Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

20+ Aplikasi Edit Video Terbaik di Android dan Laptop

4 min read

Kini, video marketing adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis. Untuk membuat video yang menarik, Anda mungkin membutuhkan rekomendasi aplikasi edit video terbaik. Tenang, semuanya ada di artikel ini!

Kami akan membahas berbagai jenis aplikasi edit video di berbagai platform, baik untuk Android, PC atau laptop, hingga editor video online. Aplikasi yang kami bahas di sini bisa Anda gunakan untuk konten YouTube, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya.

Baik masih pemula maupun sudah profesional, Anda bisa menggunakan aplikasi edit video terbaik yang kami rekomendasikan di sini. Penasaran? Yuk langsung angsung simak saja!

Aplikasi Edit Video Terbaik di Android dan Laptop

Di bawah ini kami akan merekomendasikan 25 aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda gunakan di HP Android maupun laptop. Beberapa ada yang tersedia gratis dan bisa langsung didownload, sedangkan lainnya berbayar.

Ini rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk Anda:

1. VideoPad Video Editor

aplikasi edit video VideoPad

VideoPad adalah aplikasi edit video di hp android yang sederhana dan fitur-fiturnya ramah untuk pemula. 

Beragam fitur unggulan ditawarkan oleh aplikasi ini. Contohnya seperti visual effect dan transition yang menarik. Setelah Anda membuat videonya, cukup sekali klik untuk menguploadnya ke YouTube atau membagikannya ke teman di media sosial

2. Animoto

aplikasi edit video Animoto

Aplikasi edit video di hp yang satu ini cukup istimewa. Sebab, Animoto cocok digunakan oleh siapa pun. Mulai dari vlogger, fotografer, hingga marketer.

Ada berbagai macam video yang bisa Anda buat di aplikasi ini. Mulai dari video resep masakan, sampai video berita. Anda juga bisa membuat video pendek dengan model slideshow yang populer di kalangan marketer.  

3. Magisto

aplikasi edit video Magisto

Magisto adalah aplikasi yang populer akan kemampuannya menghasilkan video dan film yang berkualitas tinggi.

Aplikasi edit video di hp ini memiliki berbagai template video yang bisa digunakan untuk macam-macam industri. Misalnya: industri wedding organizer, promosi, event organizer, periklanan, dan sebagainya.

4. WeVideo

WeVideo adalah aplikasi edit video online yang memiliki beragam fungsi. Aplikasi ini memungkinkan Anda menandai klip-klip tertentu. Atau, memberikan teks pada video, transisi, background graphic, overlay, atau frame.

5. Movie Maker Online

Mobie Maker online

Movie Maker Online memiliki spesialisasi membuat video dalam bentuk film. Aplikasi edit video di laptop satu ini mampu membuat film sederhana dengan kumpulan foto, klip, musik. Dilengkapi fitur judul dan efek, katalog musik bebas royalti, dan banyak stok gambar.

6. Hippo Video

aplikasi edit video Hippo

Aplikasi video marketing all-in-one yang bisa membuat video, mengedit, mengirim email video, dan memasang video di web, tentu saja Hippo Video.  Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur dasarnya seperti: split, trim, crop, add text atau resize, add simple titles, emojis, dan callouts. 

7. Powtoon

Powtoon adalah aplikasi edit video online yang khusus untuk membuat video tutorial atau penjelasan (explanatory). Anda bisa membuat video tutorial atau infografis dengan gaya animasi lengkap dengan banyak pilihan karakter, properti, objek, dan teks. 

8. Video ToolBox

Meskipun sederhana, aplikasi edit video gratis Toolbox terkenal punya fungsi tambahan yang tidak biasa. Dengan Toolbox, Anda tidak hanya bisa mengedit video, tapi juga mendapat informasi yang detail tentang bit rate, frame rate, codec, dan resolusinya. 

9.  Wave

Aplikasi Wave adalah aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda gunakan melalui browser Anda. 

Wave membuat Anda dapat melakukan banyak hal seperti: memotong klip, menambahkan teks ke video, mengatur kecerahan video, menambahkan klip, memberikan efek transisi, me-resize video, dan banyak lagi.

10.  Kizoa

Kizoa adalah aplikasi edit video online yang terkenal karena efek transisinya yang lebar. Sehingga dapat membantu Anda mengembangkan video dengan kualitas profesional dengan mudah. 

Dengan Kizoa, Anda bisa membuat video dengan foto, musik, dengan menambahkan teks, special effect, transisi. Aplikasi ini juga mendukung rekaman 4K UHD dan memberikan rasio aspek berbeda 16:9, 4:3, 3:2, 1:1, dan 9:16, 3:4, 2:3 untuk format portrait.

11. Filmora

Dengan Filmora, Anda dapat menyesuaikan efek warna, kecerahan, kecepatan, rotasi, dan fitur pendukung lainnya. Bagi Anda yang baru ingin memulai mengedit video, aplikasi ini cocok karena ringan dan tidak mudah crash.

12. Clideo

Dengan Clideo, Anda dapat menggabungkan video dan image agar video lebih panjang. 

Berbeda dari aplikasi lainnya, aplikasi Clideo memiliki video player sendiri. Sehingga video hasil dari Clideo tidak bisa langsung dibagikan ke sosial media. Sebagai gantinya, Anda harus meng-copy linknya, dan membagikannya di sosial media seperti Facebook maupun Twitter.

13. Video Cutter

Video Cutter

Dengan aplikasi online ini, Anda bisa memutar video dari 90, 180, bahkan hingga 270. Tidak hanya itu, dengan Video Cutter Anda bisa juga mengaplikasikan beberapa  gaya editing untuk membuat hasil video yang keren. 

14. Kapwing

Kapwing

Kapwing menyediakan berbagai fasilitas seperti: online meme generator, video maker, video resizer, video trimmer, subtitle, audio, loop video, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa mengkustomisasi ukuran video dengan rasio ukuran 1:1, 9:16, 16:9, 4:5, 5:4. 

15. Clipchamp

Clipchamp merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang digunakan banyak orang. Selain fungsi utama mengedit video, aplikasi ini juga menyediakan video compressor, converter, dan webcam recorder. 

Dengan seret dan lepas (drag and drop), Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong (crop), memangkas (trim), memutar (rotate), dan membalik (flip) video.  

16. YouTube Online Video Editor

Dengan aplikasi YouTube Online Video Editor, Anda bisa mengedit video dengan mudah. Mulai dari kemampuan untuk me-remix dan me-reuse video klip, sampai menambah efek hingga transisi gambar. 

17. DaVinci Resolve

DaVinci Resolve menyediakan fitur yang cukup mumpuni untuk pemula. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan editing maupun pengujian audio dan video pasca produksi. Bagusnya lagi, video yang dihasilkan pun berkualitas tinggi.

18. VSDC Free Video Editor

Meskipun aplikasi edit video di laptop ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows, tapi fungsinya cukup lengkap! VSDC Video editor menawarkan fitur-fitur yang powerful dan serbaguna dengan berbagai objek dan efek. Misalnya seperti: background remover, split screen, picture-in-picture, color correction, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Cara Menjadi YouTuber Pemula

19. Pinnacle Studio

Dengan Pinnacle Studio, Anda bisa menangkap dan mengimpor materi dari berbagai sumber. Kemudian memasukkan efek stop-motion dan melakukan editing360.  

Aplikasi Pinnacle Studio memungkinkan penggunanya untuk membuat konten video dalam bentuk Video CD, DVD-Video, AVCHD, atau format Blu-Ray. Selain itu, Anda bisa juga menambahkan menu komplementer dan melakukan burn CD.

20. iMovie

Dengan iMovie, Anda dapat membuat video seperti trailer film Hollywood. Karena aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat video dengan gaya storytelling, lengkap dengan logo dan credits roll.

21. Final Cut Pro X

Aplikasi ini adalah aplikasi standar video editing pasca produksi untuk Mac OS X. Dengan fitur yang terus update, software ini semakin inovatif. 

Di aplikasi ini, Anda dapat menemukan beberapa fungsi seperti: encoding suite dan compressor, yang dapat menghasilkan video yang berkualitas tinggi tanpa hambatan.

22. Vegas Pro

Vegas Pro terkenal sebagai aplikasi yang fleksibel dan efisien karena memiliki workflow dan tool yang dapat meningkatkan kecepatan produksi.

Dengan Vegas Pro, Anda dapat mengedit klip dengan timeline dan mengaplikasikan efek dan elemen menarik di video. Misalnya seperti memperlambat kecepatan playback di frame tertentu. 

23. Kdenlive

Aplikasi edit video pc Kdenlive memiliki fungsi unggulan yaitu multi-track timeline, dilengkapi dengan banyak efek dan transisi.

Selain itu, aplikasi Kdenlive support untuk digunakan di dua monitor, untuk multi-track timeline, clip list, customizable layout, dan efek dasar. Selain itu, Kdenlive merupakan aplikasi video marketing yang hampir tidak pernah mengalami crash lho!

24. Lightworks

Aplikasi Lightworks adalah software khusus video editing untuk videografer berpengalaman. Lightworks telah digunakan oleh banyak program televisi dan film yang memenangkan penghargaan. 

Aplikasi ini termasuk aplikasi edit video terbaik yang mampu mengoreksi  warna, motion graphic, dan memiliki kemampuan komposisi (composting).

25. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro dilengkapi dengan banyak tool lanjutan (advanced) yang bisa membantumu menghasilkan video yang berkualitas. 

Versi CS6 Adobe Premiere Pro menampilkan desain ulang secara signifikan serta integrasi dengan dua produk Adobe yang lain. Seperti Adobe Prelude untuk pencatatan dan perekaman video, serta Adobe SpeedGrade untuk koreksi warna.

Mana Aplikasi Edit Video Terbaik yang Anda Pilih?

Untuk memilik apk edit video, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Bandingkan keunggulan dan kekurangan setiap aplikasi edit video itu.

Menggunakan aplikasi edit video terbaik, strategi video marketing Anda akan semakin ampuh. Sebab, Anda mampu menghasilkan video yang berkualitas dan memikat perhatian penonton.

Tapi tak kalah penting, selain video marketing, lakukan juga berbagai strategi digital marketing yang terbukti ampuh bagi bisnis. Apalagi untuk tahun-tahun mendatang.

Kabar gembiranya, kami telah menyiapkan ebook Digital Marketing Report. Di sini, Anda bisa melihat kilas balik strategi digital marketing yang ampuh untuk bisnis di masa depan.

Yuk download sekarang!

banner ebook digital marketing report 2023
Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *