Categories: VPS

Cara Install SSL Let’s Encrypt di Debian 9

Cara install SSL di cloud VPS hosting berbeda dengan install SSL di shared hosting biasa. Bahkan cara install SSL di setiap panel berbeda-beda caranya. Di sini kami akan menjelaskan cara install Let’s Encrypt pada Apache di Debian 9.

Cara Install Let’s Encrypt di VPS Debian 9

Sertifikat SSL digunakan untuk membuat koneksi terenkripsi yang aman antara server web dan browser web pengguna. Let’s Encrypt adalah SSL yang kami rekomendasikan karena penggunaannya yang cukup mudah dan prosesnya lebih cepat. Sertifikat SSL yang  dikeluarkan oleh Let’s Encrypt berlaku selama 90 hari. Dengan adanya SSL ini, Anda bisa menampilkan situs dengan metode HTTPS atau port 443.

Sebelum menginstall Let’s Encrypt ada beberapa hal yang harus disiapkan

  • Server Debian 9 dengan user non-root-sudo-enabled.
  • Server Web Apache diinstall dengan satu atau beberapa nama domain yang dikonfigurasi dengan benar melalui Virtual Host yang menentukan ServerName.

Setelah semuanya siap, masuk ke server Anda menggunakan akun sudo-enabled Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk install Let’s Encrypt di Debian 9.

Baca Juga:
15+ Tips Keamanan Server VPS
Cara Install SSL Let’s Encrypt di CentOS 7
Cara Install SSL Let’s Encrypt di Ubuntu 16.04

Langkah 1 : Instalasi Certbot

Untuk bisa memasang SSL Let’s Encrypt di Debian 9, Anda membutuhkan Certbot. Certbot adalah penyedia sertifikat keamanan web Let’s Encrypt. Certbot merupakan klien Let’s Encrypt paling populer. Aplikasi ini sudah tersedia di distribusi Linux besar dan sudah memiliki pengaturan otomatis untuk Apache dan Nginx. 

Gunakan perintah di bawah ini untuk menginstall Cerbot di Debian 9:

$ sudo apt-get install software-properties-common python-software-properties 
$ sudo add-apt-repository ppa:certbot/certbot 

Setelah Anda selesai dalam menambahkan repository cerbot, selanjutnya adalah silahkan lakukan update dan install python. Masukkan perintah berikut ini.

$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install python-certbot-apache

Langkah 2 : Install Let’s Encrypt

Setelah sukses memasang Certbot, kini Anda bisa mulai Install Let’s Encrypt sertifikat SSL menggunakan perintah ini (Ganti domainAnda.com dengan nama domain Anda sebenarnya):

$ sudo certbot --apache -d domainAnda.com

Kemudian akan muncul perintah di bawah ini. Anda perlu memasukan email aktif yang bisa digunakan untuk verifikasi, pemberitahuan update, dan notifikasi lainnya. 

Selanjutnya, Anda perlu menyetujui Term of Service (ToS) dari Let’s Encrypt. Klik A untuk menyetujuinya.

Setelah itu, akan muncul pertanyaan apakah Anda bersedia membagikan alamat email Anda kepada Electronic Frontier Foundation. EFF adalah mitra pendiri proyek Let’s Encrypt dan organisasi nirlaba yang mengembangkan Certbot. Pilihan ini adalah opsional. Anda bebas untuk memilih perintah Yes atau No. Pilih Yes jika Anda ingin berlangganan ke email promosi EFF dan pilih No jika Anda tidak ingin berlangganan. 

Langkah 3 : Lakukan Redirect HTTP ke HTTPS

Setelah Let’s Encrypt terpasang akan muncul perintah di bawah ini.  Anda akan diminta untuk proses redirect HTTP ke HTTPS.

Terdapat dua pilihan, yaitu:

  1. No Redirect – Dengan memilih ini, tidak akan terjadi pengalihan ke HTTPS. Website Anda tetap muncul dengan alamat HTTP. Jika memilih ini, Anda bisa mengatur pengalihan ke HTTPS secara manual melalui web server untuk merubahnya menjadi HTTPS.
  2. Redirect – Pilihan ini adalah untuk mengalihkan semua halaman di website menjadi HTTPS.

Di tutorial ini kami menyarankan untuk menggunakan pilihan kedua. Kami sarankan untuk menggunakan pilihan kedua agar alamat website Anda menjadi HTTPS. Dengan begitu, pertukaran data di website Anda jadi lebih aman. Selain itu, website dengan HTTPS punya kredibilitas lebih baik dibanding HTTP.

Langkah 4 : Cek Let’s Encrypt di VPS

Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mengecek hasilnya pada link berikut ini

https://www.ssllabs.com/ssltest/analyze.html?d=namadomainkamu.com

Jika berhasil, akan muncul detail SSL yang telah terpasang seperti pada gambar di bawah ini.

Selain itu, juga Anda bisa langsung cek browser.

Jika muncul tulisan HTTPS dan berwarna hijau seperti pada gambar di bawah ini, artinya proses instalasi Let’s Encrypt telah berhasil.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara install Let’s Encrypt di VPS Debian 9. Jika SSL gratis belum cukup memenuhi kebutuhan, Anda bisa membeli SSL murah di sini.

Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS dan WordPress dari kami

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan
Tags: sslvps

Recent Posts

SEO Penting untuk Branding. Niagahoster dan DQLab Bagikan Manfaat dan Tips-nya Di Sini!

Mesin pencari atau search engine mengambil peran signifikan bagi performa sebuah website. Data dari Brighthedge Research menyebutkan, 68% pengalaman online…

14 hours ago

10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

Apakah Anda sudah punya toko online? Atau mungkin Anda baru berencana membangunnya? Apapun jawaban Anda, pastikan toko online yang Anda…

23 hours ago

Panduan Lengkap Cara Kirim Email dengan Laravel

Laravel merupakan framework dengan fitur terlengkap. Salah satunya adalah adanya fitur Laravel Mail yang dapat memudahkan Anda mengirim email langsung…

2 days ago

Port 443: Bagian Keamanan Website yang Tak Bisa Diremehkan!

Ancaman kejahatan online terus meningkat. Maka dari itu, jangan bosan untuk terus melindungi website Anda. Salah satunya, dengan selalu mengutamakan…

3 days ago

Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Pada codeigniter, secara default Anda harus menambahkan index.php untuk mengakses url. Contohnya untuk mengakses halaman artikel harus ditulis seperti ini:…

4 days ago

Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied [Terlengkap]

Anda kaget karena tiba-tiba mendapatkan error phpMyAdmin access denied? Padahal sebelumnya tidak pernah muncul error dengan tampilan kotak merah tersebut…

5 days ago