Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Jual Domain di Sedo.com

2 min read

Cara Jual Domain di Sedo.com

Sedo.com merupakan website marketplace untuk jual beli domain. Ada berbagai macam nama domain yang tersedia di sini, termasuk expired domain dan premium domain. Jika ada nama domain yang menarik hati Anda, tentu Anda dapat membelinya dengan mudah.

Selain beli domain, Anda juga dapat menjual domain di website ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Sedo.com biasa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan jual domain, tentu saja.

jual domain

Peluang domain Anda laku terjual menjadi jauh lebih besar jika menggunakan Sedo.com. Bahkan, website ini dikenal sebagai salah satu marketplace domain terbaik hingga sekarang. Cara jual domain di Sedo.com sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki akun terlebih dahulu (dan domain yang ingin dijual, pastinya) untuk dapat mulai berjualan.

Baca Juga: Panduan Dasar Domain untuk Pemula

Dalam artikel ini kami akan membahas cara jual domain di Sedo.com langkah demi langkah.

Apa yang Anda Butuhkan?

  • Akses ke panel domain yang akan dijual
  • Rekening bank atau akun PayPal

Berikut ini adalah langkah cara jual domain di Sedo

Langkah 1: Buat Akun Baru di Sedo

1. Silakan akses Sedo.com untuk membuat akun baru. Kemudian, klik tombol Register yang berada di bagian kanan atas.

jual domain di sedo

2. Isi detail akun Anda berupa Username, email, dan password. Kemudian, klik tombol Save and continue.

cara jual domain

3. Selanjutnya pada bagian Set up account silakan isi dengan lengkap nama, alamat, negara, nomor telepon, dan bahasa. Jangan lupa centang pada bagian I have read and accepted the General Terms and Conditions.

cara jual domain

4. Setelah detail akun terisi lengkap, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan tombol Create account. Jangan lupa beri tanda centang pada kolom verifikasi CAPTCHA.

cara jual domain

Langkah 2: Aktivasi Akun

1. Silakan aktivasi akun Anda dengan melakukan konfirmasi melalui link yang dikirimkan ke alamat email yang Anda gunakan ketika mendaftar.

2. Setelah Anda melakukan konfirmasi, akun Anda akan segera aktif. Lakukan sertifikasi dengan menekan tombol Trade Domains.

cara jual domain

Langkah 3: Lakukan Sertifikasi

Sertifikasi diperlukan untuk melakukan penawaran domain melalui Sedo dan menerima pembayaran dari domain yang Anda parkir di Sedo.

Pada bagian halaman sertifikasi di member area, Anda akan melihat beberapa jenis sertifikasi yang salah satunya dapat Anda pilih. Silakan tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemula atau member baru yang berencana menghabiskan dana kurang dari $10.000 pada pelelangan domain, standar sertifikasi adalah pilihan terbaik.

1. Setelah Anda menentukan pilihan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, silakan tekan tombol Proceed berwarna hijau. Dalam contoh ini adalah Standard Certification.

cara jual domain

2. Terdapat dua metode untuk melakukan sertifikasi. Silakan pilih sertifikasi menggunakan telepon (kami merekomendasikan pilihan ini) dan silakan klik tombol Certify now.

cara jual domain

3. Pilih nomor telepon untuk menerima panggilan dan klik Call me Now.

cara jual domain

4. Silakan tunggu panggilan telepon dari Sedo untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Jika verifikasi berhasil, Anda akan melihat gambar di bawah ini.

cara jual domain

Langkah 4: Tambahkan Domain ke Akun Anda

1. Selanjutnya Anda dapat menambahkan domain. Silakan klik add your domains.

cara jual domain

2. Silakan masukkan nama domain yang akan dijual atau diparkir. Anda dapat memasukkan hingga 200 nama domain di sini. Jika terdapat lebih dari 200 nama domain, Anda dapat mengunggah file berformat Excel. Setelah nama domain Anda masukkan, silakan tekan tombol Go to Step 2. Jangan lupa mencentang bagian persetujuan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

cara jual domain

Langkah 5: Tentukan Harga Jual Domain

1. Pada langkah ini Anda dapat menentukan harga domain (dapat menggunakan harga yang disarankan), mata uang, serta jenis penawaran (Buy Now, Make Offer, Not for sale). Setelah Anda selesai menentukannya, sebelum melanjutkan ke Step 3, silakan lengkapi rincian pembayaran terlebih dahulu.

cara jual domain

2. Untuk melengkapi detail pembayaran Anda, silakan pilih profile Anda yang berada di pojok kanan atas, kemudian buka My Account di tab baru dan klik tab Payment Details.

cara jual domain

3. Anda dapat menggunakan PayPal maupun wire transfer untuk jenis pembayarannya. Jika Anda tidak memiliki PayPal, silakan gunakan metode wire transfer dengan mengisi rincian rekening bank yang Anda gunakan.

cara jual domain

cara jual domain

3. Setelah diisi, silakan tekan tombol Update dan lakukan konfirmasi dengan klik link yang dikirimkan melalui email Anda.

Langkah 6: Aktifkan SedoMLS Premium

Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Go to Step 3 untuk lanjutan dari langkah 5 sebelumnya. Silakan pilih registrar domain Anda dan pilih Yes pada bagian Activate SedoMLS Premium. Jangan lupa beri tanda centang pada bagian I confirm that I have read and fully agree to the SedoMLS Premium Terms of Use. Setelah itu, klik tombol Finish Adding Domains.

cara jual domain

Baca Juga: Perbedaan Registry, Registrar, dan Registrant Domain

Langkah 7: Verifikasi Kepemilikan Domain

1. Silakan lakukan verifikasi kepemilikan domain Anda dengan cara klik tautan self-verification service.

cara jual domain

2. Terdapat dua pilihan verifikasi domain, yaitu dengan menambahkan personal ID melalui TXT Record dan CNAME di domain Anda.

cara jual domain

3. Pada bagian ini seharusnya Anda telah berhasil memasang domain di Sedo. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu penawaran yang masuk pada domain Anda.

Baca Juga: Strategi Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Semoga tutorial cara jual domain di Sedo ini dapat membantu Anda yang ingin memulai bisnis domain. Dengan menjual nama domain di Sedo, domain Anda memiliki kesempatan diketahui lebih banyak pembeli dan kesempatan untuk terjual lebih besar.

Karenanya, sungguh tidak ada salahnya mulai sekarang Anda berinvestasi domain dengan membeli beberapa domain yang potensial untuk dijual di Sedo.

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

17 Replies to “Cara Jual Domain di Sedo.com”

  1. Setelah domain kita laku terjual, bagaimana cara memberikan akses ke si pembeli untuk mempunyai website kita tersebut?

    1. Bisa dengan transfer domain ke layanan lain. Bisa juga dengan memberikan akses domain panel (tempat Anda membeli domain pertama kali) 🙂

  2. Maaf mas mau tanya, pada opsi No. 2 (menambahkan personal ID melalui TXT Record dan CNAME di domain Anda.), di tempat saya daftar domain tidak ada tempat untuk masukkan data CNAME seperti yang dipandu oleh SEDO. Itu gimana verifikasi kepemilikan domainnya ya?

    1. Jika domain Anda terhubung ke hosting dengan kontrol panel cPanel, Anda dapat mengaturnya melalui Zone Editor.

      1. Berarti tetap harus ada hosting ya mas?. Ini kalau sudah diatur melalui hosting pada menu Zone Editor, dah selesai ya? Atau harus setting lagi pada tempat daftar domainnya?

        1. Benar, jika Anda tidak memiliki akses ke pengaturan DNS di domain, atau Anda dapat menghubungi penyedia domain Anda mengenai TXT Record dan CNAME.

  3. Domain saya tidak pernah dipakai. Jadi ketika diakses hanya muncul halaman error "This site can’t be reached".

    Jika ingin menampilkan halaman Sedo bagaimana ya? Jadi ketika diakses, akan memunculkan landing page yang menyatakan bahwa domain ini dijual di Sedo. Agar orang-orang yang tidak membuka Sedo pun tahu bahwa domain ini dijual.

    1. Bisa ikuti panduan kami dengan kata kunci pencarian : Cara Jual Domain di Sedo Niagahoster

  4. Maaf tanya, apakah anda sudah pernah jual domain? Bagaimana proses penyerahan domain bila ada yang beli? Mereka membayar melalui apa?

    1. Biasanya untuk pembayaran sesuai dengan kesepakatan pembeli dan penjual. Sedangkan domain dilakukan proses transfer domain.

        1. Setelah di dibayar nantinya akan dihubungi oleh pihak Sedo untuk melakukan pembayaran.
          Gambaran lebih jelasnya berikut: https://bit.ly/2jOCF4B

    1. Tidak perlu, hanya membutuhkan Akses ke panel domain yang akan dijual & Rekening bank atau akun PayPal

  5. halo Gan…

    mohon petunjuknya. pada saat saya verifikasi domain diregistar menggunakan CNAME ataupun TXT record selalu gagal..jika di niagahoster tidak banyak masalah, mngkin domain sy akan transper kesini….

    artikelnya dilanjutin dong hingga verifikasi domain diregistar niagahoster..hehe..

    trimakasih, untuk infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *