Categories: DevWordPress

Bug di WordPress 5.5 dan Cara Mengatasinya

WordPress dipercaya oleh para pemilik website karena stabil. Platform ini juga rutin mengeluarkan update untuk tujuan penyempurnaan. Sayang, update terbaru mereka tidak berjalan mulus. Banyak pengguna WordPress yang melaporkan bahwa terdapat bug di WordPress 5.5.

Saat ini, ada ribuan website yang terkena dampak bug tersebut dengan berbagai kerusakan. Apakah website Anda salah satunya?

Lalu, sebenarnya apa penyebab bug ini dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

Penyebab Bug di WordPress 5.5

Ternyata, penyebab terjadinya bug di WordPress 5.5 adalah karena versi ini tidak mendukung library JavaScript yang disebut jQuery Migrate.

Apa dampaknya bagi website? Ada 2 jenis bug yang muncul, yaitu:

  1. Berbagai tampilan interaktif yang menggunakan JavaScript di website menjadi kacau.
  2. Block editor menjadi tidak berfungsi.

Seperti diketahui, fungsi dari jQuery Migrate adalah untuk memberikan tampilan yang interaktif pada plugin ataupun tema. Artinya, ketika WordPress tidak lagi mendukung jQuery Migrate, tema dan plugin yang membutuhkannya tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hal ini terutama terjadi pada plugin versi lama yang sudah jarang diperbarui. Dan, jenis error yang muncul terkait bug ini adalah pada fungsi visual. Contohnya, search bar, menu drop down, live chat, gallery, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, yang sangat mengganggu adalah kendala menggunakan block editor.

Pemilik website yang menggunakan Gutenberg editor, tidak bisa memposting artikel mereka. Bahkan, ada yang terpaksa kembali menggunakan classic editor seperti di salah satu pernyataan dari pengguna berikut:

Your last update is a pure disaster. I used the classic editor plugin because your block editor is a full mess, and now it does not work anymore since your update. I can only edit in HTML mode and not in visual!

So I tried to publish my last article in your block editor, but impossible to add a featured image, I have a white page with “Featured image” title showing on the top and that is all.

Hal ini seolah menegaskan bahwa fitur block editor yang masih menggunakan jQuery Migrate langsung terganggu dengan bug di WordPress 5.5 ini.

Meskipun dampaknya cukup signifikan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada cara mengatasi masalah ini dengan mudah.

Cara Mengatasi Bug di WordPress 5.5

Penyebab dari bug di WordPress 5.5 sudah diketahui, yaitu tidak adanya dukungan untuk jQuery Migrate.

Dengan demikian, untuk mengatasinya, Anda perlu memastikan tidak menggunakan plugin lawas yang tergantung jQuery Migrate. Atau, bisa dengan mengaktifkan kembali jQuery Migrate di WordPress Anda.

Bagaimana caranya?

1. Pastikan Versi Plugin Anda Terupdate

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengecek apakah versi plugin sudah usang. Untuk melihat waktu terakhir update pada plugin, Anda bisa ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman dashboard WordPress Anda.
  2. Klik menu Plugins > Installed Plugins.
  1. Setelah berhasil melihat daftar plugin yang digunakan, Anda bisa klik tulisan View details
  1. Setelah itu, Anda bisa melihat detail dari plugin yang digunakan. Anda bisa melihat kapan terakhir kali plugin diupdate.

Jika plugin terakhir kali diupdate lebih dari 1 tahun, Anda bisa menggunakan plugin lain yang sejenis. Menggunakan plugin terupdate sangat direkomendasikan pada semua versi WordPress.

2. Install Plugin Enable jQuery Migrate Helper

Jika plugin yang Anda gunakan sangat penting dan tidak ingin diganti, ada solusi lain. Anda bisa menggunakan plugin bernama Enable jQuery Migrate Helper untuk mengatasi bug di WordPress 5.5 ini.

Untuk cara install, Anda bisa menyimak panduan ini:

  1. Masuk ke halaman dashboard WordPress Anda
  2. Klik menu Plugins > Add New
  1. Ketikkan “enable jquery migrate helper” pada kotak pencarian. Kemudian, klik tombol Install Now.
  1. Setelah plugin Enable jQuery Migrate Helper berhasil terpasang, sekarang saatnya Anda mengaktifkan plugin dengan cara klik Activate.
  1. Setelah berhasil mengaktifkan plugin, Anda bisa membuka website untuk melihat hasilnya. Jika langkah yang dilakukan sudah benar, maka bug di WordPress 5.5 website Anda seharusnya telah teratasi.

Kesimpulan

Bug di WordPress 5.5 disebabkan karena dukungan terhadap jQuery Migrate dihentikan. Hal ini berdampak pada banyak website yang masih mengandalkannya.

Untungnya, hal itu bisa diatasi dengan mudah. Pertama, Anda perlu melakukan update plugin dan tema yang terpasang di website Anda. Kedua, menginstall plugin Enable jQuery Migrate Helper jika masih menggunakan plugin dan tema lawas .

Dengan kedua langkah di atas, masalah bug di WordPress 5.5. seharusnya bisa teratasi.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap semangat dan semoga website Anda semakin berkembang!

Alexandromeo Lawrence

Alex is a SEO Content Writer at Niagahoster. He is passionate about SEO, digital marketing, and web development.

Share
Published by
Alexandromeo Lawrence
Tags: Wordpress

Recent Posts

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya

Dalam dunia internet, ada banyak hal yang bisa memudahkan pengelolaan jaringan. Salah satunya, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Protokol ini…

20 hours ago

Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satunya dengan ramuan copywriting. Pelajari berbagai tipe copywriting…

2 days ago

Backend Developer: 5+ Skill yang Harus Dikuasai untuk Jadi Profesional

Kebutuhan website yang kian besar dan kompleks membuat seorang developer harus memiliki skill mumpuni. Inilah yang mendorong munculnya keahlian khusus…

3 days ago

Belajar Membangun Personal Branding yang Menarik di Niagahoster Lite Bites

Percaya tidak? Setiap orang itu memiliki personal branding. Terlepas mereka sengaja membangunnya atau tidak. Anda perlu menggali sisi yang khas…

4 days ago

Hanya di Niagahoster Lite Bites! Belajar Menggunakan Podcast untuk Strategi Branding!

Tahukah Anda? Hasil riset membuktikan kalau popularitas Podcast di Indonesia terus meningkat di kalangan anak muda. Tren pencarian podcast di…

4 days ago

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Ketika berencana untuk membangun bisnis rumahan. Barangkali Anda berpikir untuk menggunakan platform media sosial. Terutama untuk aktivitas pemasarannya. Tapi, apakah…

4 days ago