David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Cara Install Webmin di CentOS 7

3 min read

cara install webmin di centos 7

Anda sudah pernah belajar tentang instalasi webmin di Ubuntu. Lalu, apakah bisa melakukan install webmin di CentOS 7? Tentu saja bisa.

Di artikel ini kami juga akan menjelaskan beberapa fitur yang ada pada webmin sebagai web based system administration untuk mempermudah Anda mengelola sistem berbasis web pada OS berbasis UNIX.

Cara Install Webmin di CentOS 7

Langkah-langkah install Webmin di CentOS adalah:

Langkah 1: Update Server

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah meng-update CentOS 7 menggunakan perintah berikut:

yum -y update

Langkah 2: Install Ekstensi Tambahan

Selanjutnya, install ekstensi tambahan pada server Anda. Fungsi dari ekstensi tambahan ini adalah untuk mendukung proses instalasi Webmin. Untuk install ekstensi, masukkan perintah berikut:

yum -y install perl perl-Net-SSLeay openssl perl-IO-Tty perl-Encode-Detect

Langkah 3: Install Webmin

Kemudian, untuk menginstall Webmin Anda perlu menambahkan script ke dalam repository Webmin. Tujuannya adalah untuk mengaktifkan paket instalasi Webmin saat proses instalasi Webmin. 

Buka file webmin.repo  yang berada di direktori yum.repos.d. Untuk membuka file webmin.repo, gunakan perintah berikut

sudo nano /etc/yum.repos.d/webmin.repo

Setelah itu, masukkan kode di bawah ini ke dalam file webmin.repo. Kemudian, simpan menggunakan perintah Ctrl+X >> Y >> ENTER.

[Webmin]name=Webmin Distribution Neutral#baseurl=https://download.webmin.com/download/yummirrorlist=https://download.webmin.com/download/yum/mirrorlistenabled=1
file webmin.repo

Selanjutnya, import Webmin GPG Key ke dalam server Anda menggunakan perintah berikut:

sudo rpm --import http://www.webmin.com/jcameron-key.asc

Kemudian, install Webmin menggunakan perintah berikut dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

sudo yum install webmin

Gambar di bawah ini adalah tampilan dari proses instalasi Webmin yang berhasil. 

hasil instalasi webmin

Langkah 4: Edit File Miniserv

Setelah selesai melakukan instalasi, edit file Miniserv yang ada di dalam direktori webmin. MiniServ adalah file web server yang membantu proses berjalannya Webmin.  Untuk membuka file miniserv.conf  gunakan perintah berikut:

nano /etc/webmin/miniserv.conf

Selanjutnya, cari kode ssl=1 di dalam file miniserv.conf. Lalu, ubah menjadi ssl=0, seperti pada gambar di bawah ini. Simpan perubahan menggunakan perintah Ctrl+X >> Y >> ENTER.

edit file miniserv

Setelah Anda menyimpan hasil perubahan file Miniserv, restart server untuk mengkonfirmasi hasil perubahan file Miniserv. Untuk restart server Webmin Anda dapat menggunakan perintah berikut:

service webmin restart

Langkah 5: Cek Hasil Instalasi

Langkah terakhir dari proses instalasi Webmin adalah mengecek keberhasilan proses instalasi Webmin. Caranya dengan membuka IP server dan tambahkan port 10000. Berikut ini contohnya.

http://IP_Server_Anda:10000
halaman login webmin

Maka, Anda akan diarahkan ke halaman login Webmin seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk login ke dalam Dashboard Webmin, masukkan username SSH dan password SSH server Anda. Lalu,  klik Sign in. Maka, Anda akan diarahkan ke dalam Dashboard halaman Webmin seperti pada gambar di bawah ini.

dashboard webmin

5+ Fitur Webmin yang Banyak Digunakan

Webmin menyediakan banyak sekali fitur yang dapat digunakan. Ada beberapa fitur yang dapat membantu untuk mengelola sistem Linux, yaitu updating packages, konfigurasi firewall dan manajemen log pada server

Pada penjelasan ini kami akan memberikan beberapa contoh fitur yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola server. Berikut ini penjelasannya.

1. Software Packages

Anda dapat dengan mudah menginstall dan menghapus packages menggunakan Webmin. aranya, klik menu System >> Software Packages. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Software Packages seperti pada gambar di bawah ini.

halaman packages webmin

Pada tampilan halaman di atas, Anda dapat mencari package yang terinstall,melihat package, dan menghapus package yang ada di server Anda. Di sini,  terdapat menginstall package menggunakan perintah YUM, URL, atau melalui link URL package.

Memperbarui package juga cukup mudah. Jika ada pembaruan software tersedia, Anda dapat mengklik notifikasi “package update is available“. Bisa juga, Anda buka halaman Software Package Updates. Dengan cara klik menu System >> Software Package Updates.

menu software package update

Anda dapat memilih masing-masing package yang ingin Anda perbarui dan pilih “Update Selected Packages” seperti pada gambar.

2. Webmin Users

Anda dapat menambah atau menghapus user dari server Anda dengan sangat mudah pada menu Webmin Users. Untuk masuk Webmin Users klik menu Webmin >> Webmin Users. Untuk menambahkan user Anda cukup klik, “Create a new Webmin User” seperti pada gambar di bawah ini.

halaman webmin user

Jika Anda ingin menghapus user, Anda cukup pilih user yang ingin dihapus dengan cara klik centang pada kotak, kemudian hapus dengan tombol, “Delete Selected“.

3. File Manager

Webmin juga menyediakan File Manager khusus berbasis web yang sederhana. Bagian ini dapat Anda gunakan untuk mencari, mengunggah, dan mengunduh file. Untuk membuka File Manager caranya pilih menu Others >> klik File Manager.

halaman file manager

Untuk membuat file baru atau mengunggah file, Anda dapat menggunakan menu “File” di kanan atas. Anda juga dapat melakukan perubahan file permissions pada menu “Tools“.

4. Command Shell

Meskipun Webmin memudahkan Anda untuk tidak memakai kode perintah Linux, tetapi terkadang Anda masih membutuhkan beberapa perintah dalam menggunakan server. Oleh karena itu Webmin juga menyediakan “Command Shell“.  Anda bisa temukan fitur ini pada menu Others >> Command Shell.

fitur command shell

5. Webmin Configuration

Webmin memberikan berbagai opsi konfigurasi. Untuk mengakses opsi tersebut, klik Webmin >> pilih Webmin Configuration.

fitur konfigurasi webmin

Pada halaman ini, Anda akan menemukan beberapa opsi yang dapat Anda konfigurasi. Mulai dari IP Access Control, Logging, Authenticator, dan lain-lain.

6. Konfigurasi SSL Certificates

Anda juga bisa melakukan konfigurasi SSL certificate from Let’s Encrypt. Fitur ini ada pada menu Webmin >> Webmin Configuration >> SSL Encryption. Sebelum melakukan konfigurasi SSL Anda harus menginstall LAMP pada server CentOS 7 Anda.

konfigurasi SSL Certificates

Kesimpulan

Webmin adalah salah satu web administration terbaik untuk mengelola server Anda. Sebab, Webmin menyediakan berbagai fitur yang sangat membantu untuk pengguna baru dalam mengelola server.

Demikian artikel mengenai cara install Webmin di CentOS 7. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan update informasi hosting, domain hingga layanan VPS murah terbaik dari kami.

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *