Cara Install WordPress di cPanel - Niagahoster Blog

Cara install WordPress di cPanel sangatlah mudah untuk dilakukan, Anda dapat menggunakan tool bernama Softaculous. Saat ini hampir semua layanan hosting telah menyediakan fitur Softaculous di dalam cPanel, termasuk layanan Niagahoster. Dengan menggunakan tool ini, Anda dapat menginstal WordPress lebih singkat jika dibandingkan menginstal WordPress dengan cara manual.

Dalam tutorial singkat ini kami akan membahas cara install WordPress di cPanel langkah demi langkah.

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Login ke cPanel hosting.
  • Domain dan hosting. Jika Anda belum memilikinya, silakan order di Niagahoster.

Berikut adalah langkah mudah cara install WordPress di cPanel

Langkah 1: Install WordPress

1. Silakan login ke cPanel kemudian pilih menu berlogo WordPress.

cara install wordpress di cpanel

2. Kemudian klik tombol Install Now.

install wordpress

3. Pada bagian Software Setup, Anda akan melihat tiga kolom yang bisa Anda pilih untuk menentukan website mana yang ingin Anda instal dengan WordPress.

  • Choose Protocol – Jika Anda sudah menginstal SSL di domain, silakan pilih https:// atau https://www.
  • Choose Domain – Jika Anda memiliki lebih dari satu domain, pada bagian ini silakan pilih nama domain yang ingin Anda instal dengan WordPress.
  • In Directory – Tujuan direktori yang akan diinstal WordPress, jika Anda akan menginstalnya di domain utama, silakan kosongkan seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. Pada bagian Site Settings, Anda dapat mengisi nama blog pada kolom Site Name dan deskripsi blog pada kolom Site Description.

5. Di bagian Admin Account, terdapat kolom untuk mengisi username dan password yang nantinya digunakan untuk login ke dashboard admin WordPress. Silakan isi Admin Email dengan alamat email aktif yang dapat Anda gunakan ketika lupa password.

6. Anda juga dapat menentukan bahasa yang tampil pada dashboard WordPress pada bagian Choose Language.

7. Biarkan bagian Advance Options dan Select Theme secara default, kemudian klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.

Langkah 2: Cek Hasil Instalasi

1. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat pesan sukses seperti gambar di bawah ini.

instal wordpress cpanel

2. Login ke dashboard WordPress dapat Anda lakukan dengan mengakses URL http://namadomainanda.com/wp-admin. Gunakan username dan password yang sesuai dengan apa yang Anda buat sebelumnya ketika melakukan instalasi.

3. Pada langkah ini semestinya Anda sudah berhasil melakukan instalasi WordPress. Selanjutnya Anda dapat mengganti template dan menginstal plugin sesuai keperluan website Anda. Anda juga dapat langsung membuat postingan artikel maupun merancang halaman pertama website.

Kesimpulan

Platform WordPress bisa Anda manfaatkan untuk website apa saja, mulai dari blog sederhana hingga website e-commerce dengan kerumitan tinggi. Pendeknya, WordPress dapat Anda jadikan solusi pembuatan website secara mandiri. Persyaratannya pun sangat mudah, Anda pun cukup beli domain dan hosting terlebih dahulu sebelum memulai. Selanjutnya, instal WordPress dan website idaman Anda siap digunakan.

Jika Anda merasa cara install WordPress di cPanel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan melalui akun media sosial yang Anda miliki agar lebih banyak orang mengetahui manfaatnya, seperti Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan atau masukan mengenai tutorial ini, silakan tuliskan komentar pada kolom yang tersedia.

Jangan lupa klik Subscribe untuk mendapatkan artikel-artikel bermanfaat lainnya langsung dari inbox email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Rangga

    Terimakasih atas infonnya mas, ternyata sangat mudah sekali dilaksanakan.

Scroll Up