Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Cara Buat Blog Gratis dengan Mudah

6 min read

Cara Buat Blog Gratis dengan Mudah

Anda mungkin baru saja mengunjungi salah satu blog inspiratif dan terpikir untuk membuat blog sendiri. Namun, Anda bingung harus mulai dari mana. Anda juga belum ingin mengeluarkan biaya karena hanya bermaksud menyalurkan hobi. Apapun tujuan Anda, membuat blog sebenarnya tidak terlalu sulit. Lalu, bagaimana cara buat blog gratis dengan mudah? Kami akan menjawab pertanyaan Anda melalui artikel ini. 

Blog vs Website: Apa Bedanya?

Sebelum masuk ke cara bikin blog gratis, ada baiknya kita pahami yang dimaksud dengan blog terlebih dahulu. 

Sebagian Anda pasti pernah bertanya beda blog dan website. Apakah keduanya sama saja? Ternyata tidak.

Website digunakan untuk menyebut sekumpulan halaman dokumen yang bisa diakses secara online. Sifatnya cenderung statis. Informasi pada sebuah website jarang mengalami perubahan. Contohnya, informasi produk dan layanan atau informasi kontak.

Di sisi lain, blog merupakan salah satu jenis website. 

Ciri khas dari blog adalah konten yang selalu terupdate di mana konten terbaru akan ditampilkan terlebih dahulu. Artinya, blog bersifat dinamis dengan berbagai artikel yang diposting.

Sebuah blog tidak hanya diperuntukkan bagi seseorang atau individu saja. Buktinya, sudah banyak perusahaan yang memiliki blog, seperti blog dari Gojek, Bukalapak, dan blog Niagahoster yang Anda kunjungi saat ini. 

Ciri lain blog adalah adanya kolom komentar yang membuat komunikasi dengan pengunjung bisa berjalan dua arah.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan blog dan website, silakan baca panduan kami yang lain. 

Manakah Platform Blog Anda?

Banyak sekali platform blog yang bisa Anda pilih. Pastikan Anda memilih platform yang tepat karena itulah salah satu kunci keberhasilan Anda.

Di antara beberapa platform terbaik, Blogger dan WordPress adalah yang paling direkomendasikan. Alasannya, kedua platform ini dapat digunakan untuk semua jenis blog, memiliki keamanan yang baik, dan mendukung fungsi tambahan jika diperlukan. 

Mari kita bahas secara lebih lengkap kedua platform tersebut:

Blogger

Inilah salah satu platform blog yang sempat merajai Indonesia. Blogger adalah platform yang dimiliki oleh Google. 

Tak heran, banyak layanan dari Google yang mudah terintegrasi dengan Blogger. Sebut saja, Google AdSense yaitu layanan iklan Google, atau Google Analytics sebagai platform untuk mengukur performa blog Anda. 

Blogger merupakan platform yang sederhana dan menekankan pada kemudahan penggunaan. Dan yang terpenting, gratis. Selama Anda memiliki akun Google, Anda bisa langsung daftar dengan mudah. Anda juga akan mendapatkan subdomain blogspot.com sebagai nama blog Anda secara default. 

WordPress

WordPress.com adalah sebuah layanan blog di bawah bendera Automattic. WordPress adalah penguasa platform website saat ini. Setidaknya 30% dari seluruh website di seantero dunia menggunakan WordPress. 

Anda bisa mendaftar WordPress.com secara gratis dan akan mendapatkan media penyimpanan online sebanyak 3GB. Selain itu, Anda akan mendapatkan subdomain wordpress.com secara otomatis juga. 

Dengan WordPress, Anda bisa membuat berbagai macam blog dengan topik yang berbeda. Semua jenis konten mulai dari teks hingga video dapat dikelola dengan baik.

Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger

Untuk membuat blog menggunakan Blogger, pastikan Anda telah memiliki akun Google. Jika Anda belum memilikinya, silakan mendaftar terlebih dahulu, sebagaimana dijelaskan dalam artikel kami lainnya. 

Selanjutnya, Anda bisa ikuti panduan berikut:

Masuk ke halaman utama Blogger, dan klik masuk.

Anda diharuskan untuk login dengan akun Google Anda.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi profil Anda. Setiap kali pengunjung datang ke blog Anda, profil inilah yang akan muncul.

Klik “Lanjutkan ke Blogger”. 

Anda akan diarahkan ke halaman Selamat Datang Blogger.  pilih “Buat Blog Baru”.

Pada halaman Daftar Blog,  isikan Judul blog Anda. Lalu, isikan Alamat blog Anda yang akan diakhiri dengan subdomain: blogspot.com. Pastikan alamat blog yang Anda inginkan belum digunakan orang lain. Kemudian, pilihlah Tema untuk blog Anda. Terakhir, pilih Buat Blog.

Selamat, Anda sudah berhasil membuat blog dengan Blogger.

Inilah tampilan blog Anda.

Kustomisasi Blogger Agar Terlihat Menarik 

Kustomisasi diperlukan untuk membuat blogger Anda beda dari yang lain. Tak hanya dari identitas Anda saja, namun juga tampilan blog Anda.

Mari ikuti petunjuk kustomisasi berikut: 

Identitas Online 

Jika anda ingin merubah identitas online Anda, Anda cukup masuk ke menu pengaturan. Pada Blogger, Anda cukup masuk ke menu Setelan > Dasar. Anda bisa merubah Judul blog Anda berikut Deskripsinya. Atau Anda bisa mengubah Alamat URL blog Anda.

Seperti yang Anda ketahui, pengguna Blogger gratis akan selalu menggunakan nama subdomain blogspot.com. Untuk alasan branding, hal ini kurang disarankan. Oleh karena itu, Anda bisa membeli nama domain unik Anda untuk digunakan bersama Blogger.

Niagahoster memiliki salah satu fitur andalan bernama One Click Blogspot Integration. Fitur ini tidak dimiliki oleh layanan lain. Dengan fitur ini, proses integrasi nama domain Anda dengan platform Blogger akan berlangsung dengan sangat cepat dan tanpa kendala. 

Pertama Anda bisa membeli sebuah domain di Niagahoster, lalu ikuti panduan mudah ini untuk tahapan integrasinya.

Tampilan Blog

Jangan meremehkan tampilan blog Anda. Hasil survey membuktikan bahwa 52% pengunjung blog tidak akan kembali ke blog yang tampilannya kurang menarik. Lebih lanjut, 59% pengguna internet menginginkan sebuah blog untuk tampil cantik.

Untuk membuat blog Anda menarik, pilihlah tema yang sesuai dengan topik blog Anda. 

Caranya, Anda cukup masuk ke menu Tema, dan langsung memilih tema yang tersedia. Anda pun bisa mengunggah tema kustom jika memilikinya. Cukup masuk ke menu Cadangkan/Pulihkan lalu mengunggah tema tersebut. Apabila bingung dalam memilih tema Blogger, kami memiliki beberapa rekomendasinya.

Menulis Konten di Blogger

Setelah blog Anda siap, saatnya menulis konten  di blog Anda.

Caranya, Anda cukup memilih Entri Baru dari halaman dasbor Blogger.

Selanjutnya, Anda bisa menuliskan judul posting dan isi konten Anda. Blogger menawarkan format konten yang lengkap untuk posting Anda tersebut. Selain itu, terdapat Setelan Entri yang bisa Anda gunakan untuk mengkategorikan postingan Anda. 

Setelah semua siap, Publikasikan blog Anda.

Cara Buat Blog Gratis dengan WordPress

Untuk membuat blog dengan WordPress, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Masuk ke halaman utama WordPress.com.

Selanjutnya, Anda bisa memilih Mulai situs web Anda.

Anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga pilihan: menggunakan email, Gmail, atau akun Apple. Jika menggunakan email,  isikan Alamat Email, Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda.

Setelah berhasil, Anda akan diminta untuk memilih jenis website yang Anda buat. Tentu saja, Anda memilih Blog.

Pada halaman berikutnya, Anda bisa memilih topik blog Anda. Dalam contoh ini penulisan blog.

Selanjutnya, tentukan Nama blog Anda.

Anda bisa tentukan Alamat blog Anda. Jika  menggunakan versi gratis, Anda akan mendapatkan wordpress.com tersemat sebelum nama blog Anda.

Di tahapan berikutnya,  mulai dengan situs kosong. Tunggu prosesnya beberapa saat.

Anda akan masuk ke dasbor WordPress yang menandakan proses yang Anda lakukan berhasil.

Inilah tampilan standar blog WordPress Anda.

Kustomisasi Blog WordPress Agar Terlihat Menarik

Untuk membuat blog WordPress Anda tampil lebih menarik, lakukanlah langkah kustomisasi berikut: 

Identitas Online

Untuk melakukan kustomisasi identitas online Anda pada blog WordPress sangatlah mudah.

Pada halaman dasbor WordPress Anda, pilih menu Kelola > Pengaturan > Umum. Lalu, Anda bisa menambahkan Ikon blog, Judul dan Slogan blog Anda, dan beberapa pengaturan lain. 

Tampilan Blog 

Seperti halnya Blogger, Anda bisa melakukan perubahan tema blog Anda. 

Caranya, Anda bisa masuk ke menu Rancangan > Tema. WordPress.com memudahkan Anda memilih tema yang sesuai dengan berbagai kategori berdasarkan Layout, Column, Subject, dan Style.

Fitur Tambahan

Untuk membuat blog Anda bekerja lebih baik, berbagai fitur tambahan bisa Anda sematkan. Fitur tersebut bisa terkait dengan peningkatan performa, keamanan, dan lainnya. 

Bagi pengguna platform WordPress, terdapat fitur tambahan yang disebut plugin. Ada ribuan plugin di direktori WordPress. Namun, pengguna WordPress.com tidak dapat menggunakannya. Sayang sekali.

Lalu, bagaimana jika Anda ingin menggunakan plugin karena alasan keamanan dan performa terbaik untuk blog Anda?

Tenang. WordPress memiliki versi yang memberikan keleluasaan lebih yaitu WordPress.org. Versi WordPress ini bersifat self-hosted. Artinya, Anda memiliki kendali yang lebih baik atas blog Anda karena menyiapkan media penyimpanan online Anda sendiri. Caranya? 

Anda cukup berlangganan layanan hosting dan menyiapkan sebuah nama domain. Bahkan, Anda bisa mendapatkan domain secara gratis jika menggunakan layanan hosting Niagahoster. 

Menariknya, terdapat banyak sekali keunggulan WordPress Niagahoster yang bisa membantu Anda membuat blog dengan lebih mudah. 

Menulis Konten di Blog WordPress

Setelah blog WordPress Anda siap, langkah selanjutnya adalah menulis konten pertama Anda.

Silakan memilih menu Tulis dari dasbor WordPress Anda untuk masuk ke halaman berikut:

WordPress editor yang bernama Gutenberg ini memudahkan Anda dalam membuat posting dengan judul dan konten tertata dalam blok-blok. Format konten bisa Anda temukan dalam blok tersebut. Sementara itu, untuk menambah pengaturan posting, Anda bisa mengedit bagian dokumen pada sisi kanan editor. 

Anda bisa klik Publish untuk menerbitkan konten Anda.

Sebuah konten yang baik tidak hanya akan menarik bagi pengunjung namun juga akan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. 

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Sebagai catatan, sebuah konten blog harus orisinil untuk dapat menarik perhatian pengunjung. Sebelum Anda menerbitkan konten Anda, ada baiknya Anda mengecek konten tersebut apakah terindikasi menjiplak atau plagiat dari konten lain. 

Selain itu, untuk blog bisnis, konten Anda juga harus menarik bagi mesin pencari. Alasannya, dengan berada pada posisi teratas mesin pencari, seperti Google, akan memperbesar kesempatan Anda dikunjungi oleh calon klien Anda.  

Kenapa Membuat Blog?

Banyak sekali alasan seseorang membuat blog, topiknya pun beragam. Faktanya, hampir 5 juta posting blog terjadi di seluruh dunia dalam satu harinya. Wow!

Beberapa orang membuat blog untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain seperti yang dilakukan oleh beauty blogger, Lia Harahap

Ada juga yang menggunakan blog sebagai ajang berlatih sebelum benar-benar membuat buku. Raditya Dika mengawali karirnya menulis di blog kambingjantan.com sebelum setenar saat ini. 

Alasan lain seseorang membuat blog adalah mendapatkan uang dari bisnis online. 

Anda bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Yosef Ardi. Ia adalah salah satu blogger sukses Indonesia yang membangun blog berbahasa Inggris. Penghasilan blognya berasal dari biaya langganan untuk membaca konten yang ia terbitkan. Mau tahu berapa biaya berlangganannya? Kurang lebih Rp.1 juta per bulan untuk perorangan. 

Manfaat kegiatan blogging sangatlah banyak sehingga banyak orang tertarik membuat blog. Lalu, bagaimana memulainya?  

Memilih Topik Blog Terbaik

Memilih topik blog sangatlah penting. Topik tersebut akan menentukan keseluruhan dari blog yang Anda bangun. Tidak hanya tampilannya saja, semua konten yang Anda buat akan mengacu pada topik tersebut.

Bagi blog bisnis, memilih topik blog akan lebih mudah karena cukup mengacu pada jenis bisnis yang dijalankan. Namun bagi seorang pemula, memilih topik blog yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Anda sangat disarankan membuat blog dengan topik khusus, alias tidak mencampur berbagai topik dalam satu blog. 

Alasannya, membuat blog dengan topik beragam bisa menyebabkan Anda kesulitan  mengembangkannya untuk jangka panjang. Selain itu, pengunjung blog Anda juga akan bingung memahami tujuan blog Anda sebenarnya.

Beragam topik bisa Anda pilih untuk blog Anda, salah satunya adalah review produk. Topik ini sangat menjanjikan karena faktanya 97% masyarakat membaca review dari media online sebelum membeli sebuah produk. 

Selain itu, Anda bisa membuat blog dengan tema DIY (Do It Yourself). Ide dari topik blog ini adalah membantu orang lain memperbaiki dan membuat sesuatu dengan cara mereka sendiri. Contoh, dari blog dengan topik ini antara lain Ngebikin

Jika Anda masih belum menemukan inspirasi topik blog yang tepat, baca juga 50 topik blog yang menarik kami.

Wujudkan Blog Pertama Anda Sekarang!

Anda sudah mengetahui cara buat blog gratis. Mudah, bukan?

Memiliki blog sudah bukan lagi sebuah impian. Bahkan, Anda bisa memulainya tanpa mengeluarkan biaya. Pada panduan di atas, kami sudah memberikan berbagai cara untuk membuat blog. Mulai dari memilih topik blog terbaik, menentukan platform, hingga cara buat blog gratis beserta pengelolaannya. 

Nah, kini wujudkanlah blog impian Anda tersebut dan raihlah sukses online untuk jangka panjang.

0
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + four =