Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Install CyberPanel di Ubuntu

3 min read

CyberPanel adalah salah satu web panel untuk manajemen VPS. Tampilan antarmuka yang user friendly serta panel yang ringan dan mudah diakses menjadi salah satu keunggulannya. Tak heran, banyak orang tertarik menggunakan CyberPanel. 

CyberPanel dapat diinstall pada server yang menggunakan CentOS maupun Ubuntu sebagai sistem operasinya. Nah, bagaimana cara instal CyberPanel di Ubuntu, ya?

Selamat, sekarang Anda berada di halaman yang tepat! Artikel kali ini memuat panduan lengkap install CyberPanel Ubuntu. Yuk, langsung simak penjelasannya!

Baca Juga : Cara Install CyberPanel di CentOS 7

Cara Install CyberPanel Ubuntu

Sebelum instal CyberPanel di Ubuntu, pastikan Anda memiliki VPS dengan sistem operasi Ubuntu yang didukung yaitu Ubuntu 18.04 dan Ubuntu 20.04.

Server Anda juga setidaknya harus memiliki 1024 MB RAM, 10 GB ruang penyimpanan, dan sudah terinstall Python versi 3.x

Jika VPS server Anda sudah memenuhi kriteria tersebut, Anda dapat langsung memulai melakukan proses instalasi hanya dengan empat langkah saja :

  1. Download Installer CyberPanel
  2. Pilih Instalasi CyberPanel
  3. Install Packages & Extensions
  4. Instalasi CyberPanel Berhasil

Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya!

1. Download  Installer CyberPanel

Pertama-tama, silahkan login SSH menggunakan akses root. Jika sudah berhasil login, kami menyarankan Anda untuk melakukan update dan upgrade package pada sistem terlebih dahulu dengan menjalankan perintah berikut ini pada terminal SSH Anda:

apt update && apt upgrade -y

Setelah proses update dan upgrade sistem selesai, Anda dapat langsung mendownload dan menjalankan installer CyberPanel dengan perintah berikut ini :

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)

Tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan instalasi CyberPanel.

2. Pilih Instalasi CyberPanel

Jika proses download sudah selesai, Anda akan dihadapkan dengan pilihan instalasi seperti pada gambar berikut ini :

Tampilan di terminal untuk memilih install cyberpanel Ubuntu

Ketik angka 1, lalu tekan Enter untuk melakukan instalasi CyberPanel. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih versi CyberPanel yang akan diinstall. 

Pada panduan kali ini, kami menggunakan versi OpenLiteSpeed yang bisa digunakan secara gratis untuk banyak domain. Jadi, kami pilih angka 1 dan Enter.

pilih install cyberpanel ubuntu dengan OpenLiteSpeed

Anda juga dapat menggunakan versi LiteSpeed Enterprise secara gratis jika hanya untuk 1 domain. Namun, jika ingin menggunakan lebih dari 1 domain, Anda harus membeli lisensinya dulu.

3. Install Packages & Extensions

Cara install CyberPanel di Ubuntu berikutnya adalah menentukan instalasi packages, extensions, dan juga membuat password akun untuk keperluan login CyberPanel.

Pertama, apakah Anda ingin menginstall layanan penuh untuk CyberPanel yang termasuk PowerDNS, Postfix dan Pure-FTPd? Jika iya, ketik Y, lalu tekan Enter.

Install CyberPanel Ubuntu secara lengkap

Kedua, apakah Anda ingin melakukan setup remote MySQL dan melewatkan instalasi MySQL di server Anda? Kalau tidak,  ketik N sebagai pilihan  default agar MySQL tetap terinstall di server.

setup remote MySQL

Ketiga, Anda dapat menginstall versi CyberPanel secara spesifik dengan menuliskan nomor versinya pada bagian ini, lalu tekan Enter. Namun, jika Anda ingin menginstall versi terbaru CyberPanel, cukup tekan Enter saja tanpa mengetikkan apapun.

Memilih versi instalasi cyberpanel

Keempat, Anda akan diarahkan untuk membuat password. Ada beberapa pilihan untuk Anda:

  • d — default, Anda akan menggunakan password 1234567
  • r — random, Anda akan menggunakan password yang diacak otomatis
  • s — set, Anda bisa menentukan password yang Anda ingin gunakan.

Untuk alasan keamanan, kami menyarankan Anda untuk memilih huruf r atau s .Pada panduan kali ini, kami memilih huruf s

Membuat password default admin cyberpanel

Jangan lupa untuk menyimpan password tersebut di catatan pribadi Anda karena akan selalu digunakan untuk login ke panel CyberPanel.

Kelima,  Anda akan diberikan pertanyaan terkait instalasi  memcached, redis dan watchdog. Untuk panduan install Cyberpanel Ubuntu kali ini, kami memilih untuk menginstall ketiganya dengan mengetik huruf y/Yes pada semua pertanyaan, lalu tekan Enter

Install, memcached, redis dan watchdog

Setelah menentukan konfigurasinya, Anda hanya perlu menunggu proses instalasi selesai. Proses ini akan berlangsung cukup lama, jadi pastikan koneksi internet Anda stabil agar tidak terjadi error saat proses instalasi.

4. Instalasi CyberPanel Berhasil!

Jika proses instalasi sudah sempurna, Anda akan mendapatkan pesan : CyberPanel Successfully Installed. Pesan tersebut juga akan menampilkan penggunaan ruang penyimpanan, penggunaan RAM, waktu instalasi dan juga alamat untuk mengakses panel admin CyberPanel.

Langkah install cyberpanel ubuntu telah berhasil

Tahap terakhir dari cara install CyberPanel di Ubuntu adalah sistem akan meminta Anda untuk melakukan restart server. Ketik y jika Anda ingin melakukannya saat itu juga. Ketik N jika Anda ingin langsung mengakses panel CyberPanel. Jangan lupa klik Enter.

Langkah restart server dalam panduan cara install cyberpanel Ubuntu

Mengakses Admin Panel CyberPanel

Untuk memastikan keberhasilan instalasi CyberPanel, Anda dapat mengakses CyberPanel menggunakan alamat berikut pada browser Anda :

https://IP-Server-Anda:8090

Saat mengakses CyberPanel untuk pertama kali, biasanya akan terjadi koneksi error seperti pada gambar di bawah ini.

koneksi error saat akses cyberpanel dan menggunakan menu advanced

Untuk mengatasi error tersebut, klik tombol Advanced. Setelah itu, klik Proceed to IP-Server-Anda (unsafe).

cara mengatasi error connection is not private

Jika Anda diarahkan ke halaman login CyberPanel, artinya instalasi CyberPanel Anda sudah berhasil dilakukan. Silahkan masukkan username admin dan password yang sudah dibuat pada tahap instalasi. Kemudian, klik Sign In.

Halaman login cyberpanel

Selamat, Anda sudah masuk ke halaman dashboard CyberPanel!

halaman dashboard cyberpanel

Siap Install CyberPanel di Ubuntu?

Bagaimana, cara instal CyberPanel di Ubuntu itu mudah, bukan? Bagi Anda yang pemula sekalipun, tentu tidak mengalami kendala mengikuti setiap langkahnya, ya.. 

CyberPanel hanya dapat diinstall pada Ubuntu minimal dengan versi 18.04. Jadi, pastikan Anda sudah menggunakan versi yang sesuai sebelum melakukan instalasi CyberPanel di Ubuntu.

Yang paling penting, gunakan server VPS yang mumpuni  untuk mendukung performa CyberPanel Anda. Nah, layanan VPS murah Niagahoster bisa menjadi pilihan yang tepat! 

Kami menyediakan beragam pilihan OS dan control panel yang memudahkan Anda untuk melakukan manajemen VPS. Selain itu, dengan jaminan uptime 99,98% dengan network link 100MB/s akan membuat website Anda bisa diakses 24 jam. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan terjadinya downtime, kan? 

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.