Insight Bisnis

Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website dengan Mudah Ala Bijak Putranto

Bisnis jasa pembuatan website memang sangat menjanjikan. Sebab aktivitas online menggunakan website semakin besar. Apalagi dengan pengguna internet yang diperkirakan menyentuh 239 juta pada tahun 2026. 

Anda ingin menangkap peluang tersebut dengan terjun ke bisnis jasa pembuatan website? Namun, Anda masih bingung bagaimana dan mulai dari mana? 

Tenang, di sini Anda akan menemukan jawaban bagaimana cara terjun ke bisnis jasa pembuatan website dengan tepat. 

Kami telah berbincang dengan Bijak Putranto, Head of Niagaweb, yang membagikan rahasia bagaimana bisnis jasa pembuatan website yang ia pimpin berhasil menggaet banyak klien. 

Bagaimana cara memulai karir dan menghadapi tantangan di bisnis jasa pembuatan website? Lalu, apa saja skill yang dibutuhkan untuk menggeluti bisnis ini?

Ini dia obrolan kami dengan Bijak selengkapnya..


Kapan dan bagaimana awal mula Anda bisa terjun ke dunia jasa pembuatan website?

Awalnya, saya aktif menulis di Blogspot, lalu pindah ke WordPress sekitar tahun 2008.

Kala itu bisnis utama saya adalah catering dan expedisi, bukan jasa pembuatan website. Tapi karena saya punya kemampuan di bidang pembuatan website, maka saya manfaatkan sebagai pekerjaan sampingan. 

Pada tahun 2017, Google Indonesia memiliki program Gapura Digital, yang sedang mencari fasilitator. Kemudian, saya bergabung ke project tersebut, dimana salah satu tugas saya adalah memfasilitasi pelaku UMKM tentang ilmu di dunia digital, termasuk website.

Dari sana, saya semakin tertarik mendalami karir di bidang jasa pembuatan website secara profesional. Kebetulan pula, ketika itu saya mendapatkan pelatihan di Yogyakarta dari kantor. 

Dari seorang rekan, akhirnya saya mengenal Niagaweb dan paham tentang produknya. Saya pun memakai hosting Niagahoster dan ikut program afiliasinya. 

Perjalanan itulah yang mengantarkan saya hingga menjadi Head of Niagaweb di tahun 2021.

Adakah alasan spesifik mengapa Anda memilih bidang jasa pembuatan website?

Saya sendiri memiliki keyakinan bahwa online presence itu pilihannya banyak. Tapi, tidak ada channel yang sekuat website, yang bisa fully customized sesuai keinginan kita.

Skill apa yang dibutuhkan jika ingin memulai bisnis jasa pembuatan website?

Jasa pembuatan website adalah bisnis, dan semua bisnis perlu sales. Jadi, jika ingin memulai bisnis ini, ya tentu harus bisa jualan. 

Banyak caranya kok, bisa gunakan jalan offline dan online. Bahkan porsi jualan via online bisa lebih dimaksimalkan. Itulah kenapa sekitar 60% jualan jasa ini saya garap secara online.

Selain itu, jika memiliki skill marketing online tentu sangat bisa dimanfaatkan. Misalnya, SEO, Google Ads, dan lainnya.

Baca juga: 19 Tips Lengkap Promosi Bisnis Jasa Pembuatan Website

Skill marketing ini juga berfungsi ketika berhadapan dengan klien. Soalnya, website termasuk ke dalam ekosistem marketing online. Jadi, kita harus bisa menjelaskan apa benefit website untuk bisnis, dan apa kelebihannya dibanding platform lain.

Alasannya, ada penolakan yang masih sering kali terjadi, misalnya, “Ah saya kan sudah jualan di media sosial, marketplace, WA, buat apa jualan di website juga?”

Apa tanggapan Anda tentang bisnis jasa pembuatan website?

Bisnis jasa pembuatan website itu punya tanggung jawab. Bukan sekadar kita memakan peluang untuk mencapai profit sebesar-besarnya.

Justru yang paling penting adalah misi untuk mengedukasi sektor bisnis di Indonesia agar lebih melek lagi dalam pemanfaatan online, salah satunya dengan website.

Terutama, untuk sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian kita. Disaat pandemi sekarang, banyak UMKM yang terdampak, dan ekonomi pun menurun.

Kalau pasar ini sudah lebih teredukasi tentang pentingnya website, pasti mereka akan mencari jasa kita, kok.

Berbeda kalau kita hanya mengumbar janji muluk-muluk. Misalnya, “Ayo bikin website biar bisa raup ratusan juta tiap bulannya”. Itu malah jadi membuat janji dan harapan palsu.

Kalau tidak tercapai, hasilnya akan mengecewakan klien. Akhirnya berdampak pada rusaknya nama dari industri jasa pembuatan website itu sendiri.

Baca juga: Rahasia Sukses UMKM Go Online! Siapkan 4 Hal Ini!

Selama berkecimpung di dunia jasa pembuatan website, adakah hal menarik?

Yang paling menarik sih ketika bertemu klien yang bermacam-macam, ya. 

Membuka jasa yang sifatnya custom artinya bersedia menerima request yang sangat beragam. Apalagi tingkat pemahaman tentang website yang dimiliki klien pun bervariasi. Mulai dari yang newbie banget, sampai sudah cukup ahli pun ada. Mungkin untuk yang ahli, karena tidak mau ribet saja.

Baca Juga: Ar Media Kreatif: Dari Jurnalis Sampai Buka Bisnis Pembuatan Website Berita

Bicara soal klien, setiap klien pasti memiliki kebutuhan yang tidak sama, resource hosting yang dibutuhkan pun berbeda. Bagaimana cara Anda mengelola resource hosting agar website klien bisa berjalan optimal?

Kalau bicara soal website, memang kunci utama adalah hostingnya. 

Bijak Putranto – Head of Niagaweb

Untuk mengelola website klien, saya menggunakan satu akun hosting untuk satu klien. Meskipun sebenarnya satu hosting bisa menampung unlimited website, tapi saya tetap tidak mau mengambil resiko yang besar. 

Selain itu, juga agar klien merasa nyaman dan aman dengan akun hosting mereka sendiri, tanpa harus bercampur dengan klien lain.

Kebetulan juga saya bagian dari Niagahoster, yang bisa dibilang perusahaan web hosting terbaik di indonesia. Dari segi resource pun sudah tak perlu diragukan lagi.

Saat menggunakan hosting Niagahoster, pernahkah ada kendala dari sisi hosting yang dikeluhkan klien?

Secara teknis, kendala pasti ada. Namanya juga dunia IT ya, pastinya diperlukan trial error dan itu sangat wajar.

Tapi, karena di backup dengan customer support Niagahoster yang oke banget, jadi tak perlu ada yang dikhawatirkan.

Kalaupun ada kendala teknis saat pembuatan website, itu bisa menambah pelajaran agar kedepannya bisa lebih baik. 

Kalau tidak ada masalah sama sekali, malah harus dipertanyakan, jangan-jangan ada yang salah dengan bisnisnya.

Masih terkait klien, pernahkah menerima feedback, baik positif atau negatif, dari klien yang masih membekas sampai sekarang?

Sejauh ini semuanya relatif aman, tidak ada yang ekstrem sekali. 

Dari tim sendiri memang sering sharing. Misalnya, dulu pernah ada tipikal emak-emak, mau fitur selangit tapi harga irit, hehehe. 

Hal itu sangat wajar ditemui di bidang ini. Karena pengetahuan klien tentang website pastinya beragam. Ada yang ingin mengexplore banyak di websitenya, ada pula yang lebih to the point ke kebutuhannya.

Jika mendapatkan feedback tersebut, bagaimana cara Anda menanganinya?

Karena saat ini sudah ada tim Account Manager (AM), merekalah yang menjadi garda terdepan yang berhubungan langsung dengan klien. 

Jadi ketika menemui kendala, AM inilah yang akan lebih dulu maju. Jika tidak bisa, lanjut eskalasi ke tim leader, barulah ke saya selaku Head kalau memang menemukan jalan buntu.

Tapi sejauh ini, AM yang ada sudah cukup berpengalaman. Jadi 90% masalah bisa di handle di level mereka.

Jika bisa berbicara dengan para calon customer, faktor penting apa yang wajib diperhatikan ketika mereka memilih jasa pembuatan website?

Pertama, pastikan jasa pembuatan website ini benar-benar ada dan terpercaya. Lebih bagus lagi jika bisnis yang dipilih sudah legal berbentuk PT, CV, dan sebagainya. 

Kedua, pastikan jasa pembuatan website sudah sesuai dengan kebutuhan. Karena kebutuhan website klien dengan jasa pembuatan website yang ditawarkan bisa jadi berbeda.

Ketiga, cek portofolio. Apakah sesuai dengan apa yang ingin dibuat. Misalnya, memiliki banyak portofolio company profile, sementara Anda ingin membuat online shop, spesialisasinya sedikit berbeda. 

Baca juga: Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat!

Karena tingkat pemahaman klien terhadap website itu berbeda, bagi klien yang masih newbie, bagaimana cara Anda mengedukasi klien terkait website yang bagus?

Sebelum mengedukasi klien atau calon customer, tentunya harus dimulai dengan mengedukasi tim terlebih dahulu.

Untuk bisnis jasa pembuatan website yang sudah memiliki tim, harus berada di bahasa dan persepsi yang sama.

Jadi, kunci utamanya melatih tim terkait product knowledge sehingga mereka bisa mengedukasi klien.

Selain itu, saya menggunakan metode untuk lebih mendengarkan, yaitu menerima feedback terlebih dahulu. Misalnya, apa yang mereka butuhkan, atau ada referensi website yang bisa menjadi acuan. 

Karena sebenarnya, walau website itu banyak macamnya, tapi untuk bisnis di kategori atau industri yang sama, ya modelnya kurang lebih sama. 

Untuk membedakan antar website, memang harus bermain dari segi estetikanya.

Menurut pandangan pribadi Anda, website bisnis yang bagus itu seperti apa?

Website bisnis harus sesuai dengan customer segment-nya. Karena website adalah salah satu channel marketing yang diakses langsung oleh customer. Sebagai pebisnis wajib mengenal terlebih dahulu siapa yang kita target.

Banyak ditemukan UMKM yang lebih mengenal produknya dibanding konsumennya. Padahal, keduanya sama-sama penting.

Lalu, perhatikan flow-nya, kenali kebutuhan customer di website itu apa saja. Barulah bisa memilih fitur yang sesuai.

Pertama, kecepatan. Harus disadari, zaman makin serba cepat, sekarang itu konsumen semakin tidak sabar. Kalau website lemot, ya bye! Sudah pasti ditinggal sama pengunjung atau calon konsumen. 

Kuncinya, ya satu. Pilih hosting yang jangan kaleng-kaleng.

Kedua, keamanan. Website bisnis atau toko online identik dengan transaksi. Kalau dari segi keamanannya diragukan, ya mana ada yang mau transaksi, bukan? 

Salah satu caranya, gunakanlah SSL.

Baca juga: 10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

Ketiga, domain. Untuk menentukan nama domain memang banyak rumusnya. Tapi singkatnya, pilih domain yang mudah diketik, mudah diingat, dan mudah dilafalkan.

Selain ketiga hal tersebut, website yang Anda produksi selalu mobile friendly dan SEO friendly. Menurut Anda mengapa kedua hal tersebut penting untuk sebuah website?

Untuk mobile friendly, memang akses website sekarang sudah lebih banyak dari mobile device. Website harus responsif agar bisa diakses dari semua ukuran layar device.

Saya tidak menyebutkan mobile friendly ini sebagai kriteria utama, karena memang platform CMS saat ini sudah mobile friendly semua.

Kedua, dari segi SEO friendly. Tujuan membuat website adalah sebagai online presence yang bisa ditemukan orang di internet. Ketika website sudah SEO friendly, tentu bisa ditemukan dengan mudah oleh calon konsumen. 

Untuk itu, sebelumnya pasti saya analisis, keyword apa sih yang berkaitan dengan bisnis klien, agar website bisa dioptimasi.

Baca juga: 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly [Panduan Terbaru 2021]

Platform website atau CMS apa yang Anda gunakan?

Saya menggunakan WordPress, CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Saat ini WordPress sudah diadopsi oleh lebih dari 42% website di seluruh dunia, itu mengapa kita juga percaya pada platform ini.

Sebagai jasa pembuatan website, Anda tentunya mendampingi klien mulai dari awal pemilihan fitur hingga terciptanya website. Adakah perbedaan yang terlihat dari sisi bisnis klien, antara sebelum dan sesudah punya website?

Kalau perbedaan, itu sangat tergantung dengan ekspektasi klien. 

Terkadang, ada klien yang berekspektasi sangat tinggi. Misalnya, setelah membuat website langsung mendatangkan ratusan juta rupiah ke rekeningnya. Nah, itu mungkin karena mendapatkan edukasi yang kurang tepat.

Sebenarnya, website hanya salah satu dari usaha menghadirkan bisnis secara online. Tentunya membutuhkan usaha lain, misalnya marketing, ads, dan lainnya, website lebih berperan maksimal untuk bisnis.

Jika memang ada klien yang ekspektasinya terlalu tinggi, tapi mendapatkan hasil yang tidak sesuai, biasanya klien tersebut akan cancel layanan di tahun kedua. 

Untuk mempertahankannya, biasanya kami mencoba menggunakan program kompensasi. Misalnya, masa perpanjangan 3 bulan gratis, atau yang lainnya.

Apa alasan yang biasa Anda temui dalam kasus tersebut?

Biasanya, ada 3 alasan utama mengapa klien tidak melanjutkan langganan website ke tahun berikutnya.

Pertama, bisnisnya sudah tidak ada. Kalau sudah begini, ya websitenya juga tidak digunakan. Dan ini banyak sekali terjadi ketika pandemi.

Kedua, tidak menemukan manfaat dari website. Hal ini sangat mungkin terjadi jika pemilik website hanya pasif menunggu datangnya sales atau penjualan.

Padahal jika bicara soal bisnis, yang dibutuhkan bukan hanya website. Perlu adanya marketing, branding, atau strategi konten, dan lainnya.

Untuk itu, biasanya saya kirimkan weekly newsletter kepada para klien. Misalnya, rekomendasi konten-konten Niagahoster, seperti artikel blog, course, ebook, dll. Supaya membantu klien dalam memaksimalkan bisnisnya.

Ketiga, opini yang sangat pribadi. Misalnya, design yang kurang bagus atau websitenya kurang oke.

Klien bisa saja tidak mengatakan apa alasan sesungguhnya untuk berhenti. Meski terkesan tidak mungkin, tapi alasan ini yang cukup banyak saya terima. 

Disamping persoalan klien yang mundur dari website, pastinya banyak juga klien-klien yang baru memulai go online. Menurut Anda, seberapa besar peluang bisnis jasa pembuatan website?

Peluangnya sangat besar. Semakin kesini, pemain bisnis jasa pembuatan website semakin banyak. 

Ibarat kue yang makin diperebutkan banyak orang alias banyak yang terjun ke bidang ini. Bahkan mulai dari perorangan, seperti saya ketika menjadikan bisnis ini sebagai sampingan untuk mengisi waktu luang.

Dari segi bisnis, saingan juga bertambah dari industri lain yang lumayan mirip untuk menambah layanan. Misalnya, digital agency yang mengelola media sosial, jasa pembuatan artikel, bahkan jasa konsultan marketing, dan lainnya.

Dan sekarang ini lebih mudah untuk membangun bisnis jasa pembuatan website, hanya butuh skill, ilmu, dan punya provider hosting.

Kalau zaman saya kuliah, untuk membuka jasa pembuatan website ya harus sewa server sendiri untuk para klien. Misalnya, yang terdekat server dari Singapura.

Nah sekarang, di Niagahoster saja sudah ada program NiPa (Niagahoster Partner). Hanya perlu daftar, sudah disediakan sistem siap pakai,  gratis pula. Mudah banget kan! 

Bijak Putranto – Head of Niagaweb

Kalau ingin membuka jasa pembuatan website sendiri, pun sudah disediakan pluginnya oleh Niagahoster. Tinggal dipasang di website dan klien bisa mendaftar, sudah terkoneksi dengan layanan Niagahoster.

Intinya, kompetitor yang harus saya hadapi memang semakin banyak. Tapi bagus dong, jadi semakin terpacu untuk kompetisi yang lebih sehat lagi.

Di luar sana banyak yang ingin memulai bisnis jasa pembuatan website, adakah tips untuk pemula yang bisa Anda bagikan?

Dari segi bisnis, pertama-tama mulai saja dulu.

Kebanyakan pemula di bisnis ini sudah overthinking. Terlalu banyak ketakutan, misalnya, “gimana kalau jasa saya tidak laku?” atau “gimana cara menghandle komplain dari klien?”, dan masih banyak kekhawatiran lainnya.

Kedua, bisnis itu dimulai dengan keberanian dan dibesarkan dengan keilmuan.

Kalau kita sudah berani memulai bisnisnya, ya harus gali juga ilmunya. Misalnya, mau terjun ke bidang jasa pembuatan website, maka harus paham bagaimana model bisnisnya, siapa saja targetnya, apa yang dibutuhkan market

Customer segment + value proposition = product market fit.

Ketika sudah bisa menjual website, tentu harus dikembangkan atau di scale up lagi bisnisnya. Misalnya, membuat legalitas usaha, merekrut orang-orang terbaik, dan sebagainya.

Dari segi teknis pembuatan website, kita harus tahu apa yang paling penting, yaitu:

Pertama, dimana websitenya di hosting. Karena sebagus apapun design websitenya dan sekeren apapun fiturnya. Kalau websitenya lambat atau sering down, ya percuma semuanya. Website yang bagus tadi tidak akan ada manfaatnya.

Baca juga: Inilah Peranan Penting Hosting Bagi Website dan Bisnis!

Kedua, support system yang harus bagus. Bisa dari developer yang direkrut, CMS yang digunakan, hingga ke penggunaan tema dan plugin.

Penjelasannya begini.. Karena bisnis ini bisa dengan mudah dimasuki oleh siapapun, jangan sampai tim yang kita rekrut “mengambil” klien kita. Itu hal yang lumrah, sering kali terjadi di industri ini.

Selain itu, pilihlah CMS yang sesuai kebutuhan klien. Misalnya, menggunakan WordPress yang sudah banyak digunakan, banyak pula resources-nya.

Kemudian, gunakan tema dan plugin yang legal, supaya terhindar dari bahaya.

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Adakah tantangan yang Anda temukan selama berkarir di bidang jasa pembuatan website?

Tantangan pasti ada dan dalam jangka panjang.

Karena pembuatan website outputnya berupa jasa, agak lebih sulit untuk di scale up dibanding yang sifatnya produk. 

Misalnya kita menjual produk jilbab, bisa mulai dari menjual 1 pcs, 3 pcs, satu lusin, dan seterusnya. Jika semakin besar, kita menjual satu kontainer sekaligus pun sangat bisa, artinya permintaan bisa diselaraskan dengan produk.

Sementara di bisnis jasa pembuatan website, yang memproduksi website kan manusia. Misalnya, lima orang sanggup membuat satu hingga lima website dalam sebulan.

Lalu terus berkembang, sampai ternyata mendapat 50 orderan dalam sebulan. Sementara jumlah sumber daya manusianya masih sama.

Misalnya saya punya 5 developer andal, tidak mungkin juga semuanya memproses 10 website sekaligus. 

Tidak mungkin kan kita langsung membeli orang untuk mempercepat proses? Kalau menambah tim baru pun butuh proses panjang. Harus hiring dulu, training dulu, dan lainnya.

Apa yang membedakan jasa pembuatan website yang Anda bangun dengan jasa pembuatan website lain di luar sana?

Fokus untuk melayani customer segments bisnis.

Meskipun banyak tawaran-tawaran dengan nominal menarik untuk membuat website website untuk judi, jualan miras, dsb, kami tetap fokus untuk klien yang ingin membesarkan bisnis, yang tidak neko-neko.

Selain itu, kami berusaha untuk terus meningkatkan sistem layanan. 

Apa perbedaan yang Anda rasakan ketika membuka jasa pembuatan website secara freelance dan ketika menjadi head Niagaweb?

Karena freelance, saya urus semua sendiri dan hanya menjadi pekerjaan sampingan aja. 

Project yang saya ambil pun cenderung simpel. Misalnya, online shop semua. Karena saya sudah tahu kebutuhan websitenya apa, jadi tidak perlu effort besar untuk riset. 

Jadi, kebutuhan seperti plugin, tema, dan lainnya, saya bisa seragamkan setiap websitenya. Maka, waktu pengerjaannya pun lebih cepat.

Pada dasarnya, jasa pembuatan website yang freelance dengan company itu tidak ada perbedaan yang terlalu besar.

Untuk skala perusahaan, karena sudah punya resource sendiri, memiliki tim developer dan marketing, adanya legalitas, maka bisa masuk ke project yang besar. Misalnya, perusahaan, instansi pemerintah, bahkan bisa masuk ke tender.

Tapi kalau freelance, cenderung lebih ke lingkungan yang bisa terjangkau. Misalnya, ke perusahaan skala kecil maupun project perorangan.

Bagaimana cara Anda mengatur strategi berkompetisi di tengah persaingan yang sangat ketat?

Perlu paham terlebih dahulu apa sih yang paling mendatangkan sales. Karena saat ini sudah banyak paket layanan yang saya jalani dan bisa menghasilkan, jadi harus dianalisis mana yang paling menguntungkan. 

Sejauh ini, saya masih mengandalkan SEO, dimana website akan muncul di halaman pertama Google, lalu konsumen melihat dan masuk ke website kami.

Di website kami, para klien mempelajari informasi yang saya pajang, kalau pengunjung website ini tertarik, bisa menghubungi AM.

Karena ada di bidang jasa pembuatan website, tentunya saya juga harus memaksimalkan website untuk sarana jualan.

Dilihat dari portofolio, Anda sering mendapatkan project2 besar. Misalnya, instansi pemerintahan, portal berita, dll. Adakah kesan tersendiri ketika mendapatkan project besar?

Tentu sangat berkesan. Tapi perlu diingat bahwa project yang besar menuntut tanggung jawab yang besar juga. 

Saya secara keseluruhan memang tidak pilih-pilih dalam melayani klien. Tapi, karena besaran nilai project berbeda-beda, tentu tanggung jawab yang diletakkan di tiap project tentu berbeda. 

Kalau dari segi nama baik klien itu lebih kepada amanah yang harus dijaga.

Bagaimana cara Anda untuk menggaet konsumen di antara banyaknya pemain dalam bisnis jasa pembuatan website?

Saya selalu mencoba berbagai inisiatif baru untuk dalam segi marketing. 

Memang sudah cukup nyaman dengan SEO, tetapi masih banyak channel lain yang belum dieksplorasi. Misalnya, Google ads, Facebook ads, email marketing, dan partnership lainnya.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Klien untuk Jasa Pembuatan Website

Adakah pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pemula yang ingin membangun jasa pembuatan website?

Pertama, harus fokus. Karena bisnis apapun, termasuk bisnis jasa pembuatan website tidak mungkin bisa berhasil dalam 1-3 bulan pertama. Akan ada proses sangat sangat menguras energi.

Kedua, terus belajar. Pelajari industri dan belajar dari yang sudah berpengalaman.

Di Niagahoster sendiri juga sudah banyak resource belajar secara gratis, baik artikel blog, ebook, course, bahkan event-event yang rutin yang diadakan. Semua itu bisa dimanfaatkan.


Dari sosok Bijak Putranto, Anda tentu semakin yakin bahwa memulai jasa pembuatan website sangatlah mudah.

Untuk memulainya, Anda perlu keahlian dalam membuat website dan marketing. Kalaupun tidak bisa membuat website sendiri, Anda bisa berkolaborasi dengan developer. 

Dengan pangsa pasar yang semakin luas, akan semakin banyak bisnis yang ingin go online. Dan, pastinya membutuhkan website. Jadi, bisnis jasa pembuatan website memiliki peluang yang menjanjikan.

Menariknya, menyediakan resource untuk jasa pembuatan website saat ini sudah sangat mudah. Anda tidak perlu lagi menyewa server sendiri.

Salah satu layanan hosting yang mendukung bisnis pembuatan website adalah Niagahoster, dengan program Niagahoster Partner (NiPa)-nya.

Bayangkan, Anda bisa memulai jasa pembuatan website dengan resource hosting yang sudah disediakan, sistem yang memudahkan pengelolaan, dan plugin siap pakai.

Anda hanya perlu membangun branding dengan fitur yang sudah disediakan. Dan viola.. Anda siap menggaet klien dengan brand Anda sendiri!

Mau sukses berbisnis jasa pembuatan website seperti Bijak?

Naning Nur Wijayanti

A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Share
Published by
Naning Nur Wijayanti

Recent Posts

Tutorial Nextcloud: Fitur, Keunggulan dan Cara Install Nextcloud di Cloud VPS

Anda sampai di artikel ini karena ingin tahu cara install Nextcloud di VPS? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!…

19 hours ago

Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel

Banyak website yang dibangun menggunakan Python, contohnya Google. Selain menawarkan performa yang baik, pilihan cara deploy website berbasis Python juga…

2 days ago

Iptables: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anda khawatir server Anda akan mendapat serangan kejahatan online? Jika iya, cobalah menggunakan iptables firewall untuk meningkatkan keamanan server tersebut.…

3 days ago

Gambar Tidak Muncul di Web? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Sudah habis banyak waktu untuk upload gambar, eh malah gambar tidak muncul di web. Belum lagi, tampilan website pun jadi…

4 days ago

Apa itu Pitch Deck? Trik Membuat Pitch Deck untuk Menarik Investor

Apakah Anda tahu bahwa 29% startup gagal karena kekurangan modal? Jangan sampai startup Anda tumbang karena sebab yang sama. Solusi…

5 days ago

Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online

Referral marketing adalah salah satu strategi word of mouth terampuh untuk menghasilkan konsumen baru. Bagaimana caranya? Simak disini!

5 days ago