Categories: Tutorial

Cara Install Laravel di Windows

Laravel adalah framework yang akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan PHP dalam proses pengembangan website. Lengkapnya package yang dimiliki Laravel akan membuat PHP menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan mudah digunakan. 

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara install Laravel di Windows. Sebelum melakukan instalasi Laravel pada Windows, pastikan Anda sudah menginstall beberapa aplikasi pendukung proses instalasi Laravel, yaitu:

  • Aplikasi XAMPP (Pelajari cara install XAMPP di sini)
  • Composer (Pelajari cara install Composer di sini)

Cara Install Laravel di Windows

Jika sudah menginstall XAMPP dan Composer, Anda bisa memulai proses instalasi Laravel di Windows. Berikut ini adalah cara install Laravel dengan Composer di Windows:

Cara install Laravel  terdiri dari empat langkah, yaitu:

  1. Masuk Command Prompt
  2. Masuk ke folder XAMPP
  3. Mulai proses instalasi Laravel
  4. Cek instalasi Laravel di web browser

Kami akan menjelaskan langkah-langkah tersebut satu per satu di bawah ini: 

1. Masuk Command Prompt

Langkah pertama dalam install Laravel adalah masuk Command Prompt. Caranya adalah klik Win+R lalu ketik cmd dan klik OK

2. Masuk ke Folder XAMPP

Sebelum melakukan instalasi Laravel, arahkan Command Prompt atau terminal menuju direktori file server.  Lokasi file server pada XAMPP secara default berada pada direktori xampp/htdocs.  Masukan perintah ini pada jendela Command Prompt untuk masuk ke direktori htdocs.

cd \xampp\htdocs

3. Mulai Proses Install Laravel

Selanjutnya jika sudah masuk direktori htdocs, Anda harus membuat request  untuk mengambil (serta menginstall) file Laravel yang telah disediakan dalam repositori Github. Gunakan perintah ini untuk melakukan request:

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu

Jika perintah telah berhasil dimasukkan,  Composer akan mulai melakukan proses pengambilan data serta instalasi Laravel ke dalam direktori yang telah Anda tentukan. Pastikan bahwa koneksi internet dalam keadaan stabil agar tidak terjadi gangguan pada saat proses pengambilan data Laravel.

4. Cek Instalasi Laravel di Web Browser

Setelah proses download file Laravel selesai, nantinya akan ada folder baru pada direktori file server dengan nama sesuai nama project yang telah Anda tentukan sebelumnya pada folder /xampp/htdocs.

Untuk memastikan bahwa Laravel sukses terinstall dan siap untuk digunakan, arahkan Command Prompt atau Terminal menuju direktori yang telah Anda buat sebelumnya. Lalu, masukkan perintah berikut ke dalam Command Prompt atau Terminal:

Php artisan serve

Jika muncul tulisan Laravel development server started pada Command Prompt atau Terminal, langkah selanjutnya adalah membuka link yang telah disediakan oleh Laravel. Secara default, Anda akan diarahkan menuju alamat server,yaitu 127.0.0.1:8000. Nantinya, akan muncul  tampilan homepage dengan tulisan Laravel di bagian tengah seperti pada gambar di bawah ini:

Jika muncul seperti pada tampilan di atas, proses instalasi Laravel Anda telah berhasil.

Baca Juga: Cara Upload Laravel ke Hosting

Kesimpulan

Demikian cara install Laravel di Windows. Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS hosting dan WordPress dari kami.

Baca Juga: Benarkah PHP Framework Laravel Kian Diminati?

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan
Tags: vps

Recent Posts

Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting [Terbaru]

Apakah Anda ingin memindahkan database website dari komputer ke hosting agar bisa diakses online? Anda sudah datang ke tempat yang…

12 hours ago

Perkembangan Teknologi di Indonesia: Apa Saja Manfaat Bagi Bisnis Anda?

Cukup sekali sentuh, Anda kini bisa ngobrol lewat video call dengan sanak saudara di luar kota. Padahal, dulu untuk melakukannya…

1 day ago

Apa itu Bug dan Berbagai Penyebabnya? [Terlengkap]

Bug adalah istilah bahasa Inggris yang artinya serangga. Namun, tentu bukan serangga di kehidupan nyata yang akan kami bahas di…

3 days ago

Load Balancing: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Server

Website marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee melayani ratusan pelanggan setiap harinya. Pengunjung website mereka bahkan melonjak secara drastis saat…

3 days ago

Ingin Bisnis Anda Sukses di Bulan Ramadhan? Perhatikan 5 Tren Berikut!

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Selain menjadi momentum untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Banyak usaha yang mendapat rezeki melimpah dari…

3 days ago

Fungsi VPS: Ketahui Hal ini Sebelum Menggunakan VPS

Dibandingkan dengan shared hosting, VPS memang kurang populer. Kebanyakan orang menggunakan shared hosting terlebih dahulu karena biayanya lebih terjangkau dan…

4 days ago