Tutorial

Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting [Gampang Banget]

Sedang mencari cara melihat Name Server di cPanel, tapi pas Googling malah muncul dua info berbeda. Ada tutorial cek Name Server, ada juga panduan mengetahui Nameserver. Kalau sudah begini, Anda jadi bingung kan?

Memang ternyata, Name Server dan Nameserver adalah dua istilah yang berbeda. Untungnya di artikel kali ini, Anda akan memahami perbedaan keduanya. Sekaligus, Anda juga akan belajar cara mengetahui Name Server hosting.

Penasaran kan? Langsung saja ini dia penjelasan selengkapnya!

Apa Perbedaan Name Server dan Nameserver?

Sebelum praktik cara melihat name server di cPanel, kami informasikan dulu bahwa Name Server dan Nameserver adalah dua istilah yang berbeda. Loh, apa bedanya?

Name Server atau Server Number adalah identitas server milik penyedia web hosting. Biasanya, penyedia hosting punya banyak server yang beroperasi secara bersamaan. Setiap server dipakai untuk menampung akun hosting sesuai kapasitasnya.

Jika Anda berlangganan lebih dari satu paket hosting di penyedia layanan yang sama, bukan tidak mungkin hosting Anda akan ditaruh di server yang berbeda.

Nah, berikut beberapa Name Server yang digunakan Niagahoster:

Sedangkan Nameserver adalah nama web server yang dipakai untuk mengarahkan domain ke hosting. Jika Anda membeli hosting dan domain di dua penyedia berbeda, biasanya Nameserver harus dikonfigurasi secara manual.

Namun sebaliknya, jika Anda langganan domain dan hosting di penyedia yang sama, maka Nameserver biasanya sudah otomatis terkonfigurasi oleh sistem.

Oh ya, penyedia layanan hosting umumnya menggunakan sepasang Nameserver yang berlaku untuk semua pelanggannya. Contohnya Nameserver Niagahoster ini:

Itu tadi perbedaan dari Name Server dan Nameserver. Di poin selanjutnya, kami akan ajak Anda praktik langsung cara melihat Name Server di cPanel hosting. Yuk meluncur!

Tonton Video Cara Menghubungkan Domain ke Hosting!

Cara Mengetahui Name Server Hosting Anda Sendiri

Berikut ini beberapa cara mengetahui Name Server hosting milik akun Anda:

  1. Cara Mengetahui Nameserver di Email Selamat Datang
  2. Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting
  3. Cara Cek Name Server tanpa Masuk cPanel (Recommended)

Sudah tidak sabar kan? Yuk cobain semua langkahnya bersama!

1. Cara Mengetahui Nameserver di Email Selamat Datang

Sesaat setelah menyelesaikan pembayaran hosting, maka Anda akan menerima email selamat datang berisi detail informasi akun hosting, mulai dari IP Address, nama domain, dan detail login FTP.

Contohnya jika berlangganan hosting di Niagahoster, tampilan email selamat datang yang Anda terima kira-kira seperti ini:

Bisa Anda lihat sendiri, bagian bertanda merah adalah detail sepasang Nameserver untuk Anda. Namun di email yang satu ini, Anda belum akan mendapat informasi mengenai Name Server.

Dan lagi, jika Anda sudah lama membeli hosting, mungkin Anda sudah tidak dapat menemukan email selamat datang tersebut. Bisa jadi karena tertimbun ratusan email lain, atau malah tak sengaja terhapus.

Makanya, mari beranjak ke poin selanjutnya untuk mempraktikkan cara melihat Name Server di cPanel Hosting!

Baca juga: Kenapa Pilih Niagahoster? Berikut Fakta & Keuntungan yang Anda Peroleh!

2. Cara Melihat Name Server di cPanel Hosting

Dengan mengakses cPanel, maka Anda bisa mengikuti cara mengetahui Name Server hosting milik Anda. Caranya seperti biasa, akses cPanel bermodalkan username dan password. Jika sudah klik Log in:

Jika Anda lupa detail login cPanel, maka akses Member Area Niagahoster. Kemudian secara berurutan klik Kelola Hosting, pilih tab cPanel, dan tekan menu All Features.

Sekarang, Anda sudah berada di dashboard cPanel. Kemudian, coba perhatikan URL cPanel Anda di Address Bar. Nah, bagian bertanda merah adalah Name Server Anda.

Berhubung masih di cPanel, masih ada cara melihat Name Server di cPanel yang lain. Triknya dengan klik menu Server Information seperti berikut:

Jika sudah, maka akan terlihat informasi Server Name alias Server Number Anda. Bagaimana, mudah bukan?

Namun kebalikan dari cara yang pertama, di langkah nomor dua ini Anda justru tidak bisa mengecek detail Nameserver. Ingin tahu yang bisa melihat keduanya sekaligus? Yuk ke poin yang satu ini.

Baca juga: Mengatasi cPanel Tidak Bisa Diakses Ketika Login

Seperti yang sudah kami bocorkan, cara mengetahui Name Server hosting poin tiga ini paling recommended, karena Anda bisa melihat detail Nameserver dan Server Number sekaligus.

Apalagi dengan trik ini, Anda tidak perlu login ke cPanel atau menelusuri email selamat datang di antara tumpukan email lain di inbox Anda. Lantas, bagaimana caranya?

Tenang, informasi di atas sebenarnya sudah tersedia lengkap di Member Area Niagahoster. Di beranda, cukup klik tombol Kelola Hosting. Di halaman Pengaturan Hosting klik tab Detail.

Jika sudah, maka akan muncul dua hal yang Anda cari:

Perhatikan gambar di atas! Bagian bertanda hijau adalah Server Number Anda, sementara yang ditandai merah adalah sepasang Nameserver Anda.

Praktis banget kan cara mengetahui Name Server hosting lewat Member Area Niagahoster?

Baca juga: Anda Pelanggan Baru Niagahoster? Jangan Lewatkan 26 Fitur Ini!

Mudah Bukan, Cara Melihat Name Server di cPanel Sendiri?

Di artikel kali ini, Anda sudah paham letak perbedaan Nameserver dan Name Server. Anda juga sudah mempraktikkan sendiri beberapa cara melihat Name Server di cPanel Anda dengan mudah.

Dari semuanya, kami sarankan Anda untuk mencoba cara mengetahui Name Server hosting di Member Area Niagahoster. Namun tentunya, cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda membeli hosting di Niagahoster. Loh, bukannya semua hosting sama saja?

Jelas beda, dong! Niagahoster memiliki fitur Member Area yang powerful untuk mengelola domain, hosting, dan website sekaligus. Selain untuk melihat Name Server, di sini Anda bisa menginstall dan login WordPress hanya dengan beberapa klik.

Anda juga bisa mempercepat website lewat WordPress Accelerator, mengamankan website dengan mendaftar SSL gratis, atau konfigurasi domain secara mudah. Bahkan, Anda bisa masuk ke cPanel tanpa input username dan password!

Keren banget kan? Tunggu apa lagi, yuk nikmati kemudahan mengelola website dengan berlangganan hosting Niagahoster sekarang!

FYI, Niagahoster juga menyediakan VPS Cpanel terjangkau dengan kualitas yang bisa diandalkan, untuk Anda yang menginginkan resource lebih besar!

Muhammad Ariffudin

also known as Ariffud

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

13 hours ago

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal?  Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar…

15 hours ago

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur…

5 days ago

Kenapa Pilih Niagahoster? Ini Kata Pelanggan Tentang Kualitas Niagahoster

Penasaran dengan performa hosting Niagahoster yang sebenarnya? Yuk simak fakta dan ulasan dibalik kualitas Niagahoster!

5 days ago

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan…

6 days ago

Ini 5+ Bahasan Menarik WordCamp Gresik 2022!

WordCamp Gresik sukses digelar dengan antusiasme luar biasa. Ingin tahu rekap dan hal menarik WordCamp Gresik 2022? Baca artikel ini…

1 week ago