Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

12+ Aplikasi Video Conference Terbaik untuk Meeting Online Anda

12 min read

Aplikasi Video Conference Terbaik

Anda sedang mencari aplikasi video conference (vicon) untuk meeting online? Sebenarnya ada banyak aplikasi bisa Anda pakai. Namun, setiap aplikasi punya fitur unggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi Anda perlu tahu apa saja fitur yang ditawarkan agar tak salah pilih.

Nah, di artikel ini, kami telah memilih aplikasi vicon terbaik dan merangkum fitur-fiturnya untuk Anda. Penasaran aplikasi apa saja itu? Tanpa berlama-lama lagi, mari kita lihat penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Vicon (Video Conference)?

Video conference adalah teknologi berupa aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan komunikasi tatap muka secara online.

Untuk mendukung fungsi tersebut, aplikasi video conference menggunakan kamera dan mikrofon di perangkat pengguna.

Jadi, video conference adalah kegiatan yang sangat tergantung pada dukungan perangkat yang baik, meskipun tidak harus berharga mahal. 

Video conference bisa dilakukan tanpa ada batasan lokasi dan waktu. Yang penting, aplikasi vicon harus didukung koneksi internet yang baik. 

Kemudahan video conference membuat banyak pihak, termasuk perusahaan dan lembaga pendidikan, memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi dan aplikasi meeting yang mudah dan murah.

Itu tadi penjelasan tentang apa itu vicon. Lantas, apa saja aplikasi video conference yang bisa Anda gunakan?

13 Aplikasi Video Conference Terbaik 

Kami telah memilihkan aplikasi video conference terbaik untuk Anda berdasarkan fitur unggulan, jumlah peserta, dan harganya, yaitu:

  1. Zoom Meeting
  2. Google Meet
  3. Lifesize
  4. Microsoft Teams
  5. BlueJeans
  6. Cisco Webex Meeting
  7. Join.me
  8. CyberLink U Meeting
  9. Zoho Meeting
  10. Any Meeting
  11. RingCentral Meetings
  12. Adobe Connect Meetings
  13. GoToMeeting

Yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

1. Zoom Meeting

Bicara aplikasi vicon, Zoom meeting sangat bisa dijadikan opsi untuk meeting online Anda. Apalagi Zoom menyediakan layanan gratis untuk Anda. Di layanan gratis ini, Zoom bisa menampung 100 pengguna dengan batasan durasi 40 menit

Namun, jika jumlah partisipan meeting online Anda lebih dari itu, Anda bisa menggunakan layanan yang berbayar. 

Zoom bahkan bisa menampung hingga 1000 partisipan dalam satu waktu. Layanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari $19.90 per bulan. Paket tersebut termasuk bebas waktu penggunaan selama meeting alias unlimited meeting.  

Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, jika menampung partisipan sebanyak itu, apakah kualitas video tetap oke? Tenang saja. Video Zoom memiliki kualitas HD 720p walaupun menampung banyak pengguna. Ditambah lagi, Zoom dapat menayangkan 49 video sekaligus dalam satu tampilan. 

Selain unggul dalam jumlah kapasitas, tampilan interfacenya Zoom sangat menarik dan menyenangkan. Bahkan Zoom menyediakan fitur Virtual Background untuk mengganti tema latar Anda dengan tampilan apa pun, seperti di tengah pantai, kebun, atau luar angkasa. 

website zoom

Zoom Meeting sebagai sebuah aplikasi vicon adalah salah satu yang kaya akan fitur untuk membantu produktivitas Anda saat bekerja secara remote. Untuk mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan, simak tabel fitur di bawah ini. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket basic 14.99 dollar dan paket business 199.99 dollar
Kapasitas Max 1000 orang
ChatTersedia group chat
Screen SharingBisa berbagi seluruh tampilan layar atau hanya salah satu aplikasi
Remote Control Tersedia akses kontrol keyboard atau mouse ke pengguna lain
TampilanSederhana dan mudah digunakan
IntegrasiGoogle Calendar, Ms. Outlook, Google Drive, Dropbox, Facebook, Zapier, iCal
Keamanan256-bit TLS encryption
Rekam dan Transkrip VideoUnlimited record dan transkrip 
SupportCustomer support 24/7 
Fitur TambahanVirtual Background
Kelemahan
Ada isu keamanan sistem yang dikenal dengan istilah Zoombombing. Zoombombing adalah aksi penyusupan dan pembajakan di tengah meeting yang dilakukan lewat aplikasi Zoom. 
Versi gratis terbatas hanya 40 menit saja

2. Google Meet

Kalau Anda mencari aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk video conference, Google Meet bisa jadi pilihannya. Aplikasi keluaran Google ini bisa digunakan hanya dengan login melalui browser, tanpa perlu install aplikasi. Selain melalui browser, Google Meet juga tersedia versi aplikasi untuk digunakan di perangkat mobile. 

Tak cuma mudah digunakan, Google Meet juga menawarkan fitur menarik untuk Anda. Misalnya fitur merekam video meeting dan otomatis tersimpan di Google Drive Anda. Menariknya, Anda juga sekaligus akan mendapatkan subtitle videonya seperti menonton film. 

Karena keluaran Google, Google Meet telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dari Google. Tak hanya Gmail, tetapi juga Google Calendar, Drive, Google Docs, Spreadsheet, Slide, Google Form, dan Cloud Search

Untuk bisa menggunakan semua layanan Google Meet, Anda cukup membayar mulai $6 per bulan. Harga yang cukup murah, untuk aplikasi yang kaya fitur dan mudah digunakan seperti ini.  

Nah, khusus hingga 30 September 2020, Google Meet bisa Anda gunakan secara gratis. Informasi ini resmi dikeluarkan langsung melalui situs blog Google Meet

Akan tetapi, layanan gratis tersebut tersedia secara bertahap. Kemungkinan Anda tidak dapat langsung menggunakan layanan tersebut. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika layanan telah tersedia. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket Basic 6 dollar, Business 12 dollar, dan Enterprise 25 dollar
Kapasitas Max 300 orang
ChatTersedia group chat
Screen SharingTersedia screen sharing
Remote Control 
TampilanSederhana dan mudah digunakan
IntegrasiG-suite dan Google product
KeamananAccess PIN, sistem HIPAA untuk mengamankan data pengguna
Rekam dan Transkrip VideoDapat merekam video meeting plus mendapatkan subtitlenya
Support Layanan customer service 24/7
Fitur Tambahan
Kelemahan
Host meeting harus memiliki akun G Suite 
Hanya akun G Suite Enterprise yang bisa melakukan perekaman meeting online

3. Lifesize

Salah satu aplikasi dengan kualitas video terbaik untuk vicon adalah Lifesize. Didukung oleh teknologi 4K Video Conferencing, Lifesize akan menjadikan meeting online Anda terasa seperti bertatapan secara langsung. 

Jika, aplikasi lainnya hanya menawarkan kualitas 720p video HD, dengan 4K video conferencing berarti kualitas gambar yang bisa ditampilkan melebihi standar HD bahkan 8x lebih bagus dari kualitas 720p. Kebayang betapa jernihnya tampilan di Lifesize, bukan? 

website Lifesize

Tampilan di Lifesize akan lebih tajam, jernih, dan halus. Namun, untuk bisa mendapatkan tampilan yang menakjubkan ini, perangkat Anda juga harus didukung oleh peralatan yang sesuai. Setidaknya support untuk transfer data 4K. 

Sebagai solusi, Lifesize menyediakan perangkat-perangkat yang mendukung tampilan 4K. Beberapa perangkat yang tersedia, yaitu Camera 4K dan juga Display Monitor. 

Keunggulan lainnya dari Lifesize adalah sistem keamanan yang terjamin dengan end-to-end encryption. Meeting online Anda akan secara otomatis terenkripsi sehingga dapat mencegah adanya pihak ketiga yang ingin menyadap. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket small bundle 19 dollar, medium bundle 23 dollar
Kapasitas Max 450 orang
ChatTersedia group chat
Screen SharingTersedia screen sharing 
Remote Control Dapat memberikan akses remote untuk pengguna lain
IntegrasiSlack, Ms. Outlook, HipChat, Skype for Business
KeamananSistem end-to-end encryption dan automatic firewall
Rekam dan Transkrip VideoTersedia fitur rekam video online tanpa transkrip
Support Customer service dan 99.9% uptime
Fitur TambahanTeknologi kualitas gambar video 4K 
Kelemahan
Butuh spesifikasi perangkat yang tinggi 

Baca juga: 25+ Aplikasi Edit Video untuk Mempermudah Promosi Bisnis Anda

4. Microsoft Teams

Microsoft Teams ini sebenarnya adalah pembaharuan dari Aplikasi Skype for Business. Saat ini adalah masa transisi dari Skype for Business ke Microsoft Teams. Pada 2021 mendatang Skype for Business akan resmi menjadi Microsoft Teams. 

Adanya perubahan ini termasuk adanya penambahan fitur-fitur pendukung video conference, seperti upsize jumlah kapasitas dan terintegrasi dengan Microsoft office 365. 

Seperti diketahui, office 365 meliputi semua office dari Microsoft seperti Word, Excell, Power Point, OneNote, dan Outlook. Dengan terintegrasi office 365, semua orang dalam grup Conversation Channels sehingga  dapat langsung membagikan dan mengakses seluruh aplikasi yang diperlukan. 

website Microsoft Teams

Jadi, Anda bisa berkolaborasi dengan rekan tim Anda tanpa perlu repot pakai aplikasi lain untuk berkomunikasi. Tak hanya untuk video conference, Anda juga bisa langsung berkolaborasi untuk pekerjaan tertentu. 

Pun fitur-fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan aplikasi video conference lainnya. Simak fitur-fitur dasarnya di tabel di bawah ini. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket essentials 5 dollar, business premium 12.50 dollar, dan enterprise 20 dollar
Kapasitas 250 orang
ChatTersedia fitur private chat dan group chat
Screen SharingDapat berbagi layar dan berkolaborasi
Remote Control 
IntegrasiOffice 365, OneDrive, Skype, SharePoint. Zendesk
KeamananKeamanan dikelola langsung oleh microsoft dengan, encryption data, dan two factor authentication
Rekam dan Transkrip VideoDapat merekam video meeting plus subtitlenya
Support Customer service 24/7 
Fitur TambahanDapat mengedit file secara bersama-sama
Kelemahan
Sulit untuk transisi ke Ms. Outlook karena tidak terintegrasi dengan calendar lain selain Ms. Outlook
Pengurutan penyimpanan file berantakan (bertumpuk)

5. BlueJeans

Anda ingin mencoba pengalaman video conference layaknya berada di dalam ruangan bioskop? Aplikasi Blue Jeans jawabannya.

Aplikasi ini terkenal dengan kejernihan audionya berkat sistem Dolby Voice yang mereka gunakan. Anda akan mendengarkan audio yang terdengar sangat jernih dan jelas saat sedang meeting online. Tak cuma audio yang super jernih, Blue Jeans juga dilengkapi dengan kualitas video high definition (HD) 

Jika di Zoom Anda bisa mengganti background, di Blue Jeans, Anda bisa memburamkan background Anda. Dengan fitur blur ini, setidaknya dapat mengurangi distraksi saat meeting berlangsung. 

Masih seputar tampilan, fitur share screen Blue Jeans banyak mendapatkan review yang positif. Tak hanya mudah berbagi layar, Anda juga bisa memberikan akses kepada partisipan lain untuk mengoperasikan layar presentasi Anda. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket Me Plan 12.49 dollar dan My Team 16.65 dollar
Kapasitas Max 75 orang
ChatTersedia fitur group chat dan private chat
Screen SharingTersedia fitur screen sharing
Remote Control 
IntegrasiMs. Outlook, Ms. Office, Slack
KeamananData terenkripsi dengan AES 128 encryption, lock meeting, participant passcode
Rekam dan Transkrip VideoMerekam dan transkrip video
Support Customer service 24/7 
Fitur TambahanKualitas video HD dan audio Dolby Voice
Kelemahan
Tidak bisa sharing file atau mengirimkan file dokumen
Kapasitas kurang banyak 

6. Cisco Webex Meeting 

Salah satu aplikasi gratis dengan sistem keamanan paling oke untuk video conference adalah Cisco Webex Meeting. Meskipun gratis, Anda tetap dapat menggunakan fitur-fitur andalannya. 

Selain untuk video conference, aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan tim. Jadi tak hanya untuk meeting online, tetapi juga sebagai platform untuk komunikasi via pesan, berbagi file dan media, serta terhubung dengan cloud storage. 

website Cisco Webex Meeting

Selama meeting online pun, Anda tetap bisa saling berbagi file dan tampilan layar. Meskipun dapat saling berbagi file secara bebas, Anda tak perlu khawatir. Dengan multilayer security, percakapan dan file-file Anda akan sangat terjamin keamanannya.

Selama meeting, semua perpindahan data yang terjadi akan dienkripsi dari ujung ke ujung alias end-to-end encryption. Artinya, data dan percakapan yang berpindah dari satu orang ke orang lain sulit untuk disadap oleh pihak ketiga. 

Setiap akun juga akan dilindungi dengan multi-factor authentication. Itu artinya, pihak selain selain Anda akan sulit untuk menggunakan akun Anda. Anda jadi bisa menjalankan meeting online tanpa khawatir dimata-matai oleh orang yang tak dikenal. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket Starter 13.50 dollar, Plus 17.95 dollar. Business 26.95 dollar 
Kapasitas Max 100 orang 
ChatTersedia fitur group chat
Screen SharingBerbagi tampilan layar untuk presentasi
Remote Control Akses remote ke pengguna lain
IntegrasiMs. Outlook, Google Drive, Gmail,  GitHub, Office365, dan Salesforce 
KeamananSistem keamanan multilayer dan end-to-end encryption
Rekam dan Transkrip VideoTersedia rekam dan transkrip video
Support Layanan customer service 24/7 dan 99.99% uptime
Fitur Tambahan
Kelemahan
Kualitas audio kurang bagus

Baca juga: 15 Cara Mempromosikan Video Youtube Paling Efektif!

7. Join.me

Aplikasi video conference yang satu ini bisa juga mempunyai fitur khusus dan menarik. Di Join.me Anda bisa custom meeting link sesuka Anda. Misalnya mengubah link jadi nama perusahaan, subjek meeting, atau bahkan nama Anda. Mengubah link meeting sesuai dengan kebutuhan ini akan membuat link jadi lebih mudah diketahui oleh anggota Anda. 

webiste Join.me

Selain bisa custom meeting link, Anda juga bisa mengatur background tampilan Anda. Background yang dimaksud di sini bukanlah virtual background seperti yang dimiliki Zoom. Background ini hanyalah gambar di luar bingkai tampilan Anda. 

Anda bisa mengubah gambar yang melatari foto Anda seperti gambar di atas sesuai dengan preferensi Anda. 

Fitur menarik lainnya, yaitu adanya fitur Mobile Whiteboarding. Fitur ini semacam whiteboard virtual di layar ponsel yang bisa Anda corat-coret untuk keperluan meeting. Di fitur ini tersedia beberapa tools seperti pen, eraser, icon, dan line and shapes.

Bagaimana? Join.me sangat menunjang kebutuhan meeting online Anda, bukan? Untuk mengetahui kisaran harga dan kapasitasnya. Silakan simak uraiannya pada tabel berikut. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket LITE 10 dollar, Pro 20 dollar, Business 30 dollar
Kapasitas Max. 250 orang
ChatTersedia group chat dan private chat
Screen SharingTersedia screen sharing 
Remote Control Tersedia akses remote desktop ke pengguna lain
IntegrasiMs. Outlook, Office 365, Chrome, Slack, Trello, Hipchat, Hubspot, 
KeamananMenggunakan keamanan data seperti keamanan akun bank dan sistem 256-bit TLS encryption
Rekam dan Transkrip VideoTersedia rekam dan transkrip video
Support Support online saat office hour
Fitur TambahanWhiteboarding lengkap dengan toolsnyaMembuat personal linking
Kelemahan
Sulit mengoperasikan rekam video meeting
Kualitas audio kurang bagus 
Tidak tersedia support 24 jam 

Satu lagi platform yang tersedia dalam versi gratis untuk video conference adalah CyberLink U Meeting. Dalam versi gratisnya, Anda bisa melakukan meeting dengan dengan kapasitas 25 pengguna dengan durasi 30 menit. 

Menariknya, U Meeting menyediakan fitur Perfect Cam untuk mendukung penampilan Anda agar terlihat lebih profesional. Berbekal fitur Perfect Cam, Anda bisa mengatur background Anda menjadi blur. 

website Cyberlink U Meeting

Selain itu, Anda juga bisa mengatur pencahayaan agar tampilan Anda lebih cerah di layar. Tak hanya itu saja, bahkan Anda bisa mendapatkan efek seperti bermake-up dengan teknologi AR cerdasnya. Menarik sekali, bukan? 

Dengan begini, Anda bisa tetap terlihat profesional walaupun sedang bekerja dari rumah. Tak perlu ribet berdandan terlebih dahulu, di CyberLink U Meeting Anda bisa mengatur tampilan Anda hingga terlihat seperti habis berdandan. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPro 50: 29.90 dollarPro 100: 49.90 dollar
Kapasitas Max 100 orang
ChatTersedia fitur group chat 
Screen SharingScreen sharing mudah dilakukan 
Remote Control Dapat berbagi akses untuk mengoperasikan layar Anda
IntegrasiMs. Outlook, Google Calendar, 
KeamananSetiap komunikasi terenkripsi dengan (E2EE)
Rekam dan Transkrip VideoSetiap user dapat merekam video
Support Hanya menerima aduan saat office hour
Fitur TambahanReal Time interaction dengan live notesDapat berbagi tampilan whiteboard modePerfect Cam untuk meningkatkan penampilan Anda
Kelemahan
Kualitas video kurang bagus 
Harga cukup mahal

9. Zoho Meeting

Jika Anda mencari aplikasi video conference dengan harga miring, kami rekomendasikan Zoho Meeting. Hanya dengan membayar $8 per bulan Anda bisa mengadakan meeting online dengan kapasitas 100 orang. 

Meskipun murah, fitur yang disediakan oleh Zoho Meeting terbilang cukup lengkap. Mulai dari screen sharing, chat group, manajemen meeting, rekaman meeting dan terintegrasi dengan email. 

Selain kaya fitur, Zoho Meeting disebut-sebut dengan layanan video conference yang mudah digunakan. Jika Anda ingin membuat meeting, Anda cukup login melalui browser. Sementara jika Anda ingin bergabung dengan meeting, Anda cukup sekali klik pada link undangan untuk langsung diarahkan menuju meeting online Anda. 

Lebih mudahnya lagi, Anda cukup tambahkan Zoho Meeting extension di browser Chrome dan Firefox Anda. Dalam sekali klik, tanpa perlu download aplikasinya Anda bisa langsung mulai meeting online Anda. 

Fitur-Fitur Dasar
Harga8 dollar 
Kapasitas 100 orang
ChatTersedia group chat
Screen SharingScreen sharing untuk presentasi
Remote Control Tersedia akses remote mouse dan keyboard untuk partisipan lainnya
IntegrasiGoogle Calendar, Zoho Calendar, dan Zoho CRM
KeamananDilindungi dengan protokol standar SLL 128-bit AES 
Rekam dan Transkrip VideoDapat merekam video namun tanpa transkripsi
Support User guide dan training materials di Zoho Website
Fitur TambahanTersedia embed linkTersedia meeting lock
Kelemahan
Tidak tersedia customer support chat 24/7. Support hanya berupa user guides dan training materials di website. 

Baca juga: Ingin Mengukur Performa Video Anda? Gunakan Youtube Analytics!

10. Any Meeting

Layanan selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk vicon adalah AnyMeeting. Dari segi fitur, Any Meeting menyediakan fitur-fitur yang tak kalah dengan aplikasi populer lainnya.  

Menariknya, Any Meeting berani memberikan layanan support 99,999% uptime SLA. 99.999% uptime artinya kemungkinan downtime aplikasi ini hanyalah kurang dari 6 menit selama satu tahun. Kalau ternyata terjadi downtime lebih dari 6 menit, jaminannya adalah kompensasi atau uang kembali. 

Jarang sekali ditemukan aplikasi yang memberikan support 99.999% uptime. Salah satu Kompetitornya, Cisco Webex bahkan hanya memberikan support 99.99% uptime. Angka itu berarti kemungkinan downtime terjadi 52.56 menit dalam satu tahun.

Tak cuma 99.999% uptime SLA, layanan support Any Meeting juga termasuk layanan customer service 24 jam nonstop. Anda bisa langsung melaporkan kendala Anda agar dapat cepat teratasi. 

Dengan layanan support yang maksimal, Anda tak perlu khawatir dengan kendala yang mungkin terjadi saat menggunakan Any Meeting. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaPaket 9.99 dollar dan 12.99 dollar
Kapasitas Max 200 orang
ChatTersedia fitur group chat dan live notes
Screen SharingScreen sharing mudah dioperasikan
Remote Control Tersedia akses remote
IntegrasiSlack, Gmail, dan Google Calendar 
KeamananSistem keamanan DTSL standar publik  
Rekam dan Transkrip VideoTersedia rekam dan transkrip video
Support Layanan customer service 24/7 dan 99.999% uptime SLA
Fitur TambahanTersedia Locked screen sharing 
Kelemahan
Beberapa fitur hanya tersedia di paket Pro seperti recording meeting, file sharing, dan live chat. 

11. RingCentral Meetings

Kalau Anda terbiasa menggunakan aplikasi Zoom, Anda juga akan terbiasa dengan penggunaan aplikasi RingCentral Meetings. Sebab, RingCentral Meetings video conference adalah aplikasi yang didukung oleh Zoom. 

Jadi, jangan heran kalau tampilan interface antara Zoom dan RingCentral Meeting sangatlah mirip. Mulai dari navigasi serta bentuk icon dan tombolnya. Bahkan paket harganya pun hampir sama dengan Zoom. RingCentral Meeting juga versi gratis dengan kapasitas 100 orang durasi 40 menit.

Meskipun didukung oleh Zoom, ada fitur unggulan yang tak dimiliki Zoom. Di RingCentral Meeting, Anda bisa menyimpan video rekaman meeting Anda tanpa batas. Sementara di Zoom, kapasitas penyimpanan rekaman Anda hanya 1GB. Anda juga bisa langsung mendownload atau memutarnya berulang-ulang. 

Di aplikasi ini, juga telah terintegrasi dengan Google Drive dan Dropbox. Jadi, Anda bisa langsung menyimpan file-file yang ingin Anda bagikan di penyimpanan tersebut. Jika Anda ingin menampilkannya saat meeting, Anda tinggal membuka Drive di aplikasi Anda. 

Nah, untuk fitur-fitur dasar video conference yang tersedia di RingCentral Meeting bisa Anda lihat pada tabel berikut ini. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaEssentials: 14.99 dollar Advanced: 19.99 dollar
Kapasitas Max 100 orang
ChatTersedia fitur group chat
Screen SharingMudah melakukan screen sharing dan tersedia whiteboarding
Remote Control Partisipan dapat diberi akses untuk akses keyboard dan mouse. 
IntegrasiG-Suite, Slack, Salesforce, dan Zendesk, iCal, Google Drive, DropBox
Keamanan256-bit TLS encryption
Rekam dan Transkrip VideoHost dapat merekam dan mendapatkan transkrip video meeting
Support Customer support 24/7 
Fitur Tambahan
Kelemahan
Recording tersimpan di komputer pribadi pengguna, bukan di penyimpanan cloud di aplikasi 

12. Adobe Connect Meetings

Jangan terkecoh dulu dengan nama aplikasinya. Meskipun merupakan aplikasi keluaran Adobe inc, aplikasi ini bukanlah aplikasi untuk desain grafis. Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference yang menyediakan fitur unik untuk Anda. 

Adobe Meetings memang cukup unik. Aplikasi ini hadir dengan fitur dan tools untuk berkolaborasi dengan peserta meeting. Setiap pengguna akan mendapatkan tampilan whiteboard lengkap dengan tools untuk menulis di atasnya. 

website Adobe Connect

Peserta pun dapat mengakses whiteboard Anda untuk berbagi ide atau berdiskusi di kolom chat. Fitur unik lainnya, Anda bisa mengatur sendiri tampilan layar Anda (custom layout). Anda bisa menggunakan template layout yang tersedia di sisi tampilan layar Anda. 

Anda juga dapat merekam video rapat berlangsung. Namun tak hanya merekam, Anda juga dapat langsung mengedit video tersebut. Jadi, Anda bisa menghilangkan beberapa bagian yang tidak terlalu penting. Sangat menarik, bukan? 

Ohya, aplikasi ini menyediakan beberapa plugin seperti Countdown Timer untuk mengatur waktu meeting dan Custom Survey and Polling untuk membuat polling. 

Untuk masalah harga, aplikasi ini berani membanderol harga $50 per bulan dengan kapasitas hanya 25 orang. Ya, kuantitas peserta bukanlah unggulan Adobe Meeting. Namun, dengan fitur-fitur eksklusifnya, aplikasi ini bisa Anda pilih untuk kebutuhan Meeting Anda. 

Fitur-Fitur Dasar
Harga50 dollar 
Kapasitas Max. 25 orang
ChatTersedia fitur group chat dan private chat
Screen SharingBerbagi layar yang unik dengan layout custom 
Remote Control Tersedia akses remote untuk saling berkolaborasi 
Integrasi
KeamananKeamanan tingkat tinggi oleh Adobe
Rekam dan Transkrip VideoDapat merekam sekaligus mengedit video meeting
Support Customer support 24/7 
Fitur TambahanTersedia plugin pendukung meeting online seperti countdown timer dan polling serverTersedia drawing tools 
Kelemahan
Hanya pengguna adobe yang dapat mengikuti meeting 
Harga cukup mahal untuk hanya 25 orang 

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Video Marketing

13. GoToMeeting

Terakhir, Anda bisa pilih GoToMeeting. Aplikasi video conference yang punya beberapa fitur menarik yang mendukung meeting online Anda. 

Salah satunya yaitu adanya unlimited storage untuk menyimpan hasil rekaman meeting Anda. Jika Zoom hanya menyediakan storage sebesar 1GB, GoToMeeting menyediakan ruang penyimpanan file tak terbatas. 

Yang menarik lainnya dari GoToMeeting adalah kemampuan Bandwidth Adjustment. Artinya, ketika Anda menggunakan layanan GoToMeeting, bandwidth dapat secara otomatis menyesuaikan sumber daya dan hardware Anda. Jadi, performa video saat meeting berlangsung dapat tetap stabil. 

Untuk mengetahui mengenai fitur-fitur lain dan kekurangan GoToMeeting, simak tabel berikut ini. 

Fitur-Fitur Dasar
HargaBasic 14 dollar, Business 19 dollar
Kapasitas Max 250 orang
ChatTersedia fitur group chat dan private chat
Screen SharingTersedia fitur screen sharing
Remote Control Akses keyboard dan mouse ke pengguna lain
IntegrasiSlack dan Google Calendar
KeamananKeamanan SSL encryption, AES-256 bit encryption, lock meeting  
Rekam dan Transkrip VideoTersedia rekma dan transkrip otomatis
Support Tersedia support 24/7 
Fitur TambahanTersedia fitur whiteboardTersedia fitur bandwidth adjustment
Kelemahan
Kualitas suara kurang bagus

Kelebihan dan Kekurangan Video Conference

Video conference juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Kelebihan

  • Bisa meeting jarak jauh, tanpa peduli dimana lokasi pengguna.
  • Hemat waktu dan biaya
  • Berbagi fitur pendukung yang canggih dan bermanfaat
  • Bisa mengetahui ekspresi dan mimik wajah pengguna lainnya secara langsung

Kekurangan

  • Sangat bergantung dengan kualitas internet
  • Boros kuota
  • Kualitas video dan audio yang apa adanya

Perbedaan Video Conference dan Video Chat

Hayo, apakah Anda masih sering salah sebut antara video conference dan video chat? Walaupun namanya mirip, tapi ternyata keduanya mempunyai beberapa perbedaan, lho. Nah, perbedaan video conference dan video chat yaitu:

1. Jumlah Orang Per Sesi

Pertama-tama, perbedaan video conference dan video chat yaitu di jumlah pengguna yang bisa bergabung di satu sesi. Aplikasi vicon mampu menampung puluhan hingga ratusan orang, sehingga ideal sebagai sarana rapat atau seminar online. Sementara itu, satu sesi video chat hanya bisa diisi hingga sepuluh pengguna saja.

2. Suasana Percakapan

Berikutnya, perbedaan video conference dan video chat yaitu suasana percakapannya. Berhubung video conference adalah layanan yang sering digunakan perusahaan dan instansi, maka percakapan yang dilakukan penggunanya biasanya bersifat formal.

Kalau video chat umumnya digunakan untuk komunikasi sehari-hari antar teman atau anggota keluarga, sehingga suasana percakapannya informal.

3. Fitur Tambahan

Di aplikasi vicon terdapat fitur-fitur yang mendukung diskusi dan pembelajaran. Misalnya, screen sharing untuk menampilkan layar pengguna ke partisipan lainnya dan whiteboard yang berfungsi seperti papan tulis. Sedangkan aplikasi video chat wajarnya digunakan untuk percakapan biasa, sehingga tidak memiliki fitur-fitur pendukung tadi.

4. Harga

Terakhir, perbedaan video conference dan video chat yaitu harga keduanya. Beberapa video conference tersedia secara gratis, tetapi memiliki versi berbayar dengan fitur yang lebih lengkap. Namun, ada juga aplikasi vicon yang hanya bisa Anda gunakan secara berbayar. Sementara itu, video chat gratis untuk Anda gunakan.

Mana Aplikasi Video Conference Pilihan Anda?

Dari pilihan kami di atas, aplikasi video conference mana yang akan Anda gunakan? Kini meeting tetap bisa terlaksana walaupun sedang bekerja dari rumah. Tak ada lagi istilah “jarak menghambat produktivitas dan komunikasi antar tim”.

Bagi Anda yang memilih bekerja secara remote, aplikasi video conference tentunya bukan satu-satunya penunjang produktivitas. Untuk mencari tahu penunjang lainnya, Anda bisa simak kumpulan tips kerja remote kami agar tetap produktif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu artikel menarik kami lainnya. 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *