Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

11 Website Penyedia Blog Gratis Terbaik & Terpopuler

4 min read

Cara Membuat File .htccess

Ada beberapa aplikasi atau platform yang dapat memudahkan Anda untuk mengikuti cara membuat website gratis guna mempublikasikan artikel-artikel Anda. Beberapa tidak perlu membutuhkan kemampuan teknis yang baik, cukup mengikuti beberapa panduan sederhana dan Anda sudah bisa membuat konten yang bisa diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia.

Daftar Website Penyedia Blog Gratis Tebaik &  Populer

Berikut ini beberapa platform/website populer untuk membuat blog gratis yang bisa Anda coba:

1. WordPress.com

WordPress merupakan salah satu platform pembuatan website terkenal di dunia. WordPress menyediakan dua layanan utama, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca artikel Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com dapat Anda gunakan secara gratis. Pengguna cukup mendaftar pada halaman website dan langsung dapat membuat website menggunakan server hosting web milik WordPress.

Platform ini sangat fleksibel digunakan karena Anda dapat menambahkan berbagai macam plugin, mengganti tema, dan bahkan menggunakan tema Anda sendiri. Ada ratusan bahkan ribuan tema dari toko online, aplikasi perkantoran, hingga teknologi terbaru yang bisa Anda temukan ketika menggunakan platform WordPress.com. Namun beberapa fitur bisa digunakan ketika Anda menggunakan akun bisnis atau berbayar.

2. Medium.com

Medium.com adalah salah satu platform penulisan yang bisa Anda gunakan secara gratis. Medium dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan salah satu pengembang Blogger, bersama dengan Biz Stone. Sejak tahun 2012 Medium.com sudah digunakan olehbanyak penulis untuk membagikan tulisannya. Tampilan yang menarik dan terkesan minimalis membuat orang-orang betah untuk berselancar di dalamnya.

3. Penzu.com

Dengan jargon “Your Private Online Journal”, Penzu.com menawarkan platform berbagi journal dengan tingkat keamanan yang tinggi. Penzu menjaga journal Anda tetap aman dengan proteksi password ganda dan enkripsi militer yang sangat kuat untuk memastikan apa yang Anda masukkan aman di Penzu Vault.

Selain itu fleksibilitas yang ditawarkan juga menjadi daya tarik sendiri seperti adanya tiga jenis/tipe blog yang ditawarkan: Daily Diary (publik), Ekspresif Journal (pribadi), dan Travel Journal.

4. Webs.com

Webs.com merupakan website yang cukup mudah digunakan untuk membangun situs yang menarik. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan antarmuka berbasiskan browser cukup dengan melakukan drag dan drop elemen untuk menyesuaikan halaman. Platform ini cocok untuk Anda yang ingin membuat web profesional seperti company profile.

Tidak hanya company profile, pengguna juga dapat membuat berbagai jenis website sesuai dengan tujuan dan kegunaannya masing-masing.

5. Weebly.com

Weebly.com adalah website builder yang sangat lengkap untuk membantu Anda untuk menyusun/membangun website secara cepat; tanpa melakukan coding. Pengguna dapat membuat website pribadi, bisnis, event, portofolio, dan blog. Tersedia juga beberapa tema yang bisa digunakan langsung tanpa harus menyusunnya dari awal.

Weebly.com juga menawarkan pengembangan website dengan drag dan drop saja. Anda bisa menyesuaikan tampilan tanpa harus berurusan dengan baris kode. Bahkan, tersedia juga lebih dari 200 aplikasi dengan kualitas yang baik yang membuat pengembangan website menjadi lebih simpel. Aplikasi tersebut seperti penjadwalan (scheduling), akuntansi (accounting), chat langsung (live chat), dan masih banyak lagi.

6. Wix.com

Wix.com hadir untuk menantang website builder lainnya. Mereka menawarkan pengembangan website dari yang sangat simpel buat pengguna baru atau pengguna yang sudah terbiasa di dalam pengembangan website. Sampai dengan saat ini Wix.com sudah digunakan lebih dari 125 juta pengguna di seluruh dunia.

Ada ratusan template profesional yang untuk dan berbeda dari yang lain. Sama seperti website builder pada umumnya, Wix.com juga menawarkan beberapa aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan website sesuai dengan kebutuhan, seperti toko online dan sosial media.

7. Blogger.com

Platform ini tentu tidak asing lagi buat Anda. Blogger.com bahkan sudah ada sejak saya sendiri masih kecil. Tercatat platform ini sudah ada sejak tahun 2003 yang dikembangkan oleh Google melalui Pyra Labs. Pada umumnya blogger diakses menggunakan alamat domain blogspot.com.

Ini adalah salah satu platform yang sangat terkenal saat ini. Jaminan keamanan dan kemudahan yang diberikan karena terintegrasi dengan Google menjadi nilai positif yang dimiliki oleh platform ini.

Pengembangan website pun cukup mudah. Navigasi yang disediakan tidak terlalu membingungkan bagi pengguna yang bahkan sama sekali belum pernah membukanya. Selain itu, ada fitur custom domain yang bisa Anda gunakan untuk membuat website dengan menggunakan domain Anda (domain berbayar) sendiri secara gratis tanpa harus upgrade atau membayar harga domain.

8. Postach.io

Para pengembang Postach adalah orang-orang yang ikut serta di dalam pengembangan aplikasi pencatatan seperti Evernote. Postach.io dengan jargonnya “easiest way to blog” menjadi salah satu platform pembuatan website yang terintegrasi dengan beberapa aplikasi pencatatan online.

Salah satu fitur dari Postach adalah integrasi dengan Evernote. Anda hanya cukup menghubungkan aplikasi catatan (Evernote) ke Postach.io dan kemudian menandai catatan menjadi “Pusblised” sehingga bisa diakses oleh banyak orang.

Anda juga dapat melakukan beberapa penyesuaian seperti tema, penambahan dari website lain, komentar Disqus, dan opsi untuk menggunakan Dropbox sebagai pengganti untuk menyimpan konten. Cukup menarik, bukan?

9. Pen.io

Hal yang berbeda dilakukan oleh Pen.io. Tidak seperti yang lainnya, Pen.io tidak memerlukan login. Namun, sebagai gantinya, Anda harus menentukan alamat URL untuk menentukan artikel dan mengatur password untuknya. Ini memang bukan blog yang menggunakan konsep tradisional seperti apa yang sering kita lihat saat ini, jadi mungkin akan terlihat sedikit aneh.

Anda dapat menambahkan gambar hanya dengan melakukan drag dan drop. Kemudian juga bisa membuat artikel beberapa halaman dengan menggunakan tag.

10. Tumblr.com

Yang terakhir adalah Tumblr.com. Platform ini beberapa waktu lalu sempat menuai kontroversi terkait dengan pemblokiran dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tumblr diblokir karena dianggap menyebarkan konten yang melanggar undang-undang. Pemblokiran Tumblr sudah terjadi sebanyak dua kali sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang. Namun saat ini sudah bisa diakses kembali.

Tumblr ternyata menjadi idola di beberapa blogger. Mereka menganggap bahwa platform ini memberikan visualisasi yang sangat menarik. Konten seperti gambar, video, musik, dan beberapa lainnya dapat ditampilkan dengan mudah. Sekaligus ada banyak cara untuk menampilkan konten-konten ini di website.

11. Livejournal.com

Ternyata ada yang lebih ‘tua’ dibandingkan dengan Blogger. Platform ini adalah salah satu veteran dari daftar ini, LiveJournal memulai pengembangan pada tahun 1999.

Jika dilihat-lihat ini bukan termasuk platform yang sepenuhnya platform karena juga menjadi wadah dari sebuah komunitas yang memberikan penggunanya ruang sendiri. LiveJournal merupakan salah satu platform yang digunakan untuk diskusi sekaligus untuk menulis.

12. Ghost.org

Mungkin platform blog gratis ini tidak familiar di telinga Anda. Ya, Ghost CMS adalah platform blogging baru yang mungkin bisa bersaing dengan WordPress dan Blogger. Platform blogging yang didirikan oleh John O’Nolan pada tahun 2013 ini merupakan open source blogging platform yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Salah satu kelebihan platform blog gratis ini adalah navigasi yang mudah dipahami oleh blogger pemula sekalipun. Karena dibuat dengan JavaScript, Ghost memiliki waktu akses yang cepat.

Seperti WordPress, Ghost juga memiliki dua layanan hosted dan non hosted. Jika Anda ingin mencoba untuk pertama kalinya, bisa menggunakan versi hosted nya.

Kesimpulan

Ada banyak website yang bisa menjadi sarana untuk menyebarkan tulisan Anda secara gratis dan mudah. Selain menawarkan kemudahan, mereka juga memberikan tampilan yang menarik sehingga tidak membosankan bagi pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa menggunakan beberapa platform sekaligus untuk menyebarkan tulisan-tulisan atau konten yang ingin Anda buat. Untuk belajar caranya, Anda bisa simak panduan membuat blog dengan mudah.

Oh ya, selain teknologi penyedia blog gratis di atas, kami Niagahoster juga ada loh hosting gratis untuk Anda yang ingin bereksperimen mengenai website atau untuk hanya sekedar untuk mengetahui fitur sebuah hosting, yuk ikuti tautan hosting gratis Indonesia ini.

Tunggu apa lagi, kita manfaatkan teknologi sebaik mungkin sehingga bisa digunakan untuk menyebarkan konten yang kita buat ke seluruh dunia.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat. Kami menyediakan beberapa informasi setiap minggunya, Anda bisa melakukan subscribe untuk mendapatkan notifikasi langsung dari kami.

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *