Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Backup Data di CyberPanel dengan 7 Langkah Mudah!

1 min read

Cara Backup Data di CyberPanel

Backup data sangat penting untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Misalnya, kehilangan data atau kerusakan sistem akibat serangan malware. Nah, untuk backup CyberPanel, apa yang harus dilakukan ya?

Tenang,  Anda sudah menemukan artikel yang tepat! Kami akan menjelaskan cara backup data di CyberPanel dengan mudah. Langsung saja ikuti panduannya, yuk!

Baca Juga : Cara Install WordPress di CyberPanel

Tutorial Backup CyberPanel 

Time needed: 10 minutes

Ada tujuh langkah dalam tutorial backup CyberPanel yang bisa Anda ikuti.
Nah, ini dia panduan lengkapnya:

  1. Login ke CyberPanel

    Sebelum melakukan backup CyberPanel, tentu Anda perlu login ke panel admin terlebih dulu. 

    Bagi Anda yang sudah menghubungkan domain ke VPS,  Anda dapat mengakses https://namadomain:8090. Sedangkan bagi yang belum, Anda dapat mengakses alamat https://ipserveranda:8090 pada browser. 

    Login CyberPanel

    Masukkan username dan password akun CyberPanel Anda, lalu klik Sign In.

  2. Mengakses Menu Backup

    Setelah masuk ke halaman dashboard, Anda dapat mengakses menu Create Back up pada sidebar menu CyberPanel.

    menu create backup cyberpanel

  3. Membuat Backup

    Pada halaman Back Up Website, Anda perlu mengisi form detail backup. Pertama, pilih domain website yang akan Anda backup pada field Select Website. Kedua, pilih Home sebagai tujuan file backup. 

    Jika form backup sudah diisi dengan benar, jangan lupa klik tombol Create Back up. Lalu, tunggu hingga proses backup selesai dengan sempurna. Tenang saja, proses ini tidak berlangsung lama kok. 

    Membuat backup cyberpanel

  4. Berhasil Backup Data

    Jika status backup sudah Completed seperti pada gambar di bawah, artinya proses pembuatan file backup sudah berhasil dilakukan. 

    Berhasil backup data cyberpanel

    Anda dapat mendownload file hasil backup pada home directory dari website yang telah di back up.

  5. Mengakses File Backup

    Untuk mengakses file backup, pilih menu Websites > List Websites pada sidebar menu CyberPanel. Kemudian, klik File Manager pada domain website yang telah di backup sebelumnya.

    Mengakses file backup cyberpanel

    Setelah Anda berada di halaman File Manager, masuklah ke folder backup. Anda akan menemukan file hasil backup yang telah Anda lakukan pada tahap sebelumnya pada folder ini.

  6. Mengganti Permission File Backup

    Agar dapat mendownload file backup, Anda perlu mengganti file permission terlebih dulu. Caranya, klik kanan pada file backup, lalu pilih Change Permissions. Atur permissions file backup menjadi 644 agar file dapat didownload. 

    Jangan lupa klik Change Permissions untuk menyimpan perubahan.

    Mengganti permission file backup

  7. Download File Back Up

    Pastikan permissions file backup sudah terganti agar tidak terjadi error saat mendownload file. Jika sudah benar, klik kanan pada file backup, lalu pilih Download.  Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai dengan sempurna. 

    Download file backup

Baca Juga : Cara Membuat Database CyberPanel

Kesimpulan

Sudah berhasil mengikuti cara backup data di CyberPanel? Cukup mudah, bukan? 

Dengan tujuh langkah seperti dijelaskan di atas, Anda sudah bisa membuat file backup data di CyberPanel dan mendownloadnya. Dengan begitu, Anda tak perlu panik jika terjadi kendala yang tidak diinginkan pada website. 

CyberPanel memang tool yang mengutamakan kemudahan penggunaan. Selain tampilan yang simple dan modern, berbagai fitur unggulannya juga tak boleh dilewatkan. 

Mulai dari dukungan teknologi OpenLiteSpeed yang membantu meningkatkan kinerja website lebih optimal,  hingga fitur Embedded Security-nya akan melindungi website dari aksi peretasan yang mungkin terjadi.

Nah, semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan CyberPanel VPS Hosting Niagahoster. Apalagi saat ini sedang ada diskon hingga 70% loh! Berbagai pilihan paket VPS dengan CyberPanel bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi?

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.