Cara Install WordPress Manual di Hosting – Niagahoster Blog

Tampilan antarmuka sederhana berikut sistem yang siap pakai tanpa perlu banyak kustomisasi menjadikan WordPress salah satu CMS paling populer di dunia saat ini. Bahkan perusahaan besar seperti MTV, Time Magazine, dan Mozilla menggunakan WordPress untuk situs mereka. Anda pun dapat menginstalnya sendiri pada hosting. Cara install WordPress di hosting manual maupun otomatis tersedia dengan mudah untuk Anda.

Saat ini, WordPress biasanya sudah tersedia pada layanan hosting yang Anda gunakan. Apabila hosting yang Anda gunakan tidak menyediakan fitur instalasi WordPress secara otomatis, Anda perlu menginstalnya sendiri. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara install WordPress dengan cara manual.

Baca Juga: Apa itu Hosting? Berikut Penjelasannya

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum Anda memulai tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke control panel hosting Anda
  • FTP client (optional)

Langkah 1: Unduh Paket Instalasi WordPress

Pertama-tama untuk cara install WordPress manual, Anda perlu mengunduh paket instalasi WordPress terlebih dahulu. Kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan versi terbaru karena memiliki perbaikan bug serta celah keamanan lebih dibandingkan versi sebelumnya. Apabila Anda menggunakan versi WordPress yang belum update, kemungkinan terjadinya error lebih besar, termasuk kemungkinan bobolnya website Anda oleh hacker akan lebih besar.

Versi terbaru dapat Anda unduh di sini. Setelah halaman WordPress muncul, klik tombol Download untuk mulai mengunduh.

cara install wordpress manual

Langkah 2: Unggah File WordPress ke Hosting Anda

Ada dua cara mengunggah file WordPress: menggunakan FTP Client dan File Manager. Cara mengunggahnya bisa Anda lihat dalam tutorial berikut ini. Anda dapat memilih salah satu dari dua pilihan tersebut. Jika Anda kesulitan mengakses File Manager pada cPanel, silakan gunakan FTP Client dengan fungsi yang tidak jauh berbeda.

Langkah awal mengunggah file WordPress adalah menentukan direktori tempat file installer WordPress akan diunggah. Sebagai contoh, semisal Anda ingin menginstal WordPress pada domain utama, Anda perlu mengunggah file tersebut pada folder public_html. Berikut adalah tampilan file yang telah diupload melalui File Manager.

install wordpress manual

Langkah 3: Buat Database MySQL untuk WordPress

MySQL sendiri adalah database yang digunakan oleh CMS WordPress. Seluruh pengaturan, postingan, maupun halaman yang ada akan disimpan dalam database MySQL ini. Karenanya, Anda perlu membuat database dan user baru terlebih dahulu. Silakan ikuti tutorial cara membuat database MySQL di cPanel untuk membuat database baru WordPress Anda. Jangan lupa masukkan nama, username, dan password untuk database yang akan digunakan saat instalasi WordPress di Langkah 4.

Langkah 4: Cara Install WordPress Manual

Sebelum memulai langkah ini, semua file WordPress harus sudah diunggah dan database MySQL juga sudah dibuat. Silakan lanjutkan proses instalasi dengan cara mengakses nama domain Anda di browser, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada WordPress. Dalam contoh contoh ini kami menggunakan Bahasa Inggris. Klik tombol Continue untuk melanjutkan.

cara install wordpress

2. Pada tampilan berikutnya, Anda akan melihat informasi apa saja yang diperlukan guna melakukan instalasi WordPress secara manual. Informasi ini mencakup nama, username, password, dan database yang telah dibuat pada Langkah 3. Setelah semuanya siap, silakan klik tombol Let’s go!

instal wordpress manual

3. Masukkan detail database MySQL yang sudah dibuat pada Langkah 3 yaitu nama, username, dan password database, kemudian klik tombol Submit. Database Host pada umumnya menggunakan localhost. Kemudian, kosongkan Table Prefix apabila Anda ingin menginstal WordPress pada domain utama Anda.

cara install wordpress di cpanel

4. Apabila detail database Anda masukkan sesuai, Anda akan melihat pesan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

menjalankan instalasi wordpress

Kami menyarankan Anda untuk mengecek kembali detail database MySQL Anda sebelum menekan tombol Submit. Pastikan nama, username, dan password database telah sesuai dengan yang Anda buat sebelumnya.

5. Pada tahap cara install WordPress manual selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan detail blog seperti Title, Username, Password, dan alamat email Anda. Setelah semuanya Anda isi, silakan klik tombol Install WordPress.

alamat email

6. Tunggu loadingnya dan WordPress Anda telah berhasil terinstal secara manual!

pesan sukses instal wordpress

[ecko_alert color=”gray”]PENTING: Host Database MySQL secara default menggunakan localhost. Meskipun demikian, hal ini bisa saja berbeda, tergantung layanan penyedia web hosting Anda. Silakan hubungi tim support hosting yang Anda gunakan untuk tahu lebih banyak tentang Host. Kemudian, kami sangat menyarankan Anda untuk hanya memasukkan email aktif pada Langkah 5. Email ini nantinya akan berguna untuk melakukan reset password, sebagai langkah antisipasi jika Anda kehilangan password.[/ecko_alert]

Baca Juga: Cara Pindah Hosting WordPress ke Layanan Hosting Baru

Kesimpulan

WordPress memang memiliki sistem yang user-friendly. Meskipun demikian, sistem yang ada tetap bisa jadi membingungkan bagi pemula. Diperlukan pengetahuan tambahan supaya proses instalasi berjalan dengan baik, misalnya melakukan upload file, membuat database baru, serta melakukan instalasi WordPress.

Setelah menyelesaikan tutorial ini, Anda telah belajar cara install WordPress manual di hosting. Semoga Anda sudah tidak menemui kesulitan instalasi WordPress secara manual lagi di kemudian hari. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini 😊

Jangan lupa subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari email Anda 🖐

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • infoana

    terimakasih, atas tutorialnya sangat bermanfaaat untuk seorang pemula seperti saya ini….

  • ulasanhp

    informasi yang bagus dapat dijadikan panduan….terima kasih telah berbagi….sukses selau

one + 1 =