counter easy hit
Cara Import Artikel dari Google Docs ke WordPress - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan ketika akan memindahkan tulisan di Google Docs ke WordPress. Permasalahan yang kerap muncul adalah file gambar tidak ikut tersalin dan hanya teks saja yang berpindah. Hal ini dapat cukup merepotkan karena Anda perlu mengunggah file gambar secara manual terlebih dahulu.

Supaya gambar juga dapat dipindahkan ke dalam postingan secara otomatis, artikel tersebut perlu di-import terlebih dahulu. Dalam artikel ini kami akan membahas cara import artikel dari Google Docs ke WordPress. Ada beberapa cara yang bsia Anda lakukan, salah satunya yang akan kami bahas pada artikel berikut ini.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan dua hal ini:

  • Akses ke dashboard WordPress
  • Akun Google

Berikut Ini adalah Cara Import Artikel dari Google Docs ke WordPress

Ada banyak cara untuk memindahkan artikel dari Google Docs ke WordPress lengkap dengan gambarnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin Mammoth .docx Converter. Cara penggunaannya cukup mudah. Di bawah ini kami berikan langkah lengkapnya untuk Anda.

1. Silakan login ke dashboard WordPress.

2. Lakukan instalasi plugin Mammoth .docx converter, dengan memilih menu Plugins > Add New.

plugins add new

3. Ketikkan mammoth .docx pada kolom pencarian, kemudian klik tombol Install Now.

instal plugin

4. Setelah berhsil diinstal, silakan diaktifkan dengan menekan tombol Activate.

mengaktifkan plugin

5. Selanjutnya Anda perlu mengunduh file Google Docs sebagai Microsoft Word (.docx).

cara import artikel dari google docs

6. Setelah file berhasil diunduh, silakan beralih ke dashboard WordPress kemudian pilih menu Posts > Add New untuk membuat artikel baru.

posting artikel

7. Silakan scroll ke bawah editor, pada bagian mammoth .docx converter klik tombol Choose File, kemudian pilih file Google Docs yang telah diunduh.

pilih file

8. Setelah itu Anda akan melihat artikel beserta gambar yang di-import. Untuk memasukkannya ke editor, silakan tekan tombol Insert into editor.

import doc to wordpress

9. Selamat! Pada langkah ini artikel sudah berhasil di-import dengan baik berikut dengan gambarnya. Jangan lupa masukkan judul artikel serta lakukan pengecekan misalnya pada link artikel maupun bagian lainnya.

contoh artikel

Kesimpulan

Cara import artikel dari Google Docs ke WordPress cukup mudah dilakukan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal plugin dan mengikuti tutorial ini.

Apabila Anda memiliki pertanyaan maupun cara lain untuk mengimport Google Docs ke WordPress, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini. Klik Subscribe sekarang melalui kolom yang telah kami sediakan untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.