David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Ngeblog Di Mana Saja Pakai Aplikasi WordPress di Android & iOS

5 min read

Tahukan Anda bahwa hampir setengah dari semua traffic website berasal dari perangkat smartphone? Tidak hanya mengunjungi website di perangkat smartphone, banyak orang juga membuat konten menggunakan aplikasi di dalamnya. Tidak terkecuali membuat konten blog.dari platform WordPress, Facebook, Instagram, Twitter, dan situs media lainnya.

Kalau Anda memiliki blog WordPress, sekarang Anda bisa membuat konten dengan mudah lewat aplikasinya di smartphone. menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menambah atau mengedit konten, melihat pesanan di toko online Anda, membalas komentar dan masih banyak lagi. 

Pada artikel ini akan membahas tentang fitur apa saja yang dapat digunakan di aplikasi milik WordPress. Kami juga akan memberikan beberapa tutorial menggunakan aplikasi WordPress di Android atau iPhone.

Kenapa Menggunakan Aplikasi WordPress di Smartphone?

Aplikasi WordPress dapat membantu Anda untuk membuat konten dan mengelola situs web Anda saat Anda bepergian. Anda juga dapat dapat mengambil foto, merekam video, menulis post blog saat Anda dalam perjalanan . Intinya, Anda dapat “membawa situs WordPress Anda dalam saku Anda”.

Sebenarnya, Anda dapat menggunakan WordPress Admin area pada web browser smartphone. Karena, WordPress Admin area sudah sepenuhnya mendukung tampilan responsive pada web browser smartphone.

dashboard aplikasi wordpress

Namun, user interface dari WordPress Admin area di browser smartphone tidak optimal. 

Di sisi lain, aplikasi ini sengaja dirancang dan dioptimalkan untuk smartphone. Selama bertahun-tahun, aplikasi ini telah mengalami perbaikan yang signifikan. Tujuannya adalah agar aplikasi WordPress pada smartphone dapat mudah digunakan. Hasilnya, aplikasi blog keluaran WordPress ini juga memiliki user interface yang intuitif. Karena ini pula penggunaan aplikasi WordPress jadi menyenangkan.

Aplikasi ini juga menggabungkan keyboard asli smartphone Anda dengan format WordPress. Ini membuat menulis konten pada perangkat smartphone  menjadi lebih sederhana dan mudah.

Fitur Aplikasi WordPress

Seperti yang kami jelaskan di awal, adanya aplikasi dari WordPress membantu Anda posting blog di mana saja, melihat statistik pengunjung Anda, membalas komentar blog, dan push notifikasi untuk melihat perkembangan aktivitas website Anda. Berikut ini penjelasan lebih lengkap untuk beberapa fitur yang ada di aplikasi WordPress:

Publish

Pada bagian menu ini, Anda dapat melihat postg blog, media, halaman, dan komentar. Setelah memilih option, Anda dapat melakukan hal lain  seperti:

  • Melihat, mengedit, atau menghapus post dan halaman;
  • Menambahkan tag, kategori dan featured images;
  • Membalas komentar;
  • Mengedit dan mengunduh berbagai media.
  • Dan sebagainya.

Configuration

Menu ini akan membantu Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan pada WordPress.com. Tetapi jika Anda menggunakan hosting di WordPress.org, hasilnya akan berbeda. Misalnya, di WordPress.org, akan ada pengaturan  general, writing, dan discussion settings.

External

Pada menu ini, Anda dapat melihat situs atau masuk ke Dashboard WordPress Anda melalui mobile browser. Kemudian Anda dapat menggunakan WordPress persis seperti halnya  dari desktop.

Additional App Features

Selain dapat mengerjakan hal administratif yang berhubungan dengan konten, WordPress App juga dapat membantu Anda mengatur social sharing buttons, automated sharing, and cross-posting on social media, dan pemberitahuan tentang kinerja situs Anda. Anda juga dapat mengedit profil Anda, dan melakukan konfigurasi lainnya.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menggunakan Aplikasi WordPress

Sebelum Anda menggunakan aplikasi WordPress, pastikan Anda sudah memiliki situs web WordPress (berbayar) atau blog WordPress (gratis).

Aplikasi WordPress dapat digunakan untuk platform WordPress.com (gratis) maupun WordPress.org yang menggunakan layanan hosting dan domain (berbayar).Untuk penjelasannya, Anda bisa melihat pada artikel kami tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Beli Hosting Dapet Diskon 75% + Gratis Domain

Setelah Anda memiliki situs web WordPress atau blog WordPress, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini untuk menggunakan aplikasi milik WordPress.

Cara Menggunakan Aplikasi WordPress

Aplikasi WordPress app tersedia untuk perangkat mobile yang memiliki sistem operasi Android dan iOS. anduan ini akan spesifik membahas cara  penggunaan aplikasi WordPress pada sistem operasi Android. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Install WordPress

download aplikasi wordpress

Cara instalasi WordPress App sama seperti aplikasi lainnya. Tergantung pada perangkat seluler yang Anda gunakan. Pada tutorial ini, kami akan menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android di Google Play.

2. Login Aplikasi WordPress

Sekadar info saja, Anda dapat menambahkan beberapa situs website dari akun WordPress.com atau domain situs WordPress.org sekaligus. Pada panduan ini, kami menggunakan domain untuk login ke dalam aplikasi WordPress.

Setelah aplikasi selesai diinstall, buka aplikasi WordPress. Lalu, klik tombol Login.

tampilan login aplikasi wp

Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman login WordPress. Terdapat tiga pilihan login untuk masuk ke halaman admin WordPress

  1. Login menggunakan alamat email yang Anda tambahkan pada situs WordPress Anda.
  2. Login menggunakan akun Google.
  3. Login menggunakan nama domain dari situs web Anda.

Pada panduan ini menggunakan pilihan ketiga, yaitu menggunakan nama domain untuk login. Klik pada menu Login dengan memasukkan alamat situs Anda.

login akun wordpress

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nama domain yang Anda gunakan pada situs web WordPress. Lalu, klik Selanjutnya.

Langkah berikutnya, setelah Anda klik selanjutnya akan muncul pop up proses verifikasi situs Anda fungsinya adalah memastikan apakah domain yang Anda masukkan sudah benar.

Setelah proses verifikasi situs berhasil, Anda akan diminta untuk memasukan username dan password situs web WordPress Anda. Jika sudah mengisikan dengan benar klik Selanjutnya untuk melanjutkan proses login aplikasi WordPress.

Apabila Anda berhasil login ke aplikasi WordPress, Anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini. Di halaman ini, Anda dapat menambahkan domain website Anda dengan cara klik Hubungkan Situs Lainnya.

Jika tidak ada domain yang akan ditambahkan, klik Lanjutkan untuk masuk ke halaman admin WordPress.

login akun wp

Anda akan diarahkan ke halaman Dashboard WordPress. Kemudian, Anda bisa melakukan edit konten, upload file media, membalas komentar blog, dan sebagainya.

dasboard app wordpress

3. Mengedit Postingan WordPress

Aplikasi WordPress hadir dengan user interface yang intuitif. Hal ini memudahkan Anda membuat atau mengedit halaman web Anda. Anda dapat melihat semua konten blog dengan klik menu Blog Post di Dashboard Aplikasi WordPress.

blog post aplikasi wp

Anda dapat mengedit post blog atau membuat post baru. Caranya, dengan klik tombol tambah yang ada di pojok kanan bawah seperti pada gambar di atas.

Ketika Anda klik tombol tambah, Anda akan diarahkan ke editor konten. Di sini, Anda dapat menulis konten baru menggunakan keyboard smartphone Anda.

tambah artikel wp

Anda dapat klik tombol ‘Tambah’ untuk menambahkan gambar ke postingan blog Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar dari perangkat Anda. Baik itu menggunakan kamera smartphone, penyimpanan media smartphone, dan media WordPress. 

menambahkan gambar ke wp aplikasi

WordPress App juga dapat membantu Anda untuk mengubah opsi postingan. Opsi postingan yang dimaksud adalah beberapa pengaturan seperti menambahkan kategori dan tag, featured image, mengubah status posting, dan opsi lainnya.

Aplikasi WordPress dilengkapi dengan fitur penyimpanan otomatis.  Fitur ini menyimpan post blog Anda secara lokal di smartphone Anda. 

Setelah selesai mengedit dan menambahkan posting blog, cukup klik tombol Publish atau Update di sudut kanan atas. aplikasi akan memproses dan mengunggah posting blog ke situs web Anda. 

update blog aplikasi wp

Anda dapat mengunjungi situs web Anda di browser untuk melihat postingan yang baru ditambahkan.

4. Upload File Media

Aplikasi WordPress dapat membantu Anda untuk mengelola dan mengunggah foto / video dari penyimpanan smartphone Anda. Anda dapat mengunggah media saat menulis posting blog. Di sisi lain, Anda juga bisa  langsung masuk ke library media dari Dashboard aplikasi.

Ini akan mengarahkan Anda ke library media WordPress, tempat di mana  Anda akan melihat semua file media di library. Anda dapat mengedit file media, menghapusnya, dan mengunggah foto atau video baru dari penyimpanan smartphone Anda. Caranya, cukup klik tombol Tambah di pojok kanan atas. seperti pada gambar di bawah ini.

upload foto aplikasi wp

5. Mengelola Komentar Pada WordPress

Komentar pada blog dapat membantu Anda meningkatkan interaksi Anda dengan pengunjung blog Anda. Dengan adanya aplikasi dari WordPress, Anda dimudahkan untuk membalas komentar dari blog saat berpergian.

Anda dapat melihat semua komentar di situs Anda dengan mengunjungi menu Comments di Dashboard aplikasi WordPress. Anda akan melihat beberapa komentar yang menunggu persetujuan Anda.

Anda dapat memilih salah satu komentar apa pun untuk melihat lebih banyak opsi. Ini akan membantu Anda untuk mengedit komentar, menyetujui atau menolak, menandainya sebagai spam, atau menambahkan balasan.

balas komentar di aplikasi wp

Kesimpulan

Aplikasi WordPress memang tidak cukup untuk menjalankan seluruh fitur yang ada di halaman admin WordPress. Akan tetapi, dengan adanya aplikasi ini membuat pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. Sebab, Anda dapat langsung menulis konten, mengunggah foto, dan mengelola komentar saat jauh dari komputer.

Adanya aplikasi WordPress juga dapat digunakan saat berpergian ke tempat-tempat dengan konektivitas rendah. Anda dapat menggunakan beberapa fitur aplikasi offline yang dapat menyimpan konten Anda sebagai draft dan disimpan penyimpanan smartphone Anda.

Jika Anda ingin memposting konten blog saat Anda working remotely, traveling, dan sedang dalam perjalanan, maka menginstall aplikasi WordPress adalah pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengelola website dengan mudah dengan hosting WordPress terbaik yang kami sediakan.

Buat website WordPress Anda makin hebat dengan paket hosting khusus WordPress. Dilengkapi LiteSpeed Enterprise dan WordPress Accelerator yang membuat website Anda 40x lebih cepat dalam sekali klik saja.

Beli Hosting

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

One Reply to “Ngeblog Di Mana Saja Pakai Aplikasi WordPress di Android…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *