Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

35+ Rekomendasi Buku Pemrograman Terbaik untuk Setiap Programmer [Terlengkap]

8 min read

Apakah Anda sedang bingung mencari buku untuk belajar programming? Yup, Anda sudah datang ke tempat yang tepat! Di artikel ini kami akan memberikan daftar rekomendasi buku pemrograman terbaik yang ada di pasaran. Tak hanya pemrograman secara umum saja, tapi semua bahasa pemrograman yang wajib dipelajari developer.

Kami akan membagi rekomendasi buku bahasa pemrograman lengkap ini menjadi beberapa kategori, yaitu:

  1. Buku Pemrograman Dasar
  2. Buku untuk Anda yang Berkarir sebagai Programmer
  3. HTML dan CSS
  4. JavaScript
  5. Java
  6. PHP
  7. Ruby
  8. Phyton
  9. C#
  10. C
  11. Objective C
  12. C++
  13. R
  14. SQL
  15. Android
  16. iOS/Swift

Dengan kategori ini, Anda bisa membaca buku pemrograman sesuai dengan bahasa yang ingin dipelajari. Penasaran apa saja isi dari masing-masing kategori? Yuk, simak sampai selesai!

Buku Pemrograman Dasar

Ilustrasi buku pemograman dasar

Buku pemrograman ini ditujukan untuk Anda yang ingin memahami konsep dasar programming sebelum terjun lebih dalam ke dunia programming.

1. The Pragmatic Programmer: Your Journey to Mastery

Penulis: Andrew Hunt, David Thomas

The Pragmatic Programmer merupakan salah satu buku programmer paling terkenal di dunia. Diterbitkan pertama kali tahun 1999, buku ini akan memberikan Anda segudang informasi berharga terkait dunia programming yang mudah untuk dipahami. Bahkan, di dalamnya juga terdapat tips dalam berkarir sebagai seorang programmer, lho!

2. Structure and Interpretation of Computer Programs

Penulis: Harold Abelson, Gerald Jay Sussman, Julie Sussman

Dikenal luas dengan sebutan SICP, buku ini dibuat berdasarkan materi kuliah programming di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dengan kata lain, buku ini ditulis oleh dosen-dosen andal kelas dunia. Jadi, jangan heran kalau pembahasan buku pemrograman ini benar-benar komplit dan mendalam.

3. Code Complete: A Practical Handbook of Software Construction

Penulis: Steve McConnel

Buku pemrograman ini sangat populer karena gaya penulisannya yang ringan sehingga mudah dipahami oleh siapa pun. Anda akan belajar mengenai coding, debugging, desain, testing, dan masih banyak lainnya.

4. Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship

Penulis: Robert C. Martin

Seperti namanya, buku coding ini mengajarkan Anda untuk menulis kode “sebersih” mungkin. Sehingga kode ciptaan Anda bisa lebih efektif dan efisien. Buku ini akan memberikan beberapa case studies untuk dianalisis serta sebagai sarana praktik bagi Anda.

5. Introduction to Algorithms

Penulis: Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Ronald L. Rivest, Clifford Stein

Di dunia programming, algoritma pemrograman adalah cara paling efisien untuk menyelesaikan berbagai masalah. Jadi, tak berlebihan sepertinya kalau mengatakan bahwa algoritma adalah kunci penting untuk seorang programmer. Nah, buku ini akan menjelaskan segala jenis algoritma yang ada sehingga Anda tidak “kaget” saat menjumpainya nanti.

Buku untuk Anda yang Berkarir sebagai Programmer

Ilustrasi buku pemograman untuk Anda yang berkarir sebagai programmer

Memilih karir sebagai programmer itu tak melulu duduk di depan komputer dan menulis kode, lho. Namun, Anda juga harus tahu manajemen waktu, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. Nah, buku-buku ini akan memberikan Anda tips dan trik terkait seluk beluk dunia kerja seorang programmer.

6. Peopleware: Productive Projects and Teams

Penulis: Tom DeMarco, Tim Lister

Seringnya, masalah terbesar untuk programmer itu tak ada hubungannya dengan teknologi sama sekali, lho. Melainkan, justru keputusan dan miskomunikasi dengan orang lain. Maka dari itu, dengan buku ini Anda akan belajar:

  • Tips agar tak selalu bergantung kepada metode yang formal
  • Cara meningkatkan kualitas produk
  • Tips untuk bertahan di dunia korporat
  • Cara untuk fokus kerja tanpa gangguan

7. Rapid Development: Taming Wild Software Schedules

Penulis: Steve McConnel

Buku pemrograman ini berfokus kepada manajemen waktu saat mengembangkan sebuah software. Jadi, Anda bisa mempelajari strategi manajemen yang efektif sehingga workflow dan hasil kerja akan maksimal.

8. The Self-Taught Programmer: The Definitive Guide to Programming Professionally

Penulis: Cory Althoff

Buku ini menjelaskan cukup banyak hal yang tak dibahas di buku pemrograman lainnya. Awalnya, Anda akan diajari cara coding dengan python, belajar dasar-dasar CS, dan lain sebagainya. Namun di bagian akhir, buku ini membahas mengenai cara mencari kerja, tips lolos interview, hingga saran agar bisa bekerja di dalam tim.

HTML dan CSS

Ilustrasi buku pemograman tentang HTML dan CSS

Bisa dikatakan HTML dan CSS adalah bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh semua web developer. Kedua bahasa ini bagaikan pondasi utama dari suatu website. Dengan HTML dan CSS, Anda bisa membuat website unik yang tak ada duanya.

Baca juga: Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

9. HTML and CSS: Design and Build Websites

Penulis: Jon Duckett

Membaca buku belajar coding itu kadang membosankan karena penuh dengan penjelasan dan kode-kode. Namun, tidak begitu adanya dengan buku ini karena di dalamnya terdapat banyak ilustrasi dan gambar. Gaya penulisannya yang ringan juga mudah diikuti bagi Anda yang ingin mulai belajar HTML dan CSS dasar.

10. Learning Web Design: A Beginner’s Guide to HTML, CSS, JavaScript, and Web Graphics

Penulis: Jennifer Robbins

Buku ini dibuka dengan penjelasan konsep dasar mengenai bagaimana website bekerja. Lalu, perlahan Anda akan diberikan panduan bagaimana cara mengembangkan website (website development) agar mobile friendly. Oh ya, buku ini juga memberikan latihan dan soal-soal yang langsung bisa Anda praktekkan, lho.

Baca juga: Pengertian CSS dan Cara Kerjanya

JavaScript

Ilustrasi untuk buku pemograman JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sangat membantu perkembangan internet secara keseluruhan. Bahkan, bisa dikatakan kalau tanpa JavaScript web browser tak akan bisa memahami suatu website sepenuhnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa buku bahasa pemrograman mengenai JavaScript terbaik yang bisa Anda pelajari.

11. Eloquent JavaScript: A Modern Introduction to Programming

Penulis: Marijn Haverbeke

Buku ini memang membahas dasar JavaScript, namun penjelasannya sangat detail dan lengkap. Apalagi ditambah dengan berbagai contoh dan latihan, sehingga tak butuh waktu lama bagi Anda memulai proyek JavaScript sendiri.

Baca juga: Panduan Belajar JavaScript Untuk Pemula

12. You Don’t Know JS Yet: Get Started

Penulis: Kyle Simpson

Kadang, programmer berpengalaman pun tak mengetahui semua trik rahasia mengenai JavaScript. Nah, buku ini akan menjelaskan kepada Anda semua hal terkait JavaScript. Mulai dari dasarnya, hingga trik rahasia yang memungkinkan Anda membangun proyek yang unik.

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang fleksibel dan mendalam. Nah, buku-buku di bawah ini akan membantu Anda belajar Java dari awal sampai menjadi ahlinya.

13. Effective Java

Penulis: Joshua Bloch

Buku ini disebut sebagai “Kitab Suci Java” karena komplitnya pembahasan di dalamnya. Anda tak hanya belajar dasar-dasarnya, melainkan juga best practices, hingga larangan yang harus dihindari dalam dunia Java.

14. Head First Java

Penulis: Kathy Sierra, Bert Bates

Buku ini menjelaskan materinya dengan berbagai cara sehingga Anda tak bosan dan bisa memahami Java dari berbagai sisi. Anda akan diberikan puzzle, misteri dan gambar yang membantu Anda mempelajari konsep Java dengan cepat.

15. Java Concurrency in Practice

Penulis: Brian Goetz

Concurrency adalah kemampuan untuk menjalankan beberapa tugas atau program di waktu bersamaan. Dan ini adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua programmer Java. Untungnya, buku ini akan menjelaskan konsep concurrency ini dengan lengkap kepada Anda.

PHP

Tak perlu pusing belajar PHP karena buku di bawah ini akan membantu Anda untuk memahaminya dengan cepat!

Baca juga: Pengertian PHP dan Fungsinya

16. Modern PHP

Penulis: Josh Lockhart

Apakah Anda sudah paham dasar-dasar PHP? Jika sudah, berarti buku ini sangat cocok untuk Anda. Sebab, buku ini akan menjelaskan mengenai PHP lebih jauh lagi. Mulai dari semua fiturnya, teknik arsitekturnya, planning, database, keamanan, testing, dan masih banyak lainnya.

17. Head First PHP & MySQL: A Brain Friendly Guide

Penulis: Lynn Beighley, Michael Morrison

Buku pemrograman yang satu ini akan menjelaskan hal-hal penting terkait PHP dan MySQL yang berhubungan langsung dengan server. Anda akan belajar melalui puzzle, latihan, dan hal-hal interaktif lain yang tak membosankan dengan buku ini.

Ruby

Ruby disebut-sebut sebagai bahasa pemrograman high-level yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Maka dari itu, Anda harus mempelajarinya melalui buku coding Ruby terbaik di bawah ini.  

18. Eloquent Ruby

Penulis: Russ Olsen

Buku ini akan mengubah pola pikir Anda dan membantu untuk lebih berpikir secara Ruby. Sehingga Anda bisa menulis kode Ruby yang elegan dan ekspresif. Namun di saat yang sama, kode Anda itu juga menyelesaikan masalah yang dihadapi.

19. The Well-Grounded Rubyist

Penulis: David A. Black

Buku ini membahas Ruby dari dasar hingga ke yang tersulit sekalipun. Tak peduli apakah Anda baru belajar ataupun sudah pernah menulis code Ruby sebelumnya, buku ini akan menjadikan Anda sebagai “Rubyist” yang ahli. 

Python

Ilustrasi untuk buku pemograman Python

Sepertinya tak berlebihan kalau mengatakan bahwa Python adalah bahasa pemrograman serba bisa. Sebab, Anda bisa melakukan apapun dengan Python. Mulai dari mengembangkan GUI hingga machine learning sekalipun. Nah, di bawah ini adalah beberapa buku bahasa pemrograman lengkap untuk memudahkan Anda belajar Phyton.

20. Python Crash Course: A Hands-On, Project-Based Introduction to Programming

Penulis: Eric Matthes

Buku ini ditulis dengans satu tujuan: membuat Anda paham Phyton secepatnya. Buku ini akan mengajari dasar-dasar Python terlebih dahulu sebelum akhirnya mengenalkan Anda kepada proyek yang bisa dibuat dengannya. Setelah membaca buku ini, Anda akan mampu membuat graph, chart, aplikasi, hingga video game sekalipun.

21. Head First Python: A Brain-Friendly Guide

Penulis: Paul Barry

Bagi Anda yang paham lebih cepat melalui visual daripada tulisan, buku ini cocok untuk dipelajari. Di dalamnya terdapat berbagai ilustrasi yang akan membantu Anda memahami konsep Phyton dengan mudah dan cepat.

C#

Bingung dengan C#? Tenang! Buku programmer di bawah ini akan membantu Anda memahami C# secara mendalam.

22. C# In Depth

Penulis: Jon Skeet

Seperti judulnya, buku belajar coding ini membahas C# dengan sangat dalam. Mulai dari A-Z. Oh ya, saking dalamnya, Anda akan menemukan hal baru walaupun sudah tahu banyak mengenai C# sekalipun, lho.

23. C# 7.0 In a Nutshell: The Definitive Reference

Penulis: Joseph Albahari, Ben Albahari

Buku ini ditulis untuk Anda yang sudah sedikit paham C# dan ingin belajar lebih jauh lagi. Materi di buku ini membahas mulai dari topik mendasar, hingga topik lanjutan terkait bahasa pemrograman C#.

C

C disebut sebagai bahasa pemrograman yang powerful dan multiguna. Bisa digunakan untuk menciptakan database hingga sistem operasi sekalipun. Maka dari itu, Anda harus belajar dari sumber yang terbaik agar bisa memahami C seutuhnya.

24. C Programming Language

Penulis: Brian W. Kernighan, Dennis M. Ritchie

Tak perlu banyak penjelasan mengenai buku ini. Sebab, buku coding ini ditulis langsung oleh pencipta bahasa C itu sendiri. Anda akan menemukan semua hal penting terkait C di buku ini.

25. Practical C Programming: Why Does 2+2 = 5986?

Penulis: Steve Oualline

Jika Anda ingin belajar C dengan mudah dan cepat mungkin buku ini sangat cocok. Sebab, buku ini benar-benar to-the-point dalam membahas C. Bahasanya juga gampang dicerna sehingga cocok untuk siapapun.

Objective C

Selama bertahun-tahun, Objective C telah menjadi bahasa pemrograman utama jika Anda ingin membuat aplikasi untuk OS X dan iOS. Di bawah ini adalah beberapa buku bahasa pemrograman lengkap mengenai Objective C yang bisa Anda pelajari.

26. Objective-C Programming: The Big Nerd Ranch Guide

Penulis: Aaron Hillegass, Mikey Ward

Materi buku ini ditulis berdasarkan salah satu Bootcamp Objective-C paling terkenal di dunia, yakni Big Nerd Ranch. Bahkan, Anda tak hanya akan mempelajari terkait Objective-C saja, tapi juga tips dalam mengotak-atik produk Apple.

27. Effective Objective-C 2.0: 52 Specific Ways to Improve Your iOS and OS X Programs

Penulis: Matt Galloway

Buku coding ini dibagi menjadi 52 skenario berbeda yang berisi tips dan trik terkait Objective-C. Mulai dari hal-hal yang harus dihindari, serta tips menulis kode yang efektif. Oh ya, semua materi di sini bisa Anda praktekan langsung, lho!

C++

Anda pendatang baru dalam dunia C++? Tenang, buku di bawah ini akan membantu Anda mempelajari seluk beluk C++ dengan cepat.

28. C++ Primer

Penulis: Stanley B. Lippman, Josée Lajoie, Barbara E. Moo

Apakah Anda tak sabar untuk segera menulis kode C++? Nah, berarti buku pemrograman yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Sebab, Anda akan mempelajari materi terkait C++ modern yang bisa langsung dipraktekan.

29. Programming: Principles and Practice Using C++

Penulis: Bjarne Stroustrup

Buku ini ditulis oleh penemu bahasa C++ itu sendiri. Dan membahas mulai dari dasar-dasar programming secara umum, hingga topik spesifik terkait C++. Jadi, buku ini memang ditujukan untuk Anda programmer pemula.

R

Tak perlu pusing belajar bahasa R karena buku di bawah ini akan membantu Anda untuk memahaminya dengan cepat!

30. Learning R

Penulis: Richard Cotton

Buku ini benar-benar ramah bagi pemula. Siapapun bisa mempelajari bagaimana cara menganalisis data dengan buku ini. Di setiap akhir bab juga terdapat tes dan latihan sehingga Anda bisa praktek langsung ilmu yang barusan dipelajari.

31. R Cookbook

Penulis: Paul Teetot

Anda akan menemukan lebih dari 200 “resep” terkait R di buku ini. Mulai dari hal sederhana seperti input dan output, statistics, dan analisa data lebih lanjut. Cukup lengkap, bukan?

SQL

SQL adalah salah satu bahasa pemrograman populer di dunia. Tak heran, karena SQL adalah dasar untuk mengurusi database. Anda harus paham SQL terlebih dahulu sebelum bisa menganalisa ataupun memanipulasi data. Di bawah ini adalah beberapa buku terbaik untuk belajar SQL.

32. SQL In 10 Minutes, Sams Teach Yourself

Penulis: Ben Forta

Buku ini tak terlalu panjang, tapi pembahasannya cukup lengkap. Anda akan diberikan 22 materi yang masing-masing berdurasi 10 menit. Jadi, cocok bagi Anda yang ingin ngebut belajar SQL dengan urut.

33. SQL Queries for Mere Mortals: A Hands-On Guide to Data Manipulation in SQL

Penulis: John L. Viescas, Michael J. Hernandez

Buku pemrograman ini berisi materi yang simpel tapi jelas terkait SQL untuk database modern. Anda akan mempelajari berbagai aspek dari query sehingga kode yang ditulis bisa berjalan efektif untuk semua jenisnya.

Android

Ilustrasi untuk buku pemograman Android

Apakah Anda ingin membuat aplikasi Android? Tak perlu khawatir karena dengan buku di bawah ini Anda bisa mewujudkannya.

Baca juga: Cara Membuat Aplikasi Android Lengkap!

34. Android Application Development All-In-One for Dummies

Penulis: Barry Burd

Seperti namanya, buku pemrograman ini membahas Android dengan sangat lengkap. Mulai dari konsep dasar, cara menggunakan native development kit, dan masih banyak lainnya. Gaya bahasanya juga cukup “lucu” sehingga tidak membosankan.

35. Head First Android Development: A Brain-Friendly Guide

Penulis: Dawn Griffiths, David Griffith

Anda ingin belajar membuat aplikasi Android tapi pusing karena ribetnya materi yang ada? Nah, berarti buku ini sangat cocok untuk Anda. Buku ini penuh dengan ilustrasi visual sehingga membuat pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan di saat yang sama.

iOS/Swift

Untuk menutup artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi buku bagi Anda yang ingin menjadi developer andal untuk produk-produk Apple.

36. iOS Programming: The Big Nerd Ranch Guide

Penulis: Christian Keur, Aaron Hillegass

Buku ini berisi panduan dasar terkait pembuatan aplikasi di iOS. Selain itu, dijelaskan pula mengenai teknik dan tools yang Anda butuhkan untuk menciptakan aplikasi yang keren.

37. Swift Programming: The Big Nerd Ranch Guide

Penulis: Matthew Mathias, John Gallagher

Buku programmer ini akan mengajari Anda seluk beluk terkait bahasa pemrograman khusus Apple, yakni Swift. Mulai dari konsep dasar, hingga style dari Swift itu sendiri. Dijamin, setelah membaca buku ini Anda akan pede untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Baca Juga: Tips Memulai Belajar Pemrograman Bagi Pemula

Mana Buku Pemograman yang Ingin Anda Baca?

Belajar bahasa pemrograman baru dari nol memang sulit. Namun, dengan membaca buku pemrograman di atas dan praktek tanpa henti, Anda bisa menjadi programmer jago kelas wahid. Intinya adalah jangan mudah menyerah dan tetap belajar.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki rekomendasi buku programmer lain, tak usah sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *