Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Ini 3 Buku yang Wajib Dibaca oleh Para Hoster Rangers!

2 min read

3 Buku yang Wajib Dibaca oleh Hoster Rangers

Membaca buku merupakan salah satu budaya di Niagahoster yang diterapkan kepada semua Hoster Rangers. Ada 3 buku yang wajib dibaca Hoster Rangers sebagai bentuk pengenalan pada kehidupan dan pola berpikir di startup. Apa saja itu?

Delivering Happiness – Tony Hsieh

Buku ini adalah buku pertama yang akan menyambut para Hoster Rangers yang baru bergabung. Semua Hoster Rangers diwajibkan untuk membuat rangkuman beberapa bab awal buku ini. Mengapa buku ini menjadi bekal yang utama diberikan di awal? Karena dari buku ini para Hoster Rangers akan memperdalam salah satu company value yang ada di Niagahoster, customer obsession. 

Buku Delivering Happiness menceritakan tentang perjalanan awal berdirinya Zappos (zappos.com), sebuah toko online menjual sepatu dan produk baju yang seluruh sahamnya dibeli Amazon pada tahun 2009. Tony Hsieh, CEO Zappos menceritakan perjalanannya mendirikan toko online yang dulu bernama shoesite.com ini. 

Kesuksesan bukan hal yang instan. Strategi bisnis dan pola pikir yang pada akhirnya mengacu pada pembentukan budaya perusahaan dirintis Tony dari bisnis kecil-kecilan beternak cacing, berbisnis pizza, hingga akhirnya membuat startup LinkExchange dan Zappos.

Delivering Happiness bercerita bagaimana memikirkan target jangka panjang dan mengikuti passion tidak hanya menuntun pada keuntungan perusahaan tapi juga memberikan kebahagiaan untuk customer, para karyawan dan diri sendiri. Hal yang menjadi prinsip utamanya adalah memastikan budaya perusahaan yang berusaha membuat semua orang di sekitar kita bahagia, dilakukan dengan kebahagiaan yang sama dalam diri kita.

Diharapkan dari buku ini, para Hoster Rangers bisa mendalami konsep pola pikir menciptakan kebahagiaan untuk para stakeholder perusahaan terutama pelanggan dengan tentunya tidak mengabaikan kebahagiaan diri sendiri. 

Lean Startup – Eric Ries

Buku ini menjelma seperti kitab yang memang wajib dibaca oleh para pegiat startup. Buku ini menyediakan banyak sekali insight mengenai bagaimana sebuah startup bekerja dari mulai pencetusan ide, validasi pasar, hingga pengembangan produk. Mengingat Niagahoster adalah sebuah startup, konsep-konsep dasar seperti ini memang sangat diperlukan untuk dipahami agar para Hoster Rangers mampu berproses menggunakan alur berpikir startup yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

Konsep paling terkenal adalah perputaran build-measure-learn yang saat ini juga diterapkan di Niagahoster. Dengan menerapkan proses build-measure-learn inovasi produk akan terus digali hingga akhirnya tiba pada pilihan untuk mempertahankan produk tersebut atau melakukan pivot (beralih strategi). Menerapkan semua strategi yang tercantum dalam buku ini memudahkan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam tim.

High Output Management – Andrew Grove

Buku ini adalah buku yang menjadi bacaan wajib para team leader di Niagahoster. Buku ini ditulis oleh Andrew Grove, mantan CEO Intel. Buku yang juga banyak menjadi pegangan para startup di Silicon Valley ini mendapat pujian dari berbagai tokoh seperti Ben Horowitz, Mark Zuckerberg, John Doerr dll. 

Buku ini berisi tentang panduan kerja manager dalam memahami proses dalam tim, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Beberapa konsep terkenal dalam buku ini adalah tentang pengukuran yang tepat terhadap efektivitas produksi, aktivitas impactful yang harus dilakukan seorang manajer, process-oriented meeting, dll. 

Dalam prakteknya di Niagahoster, untuk memahami buku ini, diadakan leaders sharing session khusus untuk membahas poin penting di dalam buku ini bersama dengan CEO Niagahoster, Ade Syah Lubis. Penerapan isi buku ini dalam kehidupan kerja sehari-hari di Niagahoster berguna untuk memastikan kinerja tim tetap efektif dan dapat mencapai target yang telah diterapkan di OKR.

Buku-buku yang wajib dibaca ini tersaji dalam bahasa Inggris yang santai dan tidak menggunakan bahasa teknis. Contoh-contoh menggunakan studi kasus di dalamnya juga sangat inspiratif dan membuat pembacanya mudah untuk memahami pesan yang disampaikan. Apakah Anda juga sudah membaca salah satu atau ketiga buku ini?

0
Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + nineteen =