Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Install Ubuntu di VPS Server Indonesia [Tutorial Mudah]

3 min read

22_5_28_Panduan Cara Membeli VPS Indonesia Terbaik

Ubuntu adalah salah satu distributor (distro) Linux paling populer saat ini. Ubuntu banyak diinstall di PC desktop maupun server VPS. Nah, jika ingin menggunakan Ubuntu di VPS, Anda perlu tahu cara install Ubuntu di VPS terlebih dahulu.

Tenang, Anda tidak salah tempat, kok. Kali ini, kami mengajak Anda belajar cara install Ubuntu server di VPS Indonesia dengan lima langkah mudah. Menariknya lagi, panduan ini bisa Anda terapkan untuk menginstall berbagai versi Ubuntu, seperti 16.04 dan 20.04.

Tanpa basa-basi, ini dia tutorial selengkapnya!

Cara Install Ubuntu di VPS dengan 5 Langkah

Langkah-langkah install Ubuntu di VPS adalah sebagai berikut:

  1. Beli Layanan VPS
  2. Masuk ke New Member Area
  3. Install Ulang Sistem Operasi
  4. Pilih Versi Ubuntu Server
  5. Akses VPS Ubuntu

Langsung mulai dari langkah yang pertama, yuk!

1. Beli Layanan VPS

Untuk dapat mempraktikkan cara install sistem operasi Ubuntu di VPS, Anda perlu menyiapkan sebuah server VPS. Untungnya saat ini, sudah banyak layanan VPS tersedia di pasaran, salah satunya yaitu Niagahoster.

Niagahoster menyediakan layanan Cloud VPS berkualitas yang bisa Anda nikmati mulai harga Rp104 ribuan per bulan. Jika Anda tertarik berlangganan, silakan kunjungi panduan cara membeli VPS Niagahoster yang sudah kami siapkan.

2. Masuk ke New Member Area

Setelah berlangganan VPS, cara install Ubuntu server dapat Anda lanjutkan dengan login ke New Member Area Niagahoster. Anda bisa masuk menggunakan alamat email, akun Facebook, atau akun Google yang telah dihubungkan.

login new member area niagahoster

Jika sudah login, Anda akan diarahkan ke beranda Member Area. Di sini, arahkan kursor Anda ke bagian Virtual Machine. Kemudian, klik tombol Kelola Layanan pada akun VPS yang baru Anda beli.

member area niagahoster kelola layanan vps

3. Install Ulang Sistem Operasi

Pada cara install Ubuntu di VPS langkah yang ketiga, Anda akan diarahkan menuju halaman pengelolaan VPS. Untuk tampilannya kurang lebih seperti contoh di bawah:

cara install ubuntu di vps tampilan pengelolaan vps niagahoster

Silakan scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian Ubah Sistem Operasi. Jika sudah, silakan klik tombol Ubah OS.

cara install ubuntu di vps klik tombol ubah os

4. Pilih Versi Ubuntu Server

Setelah Anda menekan opsi Ubah OS pada cara instalasi Ubuntu di server VPS, sebuah pop up Ubah Operating System akan muncul di layar. Di sini, silakan klik ikon Ubuntu pada bagian Pilih Operating System Baru.

pop up pilih operating system untuk cara install ubuntu server

Setelah itu, scroll ke bagian Pilih Versi Operating System guna menentukan versi Ubuntu yang akan diinstall. Sebagai contoh, kami akan memilih cara install Ubuntu 16.04 server seperti contoh di bawah:

cara install ubuntu 16.04 server di vps pilih versi sistem operasi

Jika sudah, klik tombol Ubah Operating System untuk memulai proses instalasi Ubuntu 16.04.

5. Akses VPS Ubuntu

Cara install sistem operasi Ubuntu di VPS sudah memasuki langkah yang terakhir. Di sini, Anda tinggal menunggu proses instalasi Ubuntu pada server yang biasanya akan memakan waktu 10-15 menit.

Apabila cara install Ubuntu di server VPS telah selesai, Anda bisa mengakses VPS dengan cara menggunakan SSH. Untuk detail SSH sendiri bisa Anda temukan di halaman pengelolaan VPS, tepatnya pada bagian Accesses.

detail akses ssh

Selamat! Anda berhasil mempraktikkan tutorial install Ubuntu di VPS Niagahoster. Mudah sekali, bukan?

[Bonus] Apa yang Dilakukan Setelah Install Ubuntu di VPS?

Setelah melakukan cara install Ubuntu server 20.04, 16.04, maupun versi Ubuntu yang lain, apa yang dapat Anda lakukan? Nah, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah menginstall sistem operasi Ubuntu di VPS:

1. Install LAMP di Ubuntu

LAMP adalah singkatan dari Linux, Apache, MySQL, dan PHP, yaitu satu set perangkat lunak yang dibutuhkan Ubuntu untuk menyajikan aplikasi berbasis web dengan performa tinggi. Panduan instalasi LAMP bisa Anda temukan di artikel kami yang mengulas cara install LAMP Ubuntu.

2. Menjaga Keamanan VPS

Melindungi VPS adalah hal yang krusial, apapun sistem operasi yang digunakan. Sebab kesalahan sedikit saja dapat membuat VPS Anda mudah dibobol oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Untungnya, tips dan trik menjaga keamanan VPS sudah kami rangkum secara lengkap di panduan cara mengamankan VPS.

3. Memantau Sumber Daya VPS

Ketika berlangganan VPS, penyedia layanan akan memberikan sejumlah sumber daya seperti RAM, CPU, dan storage untuk Anda manfaatkan. Meski begitu, penting bagi Anda untuk selalu memantau resource VPS, guna memastikan performanya selalu prima. Untuk memantau penggunaan RAM, Anda bisa mampir ke artikel kami yang membahas cara cek RAM di VPS.

4. Install WordPress di Ubuntu

Setelah LAMP benar-benar terinstall di Ubuntu, Anda juga bisa memasang WordPress sekaligus, loh. Ingin tahu caranya? Tenang, kami sudah menyiapkan tutorial cara install WordPress di Ubuntu yang dapat Anda praktikkan secara mudah.

Selain empat poin di atas, masih ada beberapa hal yang dapat Anda konfigurasikan di Ubuntu. Ingin tahu lebih lengkapnya? Tenang, semuanya sudah dirangkum di artikel kami yang membahas konfigurasi awal VPS Ubuntu. Selamat mencoba!

Cara Install Ubuntu Server Ternyata Sangat Mudah!

Di artikel ini, Anda sudah mencoba cara install Ubuntu di VPS server. Secara umum, proses instalasi sistem operasi yang satu ini terbilang mudah, karena dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan lima langkah sederhana.

Namun yang jelas, untuk dapat mempraktikkan tutorial ini, Anda perlu menyiapkan sebuah server VPS. Jika belum punya, Anda tak perlu mencari jauh-jauh. Sebab, Niagahoster menyediakan layanan Cloud VPS Hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

VPS Niagahoster memberikan Anda pilihan 50+ Sistem Operasi Linux seperti Ubuntu, Debian, dan CentOS yang dapat diinstall dengan mudah. Di samping itu, ada juga Full Access Root untuk membebaskan Anda mengelola server VPS secara mandiri.

Bicara performa, layanan ini menggunakan teknologi Network Link 100 Mb/S dengan jaminan Uptime 99.9% guna memastikan performa VPS tahan banting. Menariknya lagi, Cloud VPS Hosting dibanderol dengan harga terjangkau, mulai Rp104 ribuan/bulan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk berlangganan VPS Niagahoster sekarang!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *