David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Cara Install WordPress di Debian 9 Paling Mudah

4 min read

cara install wordpress dengan lamp di debian 9

Jika Anda sudah mempraktikkan konfigurasi VPS Debian, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti menginstall WordPress. Kebetulan, cara install WordPress di Debian 9 bukanlah hal yang sulit. Anda membutuhkan LAMP agar instalasi WordPress di Debian berjalan lancar.

Nah, di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara instal WordPress di Debian 9 dengan LAMP. Pastikan Anda sudah mempraktikkan cara install LAMP di Debian terlebih dahulu. Setelah LAMP terpasang, Anda bisa mulai mengikuti panduan cara install WordPress di Debian 9 di bawah ini.

Cara Install WordPress di Debian 9

Berikut ini pembahasan dari langkah cara install WordPress di VPS Debian 9:

Langkah 1 : Membuat Database MariaDB

MySQL berfungsi untuk mengelola dan menyimpan semua data WordPress. Anda perlu membuat database di MariaDB untuk menjalankan PHP, yang menggunakan MariaDB query di dalam PHP markup, sebagai bahasa instruksi untuk CRUD (Create – Membuat, Read – Membaca, Update – Memperbarui, dan Delete – Menghapus) data dari database MariaDB.

Berikut ini langkah-langkah membuat database MariaDB dalam cara install WordPress di Debian 9:

$ mysql -u root -p

Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi akun root MariaDB.

Tahap selanjutnya adalah membuat database terpisah yang dapat dikendalikan WordPress. Pastikan nama database tidak mengandung spasi dan simbol. Anda dapat membuat database untuk WordPress dengan mengetikan perintah.

MariaDB> CREATE DATABASE domain_Anda DEFAULT CHARACTER SET utf8 COLLATE utf8_unicode_ci;

Note

Setiap pernyataan MariaDB harus diakhiri dengan titik koma ;. Periksa untuk memastikan ini ada jika Anda mengalami masalah.

Selanjutnya, Anda akan membuat akun pengguna MariaDB terpisah yang akan Anda gunakan secara eksklusif untuk beroperasi pada basis data baru Anda. Membuat database dan akun satu fungsi adalah ide bagus dari sudut pandang manajemen dan keamanan. Dalam tutorial cara install WordPress di Debian 9 ini kami akan menggunakan nama wordpressuser silahkan ubah jika Anda mau.

Kami akan membuat akun ini, menetapkan kata sandi, dan memberikan akses ke database yang kami buat. Anda bisa melakukan ini dengan mengetikkan perintah berikut  ini. Ingatlah untuk memilih kata sandi yang kuat di sini untuk pengguna basis data Anda:

MariaDB> GRANT ALL ON domain_Anda.* TO 'wordpressuser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';

Anda sekarang memiliki database dan akun pengguna, masing-masing dibuat khusus untuk WordPress. Anda perlu menghapus hak istimewa agar instance MariaDB saat ini mengetahui tentang perubahan terbaru yang di buat:

MariaDB> FLUSH PRIVILEGES;

Keluar dari MariaDB dengan mengetikkan perintah:

 MariaDB> EXIT; 

Langkah 2 : Install Ekstensi PHP

Langkah kedua dalam cara instal WordPress di Debian 9 adalah install ekstensi PHP. Ekstensi PHP berguna untuk mendukung berjalannya WordPress serta beberapa plugin khusus di dalamnya. 

Anda dapat mengunduh dan memasang beberapa ekstensi PHP paling populer untuk digunakan dengan WordPress dengan mengetikan perintah:

$ sudo apt update
$ sudo apt install php-curl php-gd php-intl php-mbstring php-soap php-xml php-xmlrpc php-zip

Note

Setiap plugin WordPress memiliki persyaratan sendiri. Beberapa mungkin memerlukan paket PHP tambahan untuk diinstal. Periksa dokumentasi plugin Anda untuk mengetahui persyaratan PHP-nya. Jika tersedia, Anda dapat memasangnya menggunakan perintah apt-get seperti di atas

Baca juga: Cara Install SSL Lets Encrypt di Debian

Langkah 3 : Download WordPress

Setelah semua perangkat lunak server sudah dikonfigurasi, langkah dalam cara install WordPress di Debian 9 berikutnya yaitu masuk ke dalam direktori /var/www/html  menggunakan perintah:

$ cd /var/www/html

Jika sudah masuk direktori html, masukkan perintah untuk mengunduh WordPress dengan mengetikkan perintah ini:

$ wget http://wordpress.org/latest.zip
masukkan perintah untuk mengunduh WordPress

Apabila proses download sudah selesai, lakukan proses ekstrak file latest.zip untuk membuat struktur direktori WordPress menggunakan perintah :

$ unzip latest.zip

Setelah proses ekstrak selesai, Anda bisa masuk ke dalam file Apache untuk melakukan edit file 000-default.conf:

$ nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf

Maka akan diarahkan ke dalam file terminal seperti pada gambar di bawah ini:

file terminal dalam cara instalasi WordPress di Debian 9

Hapus semua yang ada dalam file 000-default.conf menggunakan  perintah Ctrl + K dan ganti dengan perintah di bawah ini:

<VirtualHost *:80>
	ServerName domainkamu.com
	ServerAlias www.domainkamu.com
	ServerAdmin root@localhost
	DocumentRoot /var/www/html/wordpress
	
	<Directory "/var/www/html/wordpress">
		AllowOverride All
		Require all granted
	</Directory>
        ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/error.log
        CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/access.log combined
</VirtualHost>

Salin perintah di atas dan paste di dalam file 000-default.conf. Ganti tulisan yang berwarna merah dengan nama domain yang Anda punya atau menggunakan IP server. Setelah itu, simpan perubahan dengan perintah Ctrl + X dan akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini:

Note

Dalam melakukan paste teks dalam terminal Debian tidak bisa menggunakan perintah Ctrl + V. Tetapi menggunakan perintah klik kanan.
menyimpan perubahan skrip

Klik Y untuk menyimpan perubahan skrip di file 000-default.conf yang telah Anda buat sebelumnya.

menyimpan perubahan skrip

Setelah itu, akan muncul perintah seperti gambar di bawah ini. Cukup klik ENTER dan jangan mengubah nama file yang sudah Anda buat sebelumnya. Jangan mengubah nama file yang sudah ada.

Mulai ulang Apache untuk menerapkan perubahan menggunakan perintah di bawah ini

$ service apache2 restart && service mysql restart

Setelah proses restart selesai, akses domain atau IP yang telah Anda masukkan pada file 000-default.conf . Anda akan diarahkan ke tampilan setting WordPress seperti di bawah ini.

Setting WordPress di Debian 9

Langkah 4 : Instalasi dan Setting WordPress

Setelah muncul tampilan seperti di atas, cara instal WordPress di Debian yang selanjutnya adalah klik tombol Let’s go!.

Setting WordPress dalam Cara Instal WordPress di Debian 9

Setelah mengisi form dengan benar, klik tombol submit. Anda akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar seperti ini

Instalasi WordPress dalam Cara Instal WordPress di Debian 9

Salin semua teks di kolom di atas lalu buka Terminal menggunakan perintah ini.

$ nano /var/www/html/wordpress/wp-config.php
Instalasi WordPress di Debian 9

Letakkan teks yang sudah Anda salin di sini dengan perintah klik kanan > Paste (jangan gunakan CTRL+V).

Kembali lagi ke jendela browser dan klik tombol  Run the Installation. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan diminta untuk memasukkan detail akun WordPress seperti nama situs, username, password, dan email. Buat password yang rumit untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda.

Baca Juga: 15+ Tips Keamanan Server VPS

langkah terakhir cara Instal WordPress di Debian 9

Setelah semua data website terisi dengan benar, klik Install WordPress. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman login WordPress. Anda bisa login ke dashboard WordPress Hosting menggunakan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya.

Baca juga: Cara Install LEMP di Debian

Siap Menginstall WordPress di Debian 9?

Bagaimana? Sudah paham cara install WordPress di Debian 9, ‘kan? Di artikel ini, Anda sudah mempelajari cara instal WordPress di Debian 9. Mulai dari membuat database MariaDB, install ekstensi PHP, download WordPress, hingga instalasi WordPress.

Selain mengikuti langkah-langkah mudah dalam cara install WordPress di Debian 9, yang tak kalah penting adalah menggunakan layanan hosting yang murah, mudah, dan terpercaya. Nah, Niagahoster lewat paket WordPress Hosting tak hanya selalu menghadirkan fitur-fitur yang memudahkan, tapi juga memastikan harganya tetap ramah di kantong.

Makanya, yuk segera beralih ke layanan WordPress Hosting. Sebab, semua fiturnya dirancang khusus untuk kemudahan Anda dalam mengelola website WordPress.

Tak perlu khawatir soal harga, WordPress Hosting bisa Anda dapatkan mulai dari Rp19 ribuan saja per bulan! Yuk langganan WordPress Hosting di Niagahoster sekarang!

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *