Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Flush DNS Cache dengan Cepat dan Mudah

1 min read

Cara Flush DNS

Dalam tutorial ini kami akan membahas cara flush DNS cache di berbagai platform. Perintah ini dapat memperbarui cache DNS pada komputer untuk menghapus cache DNS yang sudah usang. Cache DNS yang sudah usang akan menampilkan informasi yang salah dan tidak sesuai dengan informasi sebenarnya ketika Anda mengakses sebuah website.

Cara Flush DNS Windows

Sebelum memulai langkah flush dns windows pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memilik komputer dengan sistem operasi Windows. Anda bisa mengikuti panduan dibawah ini dengan mudah untuk flush DNS cache di Windows Anda. 

Langkah 1: Buka Console Command Prompt Windows

Untuk memulai langkah flush DNS, Anda perlu mengakses Command Prompt terlebih dahulu. Anda dapat mengaksesnya melalui Run. Untuk melakukannya, silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuknya. Kemudian, ketikkan cmd dan tekan OK atau Enter.

cara flush dns

Setelah itu, maka akan tampil Command Prompt seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

flush dns windows

Langkah 2: Cara Flush DNS Menggunakan Perintah ipconfig /flushdns

Perintah ipconfig /flushdns digunakan untuk menghapus cache DNS pada komputer Anda.

Untuk menghapus cache DNS, Anda hanya perlu mengetikkan perintah ipconfig /flushdns pada Command Prompt dan tekan Enter pada keyboard. Anda akan melihat hasil yang sama seperti pada gambar di atas.

Cara Flush DNS Mac

Setelah Anda mengetahui cara flush DNS di Windows, berikut kami hadirkan panduan flush DNS pada Mac. Cara untuk flush DNSnya berbeda-beda, sesuai dengan versi sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut detailnya:

Mac OS X Yosemite

Bagi Anda pengguna Mac OS X Yosmite Anda dapat langsung flush DNS melalui Application > Utilities > Terminal dengan command

$ sudo killall -HUP mDNSResponder

flush dns mac Jika saat ini Anda menggunakan Mac dengan OS berikut, Anda bisa langsung melakukan flush DNS melalui Application > Utilities > Terminal dan memasukkan command:

Mac OS X Lion
Mac OS X Mountain Lion
Mac OS X Mavericks
Mac OS X El Capitan
Mac OS Sierra

$ sudo killall -HUP mDNSResponder

flush dns mac sierra

Cara Flush DNS Linux

Tidak hanya cara flush DNS Windows dan pada Mac, kami juga akan membahas mengenai cara flush DNS pada Linux, khususnya Ubuntu. Caranya sangat mudah, Anda cukup menggunakan command berikut

$ sudo service network-manager restart

flush dns linux

Kesimpulan

Saat ini Anda telah mengetahui cara flush DNS dengan menggunakan ipconfig untuk memperbarui cache DNS resolver. Ini akan menghapus cache DNS lama dan mengubahnya dengan cache DNS baru. 

Cara Hapus Cache Browser

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Silakan sampaikan pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Jika Anda ingin mendapatkan artikel terbaru dari blog Niagahoster, jangan lupa klik Subscribe, kami akan mengirimkannya langsung ke alamat email Anda 😊

 

6
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =