David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Cara Install LAMP di CentOS 7

3 min read

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara install LAMP CentOS 7 secara lengkap. LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MariaDB, dan PHP. Kegunaan LAMP adalah untuk membuat server website dan aplikasi menjadi dinamis.

Fungsinya sama dengan XAMPP yang ada di sistem operasi Windows. Dengan menggunakan beberapa aplikasi tambahan, CentOS 7 dapat menjadi server sistem yang cukup andal. MariaDB berfungsi sebagai database pada web server. Sedangkan Apache digunakan sebagai server web itu sendiri. Terakhir, PHP digunakan untuk memproses konten yang dinamis. 

Cara Install LAMP di CentOS 7

Sebelum menginstal LAMP Anda harus memiliki server CentOS 7 dengan sudo akun pengguna yang tidak di-root dan firewall dasar.

Langkah-langkah untuk install LAMP di CentOS adalah:

Langkah 1 : Menginstall Apache

Kenapa menggunakan Apache? Karena Apache menggunakan konsep based on process yang artinya setiap request di server diselesaikan cukup dengan satu proses. Ini akan mempercepat Anda dalam menyelesaikan semua proses di server. 

Update CentOS 7

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah meng-update CentOS 7 menggunakan perintah berikut:

# sudo yum update

Install Apache

Kemudian mulai  proses dengan instalasi Apache menggunakan perintah berikut.

# sudo yum install httpd

Karena ini adalah perintah sudo,  operasi ini dijalankan dengan root privilege. Akses ini akan meminta password user Anda untuk melakukan verifikasi.

Setelah memasukan kata sandi, Anda akan diberi tahu paket mana yang akan dipasang dan berapa banyak ruang disk tambahan yang akan digunakan. Tekan Y dan tekan ENTER untuk melanjutkan.

Install LAMP di CentOS 7

Cek Instalasi Apache

Setelah proses instalasi Apache selesai, Anda dapat memulai Apache di server VPS hosting dengan menggunakan perintah ini.

# sudo systemctl start httpd.service

Selanjutnya adalah Anda dapat melakukan proses pengecekan ini menggunakan browser. Tuliskan alamat Internet Protocol (IP) pada browser.

http://Masukan_IP_Anda_Disini

Kemudian, browser akan mengakses halaman tampilan Apache CentOS 7 Default.

Install LAMP di CentOS 7

Langkah 2 : Install MariaDB

Setelah berhasil menginstall Apache, kini Anda bisa memasang MariaDB. MariaDB adalah sistem manajemen basis data. Pada dasarnya MariaDB akan mengatur dan menyediakan akses ke database tempat situs Anda. 

Install MariaDB

Untuk memulai instalasi MariaDB, gunakan perintah berikut:

# sudo yum install mariadb-server mariadb

Perintah ini juga akan menampilkan daftar paket yang akan diinstal bersama dengan jumlah ruang disk yang akan digunakan. Tekan Y untuk melanjutkan.

Install LAMP di CentOS 7
Install LAMP di CentOS 7

Aktifkan MariaDB

Ketika instalasi selesai, Anda perlu mengaktifkan MariaDB menggunakan perintah berikut.

# sudo systemctl start mariadb

Install Skrip Keamanan MariaDB 

Setelah Anda mengaktifkan MariaDB, Database MariaDB anda telah berjalan. Selanjutnya langkah yang harus Anda lakukan adalah menjalankan skrip keamanan yang akan menghapus beberapa default MariaDB dan mengunci akses ke sistem database Anda. Masukkan perintah berikut.

# sudo mysql_secure_installation
Install LAMP di CentOS 7

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan Konfirmasi bahwa Anda sudah memiliki kata sandi root sehingga Anda dapat dengan aman menjawab ‘n’. Akan tetapi jika Anda ingin mengubah kata sandi tekan Y.

Install LAMP di CentOS 7

Setelah itu Anda dapat menekan Y dan kemudian ENTER untuk menerima default untuk semua pertanyaan berikutnya. Ini akan menghapus beberapa pengguna anonim.

Install LAMP di CentOS 7

Selanjutnya adalah perintah root hanya diperbolehkan untuk terhubung dari ‘localhost’. Ini memastikan bahwa seseorang tidak dapat menebak kata sandi root dari jaringan. Demi keamanan, kamu sarankan untuk memilih Y agar keamanan website Anda terjamin.

Baca Juga: 15+ Tips Keamanan Server VPS

Install LAMP di CentOS 7

Pada tahap ini Anda akan diberi pilihan apakah Anda ingin menghapus database test dan menghapus akses ke database tersebut.

Di tutorial ini akan menggunakan pilihan Y untuk YES, karena database test hanyalah database yang digunakan untuk uji apakah database berjalan dengan baik atau tidak. 

Install LAMP di CentOS 7

Berikutnya adalah pilihan untuk memuat ulang tabel privilege untuk memastikan bahwa semua perubahan yang dibuat. Tekan Y pada perintah ini untuk memuat ulang perubahan yang telah dibuat.

Install LAMP di CentOS 7

Karena server menggunakan akun root untuk tugas-tugas seperti rotasi log dan memulai dan menghentikan server, yang terbaik adalah tidak mengubah rincian otentikasi akun root. Mengubah akun pada /etc/mysql/centos.cnf mungkin berhasil, tetapi pembaruan paket berpotensi menimpa perubahan itu. Kami menyarankan untuk membuat akun administratif terpisah jika Anda perlu mengatur akses berbasis kata sandi.

Untuk melakukannya, Anda akan membuat akun baru yang disebut admin dengan fungsi yang sama dengan akun root, tetapi dikonfigurasi untuk otentikasi kata sandi. Masukan perintah ini.

Membuat user baru di MariaDB

# sudo mariadb

Sekarang, Anda dapat membuat pengguna baru dengan hak akses root dan akses berbasis kata sandi. Ubah nama pengguna dan kata sandi agar sesuai dengan yang Anda suka. Masukkan perintah ini.

MariaDB [(none)]> GRANT ALL ON *.* TO 'root'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password' WITH GRANT OPTION;

Masukkan perintah Flush Privileges untuk memastikan bahwa mereka disimpan dan tersedia di sesi saat ini.

MariaDB [(none)]> FLUSH PRIVILEGES;

Setelah ini keluar dari MariaDB:

MariaDB [(none)]> exit;

Jadi setiap kali Anda mengakses database Anda dengan menggunakan User baru, Anda harus memasukan kata sandi yang baru saja Anda atur. Masukan perintah berikut untuk masuk database dengan user baru.

# mariadb -u admin -p

Sistem basis data Anda sudah diatur dan Anda dapat melanjutkan untuk menginstal PHP.

Langkah 3 : Install PHP

Langkah terakhir cara install web server CentOS adalah melakukan instalasi PHP. PHP digunakan untuk menjalankan sistem yang diakses secara online. PHP akan mengelola kode program menjadi tampilan halaman sistem, pada kasus ini adalah halaman website. Masukkan perintah berikut pada Terminal SSH yang terbuka untuk melakukan instalasi PHP.

# sudo yum install php php-mysql

Setelah instalasi php selesai, Anda perlu melakukan restart ulang pada Apache agar PHP dapat bekerja dengan baik. Masukkan perintah berikut.

# sudo systemctl restart httpd.service

Pengecekan Instalasi PHP

Pengecekan instalasi PHP dapat dilakukan dengan membuat file .php yang ditambahkan pada folder root web server. File ini biasa disebut dengan public_html

Pada sistem operasi CentOS, folder ini berada pada direktori /var/www/html/, sehingga langkah yang perlu dilakukan adalah masuk ke dalam direktori tersebut dan membuat file yang berisi kode PHP script.

Berikut langkah-langkah untuk mengecek apakah PHP sudah berjalan di server dengan baik.

Masuk ke direktori root web server menggunakan perintah

# cd /var/www/html/

Pada direktori www buat file .php menggunakan perintah touch (Contoh info.php).

# touch info.php

Masukan script untuk menampilkan halaman default PHP.

# nano info.php

Kemudian masukkan code script berikut ini.

<?php
phpinfo();
?>
Install LAMP di CentOS 7

Lalu simpan dengan menggunakan tombol CTRL + X. Selanjutnya ketik Y lalu tekan ENTER. File akan tersimpan dan Anda keluar dari editor.

Akses file tersebut menggunakan browser. Ganti menggunakan IP server Anda.

http://196.33.55.32/info.php

Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.

Install LAMP di CentOS 7

Fungsi phpinfo yang ada di dalam script test.php kami menampilkan informasi mengenai instalasi PHP beserta konfigurasinya.

Kesimpulan

Setelah mengikuti panduan di artikel ini, Anda sudah bisa memasang LAMP di server VPS tanpa panel. Selanjutnya, Anda bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengembangkan sistem yang berbasis online seperti website. LAMP sudah memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pengembangan website.

Demikian artikel mengenai cara install LAMP di CentOS 7. Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi VPS dan wordpress dari kami.

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *