David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Cara Install dan Konfigurasi CentOS Web Panel (CWP)

4 min read

cara install cwp

Control Web Panel CentOS adalah control panel VPS gratis yang dirancang untuk manajemen server cepat dan mudah.

Dengan menggunakan Web Panel CentOS, Anda dapat mengurangi penggunaan konsol SSH setiap kali Anda ingin melakukan konfigurasi VPS.

Pada panduan ini kami akan memberikan tutorial cara install CWP serta konfigurasinya.

Apa itu CentOS Web Panel?

CentOS Web Panel adalah control panel gratis untuk VPS yang bersifat open source. Panel ini didukung pada sistem operasi CentOS/RHEL 6.x dan CloudLinux. Panel ini membuat sederhana proses pengelolaan situs web dengan berbagai fitur panel modern. 

Selain itu, CentOS Web Panel juga memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola VPS. Beberapa di antaranya adalah, 

  • User Management 
  • DNS 
  • Email
  • Security 
  • MySQL 
  • System Management.
  • LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP)

Web Panel CentOS menawarkan sejumlah opsi besar dan fitur manajemen server dalam packet control panelnya dan secara otomatis menginstall LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) di server Anda.

Baca juga: Panduan VPS Webuzo

Cara Install CentOS WebPanel (CWP)

Berikut ini adalah langkah-langkah cara install CWP (CentOS Web Panel). pada panduan ini kami menggunakan VPS dengan sistem operasi CentOS 7.

1. Persiapan Server

Untuk melakukan instalasi CWP pada VPS CentOS, dibutuhkan package wget. Package wget berfungsi untuk mengunduh aplikasi CWP. Untuk instalasi package wget, gunakan perintah berikut:

yum -y install wget

Baca juga: Cara Install VestaCP

2. Update Server

Selanjutnya, Anda perlu memperbarui sistem operasi CentOS 7 menggunakan perintah berikut:

yum -y update

Baca juga: Cara Install DirectAdmin di VPS

3. Install CentOS WebPanel

Setelah  melakukan update pada VPS CentOS 7,  masuk ke direktori src untuk melakukan instalasi CentOS Web Panel.

cd /usr/local/src

Kemudian download aplikasi CWP menggunakan package wget yang telah Anda install sebelumnya. Berikut ini perintahnya:

wget http://centos-webpanel.com/cwp-el7-latest

Setelah proses download selesai, jalankan instalasi CWP menggunakan perintah berikut. 

sh cwp-el7-latest

Selanjutnya, tunggu hingga proses instalasi sampai selesai. Lama waktu instalasi memakan waktu 10-20 menit menyesuaikan speed server dan koneksi internet yang Anda miliki.

Apabila proses instalasi telah selesai, Anda akan diberi notifikasi dan arahan mengenai  cara mengakses control panel CWP pada web browser. Anda juga akan diminta untuk melakukan reboot pada server.

Berikut adalah contoh informasi yang bisa dimasukkan:

  • http://IP_Server:2030: digunakan untuk akses web panel menggunakan protokol http
  • https://IP_Server:2031: digunakan untuk akses web panel menggunakan protokol https(secure)
  • Username: username root digunakan untuk login ke dalam CWP.
  • Password: password yang digunakan adalah password SSH untuk mengakses server.
  • MySQL root Password: password database server.

Baca juga: Cara Install Plesk di VPS

4. Reboot Server

Kemudian restart ulang server Anda menggunakan perintah berikut:

reboot

Baca juga: Cara Membuat Virtual Host di CentOS

5. Akses CWP Via Browser

Setelah control panel CWP telah terinstal dengan sempurna, kami akan mencoba untuk mengakses control panel CWP menggunakan web browser. Untuk mengakses control panel CWP di browser ketikkan IP_Server:2030 bagi IP_Server yang belum (secure).

Apabila IP_Server telah menggunakan protokol https (secure), Anda dapat menggunakan port 2031. Kami di sini akan mencoba akses menggunakan protokol http dengan port 2030. Berikut contohnya:

http://IP_Server:2030

Selesai! Anda telah berhasil menginstal CentOS web panel. Selanjutnya, Anda perlu mempelajari konfigurasi CentOS Web Panel. Tapi sebelumnya Anda harus login ke halaman dashboard CWP menggunakan username dan password yang telah Anda buat saat proses instalasi CWP.

Baca juga: Panduan CyberPanel Terlengkap

Konfigurasi Dasar CentOS Web Panel

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman dashboard CentOS Web Panel. Kemudian, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:

1. Perbarui Email Admin

Setelah  berhasil login, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah perbarui email pada halaman admin CentOS Web Panel. Anda bisa memperbarui email dengan cara pilih menu sebelah kiri, lalu klik menu CWP Settings > Edit Settings

Kemudian, masukkan email aktif Anda pada kolom Admin email, lalu klik Save Changes untuk menerapkan perubahan.

 Baca juga: Cara Install Open Game Panel

2. Perbarui Name Server di CentOS Web Panel

Untuk memperbarui nameserver Anda, masuk ke menu DNS Function > Edit Nameserver IPs. sesuaikan Name Server dengan Name Server yang Anda gunakan pada domain. Lalu klik Save Changes untuk menyimpan hasil perubahan.

Baca juga: Cara Install HestiaCP

3. Setup Web Server

Kemudian, Anda bisa melakukan setting web server sendiri. Caranya adalah klik menu WebServer Settings > Select WebServer. Setelah itu, Anda dapat memilih web server apa yang ingin Anda gunakan. berikut ini adalah beberapa web server yang tersedia di CentOS Web Panel.

  • Apache Only
  • Nginx Only
  • LiteSpeed Enterprise (Free 30 days)
  • Nginx & Varnish
  • Nginx & Varnish & Apache

Di sini kami memilih Nginx Only untuk back-end web server dan sebagai main web server. Setelah  memilih salah satu web server yang ingin Anda gunakan pada website, klik Save & Rebuild Configuration.

Baca juga: Cara Install Webmin di Ubuntu

4. Pilih Versi PHP

Setelah melakukan setting web server, Anda perlu melakukan setting PHP yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Untuk melakukan setting PHP version, masuk ke menu PHP Settings > PHP Version Switcher.

Pilih versi PHP yang Anda inginkan dan pilih extension yang ingin Anda install, kemudian scroll ke bawah dan klik Save & Build.

Kemudian, proses instalasi akan dimulai dan switch ke versi PHP yang Anda pilih. Proses instalasi ini berjalan di background sehingga Anda tidak perlu standby. Untuk waktu lama atau tidaknya proses instalasi tergantung dari spesifikasi VPS yang Anda miliki.

5. Tambahkan Akun Pengguna

Untuk menambahkan akun  baru di CentOS Web Panel, masuk ke menu User Account > New Account. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada menu New Account. 

Kemudian isi formnya sesuai dengan informasi Anda. Berikut keterangan dari form yang mesti Anda isi.

  • Email: Masukkan alamat email yang valid karena berguna untuk menerima notifikasi mengenai user account yang baru saja Anda tambahkan. 
  • Package: Pada tutorial ini kami akan memilih default package. Apabila ingin memilih custom package, pastikan Anda sudah menambahkan pilihan tersebut pada package server.
  • Inode: Inode adalah jumlah keseluruhan file, email, dan informasi apa pun yang ada di akun Anda. Biasanya pihak hosting membatasi hingga 150.000 inodes. Namun, di sini Anda bisa mengaturnya menjadi unlimited.
  • Process limit: Di sini kami memilih process limit default, yaitu 40. Untuk process limit, Anda tidak bisa membuatnya menjadi unlimited seperti inode.
  • Open files: Open files adalah pengaturan yang memungkinkan Anda bisa membuka banyak tab untuk file-file yang ada di user account. Anda bebas untuk mencentang ini atau tidak pilihan ini hanya opsi.
  • Backup: Pengaturan ini berfungsi untuk mengaktifkan fitur backup pada user account.
  • Shell Access: Aktifkan fitur ini agar user account bisa login melalui Shell Access SSH.
  • AutoSSL: Aktifkan fitur ini agar SSL Let’s Encrypt otomatis terinstall dan diperbarui setiap 90 hari.

Apabila  sudah mengisikan informasi yang sesuai, klik Create untuk menambahkan User Account. Kemudian Anda akan mendapatkan tampilan informasi dari akun yang baru saja Anda buat.

6. Login New User Account

Untuk login sebagai user account, Anda perlu mengakses halaman berikut:

http://IP_Server:2083 / http://Domain_Anda:2083

Kemudian masukkan username dan password yang telah Anda buat pada halaman panel admin CWP. Lalu klik Login untuk masuk ke halaman dashboard CentOS WebPanel.

Di halaman dashboard CentOS Web Panel Anda dapat mengakses CWP Settings, File Management, Domains, SQL Services, Email Accounts, DNS Functions dan Addons.

Sudah Siap untuk Install CentOS Web Panel?

Demikianlah pembahasan mengenai cara install CWP dan konfigurasinya. Dengan ini, Anda akan semakin mudah untuk mengelola Cloud VPS karena tidak perlu lagi menggunakan command ketika akan melakukan konfigurasi pada server.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia.


Yuk, coba layanan VPS Murah Indonesia dari Niagahoster!


David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *