Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Cara Kerja Shared Hosting yang Perlu Anda Tahu

2 min read

22_7_4_FI_Cara Kerja Shared Hosting

Bagi Anda yang sudah menyimak penjelasan apa itu hosting, Anda pasti tahu bahwa shared hosting merupakan layanan hosting yang cukup banyak digunakan, terutama untuk pemula. Harga hosting yang ditawarkan terjangkau, tapi fitur paket unlimited tak kalah canggih.

Kenapa bisa begitu ya? Sebenarnya bagaimana sih cara kerja shared hosting?

Tenang, artikel ini akan membantu Anda memahami cara kerja shared hosting server dengan lengkap. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah shared hosting layak untuk website Anda.

Yuk, simak pembahasannya hingga tuntas! 

Apa Itu Shared Hosting?

shared hosting adalah jenis hosting yang server-nya digunakan bersama

Shared hosting adalah jenis web hosting yang servernya digunakan secara bersama-sama dengan pengguna website lain. 

Jenis hosting ini menawarkan resource seperti storage, bandwidth, hingga database yang digunakan sesuai dengan ketentuan penggunaan bersama.

Anda akan mendapatkan performa yang optimal dari layanan shared hosting. Alasannya, pengelolaan dan konfigurasi server dilakukan oleh penyedia layanan. Itulah kenapa jenis hosting ini cocok untuk pengguna awam.

Yang paling menarik, dari segi harga, shared hosting relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis hosting lain. Bahkan, harga hosting shared bisa mulai dari Rp10 ribuan per bulan saja.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis-Jenis Layanan Hosting

Cara Kerja Shared Hosting

cara kerja shared hosting seperti sebuah apartemen yang fasilitasnya dibagi bersama-sama

Sekarang, Anda sudah tahu apa itu shared hosting. Nah, kalau cara kerja shared hosting seperti apa, ya?

Analoginya, menggunakan layanan shared hosting mirip dengan menyewa sebuah apartemen. Nah, apartemen itulah server yang menyimpan data website Anda.

Di apartemen, semua penghuni bisa menggunakan fasilitas yang disediakan. Mulai dari lift, tangga, parkir mobil, kolam renang, hingga tempat sampah umum. Namun, sifatnya berbagi pakai dengan pengguna lain.

Ketika salah salah penghuni apartemen menggunakan fasilitas yang berlebihan, maka dapat mengganggu penghuni lainnya. Itulah yang kemudian diatur oleh pengelola apartemen. 

Pada shared hosting, fasilitasnya berupa disk space, bandwidth dan lainnya. Nah, ketika satu user memakai sumber daya yang terlalu banyak, beberapa pengguna lain akan terkena imbasnya. 

Cara kerja shared hosting yang berbagi pakai resource inilah yang membuat harganya lebih ekonomis sehingga termasuk layanan hosting untuk pemula. Di sisi lain, jadi kurang cocok untuk kebutuhan website dengan trafik yang tinggi. 

Baca Juga: Shared Hosting vs Cloud Hosting: Mana yang Lebih Bagus?

Kelebihan & Kekurangan Shared Hosting

Setelah Anda tahu cara kerja shared hosting server, Anda mungkin sudah bisa menerka apa kelebihan dan kekurangannya, bukan?

Kelebihan Shared Hosting: 

  • Keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server dilakukan oleh penyedia hosting sehingga cocok untuk pemula
  • Resource mencukupi untuk membangun website yang fungsional, seperti disk space, unlimited bandwidth, database, hingga SSL
  • Harga ekonomis

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Kekurangan Shared Hosting: 

  • Karena server digunakan bersamaan, penggunaan berlebihan dari salah satu pengguna menyebabkan, pengguna lain terkena dampaknya
  • Keterbatasan untuk penggunaan pada website dengan trafik yang tinggi

Baca Juga: Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting yang Harus Anda Tahu

Siap Go Online dengan Shared Hosting?

Itu tadi penjelasan tentang cara kerja shared hosting. Jenis hosting ini servernya digunakan secara bersama-sama dengan pengguna website lain. Dengan begitu, ada ketentuan penggunaan bersama yang harus diikuti. 

Resource shared hosting seperti disk space, bandwidth cukup mumpuni untuk membangun berbagai jenis website dengan trafik kecil hingga sedang. Contohnya, blog, website perusahaan, hingga toko online yang baru dibangun.

Jika Anda ingin menggunakan layanan shared hosting, pastikan penyedia  web hosting menawarkan fitur lengkap. Jadi, performanya tidak akan mengecewakan pengunjung. Apa saja di antaranya?

  • Server hosting berkualitas – web server yang cepat seperti LiteSpeed akan membuat performa website optimal. 
  • Jaminan uptime – website akan terus online jika uptime-nya tinggi.
  • Fitur keamanan terbaik – adanya perlindungan fitur keamanan seperti Imunify360 untuk menangkal virus malware menjadi keuntungan tersendiri. 
  • SSL gratis – meningkatkan keamanan transfer data di website harus dilakukan.
  • Support 24/7 – bantuan layanan support 24 jam penuh penting untuk membantu mengatasi masalah website. Apalagi kalau bisa dilakukan melalui live chat, WA, atau telepon. 
  • Backup file secara rutin – kemudahan melakukan backup harian penting untuk mencegah adanya kehilangan data.

Nah, Niagahoster merupakan salah satu penyedia hosting dengan berbagai fitur di atas. Anda bisa memilih beragam pilihan paket hosting, mulai dari Rp10 ribuan per bulan.

layanan shared hosting harga terjangkau di Niagahoster

Yang paling menarik, Anda juga bisa berlangganan hosting dengan durasi bulanan sehingga lebih terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Segera online-kan website Anda dengan shared hosting berkualitas!

Indra Maulana Cogito Ergo Sum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *