Categories: Tutorial

Cara Copy Database MySQL Menggunakan PhpMyAdmin

Dalam rangka cek perubahan pada website, terkadang Anda perlu menyalin database terlebih dahulu. Permasalahan lain yang sejenis pun tak jarang memerlukan salinan yang sama. Dalam tutorial kali ini, kami akan mengulas cara copy database MySQL menggunakan phpMyAdmin.

Cara ini cukup ampuh, terutama ketika terdapat error dan Anda harus menginstal ulang untuk mengembalikan file website Anda. Hasilnya, Anda dapat sedikit tenang karena masih memiliki backup dari WordPress.

Apa yang Anda Perlukan?

Sebelum memulai ke langkah selanjutnya, Anda memerlukan hak akses ke cPanel hosting.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Database di MySQL

Berikut adalah Cara Copy Database MySQL …

Langkah 1 – Pilih phpMyAdmin

Pertama-tama, silakan login ke cPanel dari akun hosting Anda dan pilih menu phpMyAdmin yang ada pada kolom Databases, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah 2 – Pilih Database yang Ingin Disalin

Setelah Anda membuka menu phpMyAdmin, selanjutnya akan diarahkan ke halaman phpMyAdmin, dimana daftar database MySQL Anda berada.

1. Pada menu bagian kiri di halaman phpMyAdmin, silakan pilih database website yang ingin Anda salin. Pada contoh ini adalah database techno75_wp792.

2. Setelah database terpilih, silakan klik tab Operations.

Langkah 3 – Tentukan Tujuan Salinan Database

Pada bagian Copy database to: silakan ketikkan nama database baru, kemudian klik Go untuk menyalin database.

PENTING: Silakan hilangkan centang pada CREATE DATABASE before copying jika nama database yang diisi pada kolom sudah ada sebelumnya. Tapi, jika Anda belum membuat database baru, silakan untuk dicentang. Pastikan juga untuk database Anda masih kosong.

Database yang baru saja dibuat dapat Anda lihat pada cPanel melalui menu MySQL Databases, atau pada list database phpMyAdmin di menu bagian kiri seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Migrasi Database MySQL ke Server Lain di Ubuntu 14.04

Kesimpulan

Tujuan dari tutorial ini adalah membantu Anda dalam membuat perubahan pada database tanpa mengalami risiko kesalahan pada website. Apabila sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada database, Anda dapat mengembalikannya tanpa mengubah pengaturan koneksi website ke database yang baru.

Semoga setelah membaca artikel yang kami berikan, Anda telah benar-benar mengetahui cara copy database MySQL menggunakan phpMyAdmin. Jika Anda masih memiliki pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar di bagian bawah halaman ya ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

SEO Penting untuk Branding. Niagahoster dan DQLab Bagikan Manfaat dan Tips-nya Di Sini!

Mesin pencari atau search engine mengambil peran signifikan bagi performa sebuah website. Data dari Brighthedge Research menyebutkan, 68% pengalaman online…

14 hours ago

10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

Apakah Anda sudah punya toko online? Atau mungkin Anda baru berencana membangunnya? Apapun jawaban Anda, pastikan toko online yang Anda…

23 hours ago

Panduan Lengkap Cara Kirim Email dengan Laravel

Laravel merupakan framework dengan fitur terlengkap. Salah satunya adalah adanya fitur Laravel Mail yang dapat memudahkan Anda mengirim email langsung…

2 days ago

Port 443: Bagian Keamanan Website yang Tak Bisa Diremehkan!

Ancaman kejahatan online terus meningkat. Maka dari itu, jangan bosan untuk terus melindungi website Anda. Salah satunya, dengan selalu mengutamakan…

3 days ago

Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Pada codeigniter, secara default Anda harus menambahkan index.php untuk mengakses url. Contohnya untuk mengakses halaman artikel harus ditulis seperti ini:…

4 days ago

Cara Mengatasi Error phpMyAdmin Access Denied [Terlengkap]

Anda kaget karena tiba-tiba mendapatkan error phpMyAdmin access denied? Padahal sebelumnya tidak pernah muncul error dengan tampilan kotak merah tersebut…

5 days ago