Web Development & Design

Kenali Cara Kerja Control Panel Hosting

Jika Anda menemukan artikel ini, mungkin Anda ingin lebih memahami cara kerja control panel. Tujuannya, Anda ingin lebih optimal memanfaatkan website. Entah untuk memantau disk space dan RAM, hingga mengatur database dan lainnya.

Nah, di artikel ini Anda akan memahami prinsip dan cara kerja control panel hosting dengan lengkap. Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Apa Itu Control Panel Hosting?

Control panel hosting adalah tool yang digunakan untuk mengelola semua fitur dalam hosting. Mulai dari domain, file, email, sampai akses database. Nah, semua itu ditampilkan dalam satu halaman control panel yang terintegrasi.

Anda pasti makin kepo tentang cara kerja control panel hosting, bukan? Agar lebih paham, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Cara Kerja Control Panel Hosting

Pada dasarnya, prinsip dan cara kerja control panel sangat mudah dipahami. Control panel hosting menghadirkan antarmuka yang lebih sederhana dan teratur dari berbagai fasilitas web hosting. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah menggunakannya. 

Tanpa control panel hosting, manajemen dan monitoring website Anda akan jadi lebih rumit. Cara kerja control panel hosting adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke Control Panel Hosting

Setelah membeli layanan Hosting, Anda akan bisa akses control panel hosting.  Jika Anda menggunakan layanan Niagahoster, masuk ke Member Area Niagahoster;

Setelah masuk, pada bagian Layanan Anda, pilih tab Hosting.Kemudian, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting aktif Anda.

Di halaman Pengaturan Hosting, pilih tab cPanel dan untuk masuk ke control panel hosting.

Selain itu, Anda juga bisa mengaksesnya melalui URL dengan klik NamaDomainAnda/cpanel. Contohnya: tokosportjakarta.com/cpanel 

2. Install Aplikasi

Sebelum membangun website, Anda bisa menginstal platform seperti WordPress. Dengan CMS, Anda dapat membuat website tanpa melakukan coding. Caranya, silakan masuk melalui menu Aplikasi/Software.

3. Kelola File Website Anda

Salah satu cara mengelola website adalah dengan mengelola file atau folder website. Hal itu bisa Anda lakukan melalui menu File Manager. 

Pengelolaan file manager bisa dilakukan secara umum seperti copy, delete dan lainnya. Bahkan, sudah mendukung modifikasi kode menggunakan text editor.

Anda juga bisa mengelola file dengan mentransfer file dari komputer ke file manager hosting dengan bantuan File Transfer Protocol (FTP).

Baca Juga: Panduan Upload Website ke Hosting

4. Kelola Database lewat Control Panel Hosting

Cara kerja control panel hosting juga termasuk pengelolaan database website Anda. Khususnya diperlukan pada website yang memiliki berbagai jenis data, seperti toko online.

Dengan menggunakan control panel, Anda dapat membuat atau mengupload database, menambahkan akun pengguna, mengatur hak akses para pengguna, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting

5. Kelola Email dengan Domain Sendiri

Berlangganan hosting memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola email sendiri. Contohnya: admin@namadomainanda.com. 

Dari control panel hosting, Anda dapat melakukan pengecekan status pengiriman dan penerimaan email, mengelola spam filter, atau whitelist, blacklist , serta beberapa akun email sekaligus. 

Baca Juga: List atau Daftar Hosting cPanel Gratis

6. Membuat Backup

Cara kerja control panel juga memungkinkan Anda melakukan backup atau menyalin data. Dengan begitu, website tetap dapat digunakan kembali apabila data tersebut hilang atau rusak. Umumnya, Anda dapat melakukan backup file, email, database, dan DNS domain pada control panel hosting.

Baca Juga: Cara Download File Backup Website di cPanel

7. Monitoring Penggunaan Resource

Control panel juga bisa sebagai indikator resource hosting. Misalnya, disk Space, RAM, dan Inode hosting. Dengan adanya indikator resource hosting, Anda dapat memastikan resource berada dibawah batas maksimal agar performa website menjadi stabil.

Baca Juga: Cek Performa Website Dengan GTMetrix

8. Mengelola Domain dan Subdomain

Dengan control panel, Anda juga dapat mengelola domain dan subdomain. Untuk melakukannya, Anda bisa masuk ke menu All Features > Domains. 

Nah, Anda dapat menambahkan domain pada satu akun hosting yang sama di menu Domains. Inilah yang disebut dengan Addon Domain. Misalnya, Anda sudah memiliki domain kuyhosting.com. Lalu, Anda ingin membuat halaman website baru, misalnya domainmurah.com. 

Selain itu, di menu ini Anda juga bisa menambahkan Subdomain, lho. Misalnya, yang semula kuyhosting.com, menjadi course.kuyhosting.com. Menarik, bukan?

Baca Juga: Panduan Cyberpanel Terlengkap

9. Meningkatkan Keamanan Website

Anda juga bisa meningkatkan keamanan website melalui control panel. Sebagai contoh, mencegah adanya serangan malware. Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan Imunify360

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencegah pencurian bandwidth dengan menu hotlink protection. Dan, yang utama, pastikan menu SSL Encrypt  dalam keadaan aktif untuk menjamin keamanan transfer data.

Itulah prinsip dan cara kerja control panel hosting yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Tutorial cPanel Terlengkap & Ramah Pemula

Siap Memaksimalkan Website Dengan Control Panel Hosting?

Anda sudah tahu kan prinsip dan cara kerja control panel hosting? Control panel adalah alat untuk mengelola semua fitur dalam hosting seperti domain, file, email, sampai akses database secara terpusat. 

Penggunaan control panel hosting yang optimal dapat menunjang performa website. Baik saat mengelola database, monitoring resources website, mengelola domain, sampai meningkatkan keamanan website.

Nah, agar Anda dapat memanfaatkan Control Panel dengan optimal, tentunya Anda membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam, bukan? Kabar baiknya, kami sudah menyediakan ebook Panduan Lengkap cPanel untuk Pemula yang bisa Anda download secara gratis, lho!

Yuk, buat performa website makin oke dengan control panel! Jangan lupa untuk subscribe blog Niagahoster agar tidak ketinggalan update dari blog Niagahoster! 

Indra Maulana

Cogito Ergo Sum.

Share
Published by
Indra Maulana

Recent Posts

Apa Itu SMTP dan POP3 pada Layanan Email

Tahukah Anda bagaimana pertukaran email bisa terjadi dengan baik? Salah satunya, berkat POP3 dan SMTP. POP3 dan SMTP adalah email…

3 hours ago

PTR Record: Pengertian dan Bagaimana Cara Melakukan PTR Record Check

Apakah email yang Anda kirim sering masuk ke folder spam penerima email? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah Anda belum…

2 days ago

Cara Membuat Plugin WordPress Sendiri dengan Mudah

Ingin belajar cara membuat plugin WordPress sendiri? Yuk baca artikel ini untuk bisa praktik membuat plugin WordPress sederhana!

3 days ago

Rayakan Hari Jadi ke-9, Niagahoster Adakan Charity di Berbagai Kota di Indonesia

9 tahun sudah perjalanan perusahaan web hosting Niagahoster dalam menyediakan layanan terbaik, stabil, cepat, dan mudah bagi semua orang. Dalam…

3 days ago

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Apalagi…

4 days ago

Cara Pasang Iklan di Google Ads untuk Pemula (Terbaru)

Anda punya bisnis, tapi belum pernah mengiklankannya lewat Google Ads? Kalau belum, aduh… banyak potensi cuan yang terlewatkan, lho. Perlu…

1 week ago