Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Cara Cepat Mengatasi Broken Link di WordPress Anda

3 min read

cara mengatasi broken link

Broken link adalah masalah besar bagi pemilik website. Keberadaan broken link bisa mempertaruhkan reputasi website dan menjatuhkan ranking website di mesin pencarian.

Selain itu, broken link menyebabkan pengunjung kapok mengunjungi website. Sebuah survei menyatakan sebanyak 88% pengunjung takkan kembali ke sebuah website ketika mendapati laman 404 (error page).

Meski sebuah masalah besar, bukan berarti broken link tak bisa diatasi. Artikel ini akan membantu Anda mengatasi broken link WordPress website dengan cepat dan mudah.

Broken link adalah istilah untuk tautan yang tidak bisa diakses oleh mesin pencari. Ada beberapa hal yang menyebabkan sebuah tautan menjadi broken link:

  • Kesalahan dalam mengetik tautan atau typo;
  • Perubahan domain;
  • Perubahan direktori web;
  • Penyimpanan laman 404 oleh cache;
  • Perubahan pengaturan pada Domain Name Serves (DNS).

Faktor-faktor ini perlu diingat dengan baik. Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi dan memperkecil keberadaan broken link di website yang Anda miliki.

Baca juga: Cara Mengatasi Http Error 500 pada WordPress

Tak akan ada yang melarang Anda untuk memeriksa konten satu per satu untuk menemukan broken link. Tapi siapapun pasti sepakat kalau cara itu menguras waktu dan tenaga. Apalagi jika website yang Anda miliki sudah cukup lama dan memiliki konten yang banyak. Maka dari itu, berikut lima cara cek broken link dan cara mengatasi broken link:

1. Google Search Console

Google Search Console merupakan tools gratis yang bisa memantau performa website Anda di hasil pencarian Google. Nah, salah satu fitur Google Search Console bernama Crawl Errors

Crawl Errors ini akan memberikan Anda laporan halaman apa saja yang memiliki broken link di dalamnya. Menarik sekali, kan?

Untuk menggunakan Crawl Error, website Anda harus sudah menambahkan website Anda pada Google Search Console terlebih dahulu. Anda bisa membaca panduan lengkapnya di sini.

  1. Setelah website dimasukkan, Anda klik Settings. Lalu, OPEN REPORT pada menu Crawling.


  2. Klik Not Found (404) pada By response.



  3. Anda akan menemukan daftar Broken Link di website Anda seperti pada gambar di bawah ini:

2. Screaming Frog

Screaming Frog adalah aplikasi audit SEO yang bisa Anda install di komputer. Aplikasi ini bisa diinstall pada perangkat Windows, macOS, hingga Ubuntu. Berikut cara mengecek broken link menggunakan Screaming Frog:

  1. Download dan install Screaming Frog dari website resminya di sini.
  2. Masukkan URL website Anda pada kotak dan klik Start untuk memulai scan.

    langkah pertama cara mengecek broken link melalui Screaming Frog
  3. Setelah scan selesai, klik tab Response Code, lalu klik Client Error (4xx) yang ada di bagian kanan. Anda juga bisa mengetahui link ke masing-masing broken link dengan mengklik Inlinks di bagian bawah.

    langkah kedua cara mengecek broken link melalui Screaming Frog

Selain aplikasi, Anda juga bisa melakukan cek broken link gratis secara online. Tapi, cara satu ini cocok apabila website Anda masih kecil dan tak mempunyai banyak halaman. Bagaimana caranya?

Anda tinggal kunjungi website BrokenLinkCheck.com. Lalu, masukkan URL website Anda pada kotak yang tersedia dan klik Find broken links. Masukkan kode captcha jika diminta. Kemudian, tunggu beberapa saat dan hasil scan broken link akan ditampilkan.

Di antara sekian banyak solusi broken link, kami merekomendasikan Anda untuk memakai plugin Broken Link Checker. Plugin ini gratis, mudah digunakan, dan pastinya akan mempermudah pekerjaan Anda dalam mengatasi broken link.

plugin broken link checker

Setelah diunduh dan diaktifkan, Anda bisa melihat fitur lengkap plugin ini menuju Settings -> Link Checker.

Untuk ukuran WordPress SEO plugins yang gratis, Broken Link Checker memberikan begitu banyak opsi pengaturan. Ada lima tab pengaturan yang tersedia. Kelima tab ini mempermudah Anda mengidentifikasi broken link pada berbagai komponen website. Kami akan membahas lebih lanjut kelima bagian pengaturan ini:

broken link checker

General adalah tempat Anda mengatur seberapa sering plugin mengecek tautan di website. Secara default plugin ini mengecek tautan setiap 72 jam sekali.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi setiap ada broken link yang teridentifikasi.

broken link checker settings

Tab Look For Links In mempersilakan Anda memilih elemen website yang tautannya perlu diperiksa. Secara default plugin hanya akan memeriksa bagian komentar, laman, dan pos. Akan tetapi Anda bisa menambahkan bagian lagi dengan mencentang pilihan yang tersedia.

Tidak hanya konten yang sudah dipublikasi (published) saja yang bisa diperiksa. Plugin ini mampu memeriksa broken link di berbagai status seperti scheduled, draft, pending, private, dan spam.

brocken links to check

Which Links To Check menyediakan pilihan tautan yang perlu diperiksa. Pada umumnya, tautan yang diperiksa adalah yang berbentuk HTML, tautan pada gambar, dan tautan video YouTube.

broken links protocol

Plugin ini juga menyediakan pilihan Protocols & APIs untuk memeriksa broken link dalam website.

broken link settings advance

Di bagian Advanced, Anda menyetel pengaturan yang lebih spesifik tentang broken link. Contohnya, Anda bisa menganggap sebuah tautan sebagai broken link jika tidak terbuka selama lebih dari 30 detik.

Anda bisa mengatur berapa lama plugin memonitor tautan dan kategorisasi tautan yang diperiksa.

broken link results

Setelah menyetel pengaturan di atas, Anda bisa melihat broken link yang berhasil ditemukan oleh plugin. Dalam contoh di atas, Broken Link Checker berhasil menemukan enam buah broken link yang semuanya berasal dari kolom komentar.

Ini artinya, broken link bukan hanya akibat kelalaian pemilik website atau masalah teknis. Terkadang broken link disebabkan oleh komentar yang ditinggal pengunjung ke website Anda. Ini mengapa, plugin semacam Broken Link Checker sangat efektif untuk memeriksa dan menemukan broken link.

Baca juga: Error 404 Not Found dan Pesan Kesalahan Lain yang Harus Anda Ketahui

Untuk memperbaiki broken link, ada dua aksi yang dapat dilakukan. Pertama, dengan mengubah URL. Pilihan ini bisa dilakukan jika Anda mengetahui tautan laman atau konten yang benar.

Kedua, yaitu dengan unlink atau menghapus tautan dan menjadikannya sekedar teks biasa. Cara kedua ini baik digunakan jika Anda tak mengetahui tautan yang benar. Cara kedua inilah yang akan saya pilih untuk memperbaiki broken link pada kolom komentar.

5. Tools SEO Audit Online

Cara cek broken link terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan tools SEO audit seperti Ahrefs atau SEMrush. Keduanya menyediakan tools audit SEO yang canggih dan mampu melakukan scan website Anda apabila ada broken link.

Kesimpulan

Ya! Hanya itu yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki broken link. Sangat mudah bukan?

Kini, tak ada lagi cerita kehilangan pengunjung atau ranking SEO turun gara-gara broken link.

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *