Cara Forward Email di cPanel - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara forward email dengan menambahkan email forwarder. Cara ini dapat dilakukan melalui fitur Forwarders. Hal ini penting dilakukan apabila Anda ingin melakukan forward email dari satu akun email ke email lain. Sebagai contoh, pada tutorial ini kami akan menambahkan forwarder untuk akun test@thomvtutorials.com ke letsforwardhere@thisdomain.com.

Apa yang Anda Butuhkan?

  • Akses ke cPanel dari hosting Anda

Langkah 1: Cara Forward Email dengan Fitur Forwarders

1. Silakan lakukan pencarian pada menu Search yang terletak di halaman atas cPanel, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Forward Email di cPanel
2. Ketikkan “Forward” tanpa tanda petik pada kolom search dan klik menu Forwarders yang berada di kolom Email.

Cara Forward Email

Langkah 2: Gunakan Fitur Add Forwarder

Setelah memilih menu Forwarders, Anda akan masuk ke halaman Forwarders seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Forward Email di cpanel

Di sini ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih.

  • Managing – Disini Anda dapat memilih semua domain atau domain tertentu yang terhubung ke cPanel.
  • Add Forwarder – Pilihan untuk membuat email forwarder untuk satu akun email tertentu.
  • Add Domain Forwarder – Pilihan ini memungkinkan Anda untuk membuat forwader domain wide. Jadi, semua akun email dengan nama domain tertentu, memiliki forwarder yang akan memforward semua email masuk ke domain yang berbeda.

Silakan pilih tombol Add Forwarder. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Add a New Forwarder.

Forward Email di cpanel hosting

Silakan masukkan informasi yang diperlukan.

  • Address to Forward – Untuk email yang ditambahkan ke forwarder, pada contoh ini kita menambahkan test (untuk akun email akun email test@thomvtutorials.com sebelumnya sudah dibuat).

PENTING: Untuk alamat email forwarder tetap bisa berfungsi meskipun belum dibuat sebelumnya.

  • Domain – Nama domain dari email forwarder.

Setelah menentukan kedua pilihan tersebut, forwarder akan menggunakan alamat email test@thomvtutorials.com.

Destination – Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih di sini.

  • Forward Email Address – Ini adalah pilihan yang akan kita gunakan. Ini akan memforward email kita ke akun email tertentu. Pada contoh ini akan diforward ke letsforwardhere@thisdomain.com.
  • Discard and send an error to the sender – Pilihan ini dapat digunakan jika Anda menginginkan semua email yang masuk ke email tetentu, akan otomatis ditolak dan pesan otomatis akan dikirimkan kepada si pengirim. Pesan otomatis dapat dibuat melalui kolom Failure Message. Dalam contoh ini terisi otomatis “No person at this address”. Sebagai alternatif Anda dapat mengisi apapun sesuai keinginan Anda.

Setelah memilih “Advanced Options” Anda akan melihat beberapa pilihan.

  • Forward to a system account – Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan pilihan ini karena semua email akan di-forward ke akun default sistem cPanel. Kebanyakan penyedia hosting tidak mendukung fitur ini.
  • Pipe to a Program – Ini adalah pilihan advanced, pada tutorial ini tidak akan kita bahas.
  • Discard – Pilihan ini akan menghapus semua email masuk tanpa ada tindakan lebih lanjut. Kami tidak menyarankan pilihan ini, karena pengirim tidak akan menerima pesan peringatan jika emailnya tidak sampai ke penerima.

Pada tutorial ini kami menggunakan pilihan Forward to Email Address. Setelah mengisi semua yang informasi yang perlukan, silakan klik tombol “Add Forwarder”. Setelah itu akan tampil pesan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Forward Email di hosting

Silakan klik Go Back, email Forwarder akan tampil pada bagian Email Account Forwarders seperti pada gambar di bawah ini.

cara forward email di hosting

Pada langkah ini Anda sudah berhasil melakukan setup email forwarder, berikut adalah keterangannya.

  • Email Address – Ini adalah alamat email yang telah disetup untuk dijadikan forwarder.
  • Forward To – Alamat email tujuan untuk di-foward.
  • Actions – Melihat rute email forward.
  • Delete – Menghapus email forwarder.

Langkah 3: Gunakan Fitur Add Domain Forwarder

Pada halaman utama Forwarder, silakan pilih Add Domain Forwarder. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini.

cara forward email di hosting dengan cpanel

Di sini Anda dapat melakukan setup forwarder untuk semua email dengan domain tertentu. Sehingga semua email yang masuk ke alamat email dengan domain sama akan di forward ke email dengan domain tertentu.

Pada contoh ini, kita akan melakukan forward dari semua email dengan domain thomvtutorias.com ke email dengan domain thisdomain.com. Sebagai contoh, jika email dikirimkan ke test@thomvtutorials.com atau test2@thomvtutorials.com dan email yang lain dengan domain yang sama, maka akan otomatis di forward ke email dengan domain thisdomain.com (test@thisdomain.com atau lainnya).

PENTING – Domain forwarder hanya akan memforward email ketika sistem tidak dapat mengirim ke sebuah alamat atau autoresponder. Sebagai contoh, jika user mengirim email ke alamat john@example1.com, kemungkinan terjadi.

  • Jika email john@example1.com atau autoresponder ada, cPanel tidak akan memforward email tersebut.
  • Jika email john@example1.com atau autoresponder tidak ada, cPanel akan memforward email tersebut.

Silakan tekan tombol Add Domain Forwarder dan  akan tampil tampil pesan seperti di bawah ini.

forward email melalui cpanel

Kesimpulan

Kini Anda telah belajar cara membuat dan mengatur Email Forwarder menggunakan fitur Forwarders di cPanel. Kami harap tutorial ini dapat membantu Anda mempelajari lebih jauh tentang cara forward email.

Apakah Anda sudah pernah mencoba membuat Email Forwarder sendiri? Sampaikan pengalaman Anda, termasuk jika Anda masih memiliki pertanyaan, pada kolom komentar berikut ini 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!