Categories: Tips & Trik

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?

Lalu, apakah Black Friday sendiri sudah ada di Indonesia? Kira-kira apa saja ya, yang harus dipersiapkan supaya tidak ketinggalan event ini?

Tenang saja, artikel ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut. Namun sebelum itu, yuk kenali dulu apa itu ajang Black Friday dan asal mulanya.

Apa itu Black Friday?

Black Friday adalah event belanja tahunan yang memberikan banyak diskon. Kenapa dinamakan Black Friday dan dikaitkan dengan diskon?

Begini penjelasannya. Black Friday sebenarnya digunakan untuk menandai hari Jumat setelah perayaan ThanksGiving, yaitu tradisi ucap syukur masyarakat Amerika. Nah, pada perkembangannya, Black Friday menjadi sarana bagi pebisnis untuk mengucap syukur dengan berbagi diskon dengan konsumennya.

Tanggal pelaksanaan Black Friday setiap tahun selalu berbeda, disesuaikan dengan Jumat keempat di bulan November. Pada tahun ini, Black Friday akan jatuh pada tanggal 27 November 2020.

Lalu, apa yang terjadi saat Black Friday berlangsung?

Pada hari tersebut, banyak toko atau penjual yang akan menawarkan promo besar-besaran. Mulai dari banting harga, pembagian kupon promo, hingga berbagai keistimewaan lain. Inilah yang membuat Black Friday menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah Black Friday juga ada di Indonesia?

Tentu saja, ada. Meskipun tradisi ini berasal dari Amerika Serikat dan Eropa, Indonesia juga menyelenggarakan event Black Friday. Namun, tentu saja belum sepopuler di negara asalnya karena event tersebut baru mulai dilaksanakan tahun 2017 yang lalu.

Di Indonesia, penyelenggaraan Black Friday bermula dari beberapa e-commerce yang menawarkan diskon besar-besaran tepat pada perayaan Black Friday berlangsung. Pada akhirnya, kegiatan ini menjadi event rutin. Tak hanya itu, tiap tahunnya, semakin banyak jumlah toko online yang turut berpartisipasi dalam ajang Black Friday ini.

Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang Black Friday? Kami punya beberapa tipsnya. Mari simak penjelasan berikutnya!

10 Persiapan Menyambut Black Friday 2020

Untuk menyambut ajang Black Friday, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal  sebagai berikut:

1. Membuat Daftar Kebutuhan

Menyiapkan daftar kebutuhan merupakan hal penting untuk menyambut Black Friday. Tentukan produk apa yang sebenarnya ingin Anda beli. Misalnya, barang-barang kebutuhan rumah tangga, kantor, gadget, bahkan hingga kebutuhan hosting untuk website. Dengan daftar tersebut, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pembelian nantinya.

Selain itu, dengan memiliki daftar kebutuhan, Anda bisa semakin fokus untuk mendapatkan promo lebih cepat. Sebab, terkadang promo yang ditawarkan terbatas, baik dari jumlah produk atau waktu penyelenggaraannya.

Bukan itu saja, membuat daftar kebutuhan bisa sebagai cara agar Anda bisa mencari promo terbaik Black Friday dari beberapa penjual produk yang sama.

Promo Domain Murah Niagahoster

2. Menyiapkan Budget Khusus

Anda tentu tidak mau kan saat Black Friday digelar tapi sudah tidak memiliki anggaran belanja? Oleh karena itu, siapkan jauh-jauh hari anggaran belanja khusus untuk Black Friday.

Dengan menyiapkan budget khusus, Anda bisa mengelola aktivitas belanja lebih baik saat Black Friday. Selain itu, Anda tidak berisiko untuk menggunakan anggaran keuangan lain di luar perencanaan. Sebab, penawaran diskon saat Black Friday banyak yang menarik lho.

3. Memantau Website, Aplikasi dan Media Sosial Resmi

Black Friday digelar oleh banyak toko online dan berbagai perusahaan, termasuk Niagahoster. Lalu, bagaimana Anda tahu bahwa mereka sedang mengadakan event diskon Black Friday?

Cukup mudah. Anda bisa memantau website, aplikasi, hingga sosial media resmi milik perusahaan atau toko online tersebut. Sebab, di media itulah informasi promo Black Friday akan diinfokan beberapa waktu sebelumnya.

4. Melakukan Riset

Anda selalu melakukan riset sebelum memutuskan membeli suatu produk kan? Nah, sama halnya saat menyambut event Black Friday.

Setidaknya ada dua jenis riset yang perlu Anda lakukan. Pertama, memilih penjual/toko online-nya. Carilah toko online yang menjual barang-barang yang Anda butuhkan dengan reputasi yang baik. Hal ini untuk mencegah Anda mendapatkan kualitas barang yang buruk.

Kedua, Anda bisa mulai membaca berbagai review, rating dan komen produk yang akan dibeli. Akan lebih baik jika review produk tersebut bagus dan penjualnya juga terpercaya. Dengan demikian, pada tanggal pelaksanaan, Anda akan lebih mantap melakukan pembelian ke penjual yang dituju.

5. Membandingkan Harga

Anda perlu membandingkan harga dari masing-masing toko online yang menjual produk yang sama. Hal ini akan membantu Anda dalam menghemat biaya pengeluaran.

Nah, jika Anda menemukan sebuah produk dengan kualitas baik tapi dengan harga lebih murah, jangan lupa masukkan dalam item favorit atau bookmark Anda. Apabila mampu menghemat anggaran, kesempatan belanja Anda lebih banyak, bukan?

6. Mempelajari Syarat dan Ketentuan

Setiap promo memiliki syarat dan ketentuan. Jadi, pelajarilah dengan baik agar Anda bisa tetap membeli produk sesuai dengan promo yang ditawarkan.

Sebagai contoh, sebuah toko mengadakan promo “Beli 2 diskon 50%”. Nah, Anda perlu membaca dahulu ketentuannya. Apakah diskon 50% berlaku untuk keduanya atau pembelian yang kedua saja yang mendapatkan diskon. Lalu, Anda bisa menimbang apakah promo tersebut masih menguntungkan untuk Anda.

Contoh lain, promo Black Friday Niagahoster tahun lalu yang memberikan diskon 75% langsung tanpa perlu memasukkan kupon khusus.

Ketelitian Anda memahami syarat dan ketentuan promo Black Friday akan membuat momen belanja Anda lebih nyaman.

7. Memanfaatkan Promo Early Bird

Tak jarang, beberapa toko mengadakan promo early bird saat momen Black Friday. Jangan lewatkan kesempatan tersebut.

Early bird promo adalah promo khusus yang khusus diberikan kepada beberapa pembeli pertama.  Baik berupa potongan harga atau hadiah khusus.

Anda akan lebih mudah mendapatkan early bird promo jika selalu update informasi tentang produk yang akan dibeli.

8. Memanfaatkan Promo Free Ongkir

Apa artinya mendapat promo diskon tapi biaya ongkirnya mahal? Sangat disayangkan bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk berbelanja pada toko yang memberikan free ongkir saat Black Friday ya.

Promo free ongkir yang ditawarkan biasanya beragam. Mulai dari free ongkir seluruh wilayah Indonesia, untuk wilayah tertentu atau free ongkir dengan minimal pembelian tertentu. Pilihlah yang paling menguntungkan Anda.

9. Menggunakan Promo dari Bank

Event Black Friday sering didukung oleh beberapa bank. Biasanya bank akan memberi penawaran khusus bagi pengguna yang melakukan transaksi dengan kartu debit atau kredit bank tersebut.

Nah, gunakanlah kartu debit/kredit bank tersebut saat melakukan transaksi. Keuntungan yang Anda dapatkan pun bisa jadi berlipat. Sudah mendapatkan promo toko, ditambah lagi mendapatkan promo bank. Menarik bukan?

10. Menggunakan Kupon Hadiah

Selain menawarkan promo, beberapa penjual atau perusahaan juga sering menawarkan kupon hadiah. Manfaatkanlah kupon yang diberikan untuk mendapatkan extra diskon hingga berbagai hadiah menarik.

Meskipun di luar Black Friday, kupon promo memang sering dibagikan, tapi saat event tersebut jumlah penawarannya semakin meningkat.

Siap Menyambut Black Friday 2020?

Sekarang Anda sudah tahu kan tentang Black Friday? Pasti Anda sudah semakin tidak sabar menyambut datangnya ajang ini datang, ya!

Di artikel ini, kami sudah membagikan tips jelang Black Friday seperti:

  • Membuat daftar kebutuhan belanja
  • Menyiapkan budget khusus
  • Memantau website dan media sosial resmi
  • Melakukan  riset
  • Membandingkan harga produk
  • Mengetahui syarat dan ketentuan
  • Mendapatkan promo early bird
  • Mendapatkan promo free ongkir
  • Memanfaatkan promo dari bank
  • Menggunakan kupon hadiah

Jadi bagaimana, sudah siap menyambut Black Friday 2020?

Oh iya, Niagahoster juga akan ikut meramaikan event belanja tahunan ini, lho. Apa saja kejutan promo menarik yang akan diberikan? Update terus informasi Anda melalui sosial media dan situs resmi Niagahoster. Sampai bertemu di ajang Black Friday 2020!

Promo Unlimited Hosting Diskon hingga 75%

Salmaa Awwaabiin

Dedicate herself to writing and sharing about Digital Marketing, SEO and WordPress.

Share
Published by
Salmaa Awwaabiin

Recent Posts

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama…

18 hours ago

Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Apa persamaan pemilik website dan pembalap? Keduanya sama-sama menganggap penting hitungan detik.  Jika pembalap memanfaatkan selisih detik untuk memenangkan pertandingan,…

2 days ago

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

3 days ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

4 days ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

5 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

5 days ago