Domain

Melihat Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain (Menguntungkan!)

Jika Anda ingin memulai usaha yang simple tapi menguntungkan, bisnis jual beli nama domain adalah salah satunya.

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Sumber: First Site Guide

Buktinya, Google Trend juga menunjukkan pencarian keyword ‘domain’ di Indonesia yang popularitasnya cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Tapi bukan hanya itu saja, masih banyak lagi peluang usaha dari jual beli domain yang sayang jika Anda lewatkan. Nah di artikel ini, kami akan membahas mulai dari peluang hingga cara menjual domain yang efektif. Penasaran? Yuk lanjut baca!

3+ Keuntungan Bisnis Domain

Domain adalah alamat untuk mengantarkan orang-orang ke website tertentu. Melihat fungsinya, tentunya banyak individu hingga perusahaan yang membutuhkan. Tak heran, keuntungan bisnis domain pun melimpah, yaitu:

1. Mudah Dimulai

Tak butuh keahlian khusus, siapapun bisa memulai bisnis jual beli nama domain. 

Bahkan, tak butuh modal banyak untuk melakukannya. Sebab, harga beli domain mulai dari sekitar Rp15ribu hingga ratusan ribu sesuai kebutuhan.

2. Bekerja Sebagai Digital Nomad

Apakah Anda bermimpi menjadi digital nomad? Kalau iya, bisnis nama domain cocok untuk Anda jalankan. 

Karena cara kerja usaha ini cukup fleksibel, Anda bisa berdagang di mana saja dan kapanpun. Yang penting, Anda punya komputer ataupun hp, serta koneksi internet. 

3. Persaingan Rendah

Bisnis jual beli nama domain terbilang baru, setidaknya di Indonesia. Sehingga, belum banyak orang yang tahu dan menjalankannya.

Itu alasannya, jika Anda memulai usaha ini sesegera mungkin, persaingannya masih cukup rendah. Jadi, potensi Anda untuk menguasai pasar pun juga besar.

4. Potensi Penghasilan Besar

Seperti yang Anda tahu, persaingan jual beli domain cukup rendah padahal permintaannya di pasar tinggi. Tak heran, potensi penghasilannya pun fantastis.

Menurut Fit Small Business, keuntungan bisnis jual domain mencapai sekitar Rp14juta-Rp111juta per tahun. Menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Beli Domain untuk Investasi, Mengapa Tidak?

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Meski terlihat mudah dan sederhana, tetap saja ada trik khusus supaya bisnis jual beli domain Anda laris. Kira-kira, begini tips cara bisnis jual beli nama domain:

1. Tentukan Fokus

Di dunia internet, ada banyak jenis website. Tanpa menentukan fokus, target pasar Anda akan terlalu banyak sehingga mengaburkan arah bisnis. Oleh sebab itu, lebih baik Anda membuat domain yang sudah pasti laku di segmentasi tertentu.

Sebagai gambaran, ini jenis-jenis website yang bisa Anda jadikan fokus:

  • Blog atau website pribadi;
  • E-commerce atau toko online;
  • Website perusahaan;
  • Organisasi atau instansi pemerintah;
  • Portal berita;
  • Komunitas online;
  • dll.

Nah, penggunaan nama domain untuk setiap jenis website di atas itu berbeda-beda. Jadi, Anda harus terlebih dahulu memahami peruntukan setiap ekstensi domain. Kami akan membahasnya pada poin selanjutnya.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

2. Pahami Penggunaan Ekstensi Domain

Sebelum melakukan cara menjual domain, pahamilah penggunaan ekstensi domain. Sebab, setiap ekstensi domain punya fungsi yang berbeda. Misalnya:

  • .COM, untuk situs-situs komersial seperti bisnis, portfolio, dsb;
  • .ORG, untuk organisasi ataupun komunitas;
  • .CO.ID, untuk perusahaan yang secara legal beridentitas Indonesia;
  • .GO.ID, untuk situs instansi pemerintah Indonesia;
  • Dll.

Selain penggunaan ekstensi domain di atas, masih banyak lagi tata cara penggunaan domain. Yang mana, setiap ekstensi juga punya kelebihannya masing-masing, sesuai jenis website-nya.

Supaya lebih jelas, Anda bisa mempelajari detailnya di artikel-artikel ini:

  1. 5+ Pentingnya Domain .SITE untuk Bisnis Anda
  2. Punya Startup? Gunakan Saja Domain .TECH
  3. Kenapa Domain .XYZ? Ini 5+ Contoh Website Keren yang Menggunakannya!
  4. 3+ Kegunaan Domain .STORE yang Belum Banyak Diketahui
  5. 5 Alasan menggunakan Domain MY.ID untuk Website
  6. Mengapa Anda Harus Menggunakan Domain .COM?
  7. Domain .COM Tidak Tersedia? 7 Domain Unik Ini Bisa Jadi Alternatif

Baca Juga: Perbedaan Domain dan Hosting

3. Pastikan Nama Domain Punya Nilai Jual

Pastinya, nama domain cukup menentukan keberhasilan bisnis jual beli domain. Jadi yang harus Anda pikirkan di awal ketika memilih nama domain yaitu: mengapa calon konsumen Anda membutuhkannya?

Karena itu, untuk merumuskan nama domain yang punya nilai jual, penting unutk mengenali kebutuhan target pasar Anda. Kira-kira, ini beberapa strategi untuk ‘nyetok’ nama domain:

  • Beli domain baru. Artinya, Anda menciptakan nama domain sendiri. Jadi, Anda harus melakukan riset untuk mencari nama domain yang belum terdaftar dan membelinya sebelum keduluan pihak lain;
  • Beli domain dengan page rank. Anda membeli domain bekas yang sudah punya reputasi bagus di mata Google. Biasanya berasal dari situs-situs yang sudah kadaluarsa dan tidak memperpanjang domainnya lagi;
  • Beli domain baru sekaligus membangun page rank sendiri. Dengan strategi gabungan ini, Anda membeli domain baru dan sengaja membangun page rank-nya dengan teknik SEO, untuk kemudian Anda jual kembali.

Baca Juga: 111+ Nama Toko Online yang Bagus & Belum Dipakai + Maknanya

4. Pilih Layanan Penyedia Domain Berkualitas

Tips jual beli domain berikutnya, pilihlah layanan penyedia domain yang berkualitas. Secara garis besar, memang domain hanyalah alamat website. Namun, penyedia domain menentukan kelancaran bisnis Anda di kemudian hari.

Loh, kok bisa begitu?

Alasannya, pelayanan yang ditawarkan setiap penyedia domain itu berbeda-beda. Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa memborong berbagai domain sekaligus mendapat jaminan berikut ini:

  • Tersedia berbagai jenis ekstensi. Mulai dari .COM sampai .XYZ;
  • Dukungan teknis 24/7 dari customer support terbaik;
  • Fitur kelola domain yang lengkap melalui DNS Management;
  • Integrasi blogspot hanya dengan sekali klik;
  • Banyak promo domain murah.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek ketersediaan nama domain dengan mudah. Cukup masukkan ekstensi yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian domain di website Niagahoster.

5. Jual Beli Domain Anda Sekarang

Setelah mengumpulkan stok nama domain, sekarang saatnya melakukan pemasaran. Ada beberapa cara untuk cara jual beli domain:

  • Menjual domain lewat marketplace domain. Contohnya menjual domain di SEDO.
  • Menjual domain lewat website pribadi/bisnis. Artinya, Anda membuat website untuk menjajakan domain Anda. Yang mana, customer bisa memesan secara mandiri lewat situs tersebut.

Agar lebih mudah menjalankan bisnis jual beli domain, Anda juga bisa lho bergabung ke program reseller seperti Niagahoster Partner

Niagahoster Partner memungkinkan Anda membangun bisnis jual beli domain pada website sendiri. Dengan program ini, Anda bisa memasang domain checker di situs Anda. Bahkan, melakukan order secara mandiri. Sehingga, calon pembeli Anda lebih mudah dalam bertransaksi.

Contoh domain checker DakiHoster, fitur bawaan dari plugin Niagahoster Partner

Serunya lagi, Anda akan mendapatkan dasbor Reseller Area. Yang mana, dasbor ini merekam seluruh aktivitas transaksi dan memungkinkan Anda mengelola pesanan klien. Mulai dari memantau order masuk hingga lunas. Mudah dan praktis, bukan?

Sudah Siap Berbisnis Jual Beli Nama Domain?

Sekarang, Anda sudah cukup paham tentang bisnis jual beli nama domain. Bisa Anda simpulkan, bisnis ini cukup potensial di masa depan. Dengan cara kerja yang terbilang santai, Anda bisa meraih setidaknya Rp14juta/tahun.

Tapi penting Anda ingat, menjual domain saja tidak cukup. Anda juga harus pandai memilah penyedia domain yang cocok dijadikan mitra bisnis. Sehingga jika terjadi masalah, seperti domain error, Anda tahu harus mengurus ke mana dan bagaimana pertanggungjawabannya.

Nah jika Anda masih cukup baru dalam industri ini, kami sarankan untuk bergabung ke program reseller seperti Niagahoster Partner.

Lewat program ini, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk menjalankan bisnis secara profesional.

Dan tak hanya jualan domain, Anda juga bisa menjual produk hosting dari Niagahoster, lho. Jika bisnis sudah makin oke, membangun bisnis jasa pembuatan website juga sangat memungkinkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo wujudkan impian Anda sebagai pebisnis!

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

13 hours ago

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal?  Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar…

15 hours ago

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur…

5 days ago

Kenapa Pilih Niagahoster? Ini Kata Pelanggan Tentang Kualitas Niagahoster

Penasaran dengan performa hosting Niagahoster yang sebenarnya? Yuk simak fakta dan ulasan dibalik kualitas Niagahoster!

5 days ago

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan…

6 days ago

Ini 5+ Bahasan Menarik WordCamp Gresik 2022!

WordCamp Gresik sukses digelar dengan antusiasme luar biasa. Ingin tahu rekap dan hal menarik WordCamp Gresik 2022? Baca artikel ini…

1 week ago