Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow

7 min read

blogger Indonesia

Sedang kehabisan inspirasi ngeblog? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Apalagi jika blog yang Anda kunjungi masuk ke jajaran blogger Indonesia yang terkenal sukses.

Namun terkadang, menemukan blog baru untuk dikepo adalah pekerjaan yang memakan waktu. Maka dari itu, artikel ini akan mempermudah pekerjaan Anda mencari inspirasi dari blogger Indonesia.

Di artikel ini, Anda bisa menemukan hal-hal yang pasti dilakukan blogger Indonesia terbaik untuk meraih kesuksesan. Jadi, Anda bisa lebih paham bagaimana menerapkan hal yang sama di blog pribadi Anda.

Daftar Blogger Indonesia Inspiratif untuk Anda Pelajari

Di bawah ini, kami akan menampilkan sepuluh blogger Indonesia terkenal yang kami pilih mewakili berbagai niche dan gaya menulis, yaitu:

  1. Duck of York
  2. Dani Rachmat
  3. My Tips Cantik
  4. Iwan Banaran
  5. Hey Theresia
  6. Desty Baca Buku
  7. Virus Traveling
  8. The Conundrum Journal
  9. PanduanIM
  10. Aff Moma

Semoga Anda bisa menemukan inspirasi dari ulasan ini ya~

1. Duck of York

duckofyork

Duck of York adalah blog yang penuh akan inspirasi. Website milik blogger Indonesia Agi Tiara Pranoto ini memang benar-benar memanjakan mata, tapi tetap kaya informasi.Setiap post dalam blog memiliki gaya visual yang berbeda. Ini membuat setiap post memiliki mood dan nuansa yang unik.

Tapi meski visual blognya sudah sangat kuat, Agi tak kendor menyajikan konten yang berkualitas. Anda diajak untuk membaca perlahan dan menikmati storytelling yang hidup, detil, lucu, dan menyenangkan.

Catatan inspirasi dari Duck of York:

  • Tampilkan foto-foto menarik supaya pembaca betah berlama-lama di website.
  • Perkuat tulisan Anda dengan deskripsi yang detail, informasi yang lengkap, dan cerita-cerita unik.
  • Jadilah diri sendiri. Ketika Anda jujur dan percaya diri, personality Anda akan terlihat dalam tulisan.

Baca juga: Tips Memilih Foto untuk Desain Website

2. Dani Rachmat

danirachmat

Lewat blognya, Dani Rachmat berhasil membalik asumsi umum soal topik keuangan dan finansial. Ketika umumnya orang menganggap kedua topik itu sebagai hal tabu dan sulit dipahami, blogger Indonesia ini erhasil menyajikan pembahasan keduanya dengan ringan dan tanpa menghilangkan detail informasi.

Dani yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia perbankan ini, menggunakan gaya bahasa kasual dan mudah dipahami di tiap kontennya. Persis seperti seorang teman sebaya yang mengajak Anda membicarakan hal-hal ringan.

Catatan inspirasi dari Dani Rachmat:

  • Pilih niche blog yang unik, spesifik, dan sesuai dengan keahlian Anda.
  • Buat downloadable content untuk audiens.
  • Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.
  • Terapkan prinsip-prinsip SEO dalam blog.

Download sekarang: 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO [e-book]

3. My Tips Cantik

mytipscantik

Harumi P.S adalah salah satu beauty blogger Indonesia yang terkenal lama berkecimpung di dunia kecantikan. Awal mulanya, ia suka berbagai tips dan bahasan soal beauty di akun Twitter-nya. Karena keterbatasan karakter, di tahun 2010 ia mengembangkan sayap ke channel blog.

Di semua kategori konten yang ada, blogger Indonesia ini selalu bisa membawakan topik-topik yang sangat menarik. Harumi sering memberikan rekomendasi dan ulasan brand kecantikan dari berbagai segmen. Ia berhasil memperkenalkan produk high-end sekaligus memberikan alternatif produk versi drug-store.

Catatan inspirasi dari My Tips Cantik:

  • Teruslah membuat konten secara konsisten.
  • Jajal berbagai channel media sosial yang menunjang konten Anda.
  • Gunakan blog website sebagai database link menuju konten-konten di platform yang berbeda.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Video Marketing

4. Iwan Banaran

iwanbanaran

Blogger Indonesia Iwan Banaran sebetulnya mengambil niche yang cukup spesifik. Namun, ini tak membuatnya terjebak pada topik bahasan yang itu-itu saja. Dia membagi kontennya dalam lima kategori utama, yaitu reviews, gosip motor, racing, modifikasi, dan galeri.

Dengan banyaknya kategori, banyak juga tenaga yang dihabiskan untuk membuat konten. Tapi nampaknya ini bukan jadi masalah bagi blogger Indonesia kelahiran Tulungagung ini. Jika Anda sering mengunjungi blog Iwan, sudah jelas kalau ia sangat sering mengunggah konten baru. Bahkan, dalam sehari ia bisa menerbitkan dua sampai tiga artikel.

Catatan inspirasi dari Iwan Banaran:

  • Bedah niche Anda ke berbagai ide konten yang menarik.
  • Buatlah konten secara terus-menerus dan konsisten. Semakin sering Anda membuat konten, semakin besar audiens kembali mengunjungi blog.
  • Kembangkan konten ke berbagai platform, misalnya YouTube dan Instagram.
  • Buat website toko online dengan tutorial WooCommerce sesuai dengan niche blog.

5. Hey Theresia

heytheresia

Tere adalah blogger Indonesia terkenal yang memiliki passion mendalam soal makanan. Dalam blognya, Hey Theresia, ia berbagi berbagai pengalaman mencicip makanan di berbagai restoran, berbagi resep, hingga berkreasi dengan berbagai produk makanan. Semua konten itu berhasil Tere kombinasikan ke dalam artikel bilingual, foto-foto yang menggugah selera, serta video YouTube yang oke punya.

Ide konten yang unik dan kreatif. Kedua hal itulah yang barangkali menjadi daya pikat blog terkenal ini. Tere berhasil menyajikan resep-resep panganan khas mancanegara seperti Hotteok (panekuk khas Korea), Salmon Mentai Rice, dan Beef Shirataki Mentai. Bukan sekedar resep-resep unik saja yang ditawarkan, Tere juga memberikan berbagai opsi bahan dan cara mendapatkannya.

Catatan inspirasi dari Hey Theresia:

  • Buat konten yang unik dan sediakan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.
  • Buat kreasi unik yang memungkinkan brand tertarik bekerja sama.
  • Kombinasikan konten tulisan dengan foto dan video menarik.
  • Perkuat tulisan dengan deskripsi sehingga pembaca bisa berimajinasi.

Baca juga: Sukses Menjadi Food Blogger dengan 4 Langkah Ini

6. Desty Baca Buku

destybacabuku

Salah satu book blogger Indonesia yang cukup senior adalah Pauline Destinugrainy atau Desty.

Ulasan-ulasan yang ditulis Desty sifatnya ringkas. Ia menjelaskan topik utama serta alur cerita buku-buku yang dibaca. Setelah itu, ia juga memberi sedikit catatan dan komentar soal buku tersebut. Di bagian akhir, ia menyertakan penilaian pribadi dalam bentuk star rating.

Catatan inspirasi dari Desty Baca Buku:

  • Buat konten secara konsisten dan terus-menerus.
  • Aktiflah berpartisipasi dalam berbagai perlombaan supaya bisa meningkatkan reputasi dan menambah pengunjung baru.
  • Ikuti komunitas blogger sesuai niche yang Anda minati.
  • Jual barang preloved yang masih berkaitan dengan blog Anda.

7. Bobby Ertanto (Virus Traveling)

virustraveling

Bobby Ertanto adalah seorang travel blogger Indonesia yang mengawali karirnya sejak tahun 2012 hingga saat ini. Blognya, Virus Travelling, fokus membagikan cerita menarik yang Bobby temui saat travelling, serta dia juga rutin membagikan tips saat melakukan perjalanan ke destinasi tertentu.

Elemen visual bukan satu-satunya yang membuat blog Virus Traveling inspiratif. Bisa dibilang, konten-konten di dalamnya lah yang membuat blog ini menarik dan unik. Bobby memiliki gaya storytelling yang cukup detail dan runtut. Di beberapa konten, ia tak hanya bicara soal pengalaman berkunjung suatu tempat tetapi juga mengupas kearifan lokal di lokasi tersebut. Maka, tak heran jika ia banyak diajak bekerjasama dengan berbagai brand dan layanan travelling kenamaan.

Catatan inspirasi dari Virus Traveling:

  • Pilih desain web yang mendukung jenis konten.
  • Tulis beberapa konten sampingan yang memiliki nilai informasi tinggi seperti kearifan lokal suatu daerah.
  • Sediakan informasi penting yang dibutuhkan pembaca seperti itinerary.
  • Tampilkan kontak dan berbagai data penting (pageviews, unique visitors, demografi pengunjung, followers media sosial, dsb) untuk meyakinkan brand agar bekerja sama dengan Anda.

8. The Conundrum Journal

afutami

Andhyta Firselly Utami atau Afu adalah blogger Indonesia di balik The Conundrum Journal. Pengamat sosial dan kebijakan publik lulusan dari Harvard University ini menuangkan berbagai refleksi dan opininya di blog. Ia mengaku semua tulisan di blognya adalah yang paling personal dan mungkin tak cukup layak ditampilkan di media-media arus utama.

Untuk konten utama dalam blog ini, bisa ditemukan di bawah menu Chapter. Terdapat 12 kategori konten yang terdaftar sebagai submenu. Anda bisa membaca berbagai konten bertema refleksi tahunan, kemanusiaan, bahasa, filsafat, politik, budaya, traveling, kepemimpinan, hingga perubahan iklim.

Catatan inspirasi dari The Conundrum Journal:

  • Jadikan blog sebagai arsip portofolio dari platform lain.
  • Fokus pada kualitas, pengalaman menarik, dan faktor unik untuk menambah nilai konten yang Anda buat.
  • Tulis konten yang banyak ditanyakan oleh pembaca seperti informasi beasiswa, tips dan trik karir, dsb.

9. PanduanIM

panduanim

Siapa yang tak kenal PanduanIM? Bagi sebagian besar internet marketer, konten-konten di PanduanIM merupakan bacaan wajib. Bagaimana tidak? Di dalamnya, Anda akan mendapatkan begitu banyak insight, panduan, dan studi kasus optimasi website untuk meningkatkan pendapatan dari website dan toko online.Dari deskripsi di ini saja, Anda harusnya paham seberapa berkualitas konten yang ada di blog satu ini.

Optimasi website, SEO, dan online marketing bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Ada begitu banyak informasi dan konsep yang perlu dipelajari. Maka dari itu, wajar jika sebuah topik bisa dibahas panjang lebar. Padahal Anda tahu sendiri bahwa artikel yang sangat panjang tak ramah bagi pembaca di Indonesia. Untuk mengakali hal ini, Darmawan ─ blogger Indonesia di balik PanduanIM ─ menulis artikelnya dengan cara spesifik. Kalimatnya dibuat sependek satu hembusan nafas dan paragraf yang tak kalah pendek.

Catatan inspirasi dari PanduanIM:

  • Tulis kalimat secara ringkas dan mudah dipahami dalam sekali baca.
  • Dukung konten dengan berbagai informasi dan data yang diperlukan.
  • Kumpulkan konten-konten yang ada dalam satu topik ke dalam satu halaman.
  • Buat alur supaya pembaca mudah membaca konten yang Anda sajikan.

10. Aff Moma

affmoma

Dyane Dorothy Aurora atau Rora ─ blogger Indonesia di balik Aff Moma ─ telah berkecimpung di dunia internet marketing sejak tahun 2006. Tak ayal kalau kalau tampilan dan kualitas kontennya sudah setara dengan blogger-blogger mancanegara.

Di sini, Anda bisa menemukan daftar artikel-artikel penting bagi pembaca yang masih memulai belajar internet marketing. Kedua adalah Blog di mana Anda bisa menemukan berbagai artikel yang sudah dikelompokkan dalam topik tertentu. Misalnya, topik soal blogging, WordPress, belajar SEO, dan sebagainya.

Catatan inspirasi dari Aff Moma:

  • Kenali dengan benar audiens Anda.
  • Buat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan selera audiens.
  • Kolaborasi dengan sesama blogger akan menambah nilai informasi dan meningkatkan pembaca baru.
  • Jika niche Anda cukup spesifik dan kaya informasi, dedikasikan satu halaman berisi artikel-artikel yang paling penting untuk dibaca terlebih dulu oleh audiens.

Apa Rahasia Sukses Blogger Indonesia Inspiratif?

Apa rahasia sukses di balik blogger Indonesia yang terkenal? Menjawab pertanyaan itu jelas lah susah-susah-gampang. Sebab, setiap blogger memiliki jurus pamungkasnya masing-masing untuk bisa menarik pembaca. Jadi mengungkap satu rahasia dan menerapkannya di blog pribadi, belum tentu menjamin kesuksesan Anda.

Namun, jangan buru-buru pergi! Kami tahu Anda tetap penasaran dengan pertanyaan di atas. Maka dari itu, kami berusaha mengamati sejumlah blogger Indonesia terbaik dan mencari pola mengapa mereka bisa sukses.

Sejauh ini ada dua faktor kuat yang membuat blogger inspiratif meraih kesuksesan. Pertama, perhatian pada aspek teknis. Kedua adalah kualitas konten. Supaya ringkas kedua faktor itu akan dijelaskan dalam poin berikut.

Perhatian pada aspek teknis.

  • Menggunakan top-level domain (TLD). Hampir semua blogger sukses menggunakan TLD untuk meningkatkan domain authority-nya. Dengan TLD, ada kemungkinan besar bagi Anda untuk menempati posisi atas dalam hasil pencarian Google. Anda bisa beli domain murah di Niagahoster. Cek ketersediaan calon nama domain dan dapatkan berbagai domain murah di sini.
  • Menginstal tema yang user-friendly. Tema website yang estetis tak hanya indah dipandang mata. Ia juga bisa mendongkrak kualitas konten yang Anda buat. Sebagai gantinya, audiens betah berlama-lama menikmati blog Anda. Sudah mengincar tema blog tertentu? Cari tahu di mana mendapatkannya lewat theme detector.
  • Perhatikan layout dan desain blog. Semua elemen yang bisa dilihat mata akan sangat mempengaruhi mau-tidaknya pengunjung kembali ke blog Anda. Semua hal mulai dari whitespace, pemilihan font, navigasi, dsb, harus mulai Anda perhatikan.
  • Optimasi gambar. Gambar beresolusi memang memuaskan untuk dipandang. Tapi sering kali, itulah yang menyebabkan waktu loading semakin lama. Di artikel berikut, Anda akan menemukan tips dan trik optimasi gambar.
  • Pegang prinsip SEO. SEO adalah kunci utama untuk menjadikan blog Anda menyenangkan untuk diakses. Baik bagi mesin pencari, maupun pembaca manusia. Baca 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website untuk dapatkan insight lebih lengkap.

Di samping hal-hal teknis, kualitas konten juga sangat penting untuk diperhatikan. Toh, pada akhirnya, Anda menulis untuk pembaca manusia. Bukan untuk mesin. Maka dari itu coba pilih topik blog menarik yang Anda kuasai sekaligus memiliki banyak peluang disukai pengunjung. Dari situ kembangkan topik menjadi suatu konten yang kaya informasi, nilai-nilai personal, cerita unik, dan bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger

Apakah Kamu Sudah Dapat Inspirasi Sekarang?

Semoga sudah ya. Kan, kita sudah belajar apa saja hal yang penting bagi sebuah blog inspiratif. Tak lupa juga, kita mengintip bagaimana para blogger Indonesia mampu menerapkan prinsip penting tersebut ke dalam blognya.

Untuk performa blog yang lebih on, jangan lupa pakai paket hosting website + domain punya Niagahoster. Mulai dari Rp38.900 per bulan, Anda bisa dapatkan blog berekstensi .COM (atau ekstensi TLD lain sesuka Anda).

Bukan cuma itu saja, Anda juga sekaligus mendapatkan unlimited bandwidth dan disk space, SSL gratis, website builder, dan layanan customer service 24/7. Menarik, bukan? Yuk, buat blog dengan WordPress Hosting Indonesia Terbaik.

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

3 Replies to “9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow”

  1. Saya belajar banyak dari PanduanIM, meski sekarang belum bisa seperti beliau. Tapi kontennya memang sangat bemanfaat terutama dalam dunia blogging. Saya pun jadi mengetahui blogger-blogger yang berkualitas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *