

3. Upgrade Server Fleksibel

Ketika menggunakan VPS, Anda berkesempatan menambah kapasitas server. Dengan kata lain, Anda bisa mengupgrade sumber daya server menjadi lebih lega, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berdasarkan tiga poin di atas, terlihat bahwa VPS adalah jenis server yang berbeda dari hosting kebanyakan. Jika Anda ingin memperdalam wawasan tentang perbedaan VPS dibanding Shared Hosting dan Cloud Hosting, yuk mampir ke artikel berikut:

Ini Perbedaan VPS, Shared Hosting, dan Cloud Hosting!

Apa Saja Tips Memilih VPS Terbaik?

Sudah mengerti kan, kelebihan VPS dibanding hosting biasa? Selanjutnya, Anda perlu tahu bahwa banyak produk VPS tersedia di pasaran. Biar tidak bingung, berikut kami sajikan beberapa tips dalam memilih VPS terbaik untuk Anda:

1. Identifikasi Tujuan dan Kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan untuk berlangganan VPS, Anda perlu tahu nantinya VPS tersebut akan Anda gunakan untuk apa. Misalnya untuk membackup data, hosting website dan aplikasi, atau yang lainnya.

Dengan mengidentifikasi kebutuhan penggunaan VPS, Anda bisa lebih menentukan aspek-aspek lain yang lebih teknis. Misalnya Operating System, Bandwidth, CPU, dan RAM.

2. Operating System (OS)

Setelah mengetahui tujuan penggunaan, Anda juga wajib menentukan Operating System untuk VPS. Biasanya penyedia layanan VPS memiliki berbagai opsi OS yang dapat Anda install.

Contohnya di Niagahoster, ada banyak OS berbasis Linux untuk Cloud VPS, seperti Debian, CentOS, dan Ubuntu. Nah, Anda harus pintar mencari tahu spesifikasi dari setiap OS, lalu menyesuaikannya lagi dengan kebutuhan Anda.

3. CPU dan RAM

Tips memilih VPS terbaik berikutnya adalah perhatikan daya pacu CPU dan kapasitas RAM. Biasanya penyedia VPS akan memberikan informasi besaran CPU dan RAM dari masing-masing paket VPS.

Nah, Anda tinggal sesuaikan saja dengan tujuan penggunaan VPS. Jika nantinya VPS dipakai untuk menjalankan beberapa website atau software sekaligus, pilih paket dengan CPU dan RAM yang lega.

4. Kapasitas Penyimpanan (Storage)

Hal lain yang tak kalah penting dalam memilih VPS terbaik adalah kapasitas ruang penyimpanan. Terutama, jika Anda akan memanfaatkan VPS untuk keperluan backup, atau website dan software Anda menyimpan banyak data.

Selain kapasitas, perhatikan juga jenis media penyimpanan VPS tersebut. Untungnya, sebagian besar penyedia VPS, termasuk Niagahoster, sudah memakai storage SSD dengan kecepatan baca tulis data yang lebih cepat dibanding harddisk biasa.

Selain empat tips di atas, sebenarnya masih banyak tips memilih VPS terbaik yang bisa Anda terapkan sebelum membeli VPS. Selengkapnya bisa Anda simak melalui link berikut:

10+ Tips Memilih VPS Terbaik!

Apakah VPS Aman Digunakan?

Ketika membeli VPS, artinya Anda harus siap mengelola dan menangani masalah keamanan di VPS sendirian. Dengan kata lain, Anda tidak bisa mengandalkan penyedia layanan untuk membantu Anda melindungi VPS.

Itulah mengapa VPS dianggap tidak aman. Namun sebenarnya, berlangganan VPS masih cukup aman kok. Sebab, semua OS VPS sudah menyediakan fitur keamanan untuk Anda manfaatkan dalam melindungi server beserta datanya.

Untungnya, kami sudah pernah membagikan tips dan trik manjur menjaga keamanan VPS. Begitu berlangganan, Anda bisa langsung mempraktikkan tips-tips berikut agar VPS Anda makin aman.

15+ Cara Menjaga Keamanan Server VPS

Yuk Berlangganan Cloud VPS Indonesia Terbaik Sekarang!

Di artikel kali ini, Anda sudah paham cara membeli VPS Cloud Indonesia terbaik dari Niagahoster. Kami juga memberikan bonus tips memilih VPS terbaik dan menjelaskan kelebihan VPS dibanding hosting biasa.

Harapannya sih, Anda tak lagi ragu untuk mencoba VPS karena cara membeli VPS sangatlah mudah dan cepat. Nah, bagi Anda yang sudah mantap, yuk segera berlangganan paket Cloud VPS Hosting Niagahoster.

Memang apa sih istimewanya Cloud VPS ini? Jangan salah, Cloud VPS Niagahoster ini punya spesifikasi yang canggih, fitur pengelolaan server yang komplit, serta harga yang masih terjangkau.

Sehingga, sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba VPS. Dan lagi, Cloud VPS Niagahoster ini menyediakan delapan paket berbeda yang bisa Anda pilih sesuai budget dan kebutuhan.

Tunggu apa lagi, yuk cobain kebebasan mengelola server sendiri dengan Cloud VPS Hosting Niagahoster!

Muhammad Ariffudin

Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

2 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

2 days ago

10 Contoh Nama Domain Bisnis Inspiratif [Lengkap dengan Tips Memilihnya!]

Salah satu langkah awal untuk memulai usaha bisnis adalah dengan memilih nama domain website bisnis.  Namun, menentukan nama domain bisnis…

3 days ago

Cara Membuat Link Download Menggunakan Hosting Sendiri di Website

Bingung mencari cara membuat link download menggunakan hosting sendiri? Tenang, yuk simak cara membuat link download di website sekarang!

3 days ago

Cara Mengembalikan IP Address yang Diblokir Server Hosting

Ketika IP address Anda diblokir server hosting, Anda akan kehilangan akses login ke cPanel dan admin website. Ini tentu menjadi…

4 days ago

Apa Itu ZMOT? Lihat Contoh Penerapannya di Niagahoster!

Pernahkah Anda cek review di internet sebelum memutuskan membeli sesuatu? Kalau iya, itu berarti Anda pernah mengalami Zero Moment of…

4 days ago