Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

11+ Ide Bisnis Digital Yang Paling Menjanjikan di Tahun 2023

8 min read

bisnis digital

Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik. 

Lalu, apa saja bisnis era digital yang menjanjikan di tahun 2023 ini? Pilihannya banyak sekali, namun Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Di artikel ini, kami telah merangkumnya untuk Anda.

Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu bisnis digital dan juga keunggulannya. 

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk menciptakan atau memasarkan suatu produk.

Oh ya, bisnis digital adalah bukan cuma tentang produk digital seperti software, atau produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik). 

Jadi, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik melalui website atau aplikasi termasuk dalam kategori bisnis digital. Ecommerce adalah salah satu contoh bisnis digital. 

Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.

Pada prakteknya, banyak sekali contoh bisnis digital yang terbukti mampu menghasilkan omset yang menggiurkan. Salah satu contohnya, Ade Iskandar. Ialah sosok di balik sukses datangya.com, sebuah website yang menawarkan jasa pembuatan undangan online.

Ide yang dimiliki sungguh kreatif, yaitu berawal dari keinginan untuk mengurangi penggunaan kertas undangan yang pada akhirnya terbuang sia-sia. Bagaimana tanggapan masyarakat tentang bisnis ini? Sangat baik! Hingga saat ini, jumlah undangan yang telah terkirim mencapai 190 ribu.

Pesan yang bisa kita ambil adalah siapa saja bisa belajar berbisnis online dan peluang bisnisnya masih terbuka lebar. Anda bisa saja menjadi sosok sukses berikutnya.

11+ Ide Bisnis Digital Terbaik

Baiklah. Mari kita masuk ke daftar 13 ide bisnis digital yang bisa Anda coba di tahun 2023:

 1. Membangun Toko Online

toko online sebagai salah satu ide bisnis digital

Membuat toko online adalah membangun sebuah website atau platform sebagai sarana bagi transaksi pembelian produk secara online. 

Karena potensi bisnis ecommerce yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu contoh bisnis digital terbaik. 

Anda mungkin langsung membayangkan platform ecommerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah. Namun, ada satu hal yang perlu Anda ingat: membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan bijaksana. Apa saja kelebihannya?

Pertama, toko online Anda akan tampil beda. Baik dari sisi branding maupun customer experience yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Anda bisa dengan leluasa mengatur bagaimana produk akan ditampilkan. Selain itu, kemampuan mengelola toko online dengan baik menunjukkan Anda seorang penjual yang berpengalaman. Kesan ini kurang bisa muncul ketika bergabung ke marketplace.

Kedua, Anda tidak tergantung dengan pihak lain. Dengan memiliki toko online sendiri, Anda memiliki kendali penuh untuk menyelesaikan setiap permasalahan mungkin muncul. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cara memulai bisnis dari nol sesuai yang rencana untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ketiga, membuat toko online Anda sendiri itu mudah. Tanpa keahlian pemrograman pun Anda mampu membuat sebuah toko online yang profesional. Saat ini, sudah banyak platform manajemen konten yang memudahkan pembuatan website bahkan bagi pemula sekalipun. Salah satunya adalah menggunakan layanan hosting untuk WordPress. Anda akan lebih mudah mengelola website

bahkan bagi pemula sekalipun. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut cara membuat website toko online, panduan ini dapat membantu Anda.

2. Menekuni Bisnis Afiliasi

bisnis afiliasi sebagai salah satu ide bisnis digital

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. 

Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.

Jika Anda menekuni contoh bisnis digital ini dengan baik, Anda bisa saja meraih kesuksesan seperti halnya Hadi Hartono dan Pat Flynn. Di halaman websitenya, Pat Flynn menyebutkan penghasilan dari bisnis digitalnya mencapai angka $2 juta. Luar biasa!

Ada banyak sekali program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Amazon Affiliate yang menjual produk internasional untuk pelanggan global. Niagahoster sendiri memiliki program afiliasi yang bisa Anda pelajari lebih lanjut di artikel kami tentang apa itu affiliate marketing

3. Menjadi Seorang Youtuber

Tahukah Anda berapa penghasilan YouTuber? Rp. 43 miliar setahun!

Ya, Anda tidak salah dengar. Ria Ricis adalah nama YouTuber dengan penghasilan tersebut. Ketekunannya dalam menyajikan konten yang menarik di akun YouTubenya membuatnya memiliki hingga 17 juta subscriber

Menjadi YouTuber dan memproduksi berbagai konten yang unik terbukti bisa menjadi sebuah contoh bisnis digital yang menjanjikan. 

Satu hal yang menarik dari YouTube adalah setiap orang memiliki kesempatan untuk meraih sukses yang sama. Yang perlu Anda pikirkan adalah apa yang menjadi keahlian Anda dan juga menarik untuk dijadikan konten.

Dari manakah penghasilan yang Anda dapatkan? Bisa dari iklan atau dari review berbayar yang Anda lakukan.

4. Menjajal Bisnis Dropship

bisnis dropship sebagai salah satu ide bisnis digital

Dropship adalah contoh bisnis digital yang memungkinkan Anda menjual suatu produk tanpa memikirkan gudang dan pengiriman barang. Jadi, Anda cukup mengandalkan kemampuan menjual Anda saja. 

Inilah yang perbedaan dropshipper dan reseller yang utama.

Selain itu, dropship juga berbeda dengan afiliasi. Di bisnis affiliasi, tugas Anda adalah seorang marketer yang menawarkan suatu produk, di bisnis dropship, Anda benar-benar menjual barang tersebut dan menerima uang dari pembeli. 

Keuntungan bisnis dropship berasal dari selisih uang yang Anda terima dari pembeli dengan jumlah uang yang Anda bayarkan kepada produsen barang. 

Satu hal yang paling unik dari dropship adalah produsen lah yang bertugas mengirimkan barang kepada konsumen. 

Singkatnya, dropshipper bertugas sebagai penghubung antara penjual dan pembeli barang.

Alasan dropshipping bisa menjadi bisnis digital yang menarik adalah Anda bisa memulainya tanpa modal dan menentukan sendiri produk apa yang ingin Anda jual.

Cek juga: Program Reseller Hosting Niagahoster [Daftar Gratis!]

5. Menjadi Blogger Terkenal

menjadi blogger sebagai salah satu ide bisnis digital

Anda tentu mengenal sosok Raditya Dika, seorang penulis buku dan pemain film. Perjalanan suksesnya diawali dengan menulis di laman blog pribadinya saat itu: kambingjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang mampu mendatangkan pengunjung.

Jika belum, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap membuat blog.
Pastikan Anda memilih web hosting Niagahoster untuk blog Anda.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan blog Anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya? Anda bisa menyewakan space (ruang) di blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal, Iwan Banaran

Jika Anda ragu menjadikan blog sebagai bisnis digital Anda, cerita sukses para blogger Indonesia ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

6. Menjadi Instagram Influencer

instagram influencer sebagai salah satu ide bisnis digital

Jika Anda pengguna Instagram dengan jumlah follower yang cukup banyak, menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang yang menjanjikan. 

Mari kita melihat sosok MgdalenaF. Ia rajin membuat konten di Instagram ketika tengah mencicipi makanan di salah satu restoran. Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan yang super pedas membuat banyak orang tertarik. Hasilnya, jumlah follower yang mencapai 1,4 juta pengguna. 

Di tahap awal, Anda cukup fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda meningkat, bisa saja datang tawaran kerjasama dari pihak baik dengan melakukan posting iklan produk maupun melakukan review berbayar.

7. Menulis Konten Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan ide usaha jasa tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini. 

Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Untuk level global dengan menggunakan bahasa Inggris, pilihannya antara lain WritersWeekly. Untuk Indonesia, portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan yang serupa.

Namun, jika Anda memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

8. Mengajar Online

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus. 

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis milenial dan memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba. 

Berbagai platform e-learning menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar online seperti Udemy atau RuangGuru. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri. 

Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System). 

Jika Anda menggunakan WordPress, banyak tools yang bisa membantu Anda membuat website kursus online dengan mudah. 

9. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

website user friendly

Jika Anda seorang developer, kemampuan Anda membuat website yang menarik bisa menjadi bisnis digital yang potensial. 

Saat ini kebutuhan akan website semakin meningkat, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu. 

Walaupun banyak cara untuk dapat membuat website dengan mudah, untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang web developer.

Selain potensial, bisnis ini memungkinkan Anda bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang Anda sukai. Jika Anda punya resource yang cukup, Anda bahkan bisa saja membuat digital agency.

Jika Anda melakukannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform untuk para pekerja lepas (freelancer) seperti Freelancer. Namun idealnya, Anda bisa melakukan contoh bisnis digital ini dengan menggunakan blog Anda sebagai sarana menawarkan jasa tersebut.

Tentunya dengan didukung oleh portofolio hasil pekerjaan Anda sehingga membuat calon klien Anda semakin tertarik.

10. Membuat Aplikasi Mobile

buat aplikasi mobile

Saat ini jumlah pengguna mobile di Indonesia mencapai 350 juta jiwa. Sungguh sebuah pasar yang potensial! 

Jika Anda memiliki keahlian membuat aplikasi mobile, baik untuk platform Android atau Apple, Anda bisa mencoba menekuni contoh bisnis digital ini. Kembangkan kemampuan Anda agar mampu membuat aplikasi yang menjadi solusi bagi banyak orang seperti halnya Gojek. 

Tipsnya, pelajari potensi pasar dan temukan gap of the market, yaitu ranah bisnis yang belum digarap oleh siapapun. Jika Anda menjadi orang yang pertama terjun di bidang tersebut tentu saja Anda akan berpeluang memperoleh peluang usaha yang sangat besar.

Jika Anda tertarik dengan bisnis aplikasi mobile, Anda bisa mencoba menekuni AdMob. Silakan pelajari lebih lanjut tentang Panduan AdMob secara lengkap.

11. Menjual Produk Digital

Produk digital adalah sebuah produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital antara lain ebook, video, audio, dll. 

Jika Anda memiliki kemampuan bermusik yang baik dan mampu menghasilkan sebuah lagu yang berkualitas, Anda bisa menjual karya Anda tersebut. Website yang bisa membantu Anda menjual karya musik online antara lain tunecore dan songcast.

Atau jika Anda seorang penulis buku, Anda bisa menjual buku elektronik Anda di Amazon atau Apple Book

Tentu saja, Anda bisa dengan mudah menjual produk digital tersebut di website Anda sendiri. Selain tidak perlu ada bagi hasil, Anda bebas menentukan model bisnis, tarif, dan marketing plan yang akan diterapkan.

12. Konsultan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari. 

Bagi sebuah website, terutama yang bertujuan bisnis, peran SEO sangatlah penting. Alasan pertama, hampir setiap orang mengandalkan mesin pencari sebelum membeli sebuah produk. Selain itu, SEO juga efektif untuk mendatangkan pengunjung website tanpa mengeluarkan biaya, yaitu dari organic traffic.

Jika Anda menguasai teknik SEO yang baik dan mampu mengoperasikan Google tools atau yang lainnya, Anda bisa menjadi konsultan SEO untuk membantu website klien Anda merajai mesin pencari. Walaupun konsultan SEO di Indonesia sudah cukup banyak, peluang bisnis digital ini masih terbuka lebar.

13. Menjadi Seorang Podcaster

Podcast adalah konten audio yang bisa diakses secara online dan bersifat on-demand (sesuai permintaan). Podcaster adalah orang yang membuat konten audio tersebut. 

Berbagai platform bisa Anda manfaatkan untuk menjajal dunia podcasting antara lain Anchor dan Spotify.  Ini cocok untuk usaha sampingan karyawan.

Jika Anda mampu menemukan niche yang tepat, Anda bisa saja meraih kesuksesan seperti Iqbal Hariadi dengan channel Subjective-nya. 

Tidak perlu kuatir, membuat channel podcast Anda sendiri tidaklah sulit. Jika Anda bingung harus memulai dari mana, silakan ikuti panduan tentang podcast kami.

Kelebihan Bisnis Digital

Kelebihan bisnis digital adalah:

1. Pilihan yang Beragam

Perkembangan teknologi diprediksi belum akan berhenti bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang usaha. Anda hanya perlu cermat melakukan riset pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat.   

2. Jangkauan Pasar yang Luas

Jika Anda menggeluti bisnis digital yang dijalankan secara online, market share-nya tentu akan lebih luas. Hal ini karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut di mana pun Anda berada, selama 24 jam. Hal ini tentu bergantung dengan bisnis yang Anda geluti. 

3. Bertujuan Jangka Panjang

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, mencapai 171 juta jiwa di tahun 2018 lalu. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan melakukan transformasi digital, untuk meraih potensi besar tersebut. Tidak hanya itu, bisnis digital adalah juga merupakan upaya untuk membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Anda tentu menyadari bahwa Anda akan ketinggalan jika tidak turut ambil bagian. 

4. Memberikan Kenyamanan kepada Pelanggan

Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas, sebagian orang mungkin tidak sempat pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu. Bisnis digital adalah mampu memberikan solusi untuk permasalahan ini. Ya, bisnis digital menawarkan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan. 

Misalnya, Anda bisa membeli novel kesukaan Anda dalam bentuk digital secara online. Selain tidak perlu repot ke toko buku, Anda cukup membuka handphone untuk membaca novel tersebut. Praktis, bukan?

5. Potensi Penghasilan Tanpa Batas

Inilah yang terpenting. Melakukan marketing adalah cara pemasaran memiliki potensi penghasilan tanpa batas, apalagi jika dilakukan secara online. Bayangkan jika pelanggan Anda berasal dari seluruh dunia. Tentu omset penghasilan Anda akan semakin berlipat ganda.

Hal Utama yang Perlu Disiapkan

Nah, jika berbagai keunggulan di atas membuat Anda tertarik menggeluti jenis bisnis ini, lalu apa saja yang perlu Anda siapkan?  

1. Pemilihan Niche Yang Potensial

Niche market adalah jenis bisnis yang ingin Anda geluti secara spesifik. Kejelian Anda dalam melihat peluang pasar turut menentukan niche yang Anda pilih. Beberapa niche memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari yang lain. 

Namun, Anda juga bisa memulainya dari dalam diri Anda sendiri, yaitu terkait dengan keahlian yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda gemar mencicipi berbagai makanan lezat, review makanan mungkin bisa jadi niche Anda.  

2. Waktu Untuk Mengembangkannya

Anda mungkin pernah mendengar peribahasa “Kota Roma tidak dibangun dalam semalam” kan? Dalam bisnis, hal ini juga berlaku. Beberapa ide bisnis digital yang Anda geluti bisa saja tidak menunjukkan hasil di minggu pertama. Kesabaran Anda adalah kuncinya. 

Selain itu, perhitungkan dengan baik investasi waktu yang telah Anda berikan dengan potensi keuntungan yang akan Anda terima.

3. Memiliki Sebuah Website Yang Menarik 

Ide bisnis digital memerlukan kehadiran sebuah website yang tidak hanya mendatangkan pengunjung, tapi juga menghasilkan transaksi penjualan. Untuk membuat website, Anda perlu menyewa hosting dan membeli sebuah domain sesuai jenis bisnis Anda. Setelah memiliki website Anda akan mampu memasuki bisnis digital untuk jangka panjang dengan lebih percaya diri. 

Manakah Bisnis Digital Anda?

Bisnis digital adalah bisnis yang masih potensial.

Beragam pilihan contoh bisnis digital juga telah kami sampaikan sebagai bahan pertimbangan. Tentu Anda bisa menemukan bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda dan memiliki prospek bisnis yang baik. 

Semoga artikel ini mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan ya? Mari mulai langkah awal membangun bisnis Anda. Sukses untuk Anda!

Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *