Categories: TutorialWordPress

Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting [Terbaru]

Apakah Anda ingin memindahkan database website dari komputer ke hosting agar bisa diakses online? Anda sudah datang ke tempat yang tepat!

Di artikel ini, Anda akan belajar cara import database dari localhost ke web hosting. Tenang, caranya sangat ramah untuk pemula, kok. Mari ikuti pembahasannya lebih lanjut!

Cara Import Database dari Localhost ke Web Hosting

Untuk memindahkan database dari localhost XAMPP ke hosting diperlukan lima langkah utama yaitu:

  1. Menyiapkan file website localhost di XAMPP

  2. Mengambil database localhost di XAMPP

  3. Upload file website ke hosting

  4. Upload database ke hosting

  5. Mengkoneksikan PHP ke MySQL

Berikut ini penjelasan lengkapnya yang bisa Anda coba:

1. Menyiapkan File Website Localhost di XAMPP

Sebelum memindahkan database XAMPP ke hosting, Anda harus menyiapkan file website localhost terlebih dahulu. Caranya, masuk ke folder instalasi XAMPP > htdocs > wordpress.

Lalu, kompres semua isi folder wordpress tersebut menjadi .ZIP. Anda bisa memberikan nama apapun pada ZIP tersebut. Misalnya, kami memilih menggunakan nama wordpress.zip.

2. Ambil Database Localhost Melalui XAMPP

Setelah file website Anda dikompres, sekarang saatnya mengambil database localhost melalui XAMPP. Caranya, buka aplikasi XAMPP, lalu klik Start pada Apache dan MySQL.

Kemudian, buka browser Anda dan ketikkan localhost/phpmyadmin. Pilih database yang ingin Anda import ke hosting, lalu pilih menu Export dan klik Go. Database tersebut akan di download ke komputer Anda dengan ekstensi .SQL

 

3.  Upload File Website ke Hosting

Sebelum melakukan langkah upload file ke hosting, pastikan Anda sudah mempunyai hosting dan domain dulu, ya! Jika belum punya, Anda bisa berlangganan paket hosting sesuai kebutuhan website Anda.

Nah, di panduan ini, kami akan mencontohkan import database pada website WordPress. Ini dia caranya:

Pertama-tama, login ke cPanel Anda di http://domainanda.com/cpanel dan pilih File Manager. Atau, jika Anda pengguna Niagahoster,masuklah ke Member Area Niagahoster dan pilih menu File Manager seperti gambar di bawah ini:

Kemudian, masuk ke folder public_html dan klik Upload. Lalu, Select File website .ZIP Anda tadi untuk di upload. Setelah proses upload selesai klik Go Back to… dibawahnya untuk kembali ke File Manager Anda.

Terakhir, setelah kembali ke FIle Manager, klik kanan file ZIP tadi, lalu pilih Extract. Selamat! Semua file website localhost Anda sudah dipindahkan ke hosting.

4. Upload Database ke Hosting

Setelah file website localhost dipindahkan, sekarang saatnya Anda mengupload database ke hosting. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda harus membuat database di cPanel dulu. Kemudian, Anda bisa melakukan import database ke hosting. Caranya, kembali ke halaman awal cPanel, lalu klik phpMyAdmin.

Pilih database yang barusan Anda buat di sebelah kiri, kemudian klik Import. Klik Choose File dan pilih database localhost yang sudah Anda simpan di komputer. Setelah itu, klik Go.

5. Koneksikan PHP ke MySQL

Selamat! Database localhost berhasil diimport ke web hosting Anda. Namun, jika Anda langsung mencoba membuka website pasti akan muncul error. Waduh, kenapa ya? 

Error tersebut terjadi karena Anda belum mengubah file wp-config.php di dalam ZIP yang diupload tadi. Efeknya, informasi di dalam file tersebut tidak sesuai dengan akun hosting yang Anda miliki.

Oleh karena itu, Anda perlu mengkoneksikan file PHP tersebut ke MySQL. Caranya, Anda bisa membuat file PHP baru pada direktori public_html. Anda bebas memberikan nama apa saja, misalnya koneksidatabase.php.
Lalu, masukkan informasi database yang akan diakses, username dan passwordnya menggunakan script berikut:

<?php
$servername = "localhost";
$database = "namadatabaseanda";
$username = "usernamedatabaseanda";
$password = "passworddatabaseanda";

// untuk tulisan bercetak tebal silakan sesuaikan dengan detail database Anda
// membuat koneksi
$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $database);
// mengecek koneksi
if (!$conn) {
    die("Koneksi gagal: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Koneksi berhasil";
mysqli_close($conn);
?>

Untuk penjelasan lebih lengkap, Anda bisa melihatnya di panduan ini → Cara Melakukan Koneksi Database PHP ke MySQL

Kesimpulan

Ternyata, cara import database dari localhost ke web hosting tidak terlalu sulit, kan? Anda tak akan kebingungan untuk melakukannya karena cukup dengan lima langkah saja. Mulai dari menyiapkan file hingga menguploadnya ke web hosting. 

Oh iya, jangan lupa untuk mengkoneksikan file PHP dengan mySQL sehingga website bisa dibuka dengan normal.

Pastikan juga Anda menggunakan layanan hosting yang bisa diandalkan agar website Anda bisa diakses 24 jam penuh. Salah satunya, Niagahoster yang menawarkan layanan hosting terjangkau mulai dari Rp.27ribu/bulan dan gratis domain.

Nah, semoga panduan di atas bermanfaat bagi Anda, ya. Jika ada pertanyaan atau mengalami kesulitan saat melakukan import database, langsung saja tinggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda ingin menjadi web developer andal, Anda wajib banget khatam dengan pengertian HTML. Soalnya, HTML adalah salah satu komponen…

21 hours ago

Product Development: Rahasia Menciptakan Produk Baru yang Jempolan!

Ingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bikin produk apa? Atau, khawatir setelah buat produk malah tidak laku di pasaran? Jika…

1 day ago

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di…

3 days ago

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah…

4 days ago

Apa itu Kubernetes? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda tentu ingin project aplikasi atau website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Namun, kalau aplikasinya menjadi semakin besar, bagaimana…

5 days ago

Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

“Apa saja yang saya perlukan dalam memasarkan sebuah bisnis?” Barangkali pertanyaan tersebut muncul ketika Anda baru pertama kali merintis usaha.…

6 days ago