Categories: Website & Blog

Cara Install Composer di Windows

Sebelum melakukan instalasi Laravel Anda harus menginstall Composer terlebih dahulu. Composer berfungsi untuk menghubungkan project aplikasi  dengan library dari packagist.org. Packagist merupakan situs yang menyimpan banyak library PHP yang bisa digunakan melalui Composer.

Selain menghubungkan dengan Packagist, Composer punya banyak manfaat untuk Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membuat programming dengan PHP jadi lebih terstruktur dengan konsep MVC.
  • Composer punya fitur autoload sehingga Anda tidak perlu memasukkan semua class PHP yang dibutuhkan.
  • Anda tidak perlu memasukkan package secara manual karena semua package sudah tersedia otomatis di Composer.

Cara Install Composer Untuk Laravel

Di sini kami akan menjelaskan cara install Composer yang terdiri dari 8 langkah, yaitu:

  1. Download File Composer
  2. Install Composer
  3. Tentukan Lokasi File Instalasi
  4. Pilih Penggunaan Proxy
  5. Review Lokasi Instalasi
  6. Review Perubahan Instalasi
  7. Instalasi Selesai
  8. Cek Instalasi Composer

Kami akan menjelaskan langkah-langkah tersebut satu per satu di bawah ini:

1. Download File Composer

Sebelum melakukan instalasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file Composer.  Buka link di sini untuk mengunduh file tersebut.

2. Install Composer

Setelah selesai download file Composer, buka file tersebut dan ikuti instruksi instalasi di bawah ini:

Pertama akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini. Klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

3. Tentukan Lokasi File Instalasi

Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan lokasi file php (php.exe) yang akan digunakan pada command line (PHP CLI- Command Line Interface).

File tersebut biasanya berada di dalam folder php. Jika Anda menggunakan XAMPP, lokasi file ini akan berada di  C:\xampp\php. Pastikan pilih lokasi instalasi Composer berjalan di C:\xampp\php\php.exe. Klik Next apabila lokasi file php sudah benar.

4. Pilih Penggunaan Proxy

Kemudian Anda akan diminta untuk memilih, apakah Anda akan menggunakan proxy atau tidak. Jika Anda ingin menggunakan proxy, klik centang dan masukkan URL proxy Anda. Apabila Anda tidak ingin menggunakan proxy, langsung klik Next untuk melanjutkan instalasi.

5. Review Lokasi Instalasi

Selanjutnya pastikan kalau proses instalasi berjalan di lokasi file yang seharusnya, yaitu C:\xampp\php\php.exe. Jika sudah benar, klik Install.

6. Review Perubahan Instalasi

Berikutnya adalah tampilan pemberitahuan bahwa telah terjadi perubahan pada Windows environment. Perubahan ini dimaksudkan agar Composer dapat dijalankan pada Command Prompt.

7. Instalasi Selesai

Proses instalasi selesai, klik Finish untuk menutup jendela instalasi Composer.

8. Cek Instalasi Composer

Setelah proses instalasi Composer selesai, langkah selanjutnya adalah cek instalasi Composer menggunakan Command Prompt. Caranya adalah Tekan Win+R lalu ketik cmd dan klik Ok.

Maka Anda akan diarahkan ke jendela Command Prompt masukkan perintah seperti di bawah ini untuk mengecek instalasi sukses atau tidak.

Apabila muncul seperti gambar di atas,  instalasi Anda berhasil.

Baca Juga: Cara Upload Laravel ke Hosting

Kesimpulan

Demikian cara install Composer Laravel di Windows. Setelah menginstall Composer, Anda bisa melanjutkan install Laravel di Windows. Untuk cara install Laravel di Windows, bisa Anda baca di panduan ini.

Jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar. Jangan lupa juga subscribe untuk mendapatkan informasi seputar VPS Indonesia terbaik, dan WordPress tutorial dari kami.

David Kurniawan

A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Share
Published by
David Kurniawan
Tags: laravelvps

Recent Posts

7 Cara Menulis Deskripsi Produk yang Jitu dan Menjual

Ketika berbisnis online, entah di marketplace atau website, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjang penjualan. Salah satunya, menulis…

5 hours ago

Panduan Lengkap Facebook Shop untuk WooCommerce Bagi Pemula (2020)

Anda sudah memiliki website WooCommerce, tapi belum memanfaatkan platform lain untuk memasarkan bisnis? Kami sarankan Anda untuk menggunakan Facebook Shops. …

1 day ago

Ingin Menjadi WordPress Developer? Ini Dia Tipsnya!

WordPress dikenal sebagai salah satu CMS (Content Management System) terbaik. Lebih dari 34 persen seluruh website di internet saat ini…

2 days ago

10 Rekomendasi CSS Framework Terbaik untuk Developer

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting di website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja.…

3 days ago

Ingin Punya Blog Keren Tanpa Ribet? Bikin di WordPress Aja!

Pernahkah Anda mengunjungi blog dengan tampilan yang memukau dan konten yang menarik? Saking bagusnya blog tersebut, Anda jadi terinspirasi untuk…

3 days ago

Rahasia Sukses UMKM Go Online: Siapkan 4 Hal Ini!

Tahukah Anda? Persentase UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta…

4 days ago