Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Instal Webuzo di VPS

3 min read

Caa Instal Webuzo di VPS-03

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara instal Webuzo di VPS (Virtual Private Server). Webuzo sedikit berbeda dengan WHM (Weh Host Manager) yang dapat digunakan untuk membuat beberapa akun hosting cPanel.

Webuzo merupakan single user control panel yang biasanya digunakan pada layanan VPS Server. Webuzo dapat digunakan layaknya WHM sekaligus sebagai hosting. Panel Webuzo banyak digunakan oleh pengguna VPS karena fiturnya yang lengkap dan user-friendly. Tidak hanya itu, panduan VPS Webuzo untuk instalasi juga cukup mudah.

Saat server sudah siap, tahapan selanjutnya adalah proses cara instal webuzo di VPS. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk instal Webuzo, yaitu

1. Mempersiapkan akses SSH

2. Proses Instalasi

3. Konfigurasi Webuzo.

Anda perlu mengetahui sedikit mengenai perintah-perintah dasar Linux. Dikarenakan cara instal Webuzo di VPS ini menggunakan perintah teks untuk proses instalasinya. Langkah-langkahnya pun cukup sederhana, Anda tinggal mengikutinya saja.


Fitur-fitur Webuzo

Webuzo menyediakan banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun website: manajemen domain, managemen user File Transfer Protocol (FTP), manajemen database yang menggunakan MySQL dan Rockmongo, manajemen DNS Zone, manajemen MXEntry records, manajemen CRON, Advanced Security menggunakan IP Block, CSR, Private keys.

Beberapa informasi lain mengenai Webuzo dapat Anda simak pada artikel Cara Menggunakan VPS.

Spesifikasi Minimal

Ada pun spesifikasi minimal yang perlu dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Mendukung beberapa sistem operasi berikut: (sistem operasi harus fresh instal)
  1. CentOS 6.x / 7.x
  2. Red Hat Enterprise Linux 6.x / 7.x
  3. Scientific Linux 6.x / 7.x
  4. Ubuntu LTS
  • Minimal RAM 1 GB (Disarankan 2 GB untuk performa yang lebih baik)
  • Minimal Disk Space 5GB (Disarankan 10 GB untuk performa lebih baik)
  • PHP, Apache, dan MySQL belum terinstal di dalam server
  • Username dan password untuk melakukan akses ke server

Baca juga: Cara Instal WHM di VPS

Akses VPS Menggunakan SSH

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah memastikan jika server sudah dapat diakses menggunakan SSH. Pastikan sudah mendapatkan alamat ip server, username dan password untuk mengakses server.

Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, tinggal masukkan saja username dan alamat ip server melalui perintah ssh. Setelah itu, masukkan password agar dapat masuk ke dalam akun ssh tersebut.

Panduan lengkapnya sudah pernah saya buat di Cara Menggunakan SSH.

Setelah berhasil melakukan akses SSH, pada bagian selanjutnya akan dijelaskan mengenai langkah-langkah instal Webuzo di VPS.

Cara Instal Webuzo di VPS

Setidaknya akan ada 4 langkah yang perlu dilakukan sampai dengan selesai proses cara instal Webuzo di VPS. Langkah pertama adalah memastikan jika server belum terinstal beberapa service seperti PHP, Apache, dan MySQL.

Sebelum melanjutkan ke langkan selanjutnya, ketikkan ‘yum update’ untuk memastikan semua paket di dalam repository terbaru.

Langkah 1 – Menghapus Instalasi Web Server

Pastikan bahwa Apache, PHP, dan MySQL belum terinstal di dalam VPS. Hal ini dikarenakan Webuzo sudah mempunyai konfigurasi web server sendiri. Pada CentOS, ketikkan perintah berikut pada terminal.

$ yum list installed | grep http

$ yum remove httpd httpd-tools

Perintah di atas akan menghapus web server yang ada pada server. Perintah pertama untuk mengecek apakah ada Apache yang sudah terinstal. Perintah kedua digunakan untuk menghapus seluruh Apache yang sudah terinstal di sistem server.

Langkah 2 – Mengunduh Webuzo

Langkah kedua adalah mengunduh executable file yang digunakan untuk proses instalasi otomatis Webuzo. Gunakan baris perintah berikut pada terminal untuk melakukan proses pengunduhan file.

$ wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Setelah selesai, Anda dapat mengecek menggunakan perintah ‘ls’ untuk mengecek apakah file sudah terunduh atau gagal.

Langkah 3 – Instal Webuzo

Hanya ada satu perintah untuk menjalankan instalasi otomatis Webuzo menggunakan file yang sudah didapatkan tadi. Gunakan baris perintah berikut untuk melanjutkan proses instalasi.

$ sh install.sh

Nama file install.sh sesuaikan dengan nama file yang diunduh tadi.

Proses instalasi dapat dilihat menggunakan perintah tail.

$ tail -f /root/webuzo-install.log

Setidaknya ada 4 proses yang dilakukan, yaitu:

  1. Installing Libraries and Dependencies
  2. Setting UP WEBUZO
  3. Downloading and Installing Webuzo
  4. Downloading System Apps

Setelah semuanya selesai, maka Anda akan mendapatkan tampilan berikut.

cara instal webuzo - success

Langkah 4 – Konfigurasi Webuzo 

Saat proses instalasi sudah berhasil dilakukan, tahap selanjutnya adalah melakukan konfigurasi melalui tampilan user interface Webuzo. Konfigurasi Webuzo dapat Anda akses menggunakan browser dengan mengetikkan alamat IP VPS, yaitu http://alamatIPVPS:2004.

Sebagai contoh, misalnya alamat IP server Anda 11.22.33.44 maka yang perlu diketikkan ke dalam browser adalah http://103.15.226.111:2004/.

Langkah 4.1 – Webuzo Initial Setup

Pada halaman ini Anda perlu memasukkan beberapa informasi terkait dengan akun. Masukkan juga nameserver yang nantinya digunakan untuk mengenai VPS dengan Webuzo.

cara instal webuzo - initial setup 1

Langkah 4.2 – Memasukkan Lisensi Key

Anda juga dapat memasukkan lisensi key untuk Webuzo jika sudah mempunyai. Jika belum, Anda dapat membelinya terlebih dahulu untuk menggunakan Webuzo dengan jangka waktu yang lama.

cara instal webuzo - initial setup 2 insert key

Kemudian klik “Install” maka proses instalasi akan selesai. Tunggu beberapa saat sampai dengan muncul halaman berikut.

cara membuat cpanel - halaman awal instalasi webuzo berhasil

Selesai. Webuzo sudah berhasil terinstal ke dalam server VPS Anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan akses ke Webuzo menggunakan akun yang sudah dibuat tadi.

Baca juga: Cara Menghubungkan Domain ke VPS Webuzo

Cara Login Panel Webuzo

Cara yang paling mudah untuk login (masuk) ke dalam Webuzo adalah mengaksesnya menggunakan IP server. Ketikkan http://alamatIP:2004 pada browser maka akan muncul halaman login Webuzo dan Anda tinggal memasukkan username dan password sesuai dengan akun di sistem Anda. Bukan username yang dibuat pada initial setup.

cara instal webuzo - login webuzo

Berikut ini adalah tampilan Webuzo tanpa lisensi.

cara instal webuzo - tampilan awal webuzo

Anda juga dapat mengakses Panel Enduser Softaculous Webuzo dengan mengaksesnya menggunakan port 2002. Caranya sama dengan mengakses panel Webuzo Admin. Hanya dengan mengakses http://alamatIP:2002 pada browser.

Baca juga: Cara Uninstall Webuzo di VPS

Kesimpulan

Proses instalasi Webuzo sudah cukup simple tidak terlalu banyak langkah yang harus dilalui. Hal yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah yang harus berurutan dan environment sistem yang sesuai dengan kebutuhan minimal.

Setelah mengikuti panduan ini Anda sudah mempunyai VPS yang sudah terinstal Webuzo di dalamnya. Jadi, Anda saat ini sudah dapat mengkonfigurasi beberapa hal termasuk menghubungkan VPS dengan domain yang sudah ada.

Semoga panduan mengenai cara instal Webuzo di VPS Niagahoster ini sedikit banyak membantu Anda dalam mengembangkan sistem online.

Untuk memudahkan Anda dalam mencari informasi dan melakukan konfigurasi lainnya. Berikut ini ada beberapa artikel yang mungkin saja Anda tertarik untuk membacanya.

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *