Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

10+ Web Browser Terbaik & Tercepat yang Bisa Anda Coba

13 min read

browser terbaik dan tercepat

Web browser adalah software yang digunakan untuk membuka halaman website. Saat ini sudah banyak browser terbaik dengan fitur-fitur mumpuni yang bisa digunakan. Namun, banyaknya pilihan itu justru bisa membuat Anda bingung memilih browser tercepat untuk dipakai, kan?

Untungnya, di artikel ini kami akan membahas rekomendasi browser terbaik dan tercepat, serta beberapa tips browsing yang aman agar Anda terhindar dari berbagai ancaman siber. Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya!

11 Browser Terbaik dan Tercepat yang Patut Anda Coba

Berikut adalah beberapa rekomendasi browser terbaik yang bisa Anda gunakan:

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Maxthon
  5. Vivaldi
  6. UC Browser
  7. Microsoft Edge
  8. Apple Safari
  9. Brave
  10. Aloha
  11. DuckDuckGo

Langsung saja mari menuju browser terbaik yang pertama!

1. Google Chrome

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

google chrome

Google Chrome dinobatkan sebagai browser terbaik saat ini meskipun di awal rilisnya tahun 2008 mengalami kesulitan untuk menyaingi para kompetitornya seperti Internet Explorer, Firefox dan browser Safari. 

Di tahun 2018, Google pun merombak total browser Chrome dengan meluncurkan pembaruan keamanan secara berkala. Hasilnya, di awal tahun 2019, Google Chrome berhasil memperoleh pengguna sebesar 65% dari pangsa pasar browser desktop global.

Keunggulan Google Chrome:

  • Kecepatan tinggi – Pada halaman website yang kompleks sekali pun, Chrome tetap bisa berjalan dan responsif. Hal ini bisa terjadi berkat mesin JavaScript V8 yang digunakan oleh browser terbaik dan tercepat ini. V8 diklaim sebagai versi JavaScript tercepat dibanding versi mana pun.
  • Desain yang elegan – Di tahun 2018, Chrome mengubah tampilannya dengan konsep material design dan membuatnya tampak minimalis dan elegan.
  • Penggunaan aman & nyaman – Chrome dapat melakukan blokir otomatis pada situs berbahaya, menghapus segala jenis malware, dan menampilkan ikon kunci untuk memberi tahu bila situs tersebut aman untuk diakses.
  • Extensions yang melimpah – Google Chrome memfasilitasi penggunanya dengan ragam jenis aplikasi maupun extensions. Mulai dari games, mesin pencari, tool productivity, shopping, extensions khusus developer, dan masih banyak lagi.
  • Terhubung langsung dengan Search Engine Google – Browser Chrome sangat pas buat Anda yang menggunakan Search Engine Google. Karena, browser terbaik ini sudah secara default terhubung dengan situs pencari Google. Anda bisa langsung menuliskan kata kunci pada address bar.

Kekurangan Google Chrome:

  • Bugs yang sering mengganggu – Google Chrome tak lepas dari bugs yang mengganggu pengguna saat berselancar di internet. Untungnya, tim developer Google selalu berusaha mengatasi hal ini.
  • Penggunaan RAM yang boros – Kecepatan akses pada Chrome memang diakui, tapi aplikasi ini terkenal boros RAM. Ketika mencapai batas tertentu, akses internet justru menjadi sangat lambat.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Chrome Tanpa Ribet!

2. Mozilla Firefox

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

mozilla firefox

Opsi browser terbaik berikutnya adalah Mozilla Firefox. Browser terbaik ini dirancang oleh Mozilla Foundation yang mulanya diberi nama Phoenix pada tahun 2002. Lalu, setelah berjalannya waktu, nama Phoenix pun berganti menjadi Mozilla Firefox. 

Sejak awal perilisannya, banyak pengguna yang sangat antusias untuk menggunakan browser buatan Amerika ini. Bahkan, di tahun 2008 Mozilla Firefox berhasil meraup sebagian besar pengguna Internet Explorer dengan jumlah lebih dari 500 juta kali unduh.

Di tahun 2017, Mozilla Firefox pun merilis sebuah versi dengan nama Mozilla Firefox Quantum yang dianggap sebagai browser terbaik dan tercepat. Namun di tahun 2019, Firefox kembali mengubah versi mereka dengan sebutan Firefox Browser.    

Keunggulan Mozilla Firefox:

  • Jaminan keamanan – Mozilla Firefox dibekali dengan sistem keamanan tingkat lanjut yang mampu menghadapi segala bentuk ancaman seperti spyware, malware, dan beberapa virus tertentu. 
  • Bebas iklan – Dengan Mozilla Firefox, Anda bisa memanfaatkan fitur Mode Turbo untuk menangkal berbagai iklan atau pop-up banner yang mengganggu. Sehingga, browser terbaik ini membuat kegiatan Anda menjelajah internet dapat berjalan dengan nyaman.
  • Fitur Reader View – Bagi Anda yang gemar membaca, Mozilla Firefox menawarkan fitur berupa Reader View. Lewat fitur ini,  Firefox akan menampilkan halaman berupa tulisan saja. Fitur ini juga dilengkapi dengan pilihan warna background dengan tema Sephia dan Dark.
  • Tab History – Pada Mozilla Firefox, Anda tak perlu repot-repot untuk membuka tab baru untuk membuka halaman history. Cukup dengan melihat pada pop up tab kecil yang terdapat di sebelah kiri layar PC Anda.
  • Berbagai jenis Add Ons – Seperti halnya Chrome, para pengguna Mozilla Firefox juga akan disuguhi dengan aneka macam ekstensi untuk mendukung kebutuhan Anda, seperti sinkronisasi kata sandi, pengelolaan bookmark, dan berbagai pengaturan menu secara kustom.

Kekurangan Mozilla Firefox:

  • Menghabiskan banyak memori PC – Inilah yang sering dianggap sebagai kelemahan dari Mozilla Firefox. Kebutuhan banyak memori pada komputer membuat aplikasi ini kurang bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah.
  • Pengunduhan yang tidak berlanjut otomatis – Kelemahan berikutnya adalah ketika Anda sedang mengunduh suatu file sembari menjelajahi berbagai situs. Hal ini terkadang membuat proses pengunduhan menjadi tersendat atau bahkan terhenti.

3. Opera

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

opera browser terbaik

Dari sekian browser terbaik saat ini, Opera masih termasuk salah satu yang patut diperhitungkan. Walau tidak mendominasi pangsa pasar browser secara global, Opera masih menjadi browser terbaik yang recommended untuk segala sistem operasi, baik di Windows, Linux, Mac OS X hingga browser untuk smartphone.

Keunggulan Opera:

  • VPN gratis – Opera menjadi salah satu browser terbaik yang menawarkan fasilitas VPN secara gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.
  • Fitur keamanan yang lengkap – Tidak kalah dengan browser terbaik lainnya, Opera juga dilengkapi dengan fitur untuk memperingatkan penggunanya bila terdapat sebuah virus atau malware pada situs yang dikunjungi. 
  • Pemblokiran iklan pop up banners dengan mudah – Tidak jauh berbeda dengan fitur yang dimiliki Mozilla Firefox, Anda bisa bebas melakukan pemblokiran iklan atau pop up banners yang sekiranya mengganggu pada browser Opera.
  • Tersedia ragam jenis Add Ons – Selayaknya browser unggul lainnya, Opera juga menyediakan banyak sekali jenis Add Ons yang bisa memberikan pengalaman berinternet Anda semakin mudah dan menyenangkan.

Kekurangan Opera:

  • Tidak memiliki bar loading – Banyak pengguna yang mengeluhkan nihilnya bar loading pada tampilan Opera. Ini menjadikan mereka sulit untuk mengetahui progress loading pada situs yang sedang dikunjungi.
  • Pencarian Add Ons yang tidak user friendly – Di samping itu, banyak pula pengguna yang berkomentar bila mereka sulit untuk mencari Add Ons yang dibutuhkan. Tampilan halaman yang sedikit tidak terstruktur menjadikan pencarian Add Ons Opera sedikit tidak ramah bagi pengguna.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Error 404 Not Found di WordPress

4. Maxthon

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

maxthron browser tercepat

Dibanding jejeran browser terbaik sebelumnya, mungkin Maxthon tergolong browser yang belum banyak dikenal, terutama untuk pengguna internet di Indonesia. Padahal, browser terbaik keluaran Cina ini mempunyai banyak sekali keunggulan, termasuk kecepatan akses yang tak kalah saing dengan browser terbaik dan ternama lainnya.

Keunggulan Maxthon:

  • Kecepatan unggul – Maxthon selalu menjaga performa PC yang memberikan stabilitas koneksi internet, sehingga Anda bisa membuka berbagai macam situs dengan cepat. Tak heran, ia tergolong salah satu browser terbaik.
  • Dapat digunakan pada berbagai Sistem Operasi – Hampir seluruh Sistem Operasi yang ada saat ini, baik itu Windows, Linux, Mac OS X, hingga Android, semuanya dapat menggunakan browser terbaik Maxthon.
  • Irit memori – Tak sedikit pengguna setia Maxthon yang mengungkapkan kalau browser ini lebih irit pemakaian memori dibandingkan Chrome dan Mozilla Firefox.
  • Tampilan ramah pengguna – Maxthon didesain dengan interface yang begitu ramah pengguna, alias mudah dioperasikan. Serta dapat memanjakan mata Anda dengan fitur auto brightness untuk mengatur cahaya saat membaca di malam hari.
  • Jaminan keamanan – Anda bisa bebas melakukan transaksi apapun dengan Maxthon tanpa khawatir kalau data pribadi Anda akan diretas.
  • Fitur Reader Mode – Fitur ini memudahkan Anda untuk bisa membaca artikel atau blog tanpa terhalang dengan iklan-iklan yang muncul.

Kekurangan Maxthon

  • Minim fitur Add Ons – Berbeda jauh dengan Chrome atau pun Firefox, browser garapan Cina satu ini sayangnya tidak dibekali banyak pilihan Add Ons atau ekstensi. Bisa dibilang, ini merupakan satu-satunya kekurangan dari Maxthon.

5. Vivaldi

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android
Platform: Desktop, Mobile

vivaldi browser

Vivaldi merupakan salah satu rekomendasi browser terbaik berikutnya yang patut Anda coba. Banyak yang tidak tahu, kalau ternyata browser terbaik rilisan tahun 2016 ini diciptakan oleh mantan CEO Opera Software, yaitu Jon Stephenson. Mulanya browser tercepat ini terbentuk sebagai komunitas virtual yang menggantikan My Opera yang sudah tidak beroperasi di tahun 2014.

Namun bagi Jon Stephenson, keberadaan komunitas sangatlah membantu untuk pengembangan browser terbaik. Itulah mengapa ia membentuk Vivaldi dan memboyong fitur-fitur serupa dengan Opera yang lebih inovatif.

Keunggulan Vivaldi:

  • Fitur Blink Rendering Engine – Blink Rendering Engine menjadi fitur pendukung utama Vivaldi yang juga saat ini digunakan pada Chrome. Fitur ini memberikan Anda fasilitas untuk mengatur halaman interface sebebas mungkin.
  • Fitur Note dan Screen Capture – Keunikan browser terbaik Vivaldi adalah Anda tidak membutuhkan aplikasi atau extensions tambahan untuk capture screen. Selain itu, Anda juga dapat menulis catatan kecil (Note) yang tersedia pada panel sebelah kiri.
  • Fitur Page Tiling – Page Tiling menjadi andalan fitur lainnya dari browser Vivaldi. Anda bisa menggabungkan dua hingga empat halaman situs berbeda menjadi satu tampilan penuh. Artinya, Anda tidak usah repot untuk membuka tab satu per satu jika ingin mengunjungi situs yang berbeda. 
  • Fitur Preview Tab – Selanjutnya adalah fitur Preview Tab, yakni sebuah fitur untuk Anda bisa mengintip isi halaman dengan cepat. Anda tinggal mengarahkan kursor pada tab halaman situs yang bersangkutan untuk melihat preview dari situs tersebut. 
  • Berbagai macam Add Ons yang sama dengan Chrome – Pada Vivaldi, Anda bisa menemukan beberapa macam Add Ons yang juga dimiliki oleh Chrome. Berhubung browser terbaik Vivaldi memang didukung dengan basis engine yang sama dengan Chrome yaitu Blink Engine. 

Kekurangan Vivaldi:

  • Penggunaan memori yang tinggi – Salah satu kekurangan yang masih disayangkan dari browser ini adalah penggunaan memori yang cukup besar. Apalagi jika Anda menggunakan berbagai Add Ons tambahan seperti yang juga dimiliki Chrome.

Baca juga: 20 Alternatif Mesin Pencari Selain Google

6. UC Browser

Sistem Operasi: Windows, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

uc browser terbaik

UC browser merupakan browser terbaik yang begitu populer di kalangan pengguna smartphone. Browser kelahiran tahun 2004 asal Tiongkok ini memiliki misi untuk menyediakan pengalaman berinternet yang lebih baik di seluruh dunia. 

Walaupun UC browser mendominasi pengguna smartphone dibanding PC, tetapi ia terbukti menjadi web browser terbaik dan tercepat yang memiliki kualitas mumpuni.

Keunggulan UC Browser:

  • Kecepatan download – Dengan UC browser, Anda tidak lagi memerlukan aplikasi eksternal download accelerator untuk mengunduh data besar. Karena sebesar apapun kapasitas data yang diunduh, tidak akan mempengaruhi kinerja UC browser menjadi lemot.
  • Hemat kuota – Bagi pengguna smartphone, UC browser memberikan banyak keuntungan untuk bisa menghemat kuota internet. Pasalnya, aplikasi ini dapat memangkas 90 persen data yang diambil setiap kali mengakses sebuah halaman.
  • Keamanan privasi – Tidak kalah berbeda dengan jejeran browser terbaik sebelumnya, UC browser juga dibekali dengan fitur keamanan yang dapat menjamin privasi penggunanya.
  • Night Mode – Demi menjaga kenyamanan mata pembaca, browser terbaik ini menyediakan fitur berupa Night Mode yang dapat mengatur intensitas cahaya tampilan di malam hari.
  • Smart download – Fitur ini memfasilitasi pengguna smartphone untuk bisa mengunduh berbagai data sebanyak 3 file berbeda sekaligus. Anda pun bisa melakukan stop, start, dan pause sesuka hati.

Kekurangan UC Browser:

  • Tidak mendukung RSS Feed dan Javascript – Kelemahan dari UC browser adalah tidak adanya dukungan RSS Feed dan Javascript pada sebagian pengguna bila ingin menampilkan mode desktop atau PC pada mobile.
  • Banyaknya notifikasi yang muncul – Hal ini menjadi keluhan oleh banyak pengguna mobile dikarenakan munculnya notifikasi iklan yang begitu intens. Walaupun tersedia fitur Ad Block, tetapi tetap saja cara ini tidak begitu berpengaruh.

7. Microsoft Edge

Sistem Operasi: Windows, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

microsoft edge browser tercepat

Rekomendasi browser terbaik selanjutnya adalah Microsoft Edge. Sesuai namanya, Microsoft Edge adalah browser yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dunia Microsoft. Bagi Anda yang menggunakan komputer berbasis Windows pasti pernah mencoba browser terbaik dan tercepat ini. Karena, Microsoft Edge merupakan browser bawaan Windows OS.

Kelebihan Microsoft Edge:

  • Mudah digunakan – Microsoft Edge mengadopsi user interface yang simpel dan mudah dipahami. Bahkan sepintas, tampilannya mirip dengan Chrome sehingga memudahkan Anda yang sudah terbiasa menggunakan browser milik Google tersebut.
  • Tanpa perlu install – Seperti yang sudah dijelaskan, Microsoft Edge adalah browser yang sudah otomatis terinstall saat Anda membeli komputer Windows merk apapun. Maka, Anda bisa langsung menggunakannya.
  • Reading list mode – Fitur ini akan membantu Anda membaca konten website dengan lebih nyaman. Caranya, dengan mengeliminasi elemen-elemen yang tidak penting di halaman web, seperti iklan maupun pop up yang mengganggu.
  • Page markup & annotation – Belum selesai membaca sebuah halaman web, tapi terburu melakukan hal lain? Dengan Microsoft Edge, Anda bisa dengan mudah menandai bagian halaman web yang belum sempat dibaca dengan fitur Page markup & annotation. Jadi, nanti bisa menemukan kembali informasi di halaman tersebut dengan mudah.

Kekurangan Microsoft Edge:

  • Kebutuhan hardware tinggi – Layaknya Chrome, Microsoft Edge juga termasuk browser yang haus memori. Jika Anda berminat menggunakan browser ini, siapkan memori RAM kosong setidaknya 2GB.
  • Extensions kurang – Dibanding Chrome maupun Firefox, ketersediaan extensions pada Microsoft Edge bisa dibilang tidak terlalu banyak. Jika Anda bergantung pada extensions untuk menambah fungsi browser, maka Edge bukanlah pilihan tepat.
  • Search engine Bing – Microsoft Edge menggandeng Bing sebagai mesin pencari default. Anda yang terbiasa menggunakan Google Search harus mengkonfigurasi ulang untuk mengganti Bing dengan Google.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Private

8. Apple Safari

Sistem Operasi: MacOS, iOS
Platform: Desktop, Mobile

apple safari browser terbaik

Jika Edge adalah peramban bawaan komputer berbasis Windows, maka Safari adalah browser terbaik bawaan perangkat bikinan Apple. Baik itu Macbook, iPhone, atau iPad. Meskipun hadir secara eksklusif untuk Apple, ternyata Safari bertengger menjadi salah satu browser terbaik dan terpopuler di dunia, loh.

Kelebihan Apple Safari:

  • Performa kencang – Safari memang dipersiapkan khusus untuk Apple. Maka tak heran, browser terbaik dan tercepat ini telah dioptimasi sedemikian rupa agar bisa berjalan dengan lancar di berbagai perangkat Apple, baik komputer maupun mobile.
  • Integrasi Handoff – Handoff adalah fitur untuk mengintegrasikan history browser Safari antar perangkat Apple. Misalnya Anda tengah browsing di Macbook, historynya tercatat otomatis di iPhone Anda, asalkan login dengan akun Apple yang sama.
  • Desain minimalis – Jika Anda suka dengan interface browser terbaik yang clean dan minimalis, maka Safari sangat cocok untuk Anda. Hampir tak ada bagian browser yang mencolok, yang justru membuat pengalaman browsing kurang nyaman.
  • Proteksi berlapis – Safari dibekali berbagai fitur keamanan berlapis. Misalnya Privacy Browsing Mode untuk menghindari pelacak web, serta Pop-up dan JavaScript Blocker untuk mencegah iklan yang mengganggu dan muncul tiba-tiba.
  • Apple Device Emulation – Bagi Anda yang berprofesi sebagai Web Developer, Safari punya emulator khusus untuk mengecek hasil coding Anda di browser terbaik ini. Apabila masih terdapat bug atau error, Anda bisa memeriksanya dengan mudah.

Kekurangan Apple Safari:

  • Kompatibilitas kurang – Sebagai browser khusus Apple, Safari tidak tersedia untuk perangkat lain seperti Windows atau Android. Jika Anda benar-benar penasaran dengan browser ini, Anda harus membeli perangkat Apple.
  • Integrasi minim – Safari dirancang khusus untuk environment Apple. Sehingga, ia agak minim integrasi dengan software maupun platform lain. Misalnya sederetan software buatan Google seperti Drive, Gmail, atau Calendar.
  • Extensions terbatas – Jumlah extensions yang tersedia di Apple cukup terbatas. Alhasil, Anda harus puas dengan fitur bawaannya, jika tidak mau menginstall browser lain yang lebih kaya extensions.

9. Brave

Sistem Operasi: Windows,Linux, MacOS, Android, iOS
Platform: Desktop, Mobile

brave browser tercepat

Jika Anda butuh browser terbaik yang mengedepankan keamanan dan privasi, maka Brave adalah jawabannya. Browser terbaik yang dikembangkan di San Fransisco, Amerika Serikat ini mengklaim dirinya akan selalu memproteksi penggunanya ketika browsing dari ancaman berbahaya, seperti penyalahgunaan data.

Kelebihan Brave:

  • Berbasis Chromium – Layaknya Chrome, Edge, dan Opera, Brave menggunakan basis kode Chromium. Otomatis, interface dan fiturnya tidak jauh beda dengan browser terbaik di atas. Sehingga, Anda bisa beradaptasi secara cepat dengan Brave.
  • Web Tracker dan Ad Blocker – Brave dibekali dengan fitur bawaan Web Tracker dan Ad Blocker. Web Tracker berfungsi sebagai pelindung agar data Anda tidak bocor selama browsing, sementara Ad Blocker dapat memblokir iklan yang muncul di laman web.
  • Performa cepat dan stabil – Mengingat Brave bisa memblokir iklan dan elemen pop up yang mengganggu, maka ia bisa menampilkan sebuah halaman web utuh dengan cepat. Selain itu, performanya juga stabil biarpun dipakai dalam waktu yang lama.
  • Kebutuhan hardware rendah – Selain performa yang kencang, Brave juga tidak boros resource, loh. Meski dipakai untuk membuka banyak tab browser sekaligus, penggunaan RAMnya relatif minim.
  • Tersedia untuk berbagai OS – Sebagai salah satu browser terbaik dan tercepat, Brave dapat diinstall di berbagai platform. Sebut saja Windows, MacOS, Linux, Android, dan iOS.

Kekurangan Brave:

  • Integrasi kurang – Proses sinkronisasi history browser di Brave agak ribet. Anda harus melakukan scan QR untuk mengaktifkan fitur ini. Berbeda dengan Chrome yang bisa menyelaraskan riwayat browser bermodalkan akun Google yang sama.
  • Mengandung iklan bawaan – Brave memang memblokir iklan ketika browsing. Namun ironisnya, ia justru memberi opsi user untuk menengok iklan mereka sendiri. Nantinya, pengguna yang melihat iklan akan diberi semacam reward.

Baca juga: 7+ Cara Menghilangkan Malware Terampuh

10. Aloha

Sistem Operasi: Android, iOS, Windows
Platform: Desktop, Mobile

aloha browser terbaik

Rekomendasi browser terbaik selanjutnya yaitu Aloha. Aloha adalah browser terbaik dan tercepat untuk perangkat mobile berbasis Android dan iOS yang dapat diinstall secara gratis. Nah, Anda yang ingin menjajal Aloha bisa mendownloadnya di Google Play Store maupun Apple App Store.

Meskipun saat ini sudah mendukung Windows, tapi statusnya masih Beta. Jadi,  Anda bisa mencobanya di kemudian hari setelah rilis resminya. 

Kelebihan Aloha:

  • Integrasi VPN – Aloha menyediakan fitur VPN bawaan sehingga Anda bisa mengakses website yang diblokir provider internet. Oh ya, speed VPN Aloha juga terbilang kencang, dibandingkan aplikasi VPN pihak ketiga.
  • Kompresi data – Aloha secara cerdas mampu mengkompres ukuran halaman website yang sedang Anda kunjungi. Sehingga, ia bisa menghemat pemakaian kuota internet Anda ketika browsing.
  • Performa cepat – Kombinasi VPN bawaan dengan speed kencang dan fitur kompresi data mampu meningkatkan kecepatan Aloha dalam melibas halaman website.

Kekurangan Aloha:

  • Kompatibilitas kurang – Seperti yang sudah dijelaskan, Aloha hanya kompatibel untuk Android dan iOS. Ia  bisa diinstall di perangkat komputer berbasis Windows, tapi belum stabil.
  • Berisi iklan – Aloha bukannya memblokir iklan, tapi malah memunculkan iklan ketika Anda menggunakannya. Otomatis, pengalaman browsing Anda dengan Aloha bisa jadi kurang menyenangkan.

11. DuckDuckGo

Sistem Operasi: Android, iOS
Platform: Mobile

duckduckgo

Mirip dengan Aloha, DuckDuckGo adalah alternatif browser terbaik untuk perangkat mobile berbasis Android dan iOS. Awalnya, DuckDuckGo hanyalah sebuah mesin pencari yang punya keunggulan di sisi privasi. Hingga akhirnya, mereka berhasil menciptakan browser terbaik sendiri yang kompatibel untuk dua OS di atas.

Kelebihan DuckDuckGo:

  • Privasi terjaga – DuckDuckGo tidak menyimpan history browsing Anda sama sekali. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir informasi pribadi Anda diintip atau bahkan dijual ke tangan pengiklan.
  • Performa kencang – Performa DuckDuckGo bisa dibilang relatif kencang, bahkan ketika dipaksa untuk membuka beberapa tab browser di saat bersamaan.
  • Minim iklan – DuckDuckGo menyuguhkan pengalaman berselancar di internet yang nyaman, dengan meminimalisir jumlah iklan yang muncul di hadapan Anda.

Kekurangan DuckDuckGo:

  • Hanya tersedia untuk mobile – DuckDuckGo belum tersedia di perangkat komputer, baik itu Windows, MacOS, maupun Linux. Yang ada hanyalah extensions Chrome untuk mesin pencari milik mereka.
  • Mesin pencari kurang andal – Meski sangat unggul di sektor privasi, performa mesin pencari bawaan DuckDuckGo masih kurang relevan dalam menampilkan hasil pencarian sesuai keinginan Anda.

Baca juga: 6+ Rekomendasi DNS Tercepat [Update 2022]

5 Tips Browsing yang Aman dan Mudah

Setiap hari, rata-rata orang menghabiskan waktu 4 hingga 5 jam untuk mengakses internet. Sayangnya, aktivitas tersebut sering terganggu oleh serangan virus atau malware, pop up iklan, hingga peretasan data pribadi. 

Nah, selain menggunakan salah satu rekomendasi browser terbaik, kami akan membagikan tips browsing aman dan mudah di perangkat apa pun:

1. Update Browser

Apapun jenis browser terbaik dan tercepat yang digunakan, pastikan Anda selalu mengupdate-nya secara rutin. Alasannya, fitur keamanan terbaru akan selalu diberikan pada versi browser terbaru. Umumnya, perbaikan keamanan tersebut akan mengikuti tren kejahatan siber yang juga terus berubah. Maka, memastikan browser terbaik selalu up-to-date adalah langkah awal untuk bisa berinternet dengan aman.

2. Akses Situs dengan Ikon Gembok Hijau (Secure) pada URL 

Ketika hendak mengunjungi suatu website, cobalah untuk mengecek apakah terdapat ikon gembok hijau atau SSL (Secure Socket Layer) pada URL website tersebut. Adanya SSL mengindikasikan bahwa website tersebut aman untuk dikunjungi dan memiliki resiko terjadi pencurian data yang kecil.

Pembahasan mengenai SSL bisa Anda simak selengkapnya pada artikel kami yang membahas tentang apa itu SSL.

Baca juga: Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap dengan Fungsinya

3. Hapus Cache dan Cookies Browser

Cache memiliki peranan untuk menyimpan segala data situs-situs yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Sehingga ketika Anda hendak mengunjunginya kembali, akses ke halaman tersebut bisa lebih cepat. Sedangkan Cookies berfungsi untuk menyimpan data login seperti username dan password pada setiap situs yang memerlukannya. 

Walaupun keduanya sangat penting, ada kalanya Anda perlu menghapus Cache dan Cookies secara berkala. 

Menghapus Cache berguna agar browser terbaik Anda bisa memuat update data terbaru. Sedangkan penghapusan Cookies untuk menghindari pencurian data login, terutama saat Anda meminjamkan laptop atau gadget kepada orang lain.

Untuk tahu cara menghapus Cache pada browser terbaik, bisa Anda pelajari selengkapnya pada artikel kami di Cara Hapus Cache di Browser.

4. Gunakan Password Manager

Membuat kata sandi yang berbeda dan unik sangatlah perlu agar tidak terjadi kebocoran ataupun pencurian data. Namun, akan lebih baik bila Anda menggunakan bantuan aplikasi Password Manager untuk menyimpan segala password Anda dengan aman. 

Dengan bantuan Password Manager, Anda juga tak perlu lagi sibuk mengingat satu per satu setiap password Anda. Beberapa contoh Password Manager terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu 1Password, LastPass, Enpass dan masih banyak lagi.

5. Install Antivirus dan Firewall

Menginstal software Antivirus atau Firewall adalah langkah terbaik untuk memastikan Anda aman dari segala serangan virus maupun malware saat berinternet. Karena Anda tidak pernah bisa memprediksi apakah situs terpercaya sekali pun dapat benar-benar terbebas dari program jahat lainnya. Namun, setelah Anda memiliki software Antivirus, pastikan juga Anda melakukan update program secara berkala.

Baca juga: 8+ Antivirus Terbaik Untuk Amankan File Website

Manakah Web Browser Terbaik & Tercepat untuk Anda?

Menentukan browser terbaik yang tepat sangatlah penting untuk bisa memberikan pengalaman berinternet yang aman dan nyaman. Untuk itu, kami mencoba memberikan beberapa alternatif terkait web browser terbaik dan tercepat. Berikut adalah rangkuman dari pembahasan artikel ini:

  • Google Chrome – Opsi browser terbaik yang populer dengan bekal kecepatan mumpuni dan sangat ideal untuk Anda yang sering memakai Search Engine Google.
  • Mozilla Firefox – Browser terbaik kedua selain Chrome dengan banyak fitur unggul yang sudah terjamin aman.
  • Opera – Cocok untuk Anda yang membutuhkan VPN gratis tanpa harus menggunakan aplikasi (software) tambahan.
  • Maxthon – Browser tercepat dan pas untuk penggunaan PC yang memiliki spesifikasi rendah karena hemat RAM.
  • Vivaldi – Browser dengan segudang fitur canggih yang didukung dengan fitur serupa dengan milik Chrome, yaitu Blink Rendering Engine.
  • UC Browser – Rekomendasi browser terbaik yang ideal untuk para gamers karena dibekali kecepatan akses untuk mengunduh berbagai jenis data tanpa menurunkan kinerja browser.
  • Microsoft Edge – Browser terbaik bawaan Windows OS yang cocok bagi Anda yang malas menginstall browser pihak ketiga.
  • Apple Safari – Browser yang dirancang khusus untuk perangkat buatan Apple dengan integrasi penuh antar device pada platform tersebut.
  • Brave – Browser yang ideal bagi Anda yang memperhatikan aspek keamanan ketika browsing, karena dilengkapi fitur keamanan berlapis.
  • Aloha – Alternatif browser terbaik untuk Anda yang gemar berselancar di dunia maya lewat perangkat mobile.
  • DuckDuckGo – Browser tercepat untuk perangkat mobile yang sangat mengedepankan privasi Anda sebagai pengguna.

Dari sekian rekomendasi, mana aplikasi browser terbaik dan tercepat yang bakal Anda gunakan? Jangan lewatkan pula beberapa langkah penting lainnya seperti penambahan fitur proteksi, Password Manager, update browser, dan lain-lain agar terhindar dari ancaman resiko siber. 

Bila Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel kami, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Beli Cloud Hosting, Lebih Hemat sampai 75%
Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

One Reply to “10+ Web Browser Terbaik & Tercepat yang Bisa Anda…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *