Cara Jual Domain di Sedo.com

Sedo.com merupakan website marketplace untuk jual beli domain. Ada berbagai macam nama domain yang tersedia di sini, termasuk expired domain. Jika ada nama domain yang menarik hati Anda, tentu Anda dapat membelinya dengan mudah.

Selain beli domain, Anda juga dapat menjual domain di website ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Sedo.com biasa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan jual domain, tentu saja.

Peluang domain Anda laku terjual menjadi jauh lebih besar jika menggunakan Sedo.com. Bahkan, website ini dikenal sebagai salah satu marketplace domain terbaik hingga sekarang. Cara jual domain di Sedo.com sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki akun terlebih dahulu (dan domain yang ingin dijual, pastinya) untuk dapat mulai berjualan.

Baca Juga: Panduan Dasar Domain untuk Pemula

Dalam artikel ini kami akan membahas cara jual domain di Sedo.com langkah demi langkah.

Apa yang Anda Butuhkan?

  • Akses ke panel domain yang akan dijual
  • Rekening bank atau akun PayPal

Berikut ini adalah langkah cara jual domain di Sedo

Langkah 1: Buat Akun Baru di Sedo

1. Silakan akses Sedo.com untuk membuat akun baru. Kemudian, klik tombol Register yang berada di bagian kanan atas.

2. Isi detail akun Anda berupa Username, email, dan password. Kemudian, klik tombol Save and continue.

3. Selanjutnya pada bagian Set up account silakan isi dengan lengkap nama, alamat, negara, nomor telepon, dan bahasa. Jangan lupa centang pada bagian I have read and accepted the General Terms and Conditions.

4. Setelah detail akun terisi lengkap, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan tombol Create account. Jangan lupa beri tanda centang pada kolom verifikasi CAPTCHA.

Langkah 2: Aktivasi Akun

1. Silakan aktivasi akun Anda dengan melakukan konfirmasi melalui link yang dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan ketika mendaftar.

2. Setelah Anda melakukan konfirmasi, akun Anda akan segera aktif. Lakukan sertifikasi dengan menekan tombol Trade Domains.

Langkah 3: Lakukan Sertifikasi

Sertifikasi diperlukan untuk melakukan penawaran domain melalui Sedo dan menerima pembayaran dari domain yang Anda parkir di Sedo.

Pada bagian halaman sertifikasi di member area, Anda akan melihat beberapa jenis sertifikasi yang salah satunya dapat Anda pilih. Silakan tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemula atau member baru yang berencana menghabiskan dana kurang dari $10.000 pada pelelangan domain, standar sertifikasi adalah pilihan terbaik.

1. Setelah Anda menentukan pilihan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, silakan tekan tombol Proceed berwarna hijau. Dalam contoh ini adalah Standard Certification.

2. Terdapat dua metode untuk melakukan sertifikasi. Silakan pilih sertifikasi menggunakan telepon (kami merekomendasikan pilihan ini) dan silakan klik tombol Certify now.

3. Pilih nomor telepon untuk menerima panggilan dan klik Call me Now.

4. Silakan tunggu panggilan telepon dari Sedo untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Jika verifikasi berhasil, Anda akan melihat gambar di bawah ini.

Langkah 4: Tambahkan Domain ke Akun Anda

1. Selanjutnya Anda dapat menambahkan domain. Silakan klik add your domains.

2. Silakan masukkan nama domain yang akan dijual atau diparkir. Anda dapat memasukkan hingga 200 nama domain di sini. Jika terdapat lebih dari 200 nama domain, Anda dapat mengunggah file berformat Excel. Setelah nama domain Anda masukkan, silakan tekan tombol Go to Step 2. Jangan lupa mencentang bagian persetujuan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah 5: Tentukan Harga Jual Domain

1. Pada langkah ini Anda dapat menentukan harga domain (dapat menggunakan harga yang disarankan), mata uang, serta jenis penawaran (Buy Now, Make Offer, Not for sale). Setelah Anda selesai menentukannya, sebelum melanjutkan ke Step 3, silakan lengkapi rincian pembayaran terlebih dahulu.

2. Untuk melengkapi detail pembayaran Anda, silakan pilih profile Anda yang berada di pojok kanan atas, kemudian buka My Account di tab baru dan klik tab Payment Details.

3. Anda dapat menggunakan PayPal maupun wire transfer untuk jenis pembayarannya. Jika Anda tidak memiliki PayPal, silakan gunakan metode wire transfer dengan mengisi rincian rekening bank yang Anda gunakan.

3. Setelah diisi, silakan tekan tombol Update dan lakukan konfirmasi dengan klik link yang dikirimkan melalui email Anda.

Langkah 6: Aktifkan SedoMLS Premium

Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Go to Step 3 untuk lanjutan dari langkah 5 sebelumnya. Silakan pilih registrar domain Anda dan pilih Yes pada bagian Activate SedoMLS Premium. Jangan lupa beri tanda centang pada bagian I confirm that I have read and fully agree to the SedoMLS Premium Terms of Use. Setelah itu, klik tombol Finish Adding Domains.

Langkah 7: Verifikasi Kepemilikan Domain

1. Silakan lakukan verifikasi kepemilikan domain Anda dengan cara klik tautan self-verification service.

2. Terdapat dua pilihan verifikasi domain, yaitu dengan menambahkan personal ID melalui TXT Record dan CNAME di domain Anda.

3. Pada bagian ini seharusnya Anda telah berhasil memasang domain di Sedo. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu penawaran yang masuk pada domain Anda.

Baca Juga: Strategi Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Semoga tutorial cara jual domain di Sedo ini dapat membantu Anda yang ingin memulai bisnis domain. Dengan menjual nama domain di Sedo, domain Anda memiliki kesempatan diketahui lebih banyak pembeli dan kesempatan untuk terjual lebih besar.

Karenanya, sungguh tidak ada salahnya mulai sekarang Anda berinvestasi domain dengan membeli beberapa domain yang potensial untuk dijual di Sedo.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: domain

Recent Posts

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

26 mins ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

1 day ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

2 days ago

Cara Membuat Blog dengan Laravel untuk Pemula (Terlengkap!)

Laravel merupakan salah satu framework terbaik untuk membuat blog. Dengan framework gratis ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan blog dengan…

3 days ago

Startup Itu Apa Sih? Pelajari Selengkapnya Sebelum Memulai

Jas Merah! (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah). Sebelum membangun startup, flashback dulu yuk ke sejarah hingga perkembangannya.

4 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

“Tunggu dulu, ya! Permintaan Anda sedang kami proses.” :-\ Jika website Anda bisa berbicara, kalimat inilah yang akan diucapkan kepada…

5 days ago