Apache Tidak Bisa Start: Bagaimana Cara Mengatasinya? – Niagahoster Blog

Website membutuhkan server untuk dapat diakses melalui jaringan internet. Web server yang saat ini banyak digunakan adalah Apache. Meskipun sudah banyak digunakan terkadang web server ini memiliki permasalahan, seperti masalah apache tidak bisa start padahal tidak ada masalah pada proses instalasi.

Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi. Tidak hanya Microsoft Windows, Apache dapat berjalan di Unix, BSD, Linux serta sistem informasi lainnya.

Kepopuleran Apache dikarenakan aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti hosting dan dapat berjalan di komputer lokal. Developer, khususnya developer website pasti sudah tidak asing lagi dengan web server ini.

Di Windows untuk melakukan instalasi Apache, biasanya satu paket dengan MySQL dan phpMyAdmin melalui aplikasi XMPP.  Sedangkan di sistem operasi Linux dapat di instal hanya Apache saja.

Meskipun sudah banyak digunakan di berbagai sistem informasi, terkadang ada masalah yang muncul saat menggunakan Apache. Berikut ini merupakan panduan yang saya buat untuk mengatasi Apache yang tidak start sehingga server tidak bisa berjalan.

Persiapan

Agar dapat mengikuti panduan ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan:

  • Editor, digunakan untuk mengganti konfigurasi pada file.
  • Backup file, pastikan sebelum merubah semua file konfigurasi sudah melakukan backup terlebih dahulu pada file tersebut. Sehingga jika terjadi kesalahan konfigurasi masih ada file standar yang bisa di-restore.

Mengatasi Error Port pada Apache

Mengatasi Apache Tidak Bisa Start di Windows

Masalah Apache tidak bisa start biasanya banyak ditemui pada sistem operasi Windows. Port 80 merupakan port yang digunakan Apache agar bisa digunakan. Masalah ini bisa jadi dikarenakan pada sistem operasi sudah ada aplikasi yang menggunakan port yang disediakan. Akibatnya service tidak bisa dijalankan.

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start

Aplikasi yang menggunakan port yang sama dengan Apache seperti Virtual Machine(VM), Skype, dan aplikasi lain. Error yang akan dimunculkan pada logs adalah Error: Apache shutdown unexpectedly.

Anda tidak perlu khawatir jika terjadi masalah tersebut, sudah banyak panduan yang tersebar di internet. Agar memudahkan Anda untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Berikut ini adalah cara mengatasi Apache tidak bisa start.

Panduan berikut untuk mengatasi Apache yang tidak bisa start di Windows:

  • Langkah 1 – Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada file httpd.conf yang terletak di C:\xampp\apache\conf\
  • Langkah 2 – Buka file tersebut menggunakan aplikasi editor, Anda bisa menggunakan notepad, sublime, atau lainnya.
  • Langkah 3 – Ganti beberapa atribut berikut:

‘Listen 80’ diubah menjadi ‘Listen 8080’

‘ServerName localhost:80’ diubah menjadi ‘ServerName localhost:8080’

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start -2

Kemudian simpan.

  • Langkah 4 – Buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
  • Langkah 5 – Ganti beberapa atribut berikut:

‘Listen 443’ diubah menjadi ‘Listen 4499’

‘Virtualhost_default_:443’ diubah menjadi ‘4499’

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start -3

Kemudian simpan.

Langkah 6 – Jalankan XAMPP Control Panel dan jalankan Apache menggunakan tombol start.

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start -4

Baca juga: Cara Instal XAMPP

  • Langkah 7 –  Buka browser, kemudian Anda coba lakukan akses ke http://localhost:8080/xampp, jika pengaturan berhasil maka Web Service Apache berjalan pada port 8080.

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Start - 5

Mengatasi Apache Tidak Bisa Start di Linux

Jika ingin mengganti port Apache di sistem operasi Linux, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengubah pengaturan pada file konfigurasi.

  • Langkah 1 – Bukan terminal, kemudian akses file konfigurasiApache.

RHEL/CentOS/Fedora

nano /etc/httpd/conf/httpd.conf

Debian/Ubuntu/Mint

nano /etc/apache2/ports.conf

XAMPP

C:\xampp\apache\conf\httpd.conf

  • Langkah 2 – Ganti beberapa atribut berikut:

‘Listen 80’ diubah menjadi ‘Listen 8080’

  • Langkah 3 – Jalankan ulang httpd.

Untuk menjalankan ulang service web server jalankan perintah berikut:

service httpd restart

Jika Anda menggunakan layanan VPS Niagahoster, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan akses SSH ke VPS.

Baca juga : Cara Menggunakan SSH

Kesimpulan

Apache merupakan web server yang sangat mudah digunakan. Bahkan pemula pun mudah untuk menggunakannya. Dikarenakan sudah banyak panduan yang telah tersedia dan tampilan aplikasi yang user friendly.

Tetapi, ada masalah yang tidak semua orang mengerti, seperti Apache yang tidak bisa start padahal sudah terinstal tanpa ada masalah. Masalah ini dikarenakan port yang digunakan Apache sudah digunakan aplikasi lain. Biasanya permasalahan ini diakibatkan oleh Skype atau aplikasi lain yang berjalan di port yang sama dengan Apache.

Solusi dari permasalahan diatas adalah dengan mengganti port dimana Apache berjalan. Penggantian port ini dilakukan melalui file konfigurasi Apache. Panduannya sudah saya coba jelaskan pada artikel ini, jika masih ada kesalahan atau permasalah bisa komentar di bawah ya.

Panduan lainnya akan kami terbitkan setiap minggunya, jangan sungkan untuk subscribe. 😀

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.

20 − four =