Categories: Website & Blog

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Cara memasang captcha Google cukup mudah karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Namun sebelum itu, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai captcha dan beberapa informasi yang harus Anda ketahui.

Jika ingin langsung membaca panduan cara memasang captcha Google, Anda dapat memulainya di poin Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Apa Itu Captcha?

Captcha merupakan fitur keamanan untuk memvalidasi pengguna sistem adalah manusia, bukan robot. Selain membedakan antara user manusia atau robot, fitur ini juga berguna untuk menangani spam yang sering berasal dari penggunaan robot atau user yang sengaja mengirimkan spam ke website.

Anda pasti pernah melihat gambar seperti di bawah ini:

Gambar di atas merupakan contoh captcha di bagian kolom komentar. Aturannya, jika user ingin meninggalkan komentar di halaman tersebut, pengguna harus berhasil mengisi captcha yang tersedia dengan benar.

Fungsi Captcha

Jika Anda seorang blogger atau pemilik bisnis, mengamankan website Anda merupakan prioritas utama yang perlu dilakukan. Website yang tidak menerapkan sistem keamanan, selain dengan mudah menerima spam komentar juga dapat menerima spam login. Tentu saja hal tersebut cukup mengganggu. Parahnya, website bisa saja dibobol dengan mudah.

Sistem verifikasi seperti captcha sampai saat ini masih bisa dipakai untuk mengantisipasi serangan ‘robot’. Misalnya menghentikan langkah ‘robot’ yang mengirimkan spam login ke website. Selain itu, penggunaan captcha akan membantu menyaring user yang benar-benar ingin berinteraksi dengan Anda lewat website: melalui kolom komentar atau form pengiriman email.

Komentar spam biasanya memberikan pertanyaan atau kalimat yang sangat jauh dengan konteks yang sedang dibahas. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu Anda berinteraksi dengan user yang memberikan komentar berkualitas.

Menariknya, beberapa layanan penyedia captcha juga menyediakan laporan analitik bagi pemilik website atau blog. Penggunaan fitur tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengukur kinerja website dan meningkatkan performanya sesuai dengan hasil laporan yang ada.

reCaptcha Google

Ada beberapa layanan captcha yang tersedia di internet. Nah, salah satu penyedia fitur captcha adalah Google, yaitu Google reCaptcha.

Google reCaptcha menggunakan teknologi analisis resiko yang canggih dan ‘tantangan adaptif’ untuk menjaga website Anda dari aktivitas yang berasal dari mesin ‘robot’. Teknologi captcha dari Google dianggap sangat sulit untuk ditembus oleh robot, tetapi sangat mudah digunakan oleh manusia.

Keunggulan Google reCaptcha selain mempunyai fitur analisis yang canggih juga mempunyai dataset yang cukup banyak, serta dokumentasi yang jelas. Google reCaptcha tidak hanya menggunakan text untuk proses verifikasi, tetapi juga gambar dan checkbox.

Tipe Captcha Google

Ada dua type reCaptcha, yaitu v2 dan v3. Apa perbedaannya?

reCaptcha v2

Tipe ini akan menampilkan checkbox “I’m not a robot” pada form yang ditambahkan captcha untuk memastikan user bukan robot. Opsi ini akan mengizinkan user mengakses form tanpa menggunakan captcha atau memvalidasinya kembali untuk memastikan bahwa user bukan robot.

Pilihan ini merupakan opsi yang paling simpel karena hanya membutuhkan dua baris HTML untuk membuat checkbox.

reCaptcha v3

reCaptcha v3 dapat menentukan kapan user harus mengisi captcha. Jadi opsi ini tidak akan selalu memunculkan captcha ketika form diakses.

reCaptcha v3 menggunakan JavaScript yang dapat menilai koneksi yang sedang berlangsung dan mengambil tindakan yang akan diambil: menampilkan captcha atau tidak.

Bagaimana dengan cara menggunakan reCaptcha Google? Sangat mudah. Anda bisa mengikuti panduan cara memasang captcha Google di bawah ini.

Cara Memasang Google Captcha di WordPress

Cara memasang Google reCaptcha ke website terdiri dari dua bagian utama. Pertama, mendaftarkan domain untuk mendapatkan site key dan secret key. Kedua, menambahkan site key dan secret key ke dalam website.

Ada dua syarat sebelum Anda mencoba menerapkan panduan ini, yaitu mempunyai akun Gmail dan website yang sudah aktif.

1. Daftarkan Domain dan Pilih Tipe reCaptcha

Cara memasang Google reCaptcha yang pertama adalah mendaftarkan domain Anda terlebih dahulu. Anda hanya perlu mengakses halaman reCaptcha dan mengisi beberapa informasi yang diperlukan.

Langkah 1. Buka Google

Login terlebih dahulu ke akun Google atau Gmail.

Langkah 2. Buka Google reCaptcha

Akses website Google reCaptcha. Kemudian klik “Admin console”.

Langkah 3. Daftarkan Domain Baru ke Google reCaptcha

Anda akan melihat tampilan ‘Register a new site’ untuk mendaftarkan alamat website ke dalam Google reCaptcha. Isi beberapa form yang tersedia.

Di bagian ‘Label’, isi dengan nama captcha. Anda bisa mengisi dengan nama domain atau dengan nama yang lain (bebas). Pada contoh ini saya menggunakan nama domain.

Langkah 4. Pilih Tipe Captcha

Anda bisa memilih salah satu versi captcha sesuai dengan kebutuhan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di poin Tipe Captcha Google.

Langkah 5. Isi Informasi Domain dan Owner

Di bagian ‘Domain’, masukkan domain website yang Anda pakai dan ‘Owners’ dengan alamat email yang ingin Anda gunakan sebagai identitas. Setelah selesai, klik “Submit”.

Langkah 4. Salin site key dan secret key.

Di halaman selanjutnya, Anda akan mendapatkan dua kunci: site key dan secret key. Salin kedua ini untuk menambahkannya ke dalam website.

Sampai di sini Anda sudah berhasil untuk mendaftarkan domain ke dalam Google reCaptcha. Di bagian bawah terdapat dua menu: ‘Go to Setting’ untuk menuju ke halaman pengaturan reCaptcha, sedangkan ‘Go to Settings’ untuk melihat statistik captcha Anda. 

2. Integrasi reCaptcha dan Website WordPress

Ada dua cara untuk menambahkan site key dan secret key, yaitu secara manual dan menggunakan plugin. Jika Anda menggunakan website non-WordPress, tidak ada pilihan lain selain menambahkan script captcha secara manual ke dalam website.

Supaya lebih mudah, pada bagian ini saya akan menggunakan plugin untuk menambahkan kedua kunci tersebut ke dalam website WordPress. Plugin yang akan saya gunakan adalah Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3).

Kelebihan plugin ‘Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3)’ adalah adanya opsi untuk memilih versi captcha dan bagian form yang ingin ditambahkan captcha di dalamnya. Jadi Anda tidak perlu menambahkan satu persatu baris kode ke setiap file.

Langkah 1. Buka Admin Area WordPress

Login ke dashboard WordPress.

Langkah 2. Install Plugin Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3)

Di bagian dashboard, scroll ke bawah kemudian klik “Plugin » Add New”. Atau, Anda bisa mengikuti artikel Cara Install Plugin di WordPress untuk panduan lengkapnya.

Cari plugin ‘Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3)’. Kemudian klik “Install Now”.

Setelah selesai klik “Active” untuk mengaktifkan plugin.

Langkah 3. Masukkan site key dan secret key ke Plugin

Pengaturan plugin dapat Anda akses melalui “Settings » Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3)”. Kemudian masukkan site key dan secret key ke dalam form di yang sudah tersedia.

Langkah 4. Pilih Versi Captcha

Ada tiga pilihan versi captcha, yaitu “I am not a robot”, invisible, dan V3. Sesuaikan opsi ini dengan site key dan secret key yang Anda dapatkan dari dashboard Google reCaptcha.

Langkah 5. Pilih Form yang Akan Ditambahkan Captcha.

Plugin ini menyediakan beberapa pilihan form. Anda hanya tinggal memberikan checkbox untuk menambahkan captcha di masing-masing form.

Misalnya, Anda ingin menambahkan captcha ke dalam form login, tinggal berikan checkbox di bagian ‘Login Form’. 

Langkah 6. Atur Tampilan Captcha

Anda pun bisa mengatur tampilan captcha, seperti pesan yang dimunculkan jika terjadi kesalahan pengisian, tema, dan ukurannya.

Failed login Captcha berguna untuk menentukan kapan captcha akan dimunculkan. Nilai ‘0’ berarti selalu menampilkan captcha ketika form diakses.

Setelah selesai, klik “Save” untuk menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan.

Langkah 7. Cek Tampilan Captcha

Anda dapat mengecek tampilan captcha dengan mengakses halaman login WordPress. Tampilan akhirnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Penutup

Google reCaptcha merupakan fitur verifikasi yang cukup banyak digunakan saat ini. Anda bisa menemui verifikasi seperti ini di beberapa halaman website: komentar, form login, form pendaftaran, dan masih banyak lagi.

Anda pun bisa menambahkannya dengan mudah ke dalam website. Cukup daftarkan domain Anda ke dalam Google reCaptcha untuk mendapatkan site key dan secret key. Kemudian install plugin Advanced noCaptcha & invisible Captcha (v2 & v3) untuk menambahkan kedua kunci tersebut di WordPress.

Bagi Anda yang menggunakan website non-WordPress, untuk menambahkan site key maupun secret key membutuhkan cara yang agak panjang karena Anda harus menambahkannya secara manual.

Demikian panduan cara memasang captcha Google di WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar melalui kolom di bawah. Jangan lupa subscribe untuk mendapatkan informasi seputar dunia bisnis, teknologi, digital marketing, dan tentu saja tawaranan diskon hosting dari kami.

Yasin K

Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Share
Published by
Yasin K
Tags: Wordpress

Recent Posts

4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional

Email bisnis berbeda dengan email personal yang digunakan kebanyakan orang. Anda tidak bisa menggunakan layanan email personal untuk kepentingan bisnis.…

20 hours ago

11+ Penyedia Email Gratis dan Berkualitas

Jika berbicara soal layanan email gratis, mungkin yang pertama kali muncul di pikiran Anda adalah Yahoo Mail dan Gmail. Memang…

2 days ago

Cara Melihat IP Address di Komputer dan Android

Sedang mencari alamat IP address komputer, smartphone, atau perangkat lainnya yang Anda gunakan? Anda telah menemukan artikel yang tepat. Artikel…

3 days ago

Tutorial PrestaShop: Panduan Membuat Toko Online

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas Shopify. Namun, sayangnya platform tersebut berbayar. Nah, di artikel ini kami akan mengulas cara…

4 days ago

6 Strategi Sukses Jadi Dropshipper 2019

Indonesia diprediksi menjadi pasar ecommerce terbesar di Asia. Pada tahun 2021, pendapatan dari bisnis online akan mencapai $14,47 miliar. Angka…

6 days ago

15+ Bahasa Pemrograman Terpopuler di Kalangan Developer

Bahasa pemrograman dikenal juga dengan nama bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan sintaks yang berfungsi untuk memerintahkan…

7 days ago