Belajar Desain dari Warnet Kini Jadi UI/UX Designer Andal: Misbahul Munir

2 min read

Awal kisah perjalanan Misbahul Munir hingga berada di posisi Lead of Design Team Niagahoster cukup unik. Memiliki hobi menggambar sejak kecil memacu Misbah untuk mulai mempelajari desain grafis dengan menggunakan Corel Draw secara otodidak melalui fasilitas warnet pada tahun 2010.

Saat mempelajari desain sembari menjaga warnet, Misbah menuai banyak kendala. Selain karena sulit membagi waktu antara belajar dan melayani pelanggan warnet, keterbatasan perangkat dan aplikasi desain menjadi kendala Misbah dalam mempelajari desain. “Dulu tahun 2010 itu saya masih pakai Corel Draw yang seri Graphic Suit X3. Itu saja ketika di install di komputer warnet sudah lemot minta ampun. Kebanyakan warnet zaman dulu kan cuma digunakan buat ngetik. Jadi saya install sendiri Corel Draw karena memang pengen banget belajar desain.” jelas Misbah.

Setelah memasuki masa perkuliahan Misbah sudah tidak lagi bekerja di warnet. Semasa menjadi mahasiswa, ia mengisi kegiatan sehari-hari dengan aktif bergabung di berbagai komunitas baik di dalam ataupun luar universitas. Misbah selalu mendapatkan tugas untuk membuat desain poster setiap kali komunitasnya akan mengadakan acara besar. Semenjak itulah pria kelahiran Kalimantan Timur ini mulai menimbun portofolio desain yang mengantarkannya menjadi seorang staff Graphic Designer di salah satu agensi terkemuka di Yogyakarta pada tahun 2015.

Perjalanan Misbah sebagai seorang Designer tidak berhenti sampai di situ saja. Ia mulai mengenal berbagai jenis desain lain, salah satunya yaitu UI/UX design. “Awal tahu soal UI/UX design itu dikenalkan oleh senior di kantor lama di tahun 2015, namanya Mas Hafid. Dari situlah saya jadi penasaran. Apa itu UI design? Apa bedanya UI/UX design dengan graphic design? Apa saja yang dilakukan seorang UI/UX Designer?” ucap Misbah.

Misbah mulai fokus untuk mendalami UI/UX design setelah bergabung dengan sebuah studio desain di Yogyakarta sebagai UI Designer. Banyak orang berkata bahwa pelajaran paling berharga bisa didapatkan dari mana saja, termasuk ketika bertukar pikiran dengan orang lain. Itulah yang dirasakan Misbah ketika mulai berkenalan dengan rekan-rekan satu profesinya di studio desain tersebut.

Bisa dikatakan kiprah Misbah di dunia UI/UX design tak lepas dari keaktifannya dalam mengikuti komunitas UI/UX Designer. Misbah mempelajari banyak hal melalui kegiatan sharing mengenai perkembangan dunia desain yang kerap dilakukan bersama rekan UI/UX Designer yang lain. Tak hanya sharing, komunitas tersebut juga sering melakukan kunjungan di berbagai studio desain untuk melakukan review desain.

Selama melanglang buana di dunia desain, Misbah masih berstatus sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi di salah satu universitas di Yogyakarta. Sempat terlupakan, akhirnya Misbah memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di dunia desain dan mulai fokus menyelesaikan kewajibannya di bangku kuliah. 

Setelah menyelesaikan studi S-1 pada tahun 2017, Misbah langsung berjodoh dengan Niagahoster. Mengawali karirnya sebagai Graphic Designer tak menutup semangatnya untuk tetap mempelajari UI/UX design. Bagi Misbah, Niagahoster selalu mendukung perkembangan karirnya di dunia desain. 

Berkat kegigihan serta kecintaannya terhadap dunia UI/UX design, pada tahun 2019 Misbah resmi menjadi UI/UX Designer. Bagi Misbah, tugas sebagai seorang UI/UX Designer di Niagahoster cukup unik. “Tugas UI/UX Designer di sini adalah membuat Design Language System yang akan diterapkan ke produk-produk Niagahoster, seperti website dan Member area. Design Language System sendiri adalah kumpulan dari komponen-komponen yang digunakan dalam produk Niagahoster guna membangun User Experience yang baik. Design Language System bertujuan bukan hanya membuat tampilan yang bagus pada setiap produknya, tapi juga bisa memudahkan user dalam menggunakan produk-produk Niagahoster.” jelas Misbah di sela-sela waktu istirahatnya.

Selain hal di atas, bagi Misbah bekerja sebagai UI/UX Designer di Niagahoster bukan hanya belajar bagaimana membuat desain yang baik, tapi juga belajar untuk bisa bekerja sama secara agile dalam tim. Misbah juga dituntut untuk belajar tentang banyak disiplin ilmu baru, seperti SEO, content writing, website, dll.

Bagi pria berumur 27 tahun ini, bekerja di Niagahoster adalah pilihan yang tepat karena dia akan selalu mendapatkan hal baru untuk dipelajari. “Challenging adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana rasanya bekerja di Niagahoster. Dari semua pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja di sini, saya selalu ditantang untuk meng-upgrade skill yang saya miliki sehingga tanpa sadar hal tersebut meningkatkan kualitas diri saya” kata Misbah, menutup perbincangan kami.

Kesuksesan Misbah menjadi seorang UI/UX Designer tidak lepas dari peran dan dukungan Niagahoster dalam perkembangan karirnya. Bagi kalian yang tertarik untuk memiliki kesempatan yang sama seperti Misbah, Niagahoster membuka lowongan untuk posisi UI/UX Designer dan masih banyak lagi posisi yang lain. Untuk itu silahkan kunjungi landing page karir kami di http://niagahoster.co.id/karir

6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × five =